04 November 2019

SOAL MEMVARIASIKAN KATA DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019 SMP/MTs)



Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Arti kata variasi adalah tindakan atau hasil perubahan dari keadaan semula, selingan dan bentuk (rupa) yang lain; yang berbeda bentuk (rupa). Arti kata memvariasikan adalah menyelang-nyeling (https://kbbi.web.id/variasi). 
Salah satu memvariasikan kata adalah dengan mengganti kata-kata tertentu dengan kata yang memiliki makna sama atau hampir sama (sinonim). Sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain; muradif; (https://kbbi.web.id/sinonim).  
Arti kata destinasi adalah tempat tujuan; tempat tujuan pengiriman (https://kbbi.web.id/destinasi). Dengan demikian jawaban yang tepat adalah opsi A
Ringkasan Materi
Memvariasikan Kata 
Kata adalah unsur yang membentuk kalimat. Arti kata variasi adalah tindakan atau hasil perubahan dari keadaan semula, selingan dan bentuk (rupa) yang lain; yang berbeda bentuk (rupa). Arti kata memvariasikan adalah menyelang-nyeling (https://kbbi.web.id/variasi).
1. Sinonim
Sinonim adalah beberapa kata yang memiliki bentuk berbeda, tetapi memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinonim disebut juga persamaan kata atau padanan kata. Contoh:

bohong = dusta
haus     = dahaga
pakaian = baju
bertemu = berjumpa
2. Konotasi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konotasi adalah tautan pikiran yang menimbulkan nilai rasa pada seseorang ketika berhadapan dengan sebuah kata; makna yang ditambahkan pada makna denotasi. Jadi, makna konotasi adalah makna atau arti tambahan pada arti sebenarnya, bukan makna kias. 
Contoh:

Makna denotasi
Makna konotasi
kelompok
gerombolan
mati
meninggal
bekas
mantan

 3. Ungkapan
Ungkapan atau idiom adalah gabungan kata yang memiliki makna khusus dan tidak dapat diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa dan situasi lain.
Contoh:
Muka manisnya sering mengecoh orang-orang yang berusaha mendekatinya.
Kata muka manis merupakan ungkapan yang berarti 'menarik'.



PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
36. Memperbaiki Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/01/soal-un-bahasa-indonesia-smp.html

1 comment:

  1. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa WA : +85587781483

    ReplyDelete