PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1.
Pernyataan berikut yang menjelaskan
makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan
berkomunikasi
B.
Kemampuan
untuk memecahkan masalah
C. kemampuan
berinteraksi
D. kemampuan
untuk mengintegrasikan diri
2.
Perkembangan kognitif merupakan salah
satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama
yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D.
pengasuhan
dan lingkungan
3.
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan
kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit
merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0
- 2 tahun
B. 2
-- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/
-- 14/15 tahun
4.
Menggunakan potongan sapu lidi,
kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS
sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang
dikenal sebagai tahapan
A.
Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B.
Pengamatan dan penginderaan yang
intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C.
Dominasi pengamatan bersifat
egosentris
D.
Kemampuan mengoperasikan kaidah
logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional
formal)
SOAL
KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5.
Kemampuan peserta didik untuk membina
hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C.
Emosional
D. Moral
6.
Seorang peserta mampu mengendalikan diri
dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik
dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik.
Peserta didik tersebut memiliki
kecerdasan…
A. Moral
B. spiritual
C.
Sosial
emosional
D. Kognitif
7.
Seorang peserta didik selalu ingin
mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota
lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan
mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar
sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami
permasalahan dalam perkembangan
A.
sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
SOAL
PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
8.
Peserta didik telah memiliki yang
memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar
orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan,
dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku
moral-spritual pada tahapan ...
a.
penalaran
pascakonvensional
b.
penalaran konvensional
c.
penalaran prakonvensional
d.
penalaran interkonvensional
9.
Individu memandang apa yang diharapkan
oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan
social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang
berharga.
Pernyataan tersebut merupakan
tahapan perkembangan moral
a.
Prakonvensional
b.
Konvensional
c.
Pascakonvensional
d.
Interkonvensional
SOAL
KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
A. mengemukakan
gagasan
B. mengaktualisasikan
diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan
tindakan
11. Tindakan
yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami
pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang
kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan
tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan
buku sumber untuk dipelajari siswa
D.
Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
12. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan
akademis
B.
gangguan
simbolik
C. gangguan
nonsimbolik
D. gangguan
sosial
13. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A. Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu
siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C.
Membantu
siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu
siswa agar memperoleh informasi tertentu
14. Cara
yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi
kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A.
sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
15. Bila
anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi
pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat
duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi
penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C.
Memberikan
bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan
seluruh peserta didik membaca buku sumber
16. Peserta
didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela
menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan,
serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa.
hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor
...
A. keluarga
B.
sosial
C. kondisi
fisik
D. intelektual
SOAL
TEORI BELAJAR
17. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan
dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan
semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
A.
Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
18.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa
dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat
dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan
keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum,
membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori
belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D.
Konstruktivisme
19.
Menurut teori ini, peranan guru dalam
pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran
mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami
perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang
pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A.
Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
20. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A.
Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
21. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C.
Kognitivisme
D. Sibernatik
SOAL
PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil
belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya
dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan
kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan,
sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D.
RPP
dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
25. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D.
Alokasi
waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
26. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk
setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Dijabarkan dari....
A. Silabus
untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus
untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus
untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus
untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
27. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1)
Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2)
Indikator : menyebutkan dua ciri
kegiatan bermusyawarah
3)
Tujuan Pembelajaran : setelah
pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan
musyawarah dengan benar
Berdasarkan
komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
28. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru
sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
A. Metode mengajar yang digunakan guru
B. Karakteristik bahan ajar
C. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D.
Buku
sumber yang digunakan dalam pembelajaran
29. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran
sebagai berikut:
1)
Membekali murid
tidak hanya dengan fakta-fakta,
melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan
berkomunikasi,
2)
Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar
peserta didik.
3)
Melakukan
penilaian yang
mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan
pada aturan yang berlaku,
seperti peta konsep,
diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru
tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
30. Menurut
Piaget, periode perkembangan
operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun.
Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan
media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B. Pemberian
tugas yang tersetruktur.
C. Penggunaan
metode bervariasi
D. Menekankan
berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
31.
Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C.
ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.
ingatan,
pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C.
ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
33.
Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A.
Role
Playing
B.
Inquiry
C.
Problem
Solving
D.
Picture
and Picture
34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.
Motivasi
belajar siswa
35. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan
alat bantu pembelajaran adalah:
A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
B. Membuat media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D.
Merawat
media dan alat bantu
36. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
37. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami
kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum
dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D.
Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
38. Bila anda sebagai
guru menemukan peserta didik
mengalami kesulitan memahami
materi pelajaran yang diberikan,
tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat
duduk peserta didik ke meja
yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
39. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab
walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D.
Menjawab
sendiri pertanyaan tersebut.
40. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara
kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar,
sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
41. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah
sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
42. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A.
Sahih
B.
Kebermanfaatan
C.
Layak dipelajari
D.
Menarik minat
43. Bu
Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang
dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A.
Kausal
B.
Spiral
C.
Kronologis
D.
inquiri
SOAL MEDIA DAN TIK
DALAM PEMBELAJARAN
44. Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan
pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok
kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan
media termasuk ke dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran
didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
45. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik
harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami
karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik
harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik
menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
46. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki daya liput yang
luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
B. media
yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
C. media
tradisional dan media berbasis TIK
D. media
dua dimensi dan media tiga dimensi
47. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan
memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan
dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media
pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik,
karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran
didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur
sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
48. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran adalah:
A. media
pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah
media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai
pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. memilih
media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
49. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan
tersebut adalah:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar
B. Membuat konkrIt konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
50. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu
fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat
konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
51. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
52. Seorang
guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai
pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah
internet tersebut adalah…
A. program
mencari informasi
B. program
desktop publishing
C. program untuk menjelajahi laman
D. program
penciptaan laman
53. Seorang
guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat
menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search
engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...
A. www.gmail.com
B. www.google.com
C. www.hotmail.com
54. Saat
kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi
sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
55. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan
berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
- Microsoft Database
- Microsoft PowerPoint
- Microsoft Desktop Publishing
- Microsoft Word
56. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft
Database
B. Microsoft
Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft
Desktop Publishing
57. Tools
pembelajaran daring/ online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing.
Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir
pembelajaran.
Fitur moodle ini adalah...
A. Quiz
B. Page
C. Lesson
D. Blog
58. Dalam
pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran
elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik
adalah…
A. Penulis
konten (content writer)
B. Penata grafis (design grafis)
C. perancang
pembelajaran (course design)
D. pemrogram
komputer (computer programmer).
59. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B.
saintifik
C. penemuan
D. autentik
60. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna
menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah
tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan
kreativitasnya .
Langkah yang dilakukan Pak Mamaz
Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….
A. portofolio
B. saintifik
C.
penemuan
D. autentik
61. Pak
Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding
question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan
berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh
Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.
projek
based learning
B. discovery
Learning
C. Problem
Based Learning
D. Inquiry
learning
62. Bu
Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini
tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project
based learning
B. inquiry
learning
C. Discovery
learning
D.
problem
based learning
63. Ketika
memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk
pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil,
siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi
Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A.
Project
based learning
B. Problem
based learning
C. Discovery
learning
D. Inquiry
learning
64. Sebelum
memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta
didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta
didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik
dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara
itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi,
dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran
A. inquiry
learning
B.
problem
based learning
C. Project
based learning
D. Discovery
learning
65. Pak
Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini
dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas
kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan
mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses,
cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang
dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....
A. Problem
solving learning
B. Problem
based learning
C.
Project
based learning
D. Discovery
learning
66. Berikut
ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project
based learning :
1)
Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)
Mendesain Perencanaan Proyek,
3)
Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)
Memonitor peserta didik dan kemajuan
proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)
Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)
Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the
Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A.
1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
67. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)
Orientasi siswa pada masalah
3)
Membimbing penyelidikan siswa secara
mandiri atau kelompok
4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut
disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan
langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B.
2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
68. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.
1)
Orientasi siswa pada masalah
2)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
3)
Membimbing penyelidikan siswa secara
mandiri atau kelompok
4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5)
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam
pembelajaran dengan model ....
A. discovery
Learning
B. Project
Based Learning
C. problem
solving learning
D.
problem
based learning
SOAL PENILAIAN
69. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap
unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
A. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan
guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan
guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
70. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat
dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
71. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
72. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan
yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program
tindak lanjut
D.
Memilih
waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
73. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D.
Tes
hasil belajar
74. Bila Anda sebagai
guru menemukan peserta didik mendapatkan
hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkan
tempat duduk peserta didik ke
meja
yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
D.
Menugaskan
seluruh peserta didik membaca buku sumber
75. Sebelum
guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal
siswa
76. Salah
satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus
terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan
yang harus diukur
B. penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari
kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang
kompetensi yang harus dicapai
D.
penilaian
harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
77. Instrumen
penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut,
kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai
dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang
dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf
perkembangan peserta didik
D.
Digunakan
untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
78. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria
ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D.
Nilai
batas ambang kelulusan ujian sekolah
79. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua
peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung
nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D.
Simpangan
baku
80. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru
dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D.
Penilaian
standar kompetensi lulusan
81. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
82. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak
dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
A. Membuat
laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
B. Menyampaikan
laporan ke atasannya
C. Menyusun
rencana tindak lanjut
D. Menyusun
laporan hasil pemantauan
83. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
84. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
85. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
86. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
A. Menentukan
kriteria keberhasilan belajar
B. Mengklasifikasi
siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
C. Mencari
letak kelemahan
secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan
pengajaran remidi
87. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan
penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan
hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan
rekan siswa dalam suatu
album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
88. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa
dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test
disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
SOAL
PENDEKATAN PENILAIAN
89. Pendekatan
tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan
membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri
diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan
dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan
....
A.
penilaian
acuan patokan
B. penilaian
acuan norma
C. penilaian
tuntas
D. penilaian
berkelanjutan
90. Pendekatan
tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi
skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor
standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini
(PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud
adalah….
A. Penilaian
berkelanjutan
B. penilaian
menyeluruh
C. penilaian
acuan patokan
D.
penilaian
acuan norma
91. Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang
didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan
belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan
karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan
karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013
menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a.
Penilaian berkelanjutan
b.
Penilaian autentik
c.
Penilaian
acuan patokan
d.
Penilaian acuan norma
SOAL
TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN
92. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan
penilaian
B. prinsip
penilaian
C.
fungsi
penilaian
D. hasil
penilaian
93. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan
dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip
penilaian
B.
tujuan
penilaian
C. fungsi
penilaian
D. bentuk
penilaian.
94. Fungsi
penilaian yang tepat adalah …
A. alat
meningkatkan prestasi peserta didik
B. alat
untuk menemukan gaya belajar peserta didik
C. membantu
peserta didik memahami materi pembelajaran
D.
sebagai
kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan perkembangan
peserta didik.
95. Assesment
hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai
berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C.
kooperatif
D. terpadu.
96. Penilaian
yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C.
valid
D. sistematis
97. Penilaian
yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B.
akuntabel
C. valid
D. sistematis
98. Penilaian
yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D.
sistematis
99. Di
bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil
belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D.
dilakukan
pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
SOAL
PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
100.Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C.
Adaptif
D. Kesinambungan
101.
Berdasarkan data hasil evaluasi
pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal.
Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program
remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program
pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan
cara...
A.
Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung
dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan
materi pada KD selanjutnya
D. Memberi
tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa
102.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta
didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru
sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang
lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan
tinggi
103.
Dasar rancangan program remidi bagi
peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A.
proses pengajaran remedial pada dasarnya
adalah proses belajar mengajar biasa
B.
tujuan pengajaran remedial adalah sama
dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran
remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.
strategi yang dipilihhanya berbentuk
test ulang
104.Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.
Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
SOAL
PTK
105.Agar
dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan
kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan
masalah
B. mengidentifikasi
masalah
C.
Merancang
PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun
proposal penelitian
106.Mengetahui
proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c)
keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut
menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK
pada langkah ….
A. refleksi
B.
observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
107.Model
rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini
sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis
penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. A.
observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi
--> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan
--> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D.
perencanaan
--> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
108.Rumusan
masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan
masalah PTK?
A. Apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri
2 Boyolali?
B.
Bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode
tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa
siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan
nasional?
D. Bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
109.Dalam
Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A.
kerisauan
guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan
pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan
untuk membantu guru
D. kepedulian
peneliti akan kinerja guru
110.Di
bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut
Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran
diri untuk memperbaiki kinerja
B.
Kegiatan
yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya
empiris dan sistematis
111.Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan
data
B.
Menganalisis
masalah
C. Mencapai
tujuan
D. Menentukan
ruang lingkup
112.Peran
guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C.
Guru
dan Peneliti
D. Objek
Penelitian
113.Berikut
ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan
tindakan
B. Observasi
dan intepretasi
C. Diskusi
balikan
D.
Analisis
data
114.Tujuan
PTK adalah…
A.
Perbaikan
KBM
B. Menyusun
teori baru
C. Memperbaiki
teori
D. Menyusun
generalisasi
115.Merenungkan
kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B.
Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
116.Latar
belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari
PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur
penelitian
C.
Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
117.Persiapan
awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan
cara wawancara
B. Membuat
analisis kelayakan hipotesis
C.
Membuat
rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan
fasilitas dan sarana
118.Proposal
penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan
untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian
tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian
projek penelitian pendidikan
D.
Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
119.Berikut
ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi
solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis
kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan
tindakan
D.
Observasi
dan inperetasi.
SOAL REFLEKSI
PEMBELAJARAN
120.Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi
ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik.
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A.
untuk mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B.
untuk
mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam
menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C.
untuk meningkatkan motivasi belajar
peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D.
untuk mencapai kepuasaan diri pendidik
memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta
pendidik.
121.
Kegiatan yang harus dilakukan setelah
pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran
bagi pendidik antara lain adalah ….
A.
Untuk
menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk
melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk
mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
122.
Kegiatan refleksi merupakan kegiatan
terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat
mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan
refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah
....
A. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak awal
pembelajaran sampai akhir pembelajaran
123.Refleksi
terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan
beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta didik
dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
124.Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa
peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah
proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah
kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta didik kita
memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
125. Pernyataan
berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah… ...
A. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
B. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
D. Refleksi adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.
BACA JUGA
1. SOAL MAPEL B. INDONESIA ALIRAN LINGUISTIK
2. SOAL MAPEL B. INDONESIA HAKIKAT DAN PEMEROLEHAN BAHASA
3. SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
adalah… ...
A. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
B. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
D. Refleksi adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.
BACA JUGA
1. SOAL MAPEL B. INDONESIA ALIRAN LINGUISTIK
2. SOAL MAPEL B. INDONESIA HAKIKAT DAN PEMEROLEHAN BAHASA
3. SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
4. SOAL KAIDAH BAHASA INDONESIA
5. SOAL TEORI DAN GENRE SASTRA INDONESIA
6. SOAL APRESIASI KARYA SASTRA (PUISI, PROSA, DRAMA)
7. RANGKAIAN KEGIATAN PLPG HARI KE-1 s.d. 12
8. RPP UNTUK PLPG
9. YANG HARUS DIBAWA SAAT MENGIKUTI PLPG
7. RANGKAIAN KEGIATAN PLPG HARI KE-1 s.d. 12
8. RPP UNTUK PLPG
9. YANG HARUS DIBAWA SAAT MENGIKUTI PLPG
Tks sudah share info bermanfaat ini. Mohon bantu info kunci jawaban tentang KUIZ pada PLPG 2017, mapel IPS: dari Bab 1 sd
ReplyDelete/d Bab 5
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
Delete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
Terima kasih Pak Zuhri, untuk share soal-soalnya, membuat kami yang belum PLPG semakin siap dan mantap dalam menjalani PLPG 2017.
ReplyDeleteSalam "pendidikan", demi majunya pendidikan Bangsa Indonesia. Merdeka!!!
Alhamdulillah jika bermanfaat, moga Ibu Ningrum S.Rahayu sukses
DeleteTerima kasih Pak Zuhri. Sangat bermanfaat.
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih juga Pak Ipnu Subroto, sukses untuk Bapak
DeleteTerima kasih, Pak Zuhri. Semoga Bapak senantiasa sehat dan dikasihi Allah swt.
ReplyDeleteAamiin, aamiin ...yra... Doa yang sama untuk Bapak/Ibu...
DeleteTerimakasih soal2nya pak.
ReplyDeleteizin print ya pak
ok, semoga bermanfaat
Deletetrmksh soal-soalnya...
ReplyDeleteTrm kasih juga Bu Merlin, semoga bermanfaat, salam sukses untuk Ibu
Deleteterima kasih soal2 nya semoga Allah membalas kebaikan bapak
ReplyDeleteAamiin, semoga bermanfaat dan sukses
DeleteSangat membantu dalam mengwrjakan soal2
ReplyDeleteAlhamdulillah, semoga sukses
ReplyDeleteAlhamdulillah sangat membantu pak.. Smoga saya bisa lulus skb... Amiinn
ReplyDeleteaamiin. semoga sukses Bu Malisya Indah
DeleteTerima kasih. Semoga soal keluar dalam skb.
ReplyDeleteaamiin, semoga sukses Pak Turman Pakpahan
DeleteTerimaksih pak zuhri,ini sangat membantu smoga soalnya msk.dlm tes skb,doakan kami ya pak.
ReplyDeleteaamiin yra, semoga sukses, terima kasih
DeleteTerimaksih pak zuhri,ini sangat membantu smoga soalnya msk.dlm tes skb,doakan kami ya pak.
ReplyDeletealhamdulillah, semoga sukses
DeleteTerima kasih pak.akhirnya aku mengerti apa itu soal pedagogik
ReplyDeletesemoga sukses, terima kasih
Deleteterimakasih banyak Pak
ReplyDeletejazakallahu khairan katsiran
aamiin yra... sukses selalu
DeleteBoleh saya minta pdf nya bapak ibu karena saya jarang online hanya jika saya mendapatkan signal yg bagus baru bisa buka google
ReplyDeleteTidak bisa di copy ke word atau pdf ya pak?
ReplyDeleteSaya boleh minta filenya?
Terima kasih pak..
ReplyDeleteterima kasih juga
Deleteterimakasih banyak Pak
ReplyDeletejazakallahu khairan katsiran
Sangat membantu sekli, mudah2n ini menjadi keberkahan bagi kita semua,×Aamiin
alhamdulillah, aamii yra, terima kasih
DeleteTerimakasih pak sudah berbagi.. Alhamdulillah soal yg dr bapak ini lumayan banyak keluar waktu saya test.. sekali lagi terimakasih..
ReplyDeleteAlhamdulillah, semoga lulus
DeleteAda ga soal skb untuk guru olahraga, klw da tolong dong kasi tau kita
ReplyDeleteMaaf, Bos, saya tdk punya, terima kasih, semoga sukses
DeleteTerima kasih Pak, sangat membantu
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih juga, semoga sukses
DeleteSoal nomor 36 dan 71 kenapa jawabannya tidak konsisten. Padahal soalnya sama persis tapi jawabannya sama sekali berbeda.
ReplyDeleteSoal nomor 61 kenapa jawabannya A??
ReplyDeletePadahal di soal jelas tertulis melaksanakan pembelajaran dg menggunakan MASALAH sebagai langkah awal.
Kalau menurut saya jawaban seharusnya C. Problem based learning.
Mohon penjelasannya.
trims pak
ReplyDeleteterima kasih juga, semoga sukses
Deleteterma kasih moga menambah wawasan
ReplyDeleteaamiin, terma kasih
DeleteTerimakasih Pak MuhZuhri, ini sangat membantu saya yg sedang mengikuti PPG. Semoga kebaikan Bapak ini dibalas oleh Allah SWT dengan kebaikan yang berlipat-lipat ganda. Aamiin Yaa Robbal'alamiin
ReplyDeleteAamiin yra... semoga sukses ya...
DeleteYou are welcome
ReplyDeleteTerima kasih Pak Zuhri. Sangat bermanfaat.
ReplyDeleteTerimakasih banyak pak
ReplyDeleteTerima kasih bapak atas ilmu@, sangat menambah ilmu, mohon doa untuk kami semoga sukses meraih cita.
ReplyDeleteTerimakasih. Bagaimana cara download soalnya ya?
ReplyDeleteMohon ijin posting ulang boleh pak di website saya, sumber dari website ini akan dijadikan referensi. Terima kasih
ReplyDeletetrims
ReplyDeleteMantap
ReplyDeletemakasih banget atas artikel persoalan ini sehingga membuat saya menjadi lebih paham tentang
ReplyDeletetotobet hk terima kasih sebelum nya
terimakasih banyak Pak
ReplyDeletejazakallahu khairan katsiran
Terimakasih atas sumbangsihnya
ReplyDeleteTerima kasih, sangat membantu
ReplyDelete이것은 흥미롭지 만 다음 특정 URL을 방문하는 것이 중요합니다. 먹튀검증
ReplyDeleteHello I am so delighted I located your blog, I really located you by mistake, while I was watching on google for something else, Anyways I am here now and could just like to say thank for a tremendous post and a all round entertaining website. Please do keep up the great work 메이저사이트
ReplyDeleteGreat info! I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don’t know what to say except that I have. buy traffic
ReplyDeleteExcellent Post! For more information 토토
ReplyDeleteLovely article mate! 먹튀폴리스
ReplyDeleteI find it very interesting and very well thought out and put together. I look forward to reading your work in the future. paginas web tijuana
ReplyDeleteI favor the idea, such a good deal windshield repair san diego
ReplyDeleteI favor the idea, such a good deal motorcycles for sale san diego
ReplyDeleteI got too much interesting stuff on your blog. I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work ktm dealer
ReplyDeleteOur team is motivated and dedicated to providing you a seamless experience when it comes. 사설토토
ReplyDeleteLovely article mate! Old Cars for Sale
ReplyDeleteGood day, your writing style is great and i love it, Private Airport Transfers
ReplyDeleteThey can be tips related to numerous composition categories, including college applications and complex assignments like Kaplan assignment help 검증업체
ReplyDeleteLovely article mate! 토토사이트
ReplyDeleteThe post is written in very a good manner and it contains many useful information for me. 먹튀검증
ReplyDeleteWhat an incredibly beautiful story, despite the fact that it is rugged but the result turned out to be kind and good and now it has become a tradition that is passed on in every generation Buy Klonopin Online
ReplyDeleteThat appears to be undoubtedly fantastic. These types of teeny particulars were created possessing great deal of history experience. Now i'm thinking about that a lot. voyance
ReplyDeleteHi, just wanted to tell you, I liked this post. It was helpful. Keep on posting!
ReplyDelete토토사이트검증
I was able to find good information other visitors that they will assist, so here it occurs.토토먹튀
ReplyDeleteI want many of the reviews, Choose truly loved, We would like addiitional info over it, since it is actually fairly superb., Relation simply for saying. best lead generation agencies in germany
ReplyDeleteI have read your blog it is very helpful for me. I want to say thanks to you. I have bookmark your site for future updates 먹튀폴리스주소
ReplyDeleteI appreciate several from the Information. I will visit once more. 메이저놀이터
ReplyDelete"Really instructive and wonderful structure of content material,
ReplyDeletenow that’s user pleasant (:." 먹튀검증목록
"Really instructive and wonderful structure of content material,
ReplyDeletenow that’s user pleasant (:." 먹튀폴리스꽁머니
"Thank you for sharing your info. I really appreciate
ReplyDeleteyour efforts and I will be waiting for your further
post thanks once again." 안전놀이터모음
Glad to read. Do you want help with essay? Get it right from here without burning your pocket. Know more about essay help 토토사이트
ReplyDeleteGreat article Lot's of information to Read...Great Man Keep Posting and update to People..Thanks windshield replacement san diego
ReplyDeleteReally nice and interesting post. I was looking for this kind of information and enjoyed reading this one. Keep posting. Thanks for sharing 먹튀검증
ReplyDeleteGreatly composed article, if just all bloggers offered a similar substance as you, the web would be a much better spot 토토사이트
ReplyDeleteI always prefer to such type of blog which provides some latest info. polaris dealer
ReplyDeleteThank you a bunch for sharing this with all of us you actually realize what you are talking about! Bookmarked. Please also seek advice from my site =). We could have a hyperlink change contract between us!주소요
ReplyDeleteDo you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
ReplyDeleteI’ve been trying for a while but I never seem to get
there! Thank you
Also visit my site:오피
Thanks on your marveous posting! Greetings! That's a really good piece of data. Amazing. 토토존보증업체
ReplyDeleteIt's great to have a place like this. We promise to do our This is a pure nice post. 안전사이트
ReplyDeleteterima kasih, infonya bermanfaat sekali
ReplyDeleteSoal-soal yang sangat bermanfaat. Dalam ujian psikotes yang saya ikuti, soal-soal seperti ini sering banget keluar. Ini perlu menjadi bahan untuk latihan.
ReplyDeletejujur soal-soal diatas sangat memberi manfaat, terus berbagi terima kasih.
ReplyDeleteBlog Pendidikan
i absolutely love your internet site.. Very great shades & subject. Did you create this website yourself? Please respond again as iím hoping to create my very personal weblog and would like to analyze wherein you acquire this from or precisely what the topic is referred to as. Thanks! My companion and that i truly love your blog and locate lots of your submit’s to be what exactly i’m looking for. Does one provide guest writers to put in writing content material for you in my opinion? I wouldn’t mind composing a post or elaborating on some of the subjects you write associated with here. Again, splendid weblog! You have got made a few decent factors there. I appeared at the internet for added data about the issue and found most individuals will go together with your perspectives in this net web site. This blog is surely as a substitute available seeing that i’m in the mean time developing a web floral internet site – even though i'm best beginning out therefore it’s truly fairly small, not anything like this website online. Can link to three of the posts right here as they are quite. Thank you tons. 먹튀검증
ReplyDeletehttps://msatta1.wordprlikewise think this s a completely exceptional net website. I will test out onceess.com/ terrifi submit, you have got represented out some outstanding elementsrked your website online and also upload rss. Keep us updated. I think this is an enlightening positioned up and it is relatively beneficial and knowledgeable. On this way, i'd need to thanks for the endeavors you have got were given made in composing this article. Very thrilling, accurate assignment and thanks for sharing this form of suitable blog. Your article is so convincing that i by no means prevent myself to say some factor about it. You’re doing a brilliant venture. Hold it up. Your internet log isn't always in reality beneficial however it's miles furthermore really current as properly. There have a tendency to be highly few folks that can certainly compose not all that sincere posts that masterfully.. I felt fantastically upbeat whilst perusing this net page. This end up clearly quite instructional website on-line for me. I surely desired it. This became truely a welcominish. An awful lot preferred! Thanks once more for all the statistics you distg publribute High quality website, in which did u give you the facts in this posting? I've read the diverse articles for your net website online now, and that i honestly like your style. Thanks a million and pleassharing authentic posts with our lovers. On every occasion you need more posts you may query me for topic and become aware of. I am involved this informative article. There are so many things mentioned right right here i had in no manner concept of earlier than. You've got were given made me apprehend there may be more than one manner to reflect onconsideratlunteerion on these items . That is my first visit to your weblog! We're a team of vos and new initiatives in the identical area of interest. Weblog gave us beneficial information to artwork. You have accomplished an awesome task! Tremendous positioned up. I have been examining about this problem. So a determination of thankfulness is all together to submit. Completely cool post. It 's exceedingly distinctly accurate enough and beneficial positioned up. Thanks . That is vital, even though it's critical to help you head over to it weblink:
ReplyDeletee nice content materia retreat encore. I am able to without delay snatch your rss feed to stay informed of any updates.ask! Tremendous positioned up. I have been examining about this problem. So a determination of thankfulness is all together to submit. Completely cool post. It 's exceedingly distinctly accurate enough and beneficial positioned up. Thanks . That is vital, even though it's critical to help you head over to it weblink: 카지노
ReplyDeletei guess i'm no longer the most effective one having all of the amusement right here! Preserve up the coolest work. I have been that means to jot down something like this on my internet site and you've got given me an concept. I am very impressed with your writing i could not think of this, however it is first rate! I wrote numerous posts just like this one, however please come and notice! 토토경비대
ReplyDeleteYour work is really valued round the clock as well as the world. It is a unbelievably comprehensive as well as helpful blog.
ReplyDeleteArchives
ePrimeFeed
News
Economy News
Political News
Technology News
Sports News
Movie News
Fashion News
먹튀검증사이트웹툰미리보기 토토커뮤니티사이트 안전공원 Dealer Role-play | Personal Attention | Trigger Sounds
ReplyDelete안전토토사이트! MARTINGALE WINNING STRATEGY!
ReplyDeleteFascination About Easy Steps to Win 토토사이트 Game: A Comprehensive Guide
ReplyDeleteMajor thanks for the post.Really thank you! Awesome.Hi, I do think this is a great blog. I stumbledupon it �� I will revisit once again since i have bookmarked it. Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to help others.Thanks again for the blog. Keep writing. 먹튀검증
ReplyDeleteslot siteleri
ReplyDeletekralbet
betpark
tipobet
betmatik
kibris bahis siteleri
poker siteleri
bonus veren siteler
mobil ödeme bahis
SU75H
I recently had an incredible Bali adventure with EZGo Travel. From the moment I joined their tour, I was blown away by their exceptional service and attention to detail. The itinerary was perfectly curated, taking me to breathtaking locations like Mount Batur and Tanah Lot temple. The personalized experience and knowledgeable guides made the trip even more enjoyable. I highly recommend EZGo Travel for anyone looking for an unforgettable Bali tour. They truly go above and beyond to create magical memories.
ReplyDelete온라인바카라를 서비스하는 개별 인터넷 사이트가 바로 바카라사이트인 것입니다.
ReplyDelete