10 January 2020

PEMAKAIAN TANDA BACA HUBUNG (-), KOMA (,), DAN TITIK (.)

(Soal UN SMP Tahun 2019)

Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tidak tepat adalah penggunaan tanda titik pada singkatan satuan uang. Penggunaan tanda baca hubung dan koma pada kalimat tersebut sudah tepat.
Aturan pemakaian tanda baca hubung, titik, dan koma sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia antara lain sebagai berikut.

SOAL DAN PEMBAHASAN PENGGUNAAN TANDA BACA PETIK PADA KALIMAT LANGSUNG


 (Soal UN SMP 2019 Bahasa Indonesia)
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, pilihan jawaban yang tepat adalah opsi D.
Kalimat tersebut adalah pembicaraan langsung sehingga digunakan tanda petik dan tanda koma.
Aturan penggunaan tanda baca petik dan tanda koma dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.
1. Tanda petik dipakai untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan, naskah, atau bahan tertulis lain.
Misalnya:
"Kerjakan tugas ini sekarang!" perintah atasannya. "Besok akan dibahas dalam rapat."
2. Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat.
Misalnya:
“Kita harus berbagi dalam hidup ini,” kata nenek saya, “karena manusia adalah makhluk sosial.”

09 January 2020

PENGGUNAAN TANDA BACA PADA NAMA TEMPAT ATAU WILAYAH NEGERI YANG DITULIS BERURUTAN DAN PENULISAN GELAR


 (Soal UN 2019 SMP Bahasa Indonesia )
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia adalah Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H. lahir di Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat (opsi D) dengan penjelasan sebagai berikut.
a. Tanda koma dipakai di antara nama tempat dan wilayah atau negeri yang ditulis berurutan.
Contoh
Sdr. Abdullah, Jalan Kayumanis III/18, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Matraman, Jakarta 13130
b. Tanda koma dipakai di antara nama orang dan singkatan gelar akademis yang mengikutinya untuk membedakannya dari singkatan nama diri, keluarga, atau marga
contoh
Siti Aminah, S.H., M.H.
c. Singkatan nama orang, gelar, sapaan, jabatan, atau pangkat diikuti dengan tanda titik pada setiap unsur singkatan itu.
Contoh
S.E. sarjana ekonomi

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS X TEKS DEBAT MODEL DISCOVERY LEARNING FORMAT BARU



BACA DAN UNDUH CONTOH RPP PJJ SATU RPP UNTUK SATU PERTEMUAN
KELAS X
Kelas XI
Kelas XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                     : X / Genap
Materi Pokok                       : Debat
Alokasi Waktu                     : 2 x  45 menit

A.           Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menemukan hubungan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak.
2.    Siswa dapat menyimpulkan esensi permasalahan debat.

08 January 2020

06 January 2020

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
XI IPA-IPS/ Genap
Teks Proposal
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.13.      Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
3.13.1 Menganalisisi  isi proposal
3.13.2 Menganalisisi  sistematika proposal
3.13.3 Menganalisis kebahasaan proposal
4.13.       Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
4.13.1 Merancang sebuah prposal karya ilmiah
4.12.2 Menyusun sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan


A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat menganalisisi isi, sistematika, kebahasan proposal dan menyusun proposal dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 2 TEKS PROPOSAL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
XI IPA-IPS/ Genap
Teks Proposal
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12 Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca

3.12.1 Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal kegiatan
3.12.2 Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal penelitian
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif
4.12.1 Melengkapi informasi dalam proposal kegiatan secara lisan supaya lebih efektif
4.12.2 Melengkapi informasi dalam proposal penelitian secara lisan supaya lebih efektif


A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengidentifikasi informasi dan melengkapi informasi penting yang ada dalam proposal dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

05 January 2020

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAGRAF


Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Perbaikan kalimat (3) agar teks tersebut supaya padu adalah dengan kalimat opsi D. Ketika akan melompat, kaki belakang ditarik ke depan, kemudian dihentakkan ke belakang.  Kalimat (3) pada teks tersebut tidak mendukung ide pokok dan tidak sesuai dengan isi kalimat-kalimat lain dalam paragraf, yaitu tentang kemampuan belalang dalam melompat. Kalimat opsi D sesuai dengan isi kalimat-kalimat lain dalam paragraf.  

SOAL MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK EFEKTIF DAN PEMBAHASAN SOAL UN SMP 2019


Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Kalimat Hampir semua siswa sekolah sudah memiliki telepon seluler mulai dari tingkat SD sampai tingkat SMA adalah kalimat yang tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, Kata mulai dan dari memiliki makna yang sama menunjukkan keterangan waktu. Kata mulai dan dari tidak boleh digunakan bersamaan atau berurutan dalam satu kalimat.

04 January 2020

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA TEKS KRITIK SASTRA DAN ESAI





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
XII IPA-IPS/ Genap
Teks Kritik dan Esai
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis

3.12.1 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan penulis
3.12.2 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek  pandangan penulis

4.12 Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
4.12.1 Merancang kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
4.12.2 Menyusun kritik dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis


03 January 2020

CONTOH SOAL MELENGKAPI KALIMAT DENGAN KONJUNGSI YANG TEPAT UNTUK SISWA SMP






34. Cermati kalimat berikut!

Pedagang itu berkata (…) ia sudah menaikkan harga bawang (…) cabai sejak seminggu lalu.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. bahwa, dan
B. sehingga, dengan
C. bahwa, tetapi
D. karena, dan


Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah (1) bahwa (2) dan.
Hubungan antarbagian pada kalimat pertama adalah penjelas sehingga kata penghubung yang tepat bahwa. Hubungan antarbagian pada kalimat kedua adalah penambahan sehingga kata kata penghubung yang tepat dan.

CONTOH SOAL MEMPERBAIKI KATA BENTUKAN ATAU KATA BERIMBUHAN (SOAL UN SMP TAHUN 2019)


Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Untuk memperbaiki kata bentukan yang tepat haruslah memperhatikan kata-kata sebelum dan sesudahnya. Di samping itu, perlu memperhatikan makna utuh kalimat. Dengan memperhatikan kata-kata sebelum dan sesudahnya, perbaikan kata bersanggah yang tepat adalah menyanggah (opsi B). Kata Jangan pernah pada awal kalimat yang paling tepat diikuti kata kerja/kegiatan, yaitu menyanggah.

02 January 2020

01 January 2020

CONTOH RPP 1 HALAMAN MATERI SAMA DENGAN 2 FORMAT YANG BERBEDA




contoh  Model/Format 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
XII IPA-IPS/ Genap
Teks Artikel
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
3.10.1 Menemukan informasi pokok dalam artikel opini.
3.10.2 Membedakan antara informasi fakta dan opini penulis.
4.10 Menyusun opini dalam bentuk artikel
4.10.1 Menyusun opini dalam bentuk artikel
4.10.2 Mempresentasikan opini dalam bentuk artikel     

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengevaluasi informasi dalam artikel dan menyusun opini dalam bentuk artikel dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.