25 September 2018

SOAL DAN JAWABAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER/ ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA/MA



SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS XII

1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks cerita/novel sejarah!

2. Cermatilah kutipan teks cerita sejarah berikut!

Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil?’ Dengan muka merah, kumisnya yang seperti kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, “ Tentu saja tidak tepat! Paduka sendiri tahu si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memuliki wibawa…”  (Novel Sejarah Kemelut di Majapahit karya S.H. Mintardja)

Analisislah ciri kebahasaan teks cerita sejarah tersebut meliputi kata-kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau.  

3. Surat lamaran pekerjaan memiliki sistematika baku. Jelaskan sistematika surat lamaran pekerjaan!

4. Perbaikilah penulisan bagian surat lamaran pekerjaan berikut sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar.

a. Jakarta, 25-1-2010

b. Kepada Yth. Direktur personalia

PT jaya mandiri

Jalan kencana wungu Nomor 10,jakarta

c. Nama : raka sinatria

Tempat/tanggal lahir : Cirebon, 25-7- 1985

Alamat : Perumahan Malaka Jaya C18/4, Jakarta

d. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.       

5. Tulislah surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan berikut

Lowongan Kerja PT Mortar Utama
PT Mortar Utama Merupakan market leader dalam industri Semen Instan, membutuhkan profesional handal dan inovatif untuk mengisi jabatan:
Retail Sales Asst. Manager. Sumatera Bag. Utara
Kualifikasi:
Pria
/Wanita
Pendidikan Minimal S1 segala bidang
Menguasai Komputer (Ms Office)
Mempunyai pengalaman kerja min. 4 Tahun sebagai Supervisor di bidang Sales Consumer Goods/Material Buildings
Komunikatif, mampu bernegosiasi dan membangun tim kerja
Penempatan Medan.
Kirimkan Surat lamaran, CV dan pas Photo terbaru ke alamat:

HRD PT Cipta Mortar Utama
Menara Sudirman Lt. 11
Jl. Jend. Sudirman Kav. 60 – Jakarta

Sumber: Republika, 24 September 2018

24 September 2018

SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER/PENILAIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA SMA/MA KELAS X DILENGKAPI KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN



SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS X

1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks laporan hasil observasi!

2. Cermatilah teks berikut!

MAPAG PANGANTEN

Perkembangan zaman mengubah pola pikir dan olahrasa masyarakatnya. Mereka lebih cenderung menggandrungi hal-hal yang bersifat “dari luar” dan hampir meninggalkan tradisi yang kaya dengan nilai-nilai. Contohnya, prosesi upacara adat mapag penganten yang berasal dari Jawa Barat. Rata-rata generasi muda melengahkan nama upacara ini.

Hampir setiap daerah memiliki prosesi upacara dalam menyambut kedatangan pengantin. Salah satu yang mengundang perhatian adalah keseruan dari prosesi upacara adat “mapag penganten” yang berasal dari Jawa Barat. Prosesi ini biasanya tidak hanya ada dalam pesta pernikahan, tetapi kerap juga ditampilkan dalam menyambut kedatangan para pejabat atau tamu negara. Upacara Adat “mapag panganten” merupakan salah satu ritual yang menjadi bagian dari seluruh rangkaian upacara adat penyambutan dalam masyarakat Sunda. Kesenian ini melibatkan sejumlah pemain gamelan, penari, pembawa umbul-umbul, dan Ki Lengser (sering disebut “lengser” saja).

            Gamelan dalam “mapag penganten” sebagai musik pengiring upacara. Gamelan merupakan kesenian yang memadukan berbagai alat musik. Gamelan Sunda terdiri atas bonang, saron panjang, jenglong, gong, kendang, suling, dan rebab. Jumlah pemainnya sesuai dengan jumlah instrumen yang dipakai. Penamaan pemain (nagaya) sesuai dengan instrumen yang dimainkannya ditambah kata tukang. Misalnya, pemain bonang disebut tukang bonang, pemain jenglong disebut tukang jenglong, dan seterusnya.

            Untuk kelengkapan pemikat, gamelan mengiringi tarian Merak. Sesuai dengan nama tariannya, pakaian dan gerakannya menggambarkan kehidupan merak yaitu binatang sebesar ayam dengan bulunya yang halus, bermahkota di kepala dan selalu mengembangkan bulu ekor untuk menarik merak betina. Para penari memakai kain dan baju yang menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak seperti warna hijau, biru, dan hitam. Ditambah sepasang sayap yang melukiskan sayap atau ekor merak yang sedang dikembangkan serta mahkota motif burung merak.

            Selain musik dan tariannya, kehadiran Ki Lengser atau Mang lengser biasanya menjadi sosok yang menarik perhatian penonton atau tamu undangan. Ki Lengser, orang yang mengarahkan jalannya upacara tersebut. Begitu rombongan kedua mempelai datang ke gedung/tempat resepsi, lengser menyambut dan mengarahkan mereka ke kursi pelaminan dengan diiringi para penari dan pembawa umbul-umbul. Peran lengser ini dilakoni oleh seorang pria. Sosok lengser diperankan sebagai seorang kakek dengan pakaian yang dikenakan terdiri dari: baju kampret,celana pangsi dilengkapi dengan sarung yang diselendangkan, dan totopong (ikat kepala). Dengan memperlihatkan giginya yang ompong dan gerakan tari yang lucu, kehadirannya tak pelak mengundang tawa penonton/tamu undangan.

            Upacara Mapag Panganten tidak berlangsung lama, karena fungsinya hanya untuk menyambut kedatangan kedua mempelai/pejabat/tamu negara dan mengantarkannya ke kursi pelaminan. Namun meski begitu, kehadirannya kerap ditunggu dan mengundang decak kagum banyak orang. (Yeni Elvira Syofyan)

Analisislah ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks.

3. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksposisi!

4. Permasalahan lingkungan sangat beragam dan kompleks. Tulislah teks eksposisi bertema permasalahan lingkungan.

5. Analislah kebahasaan teks eksposisi yang telah Anda buat yang meliputi kata teknis/istilah, kata sifat, afiksasi, dan kalimat verba.

20 September 2018

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP NOMOR 13 MATERI MENENTUKAN KEISTIMEWAAN TOKOH PADA TEKS BIOGRAFI



Menentukan Keistimewaan Tokoh pada Teks Biografi
13. Bacalah teks berikut! 
Nama NH. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Sri Hardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. Ia hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah. 
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah …
A. Anak seorang pegawai perusahaan kereta api dan ibu rumah tangga.
B. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan ternama sejak kecil.
C. Dini memiliki bakat menulis sejak berusia sembilan tahun
D. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.
Kunci Jawaban: D

19 September 2018

PEMBAHASAN SOAL UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 39: KESEPAKATAN DALAM TEKS NEGOSIASI



39. Cermatilah teks negosiasi berikut!

Guru    : “Kenapa kamu sering kesiangan?”

Tono    : “Maaf, Bu! Rumah saya jauh dan di jalan selalu terjebak kemacetan lalu lintas.”

Guru    : “Ya baik, Nak! Hari ini ibu maafkan, tetapi sebenarnya dapat kamu siasati bagaimana caranya agar kamu tidak kesiangan. Pukul berapa kamu berangkat dari rumah?”

Tono    : “Pukul 06:00 pagi, Bu!”

Guru    : “Nah, mulai besok dan seterusnya kamu berangkat lebih pagi dari rumah, mungkin pukul 05.30 atau pukul 05.45 supaya kamu di perjalanan tidak terjebak macet dan sampai ke sekolah lebih pagi.”

Tono    : “ Baik Bu, akan saya usahakan, mulai besok saya akan berangkat dari rumah lebih pagi dari biasanya.”

Guru    : “Bagus, Nak! Semoga kamu berhasil.”

Hal yang disepakati  sesuai dengan isi teks tersebut adalah  . . .

A. Bentuk hukuman untuk Tono jika dia kesiangan lagi tiba di sekolah.

B. Bu Guru janji akan memberi nasihat kepada Tono.

C. Jam masuk sekolah Tono ditambah dari biasanya.

D.Tono sepakat berangkat lebih pagi dari rumah.

E. Tono berusaha datang lebih awal di sekolah.

Kunci jawaban: D

ZUHRI INDONESIA: PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN 2017/2018 NOMOR 38 MATERI KALIMAT ARGUMEN



38.       Cermatilah kalimat berikut!

Kalimat pendapat  : Sekolah terus berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam ujian nasional tahun ini. 

Kalimat argumen:

(1) Meningkatkan prestasi siswa merupakan tugas guru dan sekolah.

(2) Guru melatih siswa dengan mengerjakan soal-soal untuk menghadapi ujian.

(3) Siswa seharusnya memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar.

(4) Sekolah mengadakan beberapa kali ujicoba ujian nasional agar siswa terlatih menjawab soal.

(5) Peran orang tua sangat penting dalan memotivasi siswa.

Kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat tersebut adalah . . .                           

A. (1) dan (2)                                                                                                                         

B. (1) dan (3)                                                                                                                         

C. (2) dan (4)                                                                                                                         

D. (3) dan (5)                                                                                                                         

E. (4) dan (5)

18 September 2018

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN 2017/2018 NOMOR 37: MELENGKAPI TEKS PANTUN



37.       Cermatilah pantun berikut!

            Di sebelah ada kebun papaya

            Sebelahnya lagi tempat gerabah

            Yakinlah dan tetap berupaya

            . . . 

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . . .

A. Semoga kita mendapat berkah

B. Beginilah hati yang gelisah

C. Dengan berusaha dan bersedekah

D. Beginilah cara orang beribadah

E. Pasti ayahlah yang paling susah

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

15 September 2018

CONTOH RPP BERORIENTASI HOTS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah
:  SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
:  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:  XI/1
Materi Pokok
:  Teks Eksplanasi
Alokasi Waktu
:  4 X 45 Menit (2 Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, eksplanasial, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS DAN CONTOH RPP BERORIENTASI HOTS







Materi berikut merupakan oleh-oleh (rangkuman materi) Workshop Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Jakarta, 16-20 dan 24-28 Juli 2018 diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS DAN CONTOH RPP BERORIENTASI HOTS
Guru sebaiknya menyajikan pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik untuk berpikir
kritis, logis, dan sistematis sesuai dengan karakteristik Bahasa Indonesia, serta memiliki
kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills atau HOTS). 
Anderson mengategorikan tingkat berpikir seperti dalam tabel Berikut.

14 September 2018

ZUHRI INDONESIA: PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 36: AMANAT CERITA


36. Cermatilah ceriita berikut!
Teman saya, Fakir, berkaca mata tebal (kadang) sangat menyebalkan. Dengan bentuk tubuh tinggi dan gigi depan yang pecah, ia terbilang bukan orang yang tampan. Setiap keberhasilan dan kebahagiaan orang lain, selalu diberi komentar oleh Fakir. Pokoknya kalau tidak berburuk sangka, ia cenderung melecehkan lawan bicaranya atau sahabat-sahabatnya. Begitulah Fakir.  
Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah . . .
A. Jangan berprasangka buruk terhadap keberhasilan orang lain!
B. Orang yang biasanya suka meremehkan orang lain biasaya sombong!
C. Orang pendiam belum tentu ia bodoh!
D. Hendaklah ramah-tamah dalam bergaul!
E. Janganlah berpura-pera cemburu terhadap keberhasilan orang lain!
Kunci Jawaban: A
Pembahasan

13 September 2018

MELENGKAPI TEKS DRAMA


PEMBAHASAN SOAL UN 2017/2018 NOMOR 35: MELENGKAPI TEKS DRAMA
35. Cermati kutipan teks drama berikut!

(1) Parminem : “Begini, Bu. Di sini saya sebagai produsen nasi bungkus dari program Ibu Menteri. Saya kemari karena saya mengharapkan sejumlah uang dari Ibu.”

(2) Ibu Menteri            : “ Perasaan, saya bukanlah bendahara dari program itu. Jadi langsung saja kamu meminta uang kepada Pembantu Menteri yang telah merangkap menjadi ketua, sekretaris, dan bendahara.”

(3) Parminem : “(duduk di kursi/lantai dan  badannya lemas)” Tapi saya sudah mencarinya kemana-mana. Dari pagi, saya sudah siap-siap di kamar mandi umum, tempat Bu Pembantu Menteri buang air kecil. Tapi nyatanya nihil.” (memendam kekecewaan mendalam)

(4) Ibu Menteri            : “ . . .”

(5) Parminem : “Hah ... duh biyung! Nasib, nasib. Ya sudahlah Bu, saya mau pergi dulu. Permisi.” (meninggalkan panggung).

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah . . .                                            

A. Mungkin, itu sudah nasibmu. Sekali lagi, saya tidak bisa membantu. Itu bukan lagi urusan menteri seperti saya.
B. Menurut data memori yang ada dalam  otak saya, rasanya saya belum pernah berjumpa dengan kamu.                                                               
C. Baiklah,  nanti kutemui Bu Pembantu Menteri. Kusampaikan masalahmu kepadanya.
D. Kalau cuma masalah uang, aku bisa memberimu sekarang juga
E. Jangan resah. Besok persoalan ini kita selesaikan bersama.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kutipan drama membahas masalah pembayaran uang nasi bungkus program menteri. Kalimat untuk melengkapi  isi drama haruslah sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat sebelumnya  menyatakan jawaban/tanggapan Ibu Menteri atas pernyataan Parminem. Kalimat sesudahnya menyatakan kekecewaan/rasa putus asa Parminem. Jadi, dialog dialog Ibu Menteri berisi pernyataan yang tidak bisa membantu permasalahan yang dihadapi Parminem. Kalimat tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B juga tidak sesuai jika digunakan untuk menjawab pernyataan Parminem. Sementara itu, kalimat pada pilihan jawaban C, D, dan E berisi kesediaan Ibu Menteri untuk membantu permasalahan sehingga tidak sesuai tanggapan Parminem yang putus asa dan kecewa.

PEMBAHASAN SOAL UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 34: KATA BERIMBUHAN



34. Cermati paragraf berikut!

Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa itu terus ... memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek dengan intensitas dan visi yang berbeda-beda. Setiap media akan …tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut ... dengan bahasa dan gaya penulisan populer.  

Kata berimbuhan yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah ....

A. mencobakan, disajikan, ditampilkan

B. mencoba, menyajikan, ditampilkan

C. mencoba, menyajikan, menampilkan

D. menyoba, menyaji, menampilkan

E. dicoba, disajikan, ditampilkan

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Kata berimbuhan adalah kata dasar yang telah mengalami pengimbuhan baik mendapatkan awalan, sisipan, akhiran, maupun gabungan imbuhan.

Untuk menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tentunya harus melihat kata-kata sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Disamping itu, juga harus mempertimbangkan makna kalimat dan kalimat secara keseluruhan.

Dengan memperhatikan kata-kata sebelum dan sesudah bagian yang rumpang dan makna kalimat/paragraf secara keseluruhan, kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah mencoba, menyajikan, ditampilkan (opsi B).

RINGKASAN MATERI

12 September 2018

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN 2017/2018 NOMOR 33: KALIMAT ESAI



33. Cermati kutipan cerpen berikut!

Aku masuk ke dalam kantor dan bersalaman dengan seorang lelaki yang tersenyum-senyum yang bernama Pak Bloecher. Pakaiannya lebih rapi ketimbang pakaianku. Selanjutnya, ia membuka-buka tumpukan kertas, seperti menata kere serambi.                                                              

“Saya yakin Anda akan puas dengan perjodohan ini, katanya,” Dia telah kami pilih sesuai dengan persyaratan komputer. Tidak ada yang melebihinya dari seratus sepuluh wanita yang  memenuhi syarat di Amerika Serikat. Kami memilih berdasarkan suku, agama, etnik, dan latar belakang regional.”

Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah . . .

A. Novel ini isinya berbobot karena mengungkapkan sesuatui yang tidak lazim dalam masyarakat Indonesia yang pantas kita tiru sebagai bahan perbandingan.

B. Budaya Barat yang sifatnya modern sebaiknya perlu kita contoh karena hal ini dapat menambah wawasan masyarakat Indonesia.

C. Dialog para pelaku kurang jelas sehingga isi cerita susah dipahami oleh pembaca yang akhirnya tidak tertarik untuk membaca cerita selanjutnya.

D. Isi cerita tergolong unik karena mengungkapkan perjodohan melalui biro jodoh, hal ini sangat berbeda budaya atau kebiasaan yang ada dalam masyarakat Indonesia.

E. Bahasa yang digunakan tidak wajar dan tidak memenuhi sasaran karena terkesan melebih-lebihkan satu perjodohan yang seharusnya tidak menjadi bahan publikasi.

Kunci Jawaban: D
Pembahasan

Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya (Depdikbud, 1997: 270 ).

Kalimat tanggapan /esai yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah Isi cerita tergolong unik karena mengungkapkan perjodohan melalui biro jodoh, hal ini sangat berbeda budaya atau kebiasaan yang ada dalam masyarakat Indonesia. (jawaban D). Dalam teks di atas diceritakan seorang laki-laki yang mencari jodoh dengan bantuan biro jodoh, sesuatu yang masih jarang dilakukan di Indonesia

PEMBAHASAN SOAL UN SMA/MA BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 NOMOR 32: PENULISAN JUDUL KARANGAN


32. Cermati kalimat berikut! 
Ayah sedang asyik membaca buku yang berjudul “industri rumah tangga dengan pemanfaatan teknologi canggih.”
Penulisan judul karangan yang sesuai dengan ejaan yang diperbaharui adalah . . .
A. Industri Rumah tangga dengan Pemanfaatan Teknologi canggih
B. Industri Rumah Tangga Dengan Pemanfaatan Teknologi Canggih
C. Indusrti rumah tangga dengan pemanfaatan teknologi canggih
D. Industri Rumah Tangga dengan Pemanfaatan Teknologi Canggih
E. Industri Rumah Tangga dengan pemanfaatan teknologi canggih
Kunci Jawab: D
Pembahasan

11 September 2018

SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER / PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013



BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII: KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI


SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS XII
A. KISI-KISI SOAL
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
TEKS CERITA/NOVEL SEJARAH
KD 3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis      
Indikator: Disajikan ilustrasi tentang teks cerita sejarah, peserta didik mampu menjelaskan struktur teks cerita sejarah dengan tepat
KD 3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah   
Indikator: Disajikan teks cerita sejarah, peserta didik mampu menganalisis kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, kata kerja tindakan,  kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau dengan tepat.
SURAT LAMARAN PEKERJAAN
KD 3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca  
Indikator: Disajikan ilustrasi tentang surat Lamaran pekerjaan, peserta didik mampu menjelaskan sistematika surat lamaran pekerjaan dengan tepat.
KD 3.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
Indikator: Disajikan  bagian teks surat lamaran pekerjaan yang penulisannya salah, peserta didik dapat memperbaikinya dengan tepat.
KD 4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
Indikator: Disajikan iklan lowongan pekerjaan, peserta didik mampu menyusun surat lamaran pekerjaan sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dengan tepat.


B. SOAL PTS BAHASA INDONESIA KELAS XII
1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks cerita/novel sejarah!
2. Cermatilah kutipan teks cerita sejarah berikut!
Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil?’ Dengan muka merah, kumisnya yang seperti kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, “ Tentu saja tidak tepat! Paduka sendiri tahu si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memuliki wibawa…”  (Novel Sejarah Kemelut di Majapahit karya S.H. Mintardja)

Analisislah ciri kebahasaan teks cerita sejarah tersebut meliputi kata-kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau.