01 November 2019

STRUKTUR NOVEL DAN CONTOH ANALISIS STRUKTUR NOVEL


Struktur  Teks Novel

Sebagai karya sastra yang berjenis penceritaan, novel memiliki struktur yang sama dengan cerpen  ataupun roman.  Struktur novel dapat dijelaskan sebagai berikut.
a)   Abstrak, merupakan bagian ringkasan isi cerita yang biasanya dapat ditemukan pada bagian awal cerita dalam novel.

b)   Orientasi, merupakan bagian penjelasan mengenai latar waktu dan suasana. Seperti terjadinya cerita, terkadang juga berupa pembahasan penokohan atau perwatakan.

c)   Komplikasi, merupakan urutan kejadian yang dihubungkan oleh sebab akibat, dimana setiap peristiwa terjadi karena adanya sebab dan mengakibatkan munculnya peristiwa yang lainnya.

d)   Evaluasi, merupakan bagian dimana konflik yang terjadi pada tahap komplikasi terarah menuju suatu titik tertentu.

e)   Resolusi, merupakan bagian dalam novel yang memunculkan solusi atas konflik yang sedang terjadi.

f)   Koda, merupakan bagian akhir atau penutup cerita dalam novel.

Perhatikan contoh analisis struktur teks novel “Negeri 5 Menara” berikut!

1)      Abstrak

Iseng saja, aku mendekat ke jendela kaca dan menyentuh permukaannya dengan ujung telunjuk kananku. Hawa dingin segera menjalari wajah dan lengan kananku. Dari balik kerai tipis di lantai empat ini, salju tampak turun menggumpal-gumpal seperti kapas yang dituang dari langit. Ketukan-ketukan halus terdengar setiap gumpal salju menyentuh kaca depanku. Matahari sore menggantung condong ke barat membentuk piring putih susu. (halaman 1)


2)      Orientasi

Laki-laki ramping ini adalah Ustad Salman, wali kelasku. Wajahnya lonjung kurus, sebagian besar dikuasai keningnya yang lebar. Bola matanya yang lincah memancarkan sinar kecerdasan. Pas sekali dengan gerak kaki dan tangannya yang gesit ke setiap sudut kelas. Sebuah dari berwarna merah tua terikat rapi di leher kemeja putihnya yang licin. Lipatan celana hitamnya berujung tajam seperti baru saja disetrika. Sepatu hitamnya bersol tebal dan berdekak-dekak setiap dia berjalan di ubin kelas kami. (halaman 41)

3)         Komplikasi

Alif yang tidak ingin masuk pesantren dipaksa oleh kedua orang tuanya utnuk mengikuti tes masuk di Pondok Madani. Setelah lulus, alif merasa tertekan karena tidak dapat bersekolah di SMA umum seperti Randi, dan terus terprovokasi dengan surat Randi dan kehidupan SMA. Banyak cerita dan perjuangan dalam Pondok Madani bersama kelima teman Alif yang mengikrarkan diri menjadi Sahibul Menara.

4)      Evaluasi

“Anak-anakku semua. Mari kita bersyukur, kita telah diberi jalan oleh Tuhan untuk bersama melangkah sampai sejauh ini. Selamat atas naik ke kelas enam. Tujuan akhir kalian tidak jauh lagi. Terminal sudah tampak di ujung sana” Seperti biasa, beliau menyapa kami dengan lemah lembut dan intim (halaman 291)

5)      Resolusi

Kami pada Sahibul Menara berangkulan bersama. Hidup penuh suka duka selama 4 tahun di PM telah merekatkan kami semua dalam sebuah pengalaman dan persaudaraan yang tak akan lekang oleh waktu. (halaman 398)

6)      Koda

Dulu kami melukis langit dan membebaskan imajinasi itu lepas membumbung tinggi. Aku melihat awan yang seperti benua Amerika, Raja bersikeras awan yang sama membentuk benua Eropa, sementara Atang tidak yakin dengan kami berdua, dan sangat percaya bahwa awan itu berbentuk Afrika. Baso malah melihat semua ini dalam konteks Asia, sedangkan Said dan Dulmajid sangat nasionalis, awan itu berbentuk peta negara kesatuan Indonesia. (halaman 405)


Sumber: Puryanto, Edi. 2019. Teks Novel. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

7 comments:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. Ternyata Koda itu bagian akhir penutup sebuah Novel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya saya juga tau arti Koda dari Blog ini. Admin terima kasih ya

      Delete
  3. Terima kasih telah menjelaskan struktur Roman.

    ReplyDelete
  4. Sangat bagus artikel tentang Roman. Jarang saya temukan di blog lain

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran dengan novel Negeri 5 menara.

    ReplyDelete
  6. Ada struktur teks untuk novel "pulang"karya Tere Liye g kak

    ReplyDelete