RANGKUMAN
PENILAIAN
Penilaian adalah suatu proses untuk
mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui
pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes.
Pengukuran adalah membandingkan hasil tes dengan standar yang ditetapkan. Pengukuran bersifat kuantitatif. Sedangkan evaluasi adalah kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukuran atau membanding-bandingkan dan tidak sampai ke taraf pengambilan keputusan.
Terdapat sejumlah prinsip penilaian pembelajaran bahasa tersebut di antaranya validitas, reliabilitas, objektif, dan mendidik.
Terdapat beberapa teknik
yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan
informasi tentang kemajuan belajar peserta didik, baik yang berhubungan dengan
proses belajar maupun hasil belajar. Teknik
penilaian yang dimaksud adalah
cara penilaian untuk mengetahui kemajuan belajar pesertadidik berdasarkan
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Penilaian
kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian
kompetensi yang memuat satu anah atau
lebih. Agar alat Penilaian yang
dipergunakan merupakan alat Penilaian yang valid dan reliabel, maka dalam mengembangkannya terdapat beberapa urutan kerja yang harus
dilakukan, yaitu: (1) menjabarkan
kompetensi dasar ke dalam Indikator pencapaian hasil belajar, (2) menetapkan
kriteria ketuntasan setiap indikator, (3) penetapan teknik penilaian, (4)
pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, kriteria ketuntasan,
aspek penilaian dan teknik penilaian, (4)
menyusun kisi-kisinya, (5) menulis soal dan menyusun pedoman
penskorannya, (6) memvalidasi soal, (7)
RINGKASAN PENILAIAN
1. Penilaian
adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang
diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun
nontes
2. Perbedaan
pengukuran dan evaluasi adalah pengukuran bersifat kuantitatif, sedangkan
evaluasi adalah kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil
pengukuran atau membanding-bandingkan dan tidak sampai ke taraf pengambilan
keputusan.
3.Prinsip-prinsip penilaian
pembelajaran bahasa meliputi validitas, reliabilitas, objektif, dan mendidik,
4.Terdapat beberapa teknik yang
dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta
didik, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik
penilaian yang dimaksud adalah cara penilaian untuk mengetahui kemajuan belajar
peserta didik berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus
dicapai. Penilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator
pencapaian kompetensi yang memuat satu ranah atau lebih.
5. Agar alat Penilaian yang
dipergunakan merupakan alat Penilaian yang valid dan reliabel, maka dalam
mengembangkannya terdapat beberapa urutan kerja yang harus dilakukan, yaitu:
(1) menjabarkan kompetensi dasar ke dalam Indikator pencapaian hasil belajar,
(2) menetapkan kriteria ketuntasan setiap indikator, (3) penetapan teknik
penilaian, (4) pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator,
kriteria ketuntasan, aspek penilaian dan teknik penilaian, (4) menyusun
kisi-kisinya, (5) menulis soal danmenyusun pedoman penskorannya, (6)
memvalidasi soal, (7) merakit soal menjadi perangkat tes, (8) menguji coba dan
menganalisisnya, dan (9) memperbaiki tes sehingga menjadi tes yang baik.
Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM); Program Remedial, dan Pengayaan; Laporan Hasil
Penilaian; Pemanfaatan Hasil Penilaian. Hal tersebut dapat disajikan dalam
ringkasan sebagai berikut:
- Ketuntasan Belajar
a.
Fungsi
Kriteria Ketuntasan Belajar
b.
Prinsip
Penetapan Ketuntasan Belajar
c.
Langkah-langkah
Penetapan Ketuntasan Minimal
d.
Analisis
Kriteria Ketuntasan Minimal
- Program Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
a)
Prinsip Pembelajaran Remedial
b)
Bentuk Pembelajaran Remidial
c)
Bentuk Kegiatan Remidial
d)
Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
b. Pengayaan
a)
Jenis Pembelajaran Pengayaan
b)
Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan
c)
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan
- Laporan Hasil Belajar
a.
Pelaksanaan dan Pelaporan Hasil Belajar Oleh
Pendidik
b.
Pelaksanaan dan Pelaporan Penilaian oleh Satuan
Pendidikan
c.
Laporan Perkembangan Hasil Belajar Peserta Didik
d.
Laporan Hasil Belajar (LHB) Peserta Didik
- Pemanfaatan Hasil Penilaian
a.
Manfaat Hasil Penilaian Formatif
b.
Manfaat Hasil Penilaian Sumatif
c.
Manfaat Hasil Penilaian Proses Belajar Mengajar
d. Manfaat Hasil Penilaian bagi
Peserta Didik, Orang tua/Wali, Guru, dan Kepala Sekolah
PETA KONSEP MATERI PENILAIAN
POWERPOINT
(PPT) PENILAIAN
UNDUH PPT LENGKAP PENILAIAN
BACA PEDOMAN REVISI DAN CONTOH REVISI LAPORAN PRAKONDISI
BACA 125 SOAL PEDAGOGIK PERSIAPAN UTN + JAWABAN
125 SOAL PEDAGOGIK PERSIAPAN UTN + JAWABAN
BACA RANGKAIAN KEGIATAN PLPG HARI KE-1 - 12
BACA PEDOMAN REVISI DAN CONTOH REVISI LAPORAN PRAKONDISI
BACA 125 SOAL PEDAGOGIK PERSIAPAN UTN + JAWABAN
125 SOAL PEDAGOGIK PERSIAPAN UTN + JAWABAN
BACA RANGKAIAN KEGIATAN PLPG HARI KE-1 - 12
0 komentar:
Post a Comment