RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Ceramah
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.5 Mengidentifikasi informasi
berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1 Memahami
informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.
3.5.2 Menemukan
informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah.
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI
KI 4
|
|
4.5
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk
disajikan dalam ceramah
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.5.1 Menelaah
bagian-bagian penting dalam teks ceramah..
4.5.2 Menemukan
kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik
peserta didik memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang
dibaca, menemukan informasi dan
permasaahan actual dalam teks ceramah menelaah bagian-bagian penting dalam teks
ceramah, dan menemukan kalimat
majemuk
bertingkat dalam teks ceramah. dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung
jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D.
Materi
Pengertian ceramah
Perbedaan ceramah dengan pidato dan khotbah
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan
dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati teks ceramah
2. Peserta didik mengidentifikasi teks ceramah bersama-sama
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang informasi dan permasalahan dalam
teks ceramah
2. Peserta didik memberi komenatar tentang informasi dan permasalahan
dalam teks ceramah
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
3. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi tentang informasi dan
permasalahan dalam teks ceramah
2.
Peserta didik secara
berkelompok mencari contoh ceramah lain dari berbagai sumber.
3.
Peserta didik berdiskusi
tentang perbedaan ceramah, khutbah dan pidato
Mencoba
1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis informasi dan
permasalahan dalam teks ceramah
4.
Peserta didik mencoba
membedakan ceramah, khutbah dan pidato
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca atau
menonton
ceramah lainnya.
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2
(@4
×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan
dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video ceramah, pidato dan khutbah
2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk
ceramah, pidato dan khutbah
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang video
3. Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang
termasuk ceramah, pidato dan khutbah
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik berdiskusi
untuk menelaah bagian-bagian penting dari video ceramah yang disajikan
3.
Peserta didik
mengidentifikasi kalimat majemuk yang digunakan dalam video.
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menuliskan bagian-bagian penting dari video ceramah yang disajikan
2.
Peserta didik mencoba
menuliskan kalimat majemuk yang digunakan dalam video.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk membawa contoh lain dari teks ceramah
3.
Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI CERAMAH
Pengertian Ceramah
Ceramah adalah pembicaraan di depan
umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya. Yang
menyampiakna ceramah orang-orang yang menguasai di bidangnya dan yang
mendengarkan biasanya melibatkan banyak orang. Medianya bisa langsung ataupun
melalui sarana komunikasi, seperti lewat televisi, radio, dan media lainnya..
Selain itu, ada pula yang disebut
dengan pidato dan khotbah. Untuk memahami kedua hal tersebut, cermatilah
perbedaan di antara keduanya.
1.
Pidato, adalah pembicaraan di depan umum yang
cenderung bersifat persuasive, yakni berisi ajakan ataupun dorongan pada
khalayak untuk berbuat sesuatu.
2.
Khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi
penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan
untuk memperkuat keislaman.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran
: 2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia–
Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia - Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.5
|
Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan
aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Indikator
|
:
|
3.5.1
|
Memahami informasi dan permasalahan yang didengar
atau yang dibaca.
|
|
|
3.5.2
|
Menemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah.
|
Materi
|
:
|
Ceramah
|
Contoh Tugas:
Jawablah pertanyaan
berikut dengan benar
dan jelas!
|
|
1.
|
Apa manfaat jika kamu mendengarkan ceramah?
|
2.
|
Apa manfaat jika kamu menyajikan ceramah?
|
3.
|
Kapan dan di mana saja kesempatan mendengarkan ceramah itu dapat kita
ikuti?
|
4.
|
Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah dengan pidato serta
khotbah?
|
5.
|
Informasi/pengetahuan apa saja yang dapat kamu peroleh dari teks
ceramah di atas? Jelaskan!
|
INSTRUMEN
PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA N 2 Boyolali
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.5
|
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan
aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
Indikator
|
:
|
4.5.1
|
Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.
|
|
|
4.5.2
|
Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah
|
Materi
|
:
|
Ceramah
|
Contoh Tugas:
1. Kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan
instruksinya!
a. Bacalah teks ceramah.
b. Secara berkelompok, tandailah bagian-bagian penting
dari teks tersebut.
c. Buatlah simpulan tentang isi teks itu secara
keseluruhan!
No
|
Bagian-bagian Penting
|
|
|
|
|
Simpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
|
2.
Lengkapilah
kalimat-kalimat majemuk di bawah ini dengan kata penghubung yang tepat!
a.
Kak Agus memberi
minuman pada seorang kakek…sedang duduk di bawah pohon rambutan itu.
b.
Mereka
memperkirakan…hari ini akan hujan dengan sangat lebat.
c.
Dia mengatakan
tidak punya uang…saya tahu bahwa dia itu baru gajian.
d.
Minggu depan ibu
ingin berwisata ke Jakarta … kami ingin ke Yogyakarta.
e.
Bu Marini akan
memberi tahu suaminya…meneleponnya nanti malam.
3.
Berdiskusilah
dalam kelompok! Temukanlah contoh-contoh kalimat majemuk dalam salah satu teks
ceramah di atas. Jelaskan pula jenis dari kalimat-kalimat majemuk tersebut.
Jenis Kalimat
|
Kalimat Majemuk Bertingkat
|
Jenis Kalimat
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
...............................................................
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
1. Apakah
ceramah yang ditulis lengkap ?
|
|
|
2.
|
Apakah bahasa
yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan
sesuaidengan kaidah EYD?
|
|
|
3.
|
Apakah
ceramah yang ditulis lengkap
menggunakan kalimat majemuk?
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 =
sangat kurang
INSTRUMEN
TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia - Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.5
|
Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan
aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Indikator
|
:
|
3.5.1
|
Memahami informasi dan permasalahan yang didengar
atau yang dibaca.
|
|
|
3.5.2
|
Menemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah.
|
Materi
|
:
|
Ceramah
|
Tes
Tertulis
Disediakan dua ceramah
1. Identifikasilah
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
2. Tuliskan permasalahan aktual
yang disajikan dalam ceramah
3. Kemukakan komentarmu
terhadap ceramah tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1.
Identifikasilah ceramah dengan memperhatikan
isi, dan informasi yang disampaikan dalam ceramah!
2.
Buatlah rancangan ceramah dengan memuat isi dan informasi!
3.
Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan
teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan sangat
tepat
|
4
|
a.
Peserta didik mengidentifikasi
isi ceramah dengan tepat
|
3
|
|
b.
Peserta didik mengidentifikasi
isi ceramah dengan kurang tepat
|
2
|
|
c.
Peserta didik mengidentifikasi
isi ceramah dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
Peserta didik menulis informasi ceramah sangat tepat
|
4
|
|
d.
Peserta didik menulis informasi ceramah tepat
|
3
|
|
e.
Peserta didik menulis informasi ceramah
kurang tepat
|
2
|
|
f.
Peserta didik menulis informasi ceramah tidak
tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
3
|
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat
tepat
|
4
|
|
g.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tepat
|
3
|
|
h.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan kurang tepat
|
2
|
|
i.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tidak tepat
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA N 2 Boyolali
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.5
|
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan
aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
Indikator
|
:
|
4.5.1
|
Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.
|
|
|
4.5.2
|
Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah
|
Materi
|
:
|
Ceramah
|
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah
sebuah teks ceramah dengan
memperhatikan isi dan informasinya.
2.
Rubrik
Penilaian
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik membuat ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah sangat
baik
|
4
|
j.
Peserta didik membuat ceramah dengan
memperhatikan isi dan
informasinya sudah baik
|
3
|
|
k.
Peserta didik membuat ceramah dengan
memperhatikan isi dan
informasinya sudah kurang baik
|
2
|
|
l.
Peserta didik membuat ceramah dengan
memperhatikan isi dan
informasinya sudah tidak baik
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis Ceramah
|
||
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.5
|
Mengidentifikasi informasi berupa
permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
|
|
|
4.5
|
Menyusun
bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan
dalam ceramah
|
|
Indikator
|
:
|
3.5.1
|
Memahami informasi dan permasalahan yang didengar
atau yang dibaca.
|
|
|
|
3.5.2
|
Menemukan
informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah.
|
|
|
|
4.5.1
|
Menelaah
bagian-bagian penting dalam teks ceramah.
|
|
|
|
4.5.2
|
Menemukan
kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah
|
Tugas I
1.
Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas
masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.
Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman
dibuat pada kertas folio bergaris.
3.
Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN
PENSKORAN:
KRITERIA
YANG DINILAI
|
SKOR
MAKSIMAL
|
Peserta didik menyimpan semua tugas
yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar,
serta dikumpulkan tepat waktu
|
4
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang
lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang
lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
|
2
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan
kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
|
1
|
Peserta didik tidak menyimpan satu
pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
|
0
|
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas :
XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/
2018 - 2019
No
|
Nama
Peserta didik
|
Tugas
KD
|
Nilai
|
Tanda
Tangan
|
Ket.
(Tgl
Pengumpulan)
|
|
Peserta
Didik
|
Guru
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI
SOAL HOTS
Tahun
Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1
(dua)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
3.5
Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam
ceramah
|
Memahami informasi dan permasalahan yang didengar
atau yang dibaca.
|
XI/1
|
Disajikan
ceramah, peserta didik dapat memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.
|
C4
|
Uraian
|
1
|
2
|
Menemukan informasi dan permasaahan actual dalam
teks ceramah.
|
XI/1
|
Disajikan ceramah,
peserta didik dapat menemukan informasi dan permasaahan actual dalam
teks ceramah.
|
C5
|
uraian
|
2
|
|
3
|
4.5 Menyusun bagian-bagian
penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.
|
XI/1
|
Disajikan ceramah peserta didik
dapat menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.
|
C2
|
uraian
|
3
|
4
|
Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks
ceramah
|
XI/1
|
Disajikan ceramah peserta didik
dapat menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah
|
C5
|
uraian
|
4
|
|
5
|
|
Mengomentari
ceramah
|
XI/1
|
Disajikan video tentang
ceramah peserta didik dapat membedakan antara ceramah, pidato, dan khotbah.
|
C2
|
uraian
|
5
|
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1
(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.5 Mengidentifikasi
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
4.5 Menyusun bagian-bagian
penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
Materi
|
:
|
Ceramah
|
Indikator Soal Nomor 1
|
:
|
Disajikan ceramah,
peserta didik dapat memahami informasi dan permasalahan yang didengar
atau yang dibaca
|
Indikator Soal Nomor 2
|
:
|
Disajikan ceramah,
peserta didik dapat menemukan informasi dan permasaahan actual dalam
teks ceramah.
|
Indikator Soal Nomor 3
|
:
|
Disajikan ceramah
peserta didik dapat menelaah bagian-bagian penting
dalam teks ceramah.
|
Indikator Soal Nomor 4
|
:
|
Disajikan ceramah
peserta didik dapat menemukan kalimat majemuk
bertingkat dalam teks ceramah.
|
Indikator Soal Nomor 5
|
:
|
Disajikan video tentang ceramah peserta didik dapat membedakan antara ceramah, pidato, dan khotbah.
|
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru
Mata Pelajaran,
Suyanta,
S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP
196505041989031014 NIP
197207081998011001
forever stamps
ReplyDeletestamps
postage stamps