04 November 2019

SOAL MELENGKAPI KALIMAT DENGAN ISTILAH YANG TEPAT DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA)


Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang dengan kata/Istilah yang tepat haruslah memperhatikan kata-kata sebelum dan sesudahnya. Di samping itu, perlu memperhatikan makna utuh kalimat. 
Dalam teks tersebut, sebelumnya ada kata mengganti organ sama sekali bukan dan sesudahnya abad modern, Salah satu yang berkaitan dengan abad modern adalah penemuan hal-hal baru. Dengan demikian, isian bagian rumpang adalah sesuatu yang baru atau hasil kreasi dan kata/istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah inovasi (pilihan jawaban C).
Arti kata/istilah pada pilihan jawaban tersebut adalah sebagai berikut.

A.    renovasi:  pembaharuan; peremajaan; penyempurnaan (tentang gedung bangunan dan sebagainya) (https://kbbi.web.id/renovasi)

B.     invansi: hal atau perbuatan memasuki wilayah negara lain dengan mengerahkan angkatan bersenjata dengan maksud menye-rang atau menguasai negara tersebut; penyerbuan ke dalam wilayah negara lain (https://kbbi.web.id/invasi)

C.    inovasi: penemu-an baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat); (https://kbbi.web.id/inovasi)

D.    karbonasi: proses pengisian cairan dng karbondioksida (https://azkamus.com/dictionary/karbonasi/
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI KALIMAT DENGAN ISTILAH/KATA YANG TEPAT
Melengkapi artinya menambah sesuatu yang kurang supaya menjadi lengkap (https://kbbi.web.id/lengkap). Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat meng-ungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah).
Melengkapi kalimat dengan istilah/kata yang tepat adalah menambahkan istilah/kata pada bagian yang rumpang pada suatu kalimat.
Petunjuk melengkapi kalimat dengan istilah/kata yang tepat

1.      Perhatikan kata-kata sebelum dan sesudah bagian rumpang pada kalimat

2.      Pahami maksud kalimat secara utuh.

3.      Pilih dan isikan istilah/kata yang tepat untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang.

Contoh
Keputusan pemerintah mengharuskan kendaraan dinas menggunakan BBM tidak … diabaikan di banyak daerah.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu bersubsidi.



PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


UNDUH SOAL UN 3 TAHUN TERAKHIR (2017, 2018, 2019) DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/soal-dan-pembahasan-un-3-tahun-terakhir.html

2 comments:

  1. menang berapapun di bayar
    ayo segera bergabung bersama kami di bandar365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete