19 May 2018

PANDUAN KERJA PENGAWAS SEKOLAH, KEPALA SEKOLAH, TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH, TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH, DAN TENAGA LABORATORIUM



PANDUAN KERJA PENGAWAS SEKOLAH, KEPALA SEKOLAH, TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH, TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH, DAN TENAGA LABORATORIUM  

Sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen GTK Kemendikbud tahun 2017 menyusun Panduan Kerja untuk Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Tenaga Administrasi Sekolah, Tenaga Perpustakaan Sekolah, dan Tenaga Laboratorium.



Unduh



1. Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah Klik https://drive.google.com/open?id=1PGAhuf7zw_zBHWgjrAavhdznEtt4p5R5






3. Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah Klik https://drive.google.com/open?id=18199zM2QO-jJHUvVYX9vnP7qGpIZT4LE



4. Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah Klik https://drive.google.com/open?id=1AMqna-nP3hvzI3mjweh104uWKPMVuB3e



5. Panduan Kerja Tenaga Laboratorium Klik https://drive.google.com/open?id=19jPIKyeeuqfmAegRXIWYHCfyQIWHbtGY


PANDUAN KERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH



PANDUAN KERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, diamanatkan bahwa seorang kepala sekolah/madrasah harus memiliki standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kompetensi meliputi: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Manajaerial, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Supervise, dan Kompetensi Sosial.

Berikut disajikan Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. (Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen GTK Kemendikbud tahun 2017)

Unduh

1. Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah Klik https://drive.google.com/open?id=1PGAhuf7zw_zBHWgjrAavhdznEtt4p5R5


3. Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah Klik https://drive.google.com/open?id=18199zM2QO-jJHUvVYX9vnP7qGpIZT4LE

4. Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah Klik https://drive.google.com/open?id=1AMqna-nP3hvzI3mjweh104uWKPMVuB3e

5. Panduan Kerja Tenaga Laboratorium Klik https://drive.google.com/open?id=19jPIKyeeuqfmAegRXIWYHCfyQIWHbtGY


ENAM AKTIVITAS UJARAN KEBENCIAN BERKATEGORI PELANGGARAN DISIPLIN ASN


[SIARAN PERS]
Nomor: 006/RILIS/BKN/V/2018

Enam Aktivitas Ujaran Kebencian Berkategori Pelanggaran Disiplin ASN


     Untuk membantu Pemerintah memberantas penyebaran berita palsu (hoax) dan ujaran kebencian bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang berpotensi sebagai sumber perpecahan bangsa, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta menjalankan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.     

18 May 2018

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: PENGERTIAN, FUNGSI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN



TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO)

A. Pengertian

Laporan hasil observasi adalah berita atau informasi yang dibuat berdasarkan pengamatan. Kosasih (2014:43) menyatakan bahwa teks laporan hasil observasi mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Hal ini menegaskan bahwa yang diungkapkan dalam laporan hasil observasi adalah sesuatu yang terjadi.

17 May 2018

SURAT PENGUMUMAN RESMI JUARA OGN TAHUN 2018 JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH (DIKMEN)



SURAT RESMI URUTAN PEMENANG / JUARA OGN TAHUN 2018 JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH

Olimpiade Guru Nasional tahun 2018 jenjang Pendidikan Menengah telah dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 3 s.d. 7 Mei 2018.

Berikut disampaikan juara atau urutan pemenang OGN tahun 2018 jenjang Pendidikan Menengah





Unduh file klik https://drive.google.com/open?id=1ovPkMcydlq0P_rHjI41dnn1iOupNJeWa

UNDUH PANDUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) EDISI REVISI TAHUN 2018 JENJANG SMP



UNDUH PANDUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) EDISI REVISI TAHUN 2018 JENJANG SMP
Upaya sistematis dan berkesinambungan perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. GLS untuk menumbuhkan minat baca dan kecakapan literasi telah dicanangkan sejak tahun 2016, namun saat ini belum sepenuhnya menyentuh aspek pembelajaran di kelas karena kondisi sekolah dan kelas berbeda-beda. Beberapa panduan terkait GLS telah diterbitkan tahun 2016 oleh Dikdasmen Kemendikbud, yakni (1) Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, (2) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, (3) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama, (4) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa, (5) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas; (6) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan, (7) Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah, (8) Manual Pendukung Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama; (9) Strategi Literasi dalam Pembelajaran untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama (tahun 2017). Beberapa panduan GLS telah direvisi. Seperti halnya buku ini (edisi II), beberapa panduan GLS ediisi revisi juga diterbitkan pada tahun 2018.

UNDUH MODUL PEDOMAN GLS EDISI REVISI KLIK https://drive.google.com/open?id=1r6kUm2NFUCucgb57cY1jimaKkLqPzszB

UNDUH MODUL MATERI PENYEGARAN INSTRUKTUR KURIKULUM 2013 SMP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA



MATERI BIMBINGAN TEKNIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kami sampaikan selamat bertemu pada Materi Bimtek Guru Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Materi ini terdiri atas 4 (empat) bagian yang disusun sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 berdasarkan konsep dan pelaksanaannya. Untuk memperkuat kualitas peserta didik, baik dalam sikap maupun kompetensi pengetahuan dan keterampilan, maka materi ini dikembangkan dengan mengitegrasikan penguatan pendidikan karakter, pengembangan budaya literasi, keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan untuk bekerjasama (Collaboration), kemampuan untuk mencipta atau daya cipta (Creativity), dan kemampuan untuk berkomunikasi (Communication) dalam menyiapkan peserta didik memasuki Abad 21. Masing-masing materi terdiri atas tujuan, uraian singkat materi, lembar kerja bimtek, dan penilaian.
Materi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Materi 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian.
2. Materi 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
3. Materi 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian.
4. Materi 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar.


UNDUH MODUL KLIK https://drive.google.com/open?id=1sqnqNo9BMgn7CqT_6b6mkCiqAFG762AS

UNDUH MODUL DIKLAT KURIKULUM 2013 TAHUN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA



UNDUH MODUL DIKLAT KURIKULUM 2013 TAHUN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TINGKAT SMA
Modul ini terdiri atas 4 (empat) seri modul yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing modul terdiri atas uraian singkat materi, fokus modul,
penugasan, dan refleksi.
Modul-modul tersebut adalah;
1. Modul 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian
2. Modul 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3. Modul 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian
4. Modul 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
UNDUH MODUL KLIK https://drive.google.com/open?id=1a0YfY34Y1RZ0brK_6FucyVa1Eb4Xr8nF

RPP TEKS EKSPOSISI KD 3.4 DAN 4.4 KELAS X SEMESETER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Sekolah                             :       SMA Negeri 2 Boyolali
Mata pelajaran                  :       Bahasa Indonesia (Wajib)
Kelas/Semester                  :       X/ 1
Alokasi Waktu                  :       8 × 45 menit (4X Pertemuan)

A.   Kompetensi Inti
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

16 May 2018

RPP BAHASA INDONESIA TEKS LHO KD 3.2 DAN 4.2 KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                                   : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                        : X/1

Alokasi Waktu                        : 8 X 45 menit


A.    Kompetensi Inti (KI)


1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN III KTSP






INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN III KTSP
KABUPATEN BOYOLALI
PROVINSI JAWA TENGAH



PETUNJUK PENGISIAN
1.    Perhatikan dokumen KTSP yang akan divalidasi/diverifikasi.
2.    Tuliskan identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugas validasi/Verifikasi.
3.    Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom ”Ada” atau ”Tidak” sesuai keberadaan butir-butir pernyataan.
4.    Catatan petugas validasi/verifikasi diisi dengan temuan, komentar dan saran berdasarkan hasil validasi/verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas. 
NAMA SEKOLAH                                    : .................................
ALAMAT                                              : .................................
NAMA KEPALA SEKOLAH                         : .................................
TANGGAL VALIDASI/VERIFIKASI                : .................................
PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI                 : .................................
JABATAN PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI   : .................................





















INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN II KTSP TAHUN 2018/2019







INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN II KTSP
KABUPATEN BOYOLALI
PROVINSI JAWA TENGAH



PETUNJUK PENGISIAN
1.    Perhatikan dokumen KTSP yang akan divalidasi/diverifikasi.
2.    Tuliskan identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugas validasi/Verifikasi.
3.    Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom ”Ada” atau ”Tidak” sesuai keberadaan butir-butir pernyataan.
4.    Catatan petugas validasi/verifikasi diisi dengan temuan, komentar dan saran berdasarkan hasil validasi/verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas. 



NAMA SEKOLAH                                    : .................................
ALAMAT                                              : .................................
NAMA KEPALA SEKOLAH                         : .................................
TANGGAL VALIDASI/VERIFIKASI                : .................................
PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI                 : .................................
JABATAN PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI   : .................................














CONTOH INSTRUMEN VERIFIKASI DOKUMEN I KTSP 2013 OLEH DINAS PENDIDIKAN TAHUN 2018/2019


LAMPIRAN 4.  CONTOH INSTRUMEN VERIFIKASI DOKUMEN I KTSP 2013 OLEH DINAS PENDIDIKAN ..............




INSTRUMEN VERIFIKASI DOKUMEN I KTSP2013
KABUPATEN/KOTA: .....................
PROVINSI: .................................



PETUNJUK PENGISIAN
1.     Perhatikan dokumen KTSP yang akan diverifikasi.
2.     Tuliskan identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugaVerifikasi.
3.     Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom ”Ada” atau ”Tidak” sesuai keberadaan butir-butir pernyataan.
4.     Catatan petugas verifikasi diisi dengan temuan, komentar dan saran berdasarkan hasil verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas.



NAMA SEKOLAH                           : ......................................................
ALAMAT                                     : .....................................................
NAMA KEPALA SEKOLAH                : .....................................................
TANGGAL VERIFIKASI                    : .....................................................
PETUGAS VERIFIKASI                     : .....................................................
JABATAN PETUGAS VERIFIKASI                 : .....................................................

INSTRUMEN VERIFIKASI  DOKUMEN I KTSP 2013

Nama Sekolah            :   ...........................
Nama Kepala Sekolah  :   ........................... 
Alamat Sekolah          :   ........................... 
Kabupaten/Kota         :   ...........................

DOKUMEN I