BEDAH
KISI-KISI UN 2019 BAHASA INDONESIA SMK/MAK: INDIKATOR SOAL, SOAL DAN PEMBAHASAN
Berikut
disajikan kisi-kisi soal uji coba ujian nasional (UN) tahun 2019 SMK/MAK mata
pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMK/MAK
berdasarkan Keputusan Badan Standar
Nasional Pendidikan nomor:
0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata.html
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-bahasa.html
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-2019-smama-mapel.html
KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMK/MAK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
|
||
memaknai istilah
|
Disajikan teks anekdot, peserta didik menentukan makna istilah yang
terdapat dalam teks anekdot tersebut
|
1.
|
menemukan ide pokok
|
Disajikan kutipan teks cerita sejarah, peserta didik dapat menentukan
ide pokok teks cerita sejarah tersebut.
|
2.
|
menyimpulkan isi
tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis,
keberpihakan, sebab-akibat)
|
Disajikan pernyataan khusus laporan hasil observasi, peserta didik
dapat menentukan pernyataan umum yang tepat.
|
3.
|
Disajikan teks
negosiasi, peserta didik dapat menentukan isi teks tersebut
|
4.
|
|
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta
didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks cerita ulang
tersebut.
|
5.
|
|
Disajikan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan
isi teks yang tepat sesuai dengan teks eksplanasi kompleks tersebut.
|
6.
|
|
Disajikan teks anekdot, peserta didik dapat menentukan makna teks
anekdot tersebut.
|
7.
|
|
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini
penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat
|
8.
|
|
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan keberpihakan
penulis dalam kutipan tersebut dengan tepat
|
9.
|
|
menemukan inti
kalimat
|
Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti
kalimat tersebut dengan tepat.
|
10.
|
membuat ringkasan
teks
|
Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan ringkasan teks
|
11.
|
mengomentari
pendapat yang terdapat pada teks
|
Disajikan
kutipan teks berita (1 paragraf), peserta didik dapat menentukan tanggapan
logis terhadap isi berita tersebut.
|
12.
|
menunjukkan bukti
dari simpulan
|
Disajikan teks,
peserta didik dapat menentukan bukti kalimat simpulan dari teks
|
13.
|
menunjukkan
hubungan antarbagian teks
|
Disajikan dua teks anekdot singkat, peserta didik dapat menentukan perbandingan
isi teks anekdot tersebut.
|
14.
|
MEMBACA SASTRA
|
||
menentukan kata
yang bermakna konotatif/kias dalam karya sastra
|
Disajikan
kutipan teks cerita pendek yang di dalamnya terdapat ungkapan, peserta didik
dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam kutipan teks cerita
pendek tersebut.
|
15.
|
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat
menentukan makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
|
16.
|
|
menentukan majas dalam karya
sastra
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan
majas yang terdapat dalam teks cerita pendek tersebut.
|
17.
|
mengidentifikasi
unsur karya sastra
|
Disajikan teks cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan tahapan
alurnya.
|
18.
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan
latar tempat yang sesuai dengan kutipan cerita pendek tersebut
|
19.
|
|
Disajikan teks pantun, peserta didik dapat menentukan tema yang
sesuai dengan teks pantun tersebut.
|
20.
|
|
Disajikan
kutipan novel, peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik yang dominan
dalam kutipan novel tersebut.
|
21.
|
|
menentukan isi
tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan
kutipan novel, peserta didik dapat menentukan nilai pendidikan yang terdapat
dalam kutipan novel tersebut.
|
22.
|
menyimpulkan isi
tersirat dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan
amanat yang sesuai dengan kutipan cerita pendek tersebut.
|
23.
|
menentukan bukti
watak, latar
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan
ciri teks cerita pendek tersebut (watak, konflik, tema).
|
24.
|
mengaitkan isi
dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal
yang diungkapkan dalam teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini
dengan tepat
|
25.
|
menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang
menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan
kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang
tersaji dengan tepat.
|
26.
|
membandingkan pola
karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu menentukan
persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik
teks dengan tepat
|
27.
|
meringkas isi karya
sastra
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan
kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
|
28.
|
MENULIS TERBATAS
|
||
melengkapi dengan kata/istilah
yang tepat sesuai konteks
|
Disajikan
kutipan teks berita (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta didik dapat
menentukan istilah yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dengan
tepat .
|
29.
|
melengkapi unsur teks
(eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)
|
Disajikan
gagasan utama teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan gagasan penjelas
yang tepat
|
30.
|
Disajikan
teks negosiasi yang rumpang, peserta didik dapat menentukan orientasi yang
terdapat dalam teks tersebut.
|
31.
|
|
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah
satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan
kalimat deskripsi yang tepat.
|
32.
|
|
Disjaikan
teks biografi yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat
melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat.
|
33.
|
|
melengkapi unsur
karya sastra lama (pantun)
|
Disajikan teks pantun yang rumpang, peserta didik dapat melengkapinya
dengan kalimat (larik) yang tepat.
|
34.
|
melengkapi unsur
ulasan
|
Disajikan
teks ulasan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
|
35.
|
melengkapi unsur
teks prosedur (langkah)
|
Disajikan kalimat-kalimat petunjuk yang belum lengkap, peserta didik
dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
|
36.
|
mengurutkan
peristiwa dalam cerita
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek yang diacak, peserta didik dapat
menentukan urutan teks cerita pendek tersebut
|
37.
|
mengurutkan
langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
|
Disajikan kalimat-kalimat teks prosedur kompleks yang diacak, peserta
didik dapat menentukan urutan teks prosedur kompleks tersebut
|
38.
|
Disajikan teks
eksposisi (5-7 kalimat) yang disusun secara acak, peserta didik dapat
mengurutkan menjadi teks eksposisi yang tepat.
|
39.
|
|
memvariasikan
kata(sinonim)
|
Disajikan
teks laporan hasil observasi (1 paragraf) yang menggunakan kata bersinonim,
peserta didik dapat menentukan sinonim kata tertejmtu yang terdapat dalam
paragraf tersebut
|
40.
|
memvariasikan kalimat
|
Disajikan teks iklan, peserta didik dapat
menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks iklan tersebut.
|
41.
|
Disajikan
kutipan teks, peserta didik dapat menentukan makna peribahasa dalam teks tersebut
|
42.
|
|
menyusun paragraf dari beberapa
data
|
Disajikan data laporan hasil observasi yang belum lengkap dalam
sebuah tabel, peserta didik dapat melengkapinya dengan data yang tepat
|
43.
|
menyusun simpulan
dari beberapa data
|
Disajikan data-data laporan hasil observasi berupa kalimat-kalimat
simpleks, peserta didik dapat menentukan kalimat kompleks berupa simpulan
dari data-data tersebut.
|
44.
|
MENYUNTING KATA,
KALIMAT, PARAGRAF
|
||
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan kutipan teks ekspalansi kompleks, peserta didik dapat
menentukan dua kata tidak baku yang terdapat dalam teks tersebut.
|
45.
|
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan konjungsi
|
Disajikan paragraf dengan tiga-empat konjungsi yang digunakan secara
tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
46.
|
mengidentifikasi kesalahan
penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat
tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut
dengan tepat.
|
47.
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu
mengidentifikasi kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
48.
|
|
menggunakan istilah
dalam kalimat
|
Disajikan teks (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta
didik dapat melengkapinya dengan istilah yang tepat.
|
49.
|
menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan matriks yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan
kata berbentuk verba dan nomina berdasarkan kata dasar yang terdapat dalam
matriks.
|
50.
|
menggunakan kalimat
(mengisi kalimat yang sesuai)
|
Disajikan teks eksposisi (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta
didik dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepati
|
51.
|
memperbaiki
kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis,
tidak lengkap)
|
Disajikan
paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu memperbaiki kalimat tidak
padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
52.
|
memperbaiki
kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf
|
Disajikan kutipan teks ekspalanasi kompleks, peserta didik dapat
menentukan perbaikan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif dalam
kutipan teks tersebut.
|
53.
|
memperbaiki kesalahan
penggunaan kata
|
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta
didik dapat menentukan perbaikan penulisan kata yang sesuai dengan PUEBI.
|
54.
|
MENYUNTING EJAAN
DAN TANDA BACA
|
||
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan
|
55.
|
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kutipan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat
menentukan kesalahan penggunaan tanda baca teks eksplanasi kompleks tersebut.
|
56.
|
menggunakan ejaan
|
Disajikan kutipan teks editorial / opini yang rumpang, peserta didik
dapat menentukan kata yang penulisannya sesuai PUEBI untuk melengkapi teks
editorial tersebut.
|
57.
|
menggunakan tanda
baca
|
Disajikan sebuah teks tanpa tanda baca, peserta didik dapat
menggunakan tanda baca sesuai PUEBI.
|
58.
|
memperbaiki
Kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta
didik dapat menentukan perbaikan penulisan kata yang sesuai dengan PUEBI.
|
59.
|
memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kutipan teks yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca,
peserta didik dapat menentukan perbaikan penggunaan tanda baca yang sesuai
dengan PUEBI.
|
60.
|
Catatan: Jumlah soal uji coba/ ujian nasional
(UN) sebanyak 50 soal. Indikator dengan warna merah artinya sebagai variasi
soal.
BACA RINGKASAN MATERI DAN
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017
1. Menentukan isi teks anekdot
2. Menentukan makna
kata/istilah
3. Membandingkan isi teks
4. Menentukan interpretasi
teks anekdot
5. Menentukan urutan teks
eksposisi
6. Melengkapi teks eksplanasi
7. Menggunakan kata penghubung
8. Menggunakan pronomina/kata
ganti
9. Menggunakan kata bentukan
10. Membaca matriks/tabel
11. Menggunakan tanda baca
12. Memvariasikan kata
13. Mengurutkan teks prosedur
14. Menentukan inti kalimat
15. Menentukan isi teks
negosiasi
16. Melengkapi teks negosiasi
17. Menentukan kalimat santun
dalam teks negosiasi
18. Mengurutkan peristiwa dalam
cerpen
19. Menentukan watak tokoh
cerita
20. Menentukan amanat cerita
21. Menentukan latar cerita
22. Menentukan majas dalam
cerpen
23. Menentukan makna ungkapan
24. Menentukan makna peribahasa
25. Menentukan kalimat
sumbang/tidak padu dalam teks
26. Menentukan tema pantun
27. Melengkapi pantun
28. Menentukan isi teks
biografi
29. Mengidentifikasi kata baku
dan tidak baku
30. Menentukan fungsi teks
biografi
31. Menggunakan konjungsi dengan
tepat
32. Memakai tanda baca dengan
tepat
33. Menentukan kata tidak baku
dalam teks
34. Menyunting kalimat
35. Menentukan struktur teks
ulasan film
36. Menggunakan kata bentukan
dengan tepat
37. Kalimat simpleks dan
kompleks
38. Unsur intrinsik teks drama
39. Ide
pokok paragraf
40. Meringkas teks
41. Perbaikan penggunaan tanda
baca
42. Kalimat simpulan
43. Tanggapan logis terhadap
isi teks
44. Ungkapan dalam teks iklan
45. Teks Ulasan film
46. Melengkapi teks petunjuk
kerja/teks prosedur
47. Penggunaan ejaan yang tidak
tepat
48. Opini penulis dalam tajuk
rencana
49. Fakta dan opini
50. Unsur Intrinsik dan
ekstrinsik novel
Hai kawan, saya mau informasikan satu aplikasi terbaik dan mudah untuk digunakan, khususnya pecinta drama korea. MYDRAKOR aplikasi nonton film drama korea di smartphone anda, gak akan ketinggalan lagi mengikuti serialnya. Download aplikasi MYDRAKOR di googleplay, mudah digunakan dan banyak drama korea terbaru.
ReplyDeletehttps://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main
https://www.inflixer.com/
makasih mas #SMKBISA TERIMAKASIH
ReplyDeleteMaksud variasi soal itu apa ya kak?
ReplyDeleteuntuk beberapa paket soal, antara paket satu dengan yang lain bisa berbeda soal, tetapi materi dan indicator sama/mirip
DeleteKok gak ada yg kurikulum 13 yaa
ReplyDeleteMenunggu bedah kisi-kisi UN SMK 2020 Bahasa Indonesia pak...
ReplyDelete