MENGIDENTIFIKASI JENIS TEKS
NONSASTRA
Teks adalah naskah yang ditulis
dengan tata organisasi tertentu (struktur/pola penyajian tertentu). Teks
nonsastra adalah naskah yang berisi permasalahan nonsastra.
Berikut disajikan penjelasan dan
contoh-contoh jenis teks.
NO
|
DEFINISI
|
JENIS TEKS
|
1
|
Karangan yang
bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca terhadap objek,
gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis.
Dengan karangan ini, pembaca dapat
dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam
peristiwa yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.
|
A. Deskripsi
|
2
|
Karangan yang
bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini peristiwa biasanya
disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, dan terdapat
konflik.
|
B. Narasi
|
3
|
Karangan yang
bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan
gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan
ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca.
|
C. Persuasi
|
4
|
Karangan yang
bertujuan menyampaikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini
penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas
kebenaran gagasan itu.
|
D. Argumentasi
|
5
|
Karangan yang bertujuan
memaparkan, menjelaskan, menyampaikan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan
menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima
dan mengikutinya
|
E. Eksposisi
|
NO.
|
TUJUAN PENULISAN
|
JENIS KARANGAN
|
1.
|
Memberikan penjelasan
kepada pembaca
|
eksposisi
|
2.
|
Memberikan gambaran
yang jelas tentang suatu keadaan
|
deskripsi
|
3.
|
Menceritakan
rangkaian peristiwa dengan tokoh-tokohnya
|
narasi
|
4.
|
Mengemukakan pendapat
yang disertai alasan yang kuat
|
argumentasi
|
5.
|
Mempengaruhi pembaca
untuk melakukan sesuatu
|
persuasi
|
JENIS
KARANGAN
NO
|
CONTOH
KARANGAN/PARAGRAF
|
JENIS KARANGAN
|
1
|
Setiap detik penduduk
di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang
demikian pesat akan menjadi masalah global.Oleh karena itu, kita perlu
mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras
mencari penemuan-penemuan baru untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak
terelakkan tersebut.
|
persuasi
|
2
|
Masih ada solusi yang
baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah
kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan
pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting adalah rasionalisasi
jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan
fishing base.
|
argumentasi
|
3
|
Ia terlentang
seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut
kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di sana
sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau
anyir menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan
warna merah
|
deskripsi
|
4
|
Olahraga jalan cepat
bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun,
yang membedakan adalah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk
meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak
menyentuh tanah.
|
eksposisi
|
5
|
Tahun 1977 Dr.
Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati
sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan
tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun
berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium
berkadar tinggi di perairan New Mexico bagian utara.
|
narasi
|
6
|
Pasar Blaura
merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di
bagian terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu
terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar
terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula
jenis buah-buahan.
|
deskripsi
|
7
|
Hujan adalah akibat
dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi
seperti laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan
sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di
atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan
tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut
menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga
berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi.
|
eksposisi
|
8
|
Musim semi telah tiba
dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak
gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak
yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah
aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam
|
deskripsi
|
9
|
Sore itu kami pergi
ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang
kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana
seperti rumah-rumah di sekitarnya.
|
narasi
|
10
|
Kedisiplinan lalu
lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada
bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu,
jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan pun juga semakin meningkat.
|
argumentasi
|
Untuk USBN SD jenis teks yang
diujikan yaitu teks narasi dan deskripsi
Contoh soal dan kunci jawaban
1. Perhatikan
teks berikut.
Bunga mawar ini benar-benar indah. Warna kelopaknya merah menawan. Bentuknya bulat sempuma. Semakin memukau karena mawar itu menebarkan bau semerbak.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
A. deskripsi
B. eksposisi
C. persuasi
D. narasi
Bunga mawar ini benar-benar indah. Warna kelopaknya merah menawan. Bentuknya bulat sempuma. Semakin memukau karena mawar itu menebarkan bau semerbak.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
A. deskripsi
B. eksposisi
C. persuasi
D. narasi
2. Perhatikan
teks berikut.
Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh
memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian,
kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
A. deskripsi
B. eksposisi
C. persuasi
D.
narasi
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI
SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A.
Ruang Lingkup Materi Membaca
Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan ide pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
KISI-KISI
SOAL UJI COBA USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/kisi-kisi-soal-uji-coba-usbn-sd-mi.html
BACA JUGA
BAHAN PERSIAPAN USBN 2018 DI BLOG ZUHRI INDONESIA
Terimakasih atas bantuannya
ReplyDeleteTerimakasih telah memudahkan ☺
ReplyDeleteterima kasih sangat membantu
ReplyDeleteTerimakasih sangat membantu, ijin ambil satu soal ya utk bahan soal trmkasih banyak 🙏🙏
ReplyDeleteContoh soal teks ekposisinya apa ya,,
ReplyDelete