Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
1. Pernyataan
di bawah ini yang menunjukkan konsep pemerolehan bahasa adalah….
A. Bahasa
dikuasai dengan sengaja melalui pilihan orang tua.
B. Bahasa dikuasai secara tidak sadar
dalam lingkungan keluarga
C. Bahasa
dikuasai secara terencana melalui pembelajaran
D. Bahasa
dikuasai melalui upaya maksimal secara indovidu oleh pebelajar
2. Perbedaan
konsep pemerolehan bahasa dengan pembelajaran bahasa terdapat pada pernyataan
berikut.
A. pemerolehan
bahasa dilakukan secara sadar dan formal, sedangkan pembelajaran bahasa
dilakukan tidak sadar dan formal
B. pemerolehan
bahasa dilakukan secara sadar dan formal, sedangkan pembelajaran bahasa
diperoleh secara tidak sadar dan informal
C. pemerolehan
bahasa dilakukan secara tidak sadar dan formal, sedangkan pembelajaran bahasa
dilakukan secara sadar dan nonformal
D.
pemerolehan
bahasa dilakukan secara tidak sadar dan informal, sedangkan pembelajaran bahasa
diperoleh secara sadar dan bersifat formal
3. Tokoh
di bawah ini yang merupakan peletak dasar teori pemerolehan bahasa adalah...
A. Bloomfield
B. Tarigan
C. Kiparski
D. Saussure
4.
Seorang ibu memuji anaknya yang berusaha
menirukan kata-kata darinya. Anak itu merasa senang sehingga bersemangat untuk
menirukan kata-kata yang lain.
Peristiwa tersebut sesuai dengan teori ...
A. nativisme
B.
behaviorisme
C. kognitivisme
D. interaksionalisme
5.
Seorang anak menjadi malas berkomunikasi
karena sering ditegur oleh ibunya karena ia banyak melakukan kesalahan ujar.
Dalam teori behaviorisme sifat malas anak yang ditimbulkan oleh komunikasi tersebut disebut
…
A. pembiasaan
B. penguatan
C.
stimulus
D. respon
6.
Seorang guru yang berpendirian
bahwa binatang hanya bisa sampai pada
tahap menirukan sesuatu, binatang tidak akan pernah bisa berkreasi mencipta
kata berupa bahasa.
Guru tersebut menganut faham ….
A.
nativis
B. behavioris
B. behavioris
C. interaksionis
D. kognitivis
7. Dua
anak memiliki umur yang sama, yang A
jarang diajak berkomunikasi, sedangkan yang B sering diajak berkomunikasi.
Hasilnya anak B memiliki jumlah kosakata yang lebih banyak. Hal tersebut
merupakan bukti dari faham ....
A.
interaksionisme
B. behavioris
C. kognitivis
D. nativis
8. Teori
pemerolehan bahasa yang menyatakan bahwa kematangan bernalar berbanding lurus
dengan kemampuan berbahasa adalah...
A. nativisme
B.
kognitivisme
C. interaksionisme
D. behaviorisme
9. Seorang
anak telah berusia 18 bulan namun ia belum dapat mengucapkan suatu kata secara
lengkap saat berkomunikasi. Penyebab kondisi anak tersebut kemungkinan adalah
karena…
A. lingkungan
keluarga
B. proses
pemerolehan pengetahuan
C. minat
komunikasi
D.
ketidaknormalan
pada pusat bicara
10. Fase
semantik yang ditandai dengan anak dapat membedakan kata sebagai simbol dan
konsep yang terkandung dalam kata merupakan fase perkembangan penguasaan bahasa
pada rentang usia ….
A. 2
-- 7 tahun
B. 3
-- 5 tahun
C.
7
-- 11 tahun
D. 12
tahun ke atas
11. Fase
semantik yang ditandai dengan anak-anak mulai menggeneralisasikan makna suatu
kata secara berlebihan merupakan fase perkembangan penguasaan bahasa pada
rentang ....
A. 0
- 1, 6 tahun
B.
1,6
- 2, 6 tahun
C. 2,6 - 5 tahun
C. 2,6 - 5 tahun
D. 5
- 7 tahun
12. Bentuk
celotehan berikut ini yang paling potensial dibunyikan anak pada usia sekitar 6
bulan adalah..
A.
ba
ba ma ma
B. ta
ta na na
C. ka
ka nga nga
D. am
am um um
13. Penguasaan
kemampuan memformulasikan kaidah yang berada pada level rumit yang dicapai anak
pada usia prasekolah merupakan bagian dari pemerolehan bahasa pada bidang ...
A. fonologi
B.
morfologi
C. sintaksis
D. semantik
14. Seorang
anak yang kehausan lalu dia meminta air untuk minum dengan menyatakan /num/,
jenis pemerolehan ini dapat dikategorikan ke dalam jenis ….
A. morfologi
B. semantik
C.
sintaksis
D. pragmatik
15. Seorang
anak yang sudah mampu berujar /mam bo/ untuk mama bobo dan /pap gi) untuk Bapak
pergi dapat diprediksi bahwa anak tersebut sudah berada pada usia
A. 1,5
tahun
B.
2
tahun
C. 2,5
tahun
D. 3
tahun
16. Kemampuan untuk menyatakan bahwa sendok, garpu, piring,
mangkok, gelas, cangkir, kompor, ember,
baskom merupakan perabot dapur dapat dikuasai oleh anak ketika mereka sudah
berada pada pemerolehan semantik tahap …
A.
generalisasi
B. medan
semantik
C. pemaknaan
D. perluasan
makna
17. Kemampuan
anak untuk menyatakan bahwa baju, kaos, celana, dan jaket merupakan jenis
pakaian merupakan fase semantik yang dapat dikuasai oleh anak ketika mereka
berusia ....
A.
5-7
tahun
B. 2 - 3,5 tahun
B. 2 - 3,5 tahun
C. 1,5
tahun
D. 1,6
- 2,6 tahun
18. Sebuah
benda berbentuk bundar berisi udara, terbuat dari kulit, dapat ditendang atau
dipukul oleh masyarakat bahasa disebut bola. Pernyataan tersebut menunjukkan
bahasa sebagai sistem tanda yang berfungsi sebagai alat komunikasi verbal yang
disepakati.
Hal di atas
termasuk dalam aliran ....
A.
transformasional
B. tradisional
C. strukturalis
D. humanistik
B. tradisional
C. strukturalis
D. humanistik
19. Bentuk meja itu variatif ada yang segi empat
dan ada yang bundar, ada yang berkaki enam, empat, dua dan berkaki satu.
Meskipun bentuknya berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama sehingga semua
benda tersebut disebut meja.
Konsep
di atas menunjukkan bahasa sebagai sistem ....
A. petanda – penanda
B.
ikon – indeks
C.
unik – universal
D.
variatif – dinamis
20. Seorang anak mulai menunjukkan niat
komunikasinya dengan tersenyum, menoleh bila dipanggil, menggapai bila diberi
sesuatu, dan memberikan sesuatu kepada orang lain. Tahapan pemerolehan bahasa
anak yang tergambar dalam ilustrasi tersebut temasuk dalam bidang ....
A.
morfologi
B.
semantik
C. pragmatik
D.
fonologi
21. Unsur bahasa itu terbatas, tetapi
dengan unsur terbatas itu dapat dibuat satuan bahasa yang tidak terbatas
walaupun bersifat relatif, sesuai dengan sistem yang berlaku dalam bahasa itu.
Contoh dari huruf p, a, l, u dapat dibentuk kata palu, lupa, dan pula.
Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa bahasa itu bersifat ....
A.
konvensional
B. produktif
C.
unik
D.
bervariasi
22. Susunan kalimat “Apa kabar?” tidak
bisa diubah menjadi “Kabar apa?”.
Hal
itu membuktikan bahwa ...
A. bahasa itu sistem.
B. bahasa itu produktif.
C. bahasa itu lambang.
D. bahasa itu bermakna.
A. bahasa itu sistem.
B. bahasa itu produktif.
C. bahasa itu lambang.
D. bahasa itu bermakna.
23. Di Indonesia orang menyebut “air”
untuk menunjuk pada sebuah benda yang bersifat cair, bisa direbus, bisa dipakai
untuk mandi dan mencuci. Namun, di Inggris orang menyebutnya “water”, sedangkan
di Saudi Arabia orang menyebutkan “ma’an”. Orang Jawa punya sebutan lain lagi,
yakni “banyu”. Sementara Orang Sunda menyebutnya “cai”.
Hal
itu membuktikan bahwa ...
A.
bahasa itu relative.
B. bahasa itu produktif.
B. bahasa itu produktif.
C. bahasa itu arbitrer.
D.
bahasa itu lambang.
24. Orang-orang di Indonesia menyebut
benda ini sebagai “buku”, padahal tidak ada hubungan penalaran antara istilah “buku”
dan rupa benda tersebut. Meski demikian, orang Indonesia tetap sepakat untuk
menyebut benda tersebut sebagai “buku” bukan “bola”.
Peristiwa ini menunjukkan bahwa ...
A. bahasa itu arbitrer dan konvensional.
B. bahasa itu unik dan konvensional.
C. bahasa itu bunyi dan bermakna.
D. bahasa itu arbitrer dan bermakna.
Peristiwa ini menunjukkan bahwa ...
A. bahasa itu arbitrer dan konvensional.
B. bahasa itu unik dan konvensional.
C. bahasa itu bunyi dan bermakna.
D. bahasa itu arbitrer dan bermakna.
25. Bahasa Sunda memiliki fonem vokal
/eu/, sedangkan bahasa Indonesia tidak memilikinya. Berdasarkan kenyataan ini,
dapat disimpulkan bahwa ...
A. bahasa itu bersifat unik.
B. bahasa itu bersifat universal.
C. bahasa itu bersifat dinamis.
D. bahasa itu bersifat produktif.
A. bahasa itu bersifat unik.
B. bahasa itu bersifat universal.
C. bahasa itu bersifat dinamis.
D. bahasa itu bersifat produktif.
Sumber
Azhar, Umar.
2016. Hakikat Bahasa dan Pemerolehan
Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal
Guru Dan Tenaga Kependidikan
Mudini dkk.
2017. Hakikat dan Pemerolehan Bahasa.
Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan
Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan
BACA JUGA
1. SOAL ALIRAN LINGUISTIK
2. SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK LENGKAP
3. SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
4. SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL KAIDAH BAHASA INDONESIA
BACA JUGA
1. SOAL ALIRAN LINGUISTIK
2. SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK LENGKAP
3. SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
4. SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL KAIDAH BAHASA INDONESIA
Buatkan juga soal tentang pemerolehan bahasa kedua.
ReplyDelete