19 March 2020
08 March 2020
PEMBAHASAN SOAL AKM (BAGIAN KEDUA): MENENTUKAN GAGASAN UTAMA
PEMBAHASAN SOAL AKM (BAGIAN KEDUA): MENENTUKAN GAGASAN UTAMA
PARAGRAF
Oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.-Guru SMA Negeri 2 Boyolali
HP: 081326446361
Berikut disajikan contoh soal simulasi asesmen
kompetensi minimum (AKM) tahun 2020, kunci jawaban, pedoman penilaian,
pembahasan soal dan ringkasan materi.
Pada bagian kedua ini akan dibahas soal
literasi/membaca.
SOAL AKM / AKSI DAN PEMBAHASAN, KUNCI JAWABAN, PEDOMAN PENILAIAN, RINGKASAN MATERI
PEMBAHASAN SOAL AKM / AKSI (BAGIAN PERTAMA)
Oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.-Guru SMA Negeri 2 Boyolali
HP: 081326446361
Berikut disajikan contoh soal asesmen kompetensi
minimum (AKM)/AKSI, kunci jawaban, pedoman penilaian, pembahasan soal dan
ringkasan materi.
Pada bagian pertama ini akan dibahas soal
literasi/membaca.
25 February 2020
TIPE-TIPE SOAL AKM DAN SURVEY KARAKTER
TIPE-TIPE SOAL AKM DAN SURVEY
KARAKTER
Oleh Muh Zuhri-Guru SMA Negeri 2 Boyolali
HP 081326446361
a. isi data
b. data yang sesuai/tidak sesuai
c. pernyataan disertai alasan jawaban
3. Soal Survey Karakter
Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tokoh menghadapi situasi tertentu, kemudian disajikan pilihan jawaban tindakan/sikap tokoh menghadapi situasi tertentu. Berdasarkan pilihan tindakan/sikap yang dipilih, dapat ditentukan karakter seseorang.
Baca Juga
1. Pembahasan Soal AKM/AKSI (1)Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/03/soal-akm-aksi-dan-pembahasan-kunci.html
2. Pembahasan Soal AKM (2) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/03/pembahasan-soal-akm-bagian-kedua.html
Oleh Muh Zuhri-Guru SMA Negeri 2 Boyolali
HP 081326446361
Info pengenalan simulasi AKM dan Survey Karakter Tahun 2020
Soal AKM terdiri dari soal literasi dan numerasi
1. Soal literasi antara lain disajikan teks bacaan yang cukup panjang sebagai stimulus kemudian ditanyakan tentang
a. gagasan pokok teks
b. simpulan teks
c. persamaan isi beberapa teks
d. pernyataan yang sesuai/tidak sesuai dengan isi teks
e. pernyataan sesuai atau tidak dan diminta menuliskan alasan
2. Soal Numerasi
Disajikan data berupa angka dalam bentuk tabel dan grafik
ditanyakanSoal AKM terdiri dari soal literasi dan numerasi
1. Soal literasi antara lain disajikan teks bacaan yang cukup panjang sebagai stimulus kemudian ditanyakan tentang
a. gagasan pokok teks
b. simpulan teks
c. persamaan isi beberapa teks
d. pernyataan yang sesuai/tidak sesuai dengan isi teks
e. pernyataan sesuai atau tidak dan diminta menuliskan alasan
2. Soal Numerasi
Disajikan data berupa angka dalam bentuk tabel dan grafik
a. isi data
b. data yang sesuai/tidak sesuai
c. pernyataan disertai alasan jawaban
3. Soal Survey Karakter
Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tokoh menghadapi situasi tertentu, kemudian disajikan pilihan jawaban tindakan/sikap tokoh menghadapi situasi tertentu. Berdasarkan pilihan tindakan/sikap yang dipilih, dapat ditentukan karakter seseorang.
Baca Juga
1. Pembahasan Soal AKM/AKSI (1)Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/03/soal-akm-aksi-dan-pembahasan-kunci.html
2. Pembahasan Soal AKM (2) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/03/pembahasan-soal-akm-bagian-kedua.html
AKM dan survei
karakter, terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan
bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan
penguatan pendidikan karakter. Bentuk soal AKM akan diperkenalkan kepada siswa
yang mengikuti simulasi UN tahun ini, sehingga ada kemungkinan pula
bentuk-bentuk soal tersebut juga akan keluar saat UN utama nantinya. Sedangkan
bagi guru juga akan diperkenalkan bentuk soal AKM sebagai gambaran bagaimana
mengelola proses pembelajaran kedepannya dan bagaimana melakukan penilaian
dengan bentuk soal AKM.
23 February 2020
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII SEMESTER 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4,1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran
|
Bahasa
Indonesia
|
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Materi Pokok
|
Surat Lamaran Pekerjaan
|
|
Kelas/ Smt.
|
XII IPA-IPS/ Gasal
|
Waktu
|
8 jam pelajaran
|
||
Kompetensi Dasar
|
3.1
|
Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan
yang dibaca
|
|||
4.1
|
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi
surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
|
||||
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1.1
|
Mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan
|
|||
3.1.2
|
Mengidentifikasi sistematika surat lamaran pekerjaan
|
||||
4.1.1
|
Menyusun simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan
|
||||
4.1.2
|
Mempresentasikan simpulan isi dan sistematika surat
lamaran pekerjaan
|
||||
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi
dan menyajikan isi dan sistematika surat
lamaran pekerjaan, memiliki sikap
mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
RPP 1 LEMBAR SMA KELAS XI SEMESTER 2 BAHASA INDONESIA TEKS PROPOSAL KD 3.13 DAN 4.13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran
|
Bahasa
Indonesia
|
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Materi Pokok
|
Teks Proposal
|
|
Kelas/ Smt.
|
XI IPA-IPS/ Genap
|
Waktu
|
8 jam pelajaran
|
||
Kompetensi Dasar
|
3.13
|
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
|
|||
4.13
|
Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan
informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
||||
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.13.1
|
Menelaah isi teks proposal
|
|||
3.13.2
|
Menelaah struktur teks proposal
|
||||
3.13.3
|
Menelaah ciri kebahasaan teks proposal
|
||||
4.13.1
|
Merancang teks proposal
|
||||
4.13.2
|
Menyusun teks proposal
|
||||
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menelaah
isi, struktur dan kebahasaan teks proposal; menyusun teks proposal; memiliki
sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2 TEKS PROPOSAL KD 3.12 DAN 4.12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran
|
Bahasa
Indonesia
|
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Materi Pokok
|
Teks proposal
|
|
Kelas/ Smt.
|
XI IPA-IPS/ Genap
|
Waktu
|
8 jam pelajaran
|
||
Kompetensi Dasar
|
3.12
|
Mengidentifikasi formasi penting yang ada dalam proposal
kegiatan atau penelitian yang dibaca
|
|||
4.12
|
Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan
supaya lebih efektif
|
||||
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.12.1
|
Mengidentifikasi informasi dalam teks proposal
|
|||
3.12.2
|
Menyimpulkan informasi dalam teks proposal
|
||||
4.12.1
|
Merancang informasi dalam teks proposal
|
||||
4.12.2
|
Menyusun informasi untuk melengkapi teks proposal
|
||||
4.12.3
|
Mempresentasikan kelengkapan informasi teks proposal
|
||||
21 February 2020
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 SMA TEKS PROSEDUR KD 3.2 DAN 4.2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran
|
Bahasa
Indonesia
|
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Materi Pokok
|
Teks Prosedur
|
|
Kelas/ Smt.
|
XI IPA-IPS/ Gasal
|
Waktu
|
8 jam pelajaran
|
||
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
|||
4.2
|
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan
hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
||||
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2.1
|
Menelaah isi dan struktur teks prosedur
|
|||
3.2.2
|
Menelaah ciri kebahasaan teks prosedur
|
||||
4.2.1
|
Merancang teks prosedur
|
||||
4.2.2
|
Menyusun teks prosedur
|
||||
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA SEMESTER 1 TEKS PROSEDUR KD 3.1 DAN 4.1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I
Mata Pelajaran
|
Bahasa
Indonesia
|
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Materi Pokok
|
Teks prosedur
|
|
Kelas/ Smt.
|
XI IPA-IPS/ Gasal
|
Waktu
|
8 jam pelajaran
|
||
Kompetensi Dasar
|
3.1
|
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan
umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
|||
4.1
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
||||
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1.1
|
Mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur
|
|||
3.1.2
|
Menyimpulkan informasi dalam teks prosedur
|
||||
4.1.1
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan dalam teks
prosedur
|
||||
4.1.2
|
Menyusun pernyataan umum dan tahapan dalam teks teks
prosedur
|
||||
20 February 2020
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 2 TEKS BIOGRAFI KD 3.15 DAN 4 .15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN XV
Mata Pelajaran
|
Bahasa
Indonesia
|
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Materi Pokok
|
Teks Biografi
|
|
Kelas/ Smt.
|
X IPA-IPS/ Genap
|
Waktu
|
8 jam pelajaran
|
||
Kompetensi Dasar
|
3.15
|
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi
|
|||
4.15
|
Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut
pandang yang
dilengkapi argumen dalam berbiografi
|
||||
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.15.1
|
Menelaah isi dan struktur teks biografi
|
|||
3.15.2
|
Menelaah ciri kebahasaan teks biografi
|
||||
4.15.1
|
Merancang teks biografi
|
||||
4.15.2
|
Menyusun teks biografi
|
||||
Subscribe to:
Posts (Atom)