19 August 2017

CONTOH LAPORAN PRAKONDISI PLPG BENTUK RANGKUMAN/RINGKASAN WORD, PETA KONSEP, DAN POWERPOINT


RANGKUMAN PENILAIAN

 Penilaian adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes.


Pengukuran adalah membandingkan hasil tes dengan standar yang ditetapkan. Pengukuran bersifat kuantitatif. Sedangkan evaluasi adalah kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukuran atau membanding-bandingkan dan tidak sampai ke taraf pengambilan keputusan. 
Terdapat  sejumlah prinsip  penilaian pembelajaran bahasa  tersebut di antaranya  validitas, reliabilitas, objektif,  dan mendidik.  Terdapat  beberapa  teknik  yang  dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik    penilaian  yang dimaksud adalah cara penilaian untuk mengetahui kemajuan belajar pesertadidik berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Penilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian kompetensi  yang memuat satu anah atau lebih.   Agar alat Penilaian yang dipergunakan merupakan alat Penilaian yang valid dan  reliabel, maka dalam mengembangkannya  terdapat beberapa urutan kerja yang harus dilakukan, yaitu:  (1) menjabarkan kompetensi dasar ke dalam Indikator pencapaian hasil belajar, (2) menetapkan kriteria ketuntasan setiap indikator, (3) penetapan teknik penilaian, (4) pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, kriteria ketuntasan, aspek penilaian dan teknik penilaian, (4)   menyusun kisi-kisinya, (5) menulis soal dan menyusun pedoman penskorannya, (6) memvalidasi soal, (7)
RINGKASAN PENILAIAN

1.         Penilaian adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes
2.         Perbedaan pengukuran dan evaluasi adalah pengukuran bersifat kuantitatif, sedangkan evaluasi adalah kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukuran atau membanding-bandingkan dan tidak sampai ke taraf pengambilan keputusan.
3.Prinsip-prinsip penilaian pembelajaran bahasa meliputi validitas, reliabilitas, objektif, dan mendidik,
4.Terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik penilaian yang dimaksud adalah cara penilaian untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Penilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian kompetensi yang memuat satu ranah atau lebih.
5. Agar alat Penilaian yang dipergunakan merupakan alat Penilaian yang valid dan reliabel, maka dalam mengembangkannya terdapat beberapa urutan kerja yang harus dilakukan, yaitu: (1) menjabarkan kompetensi dasar ke dalam Indikator pencapaian hasil belajar, (2) menetapkan kriteria ketuntasan setiap indikator, (3) penetapan teknik penilaian, (4) pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, kriteria ketuntasan, aspek penilaian dan teknik penilaian, (4) menyusun kisi-kisinya, (5) menulis soal danmenyusun pedoman penskorannya, (6) memvalidasi soal, (7) merakit soal menjadi perangkat tes, (8) menguji coba dan menganalisisnya, dan (9) memperbaiki tes sehingga menjadi tes yang baik.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); Program Remedial, dan Pengayaan; Laporan Hasil Penilaian; Pemanfaatan Hasil Penilaian. Hal tersebut dapat disajikan dalam ringkasan sebagai berikut:

  1. Ketuntasan Belajar
a.       Fungsi Kriteria Ketuntasan Belajar

b.      Prinsip Penetapan Ketuntasan Belajar

c.       Langkah-langkah Penetapan Ketuntasan Minimal

d.      Analisis Kriteria Ketuntasan Minimal

  1. Program Remedial dan Pengayaan 
a.      Remedial

a)      Prinsip Pembelajaran Remedial

b)      Bentuk Pembelajaran Remidial

c)      Bentuk Kegiatan Remidial

d)     Pelaksanaan Pembelajaran Remidial

b.      Pengayaan

a)      Jenis Pembelajaran Pengayaan

b)      Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan

c)      Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan

  1. Laporan Hasil Belajar
a.       Pelaksanaan dan Pelaporan Hasil Belajar Oleh Pendidik

b.      Pelaksanaan dan Pelaporan Penilaian oleh Satuan Pendidikan

c.       Laporan Perkembangan Hasil Belajar Peserta Didik

d.      Laporan Hasil Belajar (LHB) Peserta Didik

  1. Pemanfaatan Hasil Penilaian
a.       Manfaat Hasil Penilaian Formatif

b.      Manfaat Hasil Penilaian Sumatif

c.       Manfaat Hasil Penilaian Proses Belajar Mengajar

d.      Manfaat Hasil Penilaian bagi Peserta Didik, Orang tua/Wali, Guru, dan Kepala Sekolah

 PETA KONSEP MATERI PENILAIAN



            POWERPOINT (PPT) PENILAIAN






0 komentar:

Post a Comment