BAHAN DISKUSI MASUKAN PESERTA TOPIK
GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
FORUM SILATURAHMI MENDIKBUD
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
1 Kurikulum sekolah saat ini masih
berfokus pada standar dan muatan/konten. Perspektif pemerintah (regulator)
cenderung berpusat pada compliance atas standar-standar yang ditetapkan.
2. Struktur kurikulum tidak
memberikan ruang dan waktu bagi guru dan siswa untuk mengembangkan keterampilan
yang relevan untuk mengantisipasi masa depan.
3 Perlunya link and match kurikulum SMK sehingga keahlian siswa sesuai standar
industri.
4. Kebijakan Mata Pelajaran
Informatika memiliki masalah diantaranya masalah linieritas guru, bukan mata
pelajaran (hanya mapel pilihan), ketersediaan gurunya serta rancangan konten
mata pelajarannya dan ketersediaan sarana-prasarana
6. Perlunya analisis dan revisi Kurikulum Matematika Sekolah serta peningkatan Kualitas Guru Matematika.
7. Rendahnya Kualitas Belajar
Mengajar dan kemampuan guru untuk menerjemahkan kebutuhan siswa pada konteks
era digital dan global sangat terbatas.
8. Perlu adanya peraturan yang
melindungi guru dalam proses pembelajaran dari ancaman siswa dan orangtua.
Selain itu, bisa melalui gugus hukum yang difasilitasi pemerintah atau LBH
untuk mengawal kasus yang dihadapi guru.
9. Perlunya dukungan terhadap
organisasi profesi.
10. Standar Kompetensi Guru (SKG)
Tahun 2007 sudah saatnya ditinjau ulang
11. Menurunnya karakter bangsa;
meningkatnya paham radikalisme; menipisnya cinta tanah air
12. Kesejahteraan guru seperti gaji
guru honorer dan ketepatan pembayaran tunjangan guru
13. Implementasi Permendikbud No.
111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan
Menengah di lapangan masih beragam dan belum seutuhnya
14. Formasi CPNS 2019 di daerah,
masih terdapat formasi guru bimbingan dan konseling yang mengabaikan legalitas
Permendiknas No. 27/2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi
Konselor (SKAKK) dan Permendikbud No. 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan
Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
15. Sistem rekrutmen guru, beban
administrasi dan mengajar guru perlu lebih diperhatikan
16. Peningkatan kualitas guru terjebak
pada tunjangan dan bagaimana mempertanggungjawabkan tunjangan. Tidak ada
strategi nyata dan sistemik untuk memastikan adanya peningkatan kompetensi dan
profesionalisme guru.
17. Kebutuhan atas suatu pelatihan
belum berdasarkan kebutuhan guru dan perlunya guru diberi kemerdekaan untuk
memilih pelatihan sendiri.
18. Memberikan akses informasi
kepada sekolah swasta terkait pelatihan guru dan bantuan pemerintah.
19. Perlu reformasi LPTK (Lembaga
Pendidikan Tenaga Kependidikan), mulai dari akuntabilitas lulusan hingga
membuka jurusan industri kreatif yang menyesuaikan dengan kondisi wilayah.
20. Belum ada grand design
pengelolaan guru yang holistik dari hulu hingga hilir.
21. Rendahnya kualitas guru PAUD.
Hanya 32% guru PAUD non formal yang sudah S1.
22. Pendataan dan administrasi
terlalu banyak. Sehingga sering melelahkan para guru/kepsek
UNDUH FILE LENGKAP RANGKUMAN ISU DAN MASUKAN KEPADA KEMDIKBUD 2019 KLIK https://drive.google.com/open?id=1DXoyMnJ3HsjYIAcR0ZrBcC9uHXmDTR7U
ayo daftarkan diri anda di a*g*e*n*3*6*5 :D
ReplyDeleteWA : +85587781483
Bagaimana perspektif peserta forum terhadap fokus kurikulum sekolah saat ini pada standar dan muatan/konten, serta apakah mereka setuju bahwa pendekatan tersebut cenderung berpusat pada compliance atas standar-standar yang ditetapkan? Regard Telkom University
ReplyDelete