01 November 2019

PEMBAHASAN SOAL UN SMP/MTs BAHASA INDONESIA TAHUN 2019: MAKNA SIMBOL DALAM CERITA


Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Makna simbol kata sertifikat dalam teks tersebut adalah kepemilikan keahlian (opsi A). Kalimat yang menjelaskannya yaitu kalimat nomor (13) Aku tidak tahu bagaimana caranya hingga Miss Selena bisa menjadi guru di sekolah kita. Kalimat tersebut menunjukkan orang (Miss Selena) atau pihak yang memiliki kemampuan (bisa) atau memiliki keahlian.

Kata sertifikat menyimbolkan kepemilikan keahlian didukung kutipan berikut. 

Sertifikasi profesional, kadang hanya disebut dengan sertifikasi atau kualifikasi saja, adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik. (https://id.wikipedia.org/wiki/Sertifikasi_profesional).

RINGKASAN MATERI

Makna Simbol dalam Cerita

Teks atau cerita sering menggunakan simbol-simbol di dalamnya. Adapun yang dimaksud dengan simbol adalah tanda yang melambangkan suatu tempat, benda, orang, organisasi, ataupun keadaan. Simbol yang digunakan dalam teks/cerita mempunyai makna tertentu yang mewakili suatu hal yang ingin disampaikan. Misalnya simbol bendera kuning melambangkan kematian, padi kapas melambangkan kemakmuran, simbol burung garuda melambangkan Negara RI, dan sebagainya.

Contoh:

Sebelum duduk di bawah tugu, sebagai orang kota sejati aku beberkan sapu tanganku ke rumput, biar pantalon tropical yang kupakai tidak kotor. Kemudian aku memandang pada rnakam sambil menyalakan sigaret lagi. Di sekitar tempat rindang itu matahari memanas terik. (Hujan Kepagian- Nugroho Notosusanto)

Penjelasan: Di dalam cuplikan itu terdapat penggunaan kata tugu yang berarti tempat perbatasan ataupun monumen terjadinya suatu peristiwa.


PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA















UNDUH SOAL UN 3 TAHUN TERAKHIR (2017, 2018, 2019) DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete