31 October 2019

SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2019 SMP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG MENENTUKAN KOMENTAR YANG TEPAT TERHADAP ISI TEKS

Kunci Jawaban: C
Pembahasan 
Soal tersebut menanyakan komentar yang tepat terhadap isi teks. Isi teks tersebut adalah upaya keras tokoh untuk lolos dari bahaya dengan melewati berbagai rintangan. Komentar yang tepat sesuai isi teks tersebut adalah semangat pantang menyerah dalam menyelesaikan masalah dari para tokoh patut diteladani (opsi C). 

KUMPULAN SOAL NOVEL DAN KUNCI JAWABAN


SOAL-SOAL KELAS XII SMA BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

1. Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Surat Lamaran Pekerjaan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-penilaian-surat-lamaran.html

2. Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Teks Cerita Sejarah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-soal-teks-cerita-sejarahnovel.html

3. Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Teks Editorial Klik  https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/soal-soal-teks-editorial-atau-tajuk.html

1. Bacalah paragraph berikut!
       ….tapi itu tak dapat dicapai dengan kenduri saja. Masa dan keadaanlah yang menentukan. Ompi yakin, masa itu pasti akan datang. Dan, ia menunggu dengan hati yang disabar-sabarkan. Pada suatu hari yang gilang gemilang, angan-angannya pasti merupa jadi kenyataan. Dia yakin itu bahwa Indra Budiman-nya akan mendapat nama tambahan dokter di muka namanya sekarang. Atau salah satu titel yang mentereng lainnya. Ketika Ompi mulai mengangankan nama dambaannya itu, diambilnya kertas dan potlot ditulisnya nama anak-anak, Dr. Indra Budiman. Dan Ompi merasa bahagia sekali. Ia yakinkan kepada para tetangganya akan cita-citanya yang pasti tercapai itu.
(A.A. Navis, anak kebanggaan)
Amanat yang terkandung dalam penggalan prosa di atas adalah….
A.       Janganlah terlalu yakin dengan angan-angan sendiri.
B.       Cita-cita orang tua akan tercapai kalau didukung oleh anaknya.
C.       Cita-cita pasti tercapai kalau dilandasi keyakinan akan keberhasilannya
D.       Asal kita yakin, pengaruh dari orang lain tak ada artinya.
E.        Hendaklah kita yakin dengan apa yang kita cita-citakan.

PENGERTIAN MENAFSIRKAN PANDANGAN PENGARANG TERHADAP KEHIDUPAN DALAM NOVEL


Untuk menjelaskan pengertian menafsirkan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel terlebih dahulu akan dijelaskan pengertian menafsirkan dan pandangan hidup

a. arti kata tafsir menurut KBBI

tafsir/taf·sir/ n keterangan atau penjelasan tentang ayat-ayat Alquran agar maksudnya lebih mudah dipahami;

-- harfiah tafsir kata demi kata;

-- mimpi penggunaan ciri-ciri modern untuk menguraikan arti mimpi;

menafsirkan/me·naf·sir·kan/ v 1 menerangkan maksud ayat-ayat Alquran atau kitab suci lain; 2 menangkap maksud perkataan (kalimat dan sebagainya) tidak menurut apa adanya saja, melainkan diterapkan juga apa yang tersirat (dengan mengutarakan pendapatnya sendiri); mengartikan: setiap ~ pasal itu menurut kepentingannya sendiri;

tafsiran/taf·sir·an/ n penjelasan atau pendapat (tentang suatu kata, kalimat, cerita, dan sebagainya); interpretasi; hasil menafsirkan;

penafsiran/pe·naf·sir·an/ n proses, cara, perbuatan menafsirkan; upaya untuk menjelaskan arti sesuatu yang kurang jelas: ~ nya ditulis dalam buku Serat Dewa Ruci


30 October 2019

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2019 DAN PEMBAHASAN (NOMOR 3 BUKTI WATAK TOKOH)

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Latar Suasana (berkaitan dengan perasaan atau suasana kejadian peristiwa dalam cerita itu terjadi). Kata riuh memiliki arti sangat ramai (tentang suara); hiruk-pikuk; gaduh (https://kbbi.web.id/riuh). Kalimat yang menunjukkan suasana riuh atau suara ramai terdapat pada kalimat (3) yaitu kata berdebam (debam adalah tiruan bunyi benda berat jatuh ke lantai (tanah) https://kbbi.web.id/debam) dan kalimat (4) yaitu kata guguran kristal. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah opsi B. 

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (MENENTUKAN PERNYATAAN YANG SESUAI ISI TEKS)


Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Untuk menentukan pernyataan yang isi teks kita harus memahami isi teks secara keseluruhan. Setelah itu, kita membandingkan pernyataan pada pilihan jawaban dengan isi teks.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks adalah Keenam Jembatan Barelang yang dibangun pada tahun 1992-1998 dengan dana sebesar 400 miliar untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam melibatkan ratusan insinyur Indonesia (pilihan jawaban D). Pernyataan tersebut sesuai dengan isi teks pada kalimat pertama dan kedua. 
Pernyataan pada pilihan jawaban A tidak tepat karena pada teks nama jembatan terbesar adalah Jembatan Tengku Fisabilillah, bukan Jembatan Barelang 3. Pernyataan pada pilihan jawaban B salah karena yang membentang sepanjang 54 kilometer adalah jalur Trans Barelang, bukan panjang Jembatan Barelang. Pernyataan pada pilihan jawaban C tidak sesuai dengan isi teks karena yang terlibat dalam pembuatan Jembatan Barelang hanya insyinyur Indonesia, bukan .  

29 October 2019

PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (NOMOR 1 MAKNA ISTILAH PADA TEKS)

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Makna kata pada teks dapat diketahui melalui hubungan kata itu dengan kata sebelum ataupun sesudahnya. Makna kata heterogen pada teks tersebut dapat dihubungkan dengan kata-kata sebelumnya, yaitu berbagai suku bangsa. Dengan demikian, makna kata heterogen pada teks tersebut adalah beraneka ragam (opsi B).

27 October 2019

SOAL DAN PEMBAHASAN UN 3 (TAHUN) TERAKHIR (2107, 2018, 2019) TINGKAT SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA


Sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional Tahun 2020, berikut disajikan soal dan pembahasan UN mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP
Unduh soal Bahasa Indonesia SMP/MTs tahun 2017 Klik https://drive.google.com/open?id=1eh66mzEp8L4dsy0k6sPt-VwII-G77XL8
Unduh soal Bahasa Indonesia SMP/MTs tahun 2018 Klik https://drive.google.com/open?id=1O30VUP_uralCgcsnmOWX9Kmh4klQG8Np
Unduh soal Bahasa Indonesia SMP/MTs tahun 2019 Klik https://drive.google.com/open?id=1GpPXnNYWFg5QcDkh4De_OM_oOFHZWWum

SOAL UN 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR (2019, 2018, 2017) DAN PEMBAHASAN MAPEL BAHASA INDONESIA SMA



Sebagai persiapan Ujian Nasional tahun 2020, berikut disajikan soal dan pembahasan UN 3 (tiga) tahun terakhir (2019, 2018, 2017) mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA
UNDUH SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2017 KLIK https://drive.google.com/open?id=1niCRkYqmc-Ye_jK0PBr9qjXp1UvyZGUu
UNDUH SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2018 KLIK https://drive.google.com/open?id=1qQz8otS9avpCJljIcDGELQmmIycm3Qx6
UNDUH SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019 KLIK https://drive.google.com/open?id=1hzz8Qmt5X_40OmUyEQwLYEQ1bgnJg-1r

22 October 2019

LIMA LANGKAH PENDAMPINGAN PRAKTIK PEMBELAJARAN


LIMA LANGKAH PENDAMPINGAN PRAKTIK PEMBELAJARAN 
A. Pendahuluan

Guru seringkali mengalami kesulitan untuk menerapkan hal-hal yang telah dipelajari selama pelatihan. Situasi dan kondisi pelatihan seringkali berbeda dengan situasi dan kondisi kelas. Perbedaan ini membuat guru tidak bisa begitu saja mentransfer apa yang diperolehnya dalam pelatihan ke dalam praktik di kelas. Guru memerlukan bantuan untuk merealisasikannya di dalam kelas.

Fasilitator pelatihan merupakan satu komponen penting bagi suksesnya suatu pelatihan. Di samping memfasilitasi pelatihan, fasilitator perlu memberikan pendampingan kepada guru. Fasilitator perlu mendampingi guru agar mampu “membumikan” apa yang telah dipelajari selama pelatihan ke dalam pembelajaran di kelas.

Dengan pendampingan yang baik, guru memiliki kepercayaan diri yang lebih baik dalam melaksanakan inovasi pembelajaran. Dengan pendampingan yang baik, guru memiliki peluang untuk mengetahui kelemahan pembelajarannya, menemukan ide-ide perbaikannya, mencobakan ide tersebut, dan merevisinya. Karena itu, pendampingan merupakan hal yang penting dan perlu diwujudkan keberadaannya. Pendampingan perlu menjadi tindak lanjut dari setiap pelaksanaan pelatihan. 

20 October 2019

CONTOH SOAL ULASAN TEKS DRAMA DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019)


Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Teks ulasan (film/drama) merupakan hasil interpretasi terhadap suatu tayangan atau pementasan drama/film tertentu. Teks drama tersebut berisi percakapan antara beberapa tokoh pelajar dalam menyikapi ujian semester. Beberapa tokoh saling mencontek. Tokoh Budi tidak mau mencontek dan menyampaikan bahwa mencontek adalah perbuatan buruk dan berdosa. Berdasarkan isi kutipan drama tersebut, ulasan yang sesuai adalah pengarang menampilkan karakter tokoh yang teguh pendiriannya dalam dialog Budi yang sangat patut ditiru (opsi A).  

CONTOH SOAL MENENTUKAN PERNYATAAN SESUAI ISI TEKS DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019)

Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Bahaya metanil yellow bagi kesehatan sesuai teks kedua adalah penggunaan metanil yeloow secara berkelanjutan menyebabkan gangguan kandung kemih dan fungsi hati (opsi C). Hal ini sesuai dengan kalimat terakhir pada teks, yaitu Bahaya kronis dari penggunaan metanil yellow dalam jangka panjang menyebabkan gangguan kesehatan pada fungsi hati, gangguan kandung kemih, bahkan kanker.

CONTOH SOAL MENYIMPULKAN ISI DUA TEKS (SOAL UN 2019)


Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Teks 1 berisi tentang penggunaan metanil yellow dalam berbagai usaha kuliner. Teks 2 berisi penjelasan bahaya penggunaan metanil yellow terhadap kesehatan. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaan metanil yellow dalam produk-produk pangan, tetapi masih sering terjadi pelanggaran.
Berdasarkan isi kedua teks tersebut, pernyataan yang sesuai adalah masyarakat tetap menggunakan metanil yellow untuk makanan meski sudah dilarang pemerintah karena menyebabkan gangguan kesehatan.

CONTOH SOAL MENENTUKAN TUJUAN PENULIS TEKS DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019)


Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah memaparkan adanya penggunaan metanil yellow pada berbagai usaha kuliner (opsi B). Kalimat yang berisi paparan penggunaan metanil yellow terdapat pada kalimat pertama dan kedua pada teks tersebut, yaitu Pewarna tekstil banyak digunakan dalam usaha kuliner untuk memberikan warna pada produk makanan. Contohnya adalah metanil yellow yang digunakan pada jelly, agar-agar, tahu, kerupuk, dan lain-lain.