06 November 2019

SOAL MEMVARIASIKAN KALIMAT DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019 SMP/MTs)



Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Kalimat Mereka menyeleksi data pada bulan pertama dan mengolahnya pada bulan berikutnya berjenis kalimat aktif. Kalimat tersebut dapat divariasikan dengan kalimat pasif yang isinya sama, yaitu Data diseleksi pada bulan pertama dan diolah pada bulan berikutnya oleh mereka. 

RINGKASAN MATERI
MEMVARIASIKAN KALIMAT 
Arti kata variasi adalah tindakan atau hasil perubahan dari keadaan semula,  selingan dan bentuk (rupa) yang lain; yang berbeda bentuk (rupa). Arti kata memvariasikan adalah menyelang-nyeling (https://kbbi.web.id/variasi). 
1. Memvariasikan kalimat adalah mengubah kalimat dari keadaan semula menjadi bentuk baru. Untuk memvariasikan kalimat dapat dilakukan dengan mengganti kata-kata tertentu dengan kata yang memiliki makna sama atau hampir sama (sinonim). 
Sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain; muradif; (https://kbbi.web.id/sinonim). 
Contoh memvariasikan kalimat dengan menggunakan sinonim
1. Realita = Kenyataan
a. Realitanya, masih terjadi kerusuhan antarsuporter pada LIGA 1 Indonesia.
b. Kenyataannya, masih terjadi kerusuhan antarsuporter pada LIGA 1 Indonesia.
2. Beragam = Majemuk
a. Beragam : Indonesia terkenal dengan kehidupan masyarakatnya yang beragam.
b. Majemuk : Indonesia terkenal dengan kehidupan masyarakatnya yang majemuk. 
2. Variasi kalimat yang bertujuan sama dapat juga dilakukakan antara lain dengan mengubah (1) kalimat berita menjadi kalimat tanya atau perintah, (2) kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung. (3) kalimat aktif menjadi kalimat pasif, (4) kalimat sederhana menjadi kalimat kompleks/luas atau sebaliknya.
Contoh mengubah kalimat aktif menjadi pasif.
Mekanik sedang memperbaiki sepada motorku (SPO) dijadikan  kalimat pasif Sepada motorku sedang diperbaiki oleh mekanik (SPO) dengan isi, pola kalimat, dan tujuan/maksud yang sama.


PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA





















UNDUH SOAL UN 3 TAHUN TERAKHIR (2017, 2018, 2019) DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/soal-dan-pembahasan-un-3-tahun-terakhir.html


1 comment:

  1. agen365 agen jud! online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    WA : +85587781483

    ReplyDelete