RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN 2
Sekolah :
SMP …….
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/1
Materi Pokok :
Teks Berita
Alokasi Waktu :
8 x 40 menit (4 pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
3.2
|
Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca.
|
3.2.1
3.2.2
3.2.3
3.2.4
|
Menemukan isi berdasarkan struktur teks
berita
Menemukan unsur kebahasaan teks berita
Menjawab pertanyaan tentang isi berdasarkan struktur
teks berita
Menjawab pertanyaan tentang unsur kebahasaan
teks beirta
|
4.2
|
Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal,
intonasi, mimik, dan kinesik)
|
4.2.1
4.2.2
4.2.3.
|
Menemukan data dan informasi sebuah berita
Menyampaikan data dan informasi dalam bentuk
teks berita
Menyunting teks berita
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks berita, siswa diharapkan dapat:
1.
Menemukan isi berdasarkan struktur teks berita
secara benar
2.
Menemukan unsur kebahasaan teks berita secara
benar
Pertemuan Kedua
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks berita, siswa diharapkan dapat:
1.
Menjawab pertanyaan tentang isi berdasarkan
struktur teks berita dengan benar
2.
Menjawab pertanyaan tentang unsur kebahasaan
teks berita dengan benar
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks
berita, siswa diharapkan dapat:
1.
Menemukan data dan informasi sebuah berita dengan
benar
2.
Menyampaikan data dan informasi dalam bentuk
teks berita dengan benar
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks
berita, siswa diharapkan dapat menyunting teks berita dan menulis teks berita
secara final berdasarkan penyuntingan yang telah dilakukan.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian teks berita
2.
Tujuan teks berita
3.
Struktur teks berita
4.
Unsur kebahasaan teks berita
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
Saintifik
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media:
-
LCD proyektor
2.
Bahan :
·
Teks berita
3.
Sumber belajar:
-
Buku Teks Bahasa
Indonesia kelas VIII
-
Koran, TV, dan sumber lainnya
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK)
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan
pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah
kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
-
Guru menanyangkan judul sebuah berita
-
Siswa menuliskan prediksi isi berita
berdasarkan judul tersebut. (literasi)
-
Guru menayangkan video berita yang disampaikan
oleh pembawa berita.
-
Siswa menemukan isi berita yang ditayangkan.
-
Siswa menemukan struktur berita yang ditayangkan.
-
Guru menyampaikan keterkaitan tayangan berita
dengan materi yang akan diajarkan.
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang
terdiri dari dua orang.
-
Guru memberikan sebuah teks berita ke tiap
kelompok.
-
Siswa mengamati teks berita. (literasi)
-
Dengan dipandu guru, setiap kelompok menemukan isi
berita berdasarkan struktur teks berita (HOTS)
-
Siswa menuliskan unsur kebahasaan teks berita
-
Siswa mempresentasikan hasil kerja
diskusi kelompok di depan kelas. (4C)
-
Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaiakan
tanggapan.
|
60’
|
Penutup
|
-
Guru memberi
penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
-
Siswa dibantu oleh
guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-
Siswa menerima tugas
dari guru untuk menemukan informasi teks berita berdasarkan struktur berita.
-
Siswa merefleksi
proses KBM yang berlangsung.
-
Guru beserta siswa
mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK)
|
10’
|
Pertemuan
kedua
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan
berdoa.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dilakukan.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah
kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan
Inti
|
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang
terdiri atas empat orang.
-
Siswa mencari sebuah teks berita dari koran atau
majalah
-
Siswa membaca teks berita
-
Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan
mengenai teks berita yang dibaca berdasarkan strukturnya (5W+1H)
-
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas.
-
Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan
tanggapan tentang isi berita
|
60’
|
Penutup
|
-
Guru memberi
penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
-
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-
Siswa diberi tugas
untuk menyimpulkan isi teks berita.
-
Guru beserta siswa
mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
|
10’
|
Pertemuan ketiga
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan
mengucapkan salam.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa.
-
Guru menyampaikan langkah- langkah kegiatan yang
akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang.
-
Siswa dalam kelompok menyimak
sebuah berita di TV, radio, atau sumber lain.
-
Masing-masing
kelompok mencari informasi atau berdiskusi untuk menyimpulkan isi teks berita
(5W+1H).
-
Siswa menuliskan teks
berita hasil diskusi kelompoknya berdasarkan 5W+1H
-
Siswa mempresentasikan
teks berita hasil diskusi kelompok di depan kelas.
-
Siswa lain diberi
kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang teks berita.
|
60’
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-
Siswa diberi tugas
untuk menyunting teks berita yang diperoleh dari berbagai sumber.
-
Guru dan siswa
mengakhiri kegiatan belajar mengajar mengucap salam.
|
10’
|
Pertemuan keempat
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan
mengucapkan salam.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa.
-
Guru menyampaikan langkah- langkah kegiatan yang
akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Masih dalam kelompok
yang sama dengan kelompok pada pertemuan sebelumnya setiap siswa melakukan
proses penyuntingan (pengoreksian) atas teks berita yang dibuat teman. Materi
penyuntingan meliputi struktur teks berita, unsur kebahasaan, pengakalimatan,
ejaan dan tanda baca.
-
Berdasarkan hasil
penyuntingan teman, siswa melakukan perbaikan dan melakukan penulisan teks
berita sampai final.
|
60’
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-
Siswa diberi tugas
untuk menyunting teks berita yang diperoleh dari berbagai sumber.
-
Guru dan siswa
mengakhiri kegiatan belajar mengajar mengucap salam.
|
10’
|
H.
PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar Kerja)
c. Keterampilan :
Praktik (Penilaian Praktik)
Produk (penilaian proyek)
2.
Pembelajaran Remedial
Kegiatan
pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi
kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi
(kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan
mewawancarai narasumber.
………….., 15 Juli
2017
Mengetahui,
Kepala, Guru,
…………….. …………………………
NIP NIP ……..
LAMPIRAN MATERI TEKS BERITA
A.
PENGERTIAN TEKS BERITA
Teks berita
adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi mengenai sesuatu
yang telah atau sedang terjadi. Penyampaian berita ini bisa dilakukan secara
lisan yang sering kita dengar dan lihat di televisi, dan secara tulisan yang
dapat dibaca di media cetak. Berita bertujuan untuk menyampaikan informasi
kepada pembaca atau pendengar.
B.
STRUKTUR TEKS BERITA
Ada beberapa struktur yang
membangun teks berita. Struktur teks tersebut merupakan struktur yang membangun
teks sehingga menjadi satu kesatuan teks yang utuh. Struktur teks berita
terdiri atas orientasi, peristiwa, dan sumber berita.
1.
Orientasi
Bagian pembuka yang berisikan kalimat pembuka sebuah
teks berita.
2.
Peristiwa
Bagian yang merupakan inti paragraf dari sebuah teks
berita.
3.
Sumber berita
bagian dari teks berita yang biasanya berada pada
akhir teks berita yang berisikan sumber berita.
C.
KAIDAH KEBAHASAAAN TEKS BERITA
Dari sebuah
berita juga dapat kita analisis kaidah kebahasaannya. Kaidah kebahasaan yang
ada pada teks berita yaitu:
1.
Fokus pada peristiwa yang terjadi bukan pada
perilakunya
2.
Menggunakan verba pewarta yang berisikan kalimat pemberitahuan
informasi
3.
Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung
4.
Terdapat penjelasan mengenai waktu dan tempat
terjadinya suatu peristiwa
5.
Biasanya menggunakan verba perilaku yaitu kata kerja
yang menunjukkan perilaku
Teks
berita biasanya mengandung susunan paragraf yang berisikan %W +1 H merupakan
singkatan dari What, Where, When, Who, Why, dan How. Adapun penjelasannya
adalah sebagai berikut :
What
yaitu menyatakan apa yang diinformasikan pada teks berita.
Where
yaitu menyatakan dimana peristiwa pada teks berita terjadi.
When
yaitu menyatakan kapan peristiwa pada teks berita terjadi.
Who
yaitu menyatakan siapa yang terlibat pada teks berita terjadi.
Why
yaitu menyatakan kenapa peristiwa pada teks berita terjadi.
How
yaitu menyatakan bagaimana peristiwa pada teks berita terjadi.
LAMPIRAN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
Petunjuk:
a. Amati perkembangan
sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b. Isi jurnal dengan
menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun negatif.
Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal,
apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut
dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama
Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VIII/1
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
2.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.
Teknik : tes tertulis
b.
Bentuk : uraian
c.
Indikator
soal/Kisi-kisi:
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1
|
Teks Berita
|
Disajikan teks berita, siswa mampu:
1.
Menemukan struktur teks berita
2.
Menemukan pokok-pokok/isi berita (5W+1H)
3.
Menemukan kesalahan kata teks berita
|
Uraian
|
1
2
3
|
Teks Berita
Sebulan Berlalu, Air Masih
Menggenangi Beberapa Lokasi di Manado
Banjir bandang yang menerjang Manado telah berlalu hampir
sebulan. Namun tumpukan sampah dan lumpur masih aja terlihat di beberapa
wilayah. Bahkan di beberapa ruas jalan dan lorong, air sisa sisa banjir
terlihat tergenang.
Seperti yang terpantau Kompas.com, Senin (10/2/2014), air
setinggi 20 cm terlihat di ruas jalan Persimpangan Plaza dan depan Makmur,
Kecamatan Wenang.
Salah satu warga, Yudi yang terlihat masih berusaha
membersihkan lumpur dari rumah miliknya, mengaku kesal dengan kondisi tersebut.
Menurutnya, pemerintah kota Manado tidak mencari solusi
yang tepat untuk mengatasi hal itu. “Air di sini tidakmau surut, tetap
tergenang. Kalau hujan datang, air langsung masuk di dalam rumah, karena
selokan tersumbat,” ujar Yudi.
Menurut dia, percuma saja mereka membersihkan rumah
mereka, karena air bercampur lumpur di jalan masih ada. Selain di persimpangan
Plaza, air dan lumpur juga masih terlihat di lorong samping Klentheng Kwang
Kong, Kampung Cina.
Di lorong tersebut beberapa rumah warga keturunan
Tionghoa terlihat masih dipenuhi lumpur. Sampah dan lumpur yang telah lama
terendap menimbulkan bau yang tidak sedap. Tak ayal, warga yang melintas di
kawasan ramai tersebut harus menutup hidung mereka.
Sampah juga masih terlihat di samping tiga Terminal Paal
Dua, samping SPBU Paal 2, Tanjung Baru, Ketang Baru, lorong Lililoyor,
Dendengan Dalam, Tikala dan beberapa lokasi lainnya. Banyaknya sampah yang
ditinggalkan banjir bandang yang terjadi pada 15 Januari 2014 lalu memang
membuat pemerintah kewalahan. Walau ribuan relawan setiap hari turun membantu
membersihkan dan mengangkat sampah, tetap saja masih banyak sampah yang belum
terangkat.
Diperkirakan sampah yang ditinggalkan banjir bandang
tersebut mencapai 100.000 kubik. Sementara Tempat Pembuangan Sampah di Sumompo
sudah melebihi kapasitas tampung.
Sumber: Kompas (Senin, 10 Februari 2014)
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan surat
pribadi tersebut!
No
|
Pertanyaan
|
1.
|
Identifikasilah struktur pada teks berita tersebut!
|
2.
|
Identifikasilah pokok-pokok/isi
berita tersebut!
|
3.
|
Carilah kalimat langsung atau
kalimat tak langsung dalam teks tersebut!
|
4.
|
Suntinglah teks berita tersebut!
|
Pedoman
penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat mengidentifikasi
struktur berita
|
5
|
2
|
Dapat mengidentifikasi
pokok-pokok/isi berita tersebut
|
6
|
3
|
Dapat menjawab kalimat langsung
atau kalimat tak langsung dalam teks
|
5
|
4
|
Dapat menyunting teks berita
|
4
|
Nilai : skor (20) x 5 =
100
Kunci Jawaban
Terima kasih, Pak. Izin mengunduh ya?
ReplyDeletesila, Pak Bambang.. terima kasih
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAgen Judi Terpercaya
ReplyDeletePanduan Judi Slot Online
LK21
Jawaban nya ada pak
ReplyDelete