09 May 2018

KISI-KISI UKK / PAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI KURIKULUM 2013



KISI-KISI UKK TAHUN PELAJARAN 2017/2018  MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS XI KURIKULUM 2013/ KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BACA JUGA KISI-KISI UKK/PAT KELAS X BAHASA INDONESIA KLIK 
A. TEKS PROPOSAL

1.      Menentukan informasi yang terdapat di dalam penggalan proposal.

2.      Melengkapi penggalan proposal yang dirumpangkan sebagian informasinya.

3.      Menentukan informasi yang sesuai dengan penggalan proposal.

4.      Menentukan bagian sistematika penggalan proposal.

5.      Menyusun pendahuluan proposal kegiatan.

6.      Menyusun latar belakang masalah dalam proposal kegiatan .

7.      Menentukan kata kerja tindakan dalam proposal .

8.      Menyusun bagian argumentatif dalam proposal .

9.      Menyunting kata serapan yang salah dalam penggalan proposal.

10.  Menyusun latar belakang proposal kegiatan .



B. TEKS KARYA ILMIAH

1.      Menentukan informasi yang tidak sesuai dengan penggalan karya ilmiah.

2.      Menentukan alasan kesalahan bahasa dalam penggalan karya ilmiah .

3.      Menentukan tujuan yang terdapat di dalam penggalan karya ilmiah.

4.      Menentukan karakteristik karya ilmiah.

5.      Mengembangkan ilustrasi kasus sosial menjadi judul karya ilmiah .

6.      Melengkapi tabel data karya ilmiah .

7.      Menjelaskan tabel data dengan urain secara tepat.

8.      Merevisi rumusan masalah karya ilmiah yang salah.

9.      Menentukan data primer yang dibutuhkan untuk menyusun karya ilmiah .

10.  Menentukan alasan penggunaan metode tertentu dalam menyusun karya ilmiah .

11.  Menentukan kalimat yang baku dalam karya ilmiah.

12.  Menentukan penulisan penomoran bab yang baku dalam karya ilmiah .

13.  Menyusun daftar pustaka dalam karya ilmiah.

14.  Menyusun lima daftar pertanyaan untuk pengumpulan data dengan metode wawancara secara tepat.

C. TEKS RESENSI

1.      Menemukan persamaan isi dua kutipan resensi.

2.      Menemukan perbedaan sistematika dua resensi.

3.      Menemukan perbedaan kebahasaan kedua resensi  .

4.      Menentukan bagian unsur resensi  .

5.      Menentukan kalimat yang menyatakan kelebihan buku .

6.      Menemukan ciri kebahasaan teks resensi .

7.      Menemukan konjungsi temporal dalam teks resensi .

8.      Menemukan kata/kalimat rekomendasi dalam teks resensi.

9.      Melengkapi teks resensi.

10.  Menentukan isi dan ciri kebahasaan teks resensi .



D. TEKS DRAMA

1.      Menentukan alur cerita kutipan teks drama.

2.      Menentukan konflik dalam teks drama.

3.      Menentukan isi kutipan teks drama

4.      Menentukan watak tokoh dalam teks drama.

5.      Menenetukan pesan moral dalam teks drama .

6.      Melengkapi teks drama dengan peribahasa yang tepat.

7.      Menentukan amanat kutipan teks drama.

8.      Menentukan ciri kebahasaan teks drama.

9.      Menyusun teks drama berdasarkan suatu peristiwa.

E. TEKS ULASAN (PENGEMBANGAN LITERASI)

1.      Menentukan kalimat kritik terhadap ulasan novel.

2.      Menyusun ulasan puisi  .

SUMBER BELAJAR KELAS XI (SMA/SMK) SEMESTER 2 

Meliputi teks proposal, karya ilmiah, resensi, dan drama.

Pembahasan contoh teks dan analisis teks : pengertian, fungsi, struktur, ciri kebahasaan. 
.  Teks Proposal
1.    Struktur Teks Proposal
2.    Ciri Kebahasaan Teks Proposal
B. Teks Karya Ilmiah
C. Teks Resensi/Ulasan
1.      Pengertian, Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan 
2.      Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan 
3.      Contoh Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
D. Teks Drama
1.      Pengertian dan jenis-jenis drama
2.      Struktur teks drama
3.      Unsur-unsur teks drama
4.      Ciri Kebahasaan teks drama



                             SOAL UKK SEMESTER 2

2017/2018 K13





      Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Kasus gizi bruk ditemukan di kecamatan Jakenan, tepatanya di Desa Karangrejo Lor. Di Desa Karangrejo Lor terdapat enam kasus gizi buruk pada baliata. Data tersebut menunjukkan bahwa kasus gizi buruk di Desa Karangrejo Lor tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab gizi buruk pada balita, khususnya di Desa Karangrejo Lor. Selain itu, penelitian ini bertujua untuk mencegah dan menurunkan angka gizi buruk pada balita di Desa Karangrejo Lor. 
      Gizi buruk pada anak sampai saat ini masih menjadi masalah di Indonesia. Hingga tahun 2011 ada sekitar satu juta anak di Indonesia yang mengalami gizi buruk. Hingga saat ini Indonesia masuk dalam lima besar untuk kasus gizi buruk. Gizi buruk akan mempengaruhi banyak organ dan system organ yang akan merusak system pertahanan tubuh terhadap penyakit. Gizi buruk juga dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan mental serta penurunan     IQ.

      








Disadur dari: http//anysws.blogspot.co.id/2015/02/makalah-gizi-buruk.html, diunduh 20 juli 2017            

1.      Informasi yang dibahas dalam kutipan proposal di atas adalah …

A.    Gizi buruk di Desa Karangrejo diakibatakan akses pelayanan yang sulit dijangkau oleh masyarakat desa.

B.     Masyarakat Desa Karangrejo Lor kurang memperhatikan gizi anak balitanya.

C.    Tingginya angka kasus gizi buruk di Desa Karangrejo Lor, Kecamatan Jakenan.

D.    Gizi buruk yang terjadi di Desa Krangrejo Lor dapat mempengaruhi pertumbuhaan dan perkembangan balita di Desa Karangrjo Lor.

E.     Anggka gizi buruk di Desa Kaeangrejo Lor, Kecamatan Jakenan yang sulit turun.

2.      Informasi yang sesuai dengan kutipan proposal di atas adalah …

A.    Anak yang bergizi buruk akan mengalami ganguan pertumbuhan dan penurunan IQ.

B.     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab gizi buruk pada balita di Indonesia.

C.     Data angka gizi buruk di Desa Karngrejo Lor terus bertambah.

D.    Gizi buruk pada anak masih menjadi masalah terbesar bagi bangsa Indonesia.

E.     Indonesia termasuk kedalam lima Negara yang memeranggi gizi buruk. 
         3.      

    
Remaja adalah generasi penerus yang akan membangun bangsa ke arah lebih baik. Oleh karena itu, maka remaja harus mendapat perhatiaan khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar. Agar tidak terpengaruh oleh pergaualan yang salah.
Perbaikan kaliamat kedua dalam paragaraf latar belakang tersebut adalah …

A.    Oleh karena itu, maka remaja harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, maupun masyarakat sekitar.a

B.     Oleh karena itu, remaja harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, maupun masyarakat sekitar.

C.     Oleh karena itu remaja harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar.

D.    Oleh karena itu, maka remaja tersebut harus mendapatkan perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar.

E.     Oleh karena itu remaja harus mendapatkan perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, maupun masyarakat sekitar.

4.      Perhatiakan pernyataan-pernyataan berikut!

1)      Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ”Hubungan Penurunan Populasi Capung dan Penurunan Kualitas Air” adalah observasi.

2)      Objek penelitian ini adalah capung dan kualitas air.

3)      Sumber data primer diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Sumber data sekunder atau data pelengkap diperoleh dari buku, jurnal ilmiah, dan internet.

4)      Metode pengumpulan dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi.

5)      Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan teknik deskripsi.

Pernyatan-pernyataan tersebut merupakan bagaian dari ….

A.    Latar Belakang

B.     Rumusan Masalah

C.     Tinjauan Pustaka

D.    Metode Penelitian

E.     Hipotesisi                              

5.      Kaliamat yang berisi pernyataan maksud dan tujuan proposal kegiatan karya wisata kelas XI SMA Permata Mulia adalah …..

A.    Tujuan umum penelitian ini mencakup dua hal yaitu meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap materi di dalam kelas dan meningkatakan kreativitas peserta didik di luar sekolah.

B.     Kegiatan karya wisata bertujuan menambah ilmu pengetahuan peserta didik, membantu peserta didik dalam mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku sekolah, dan menggali ilmu-ilmu di luar sekolah.

C.     Kegiatan ekstrakulikuler dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk terjun di tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti.

D.    Program “Satu Hari di Desa” ini bertujuan mengajak peserta didik untuk mengenal wilayah perdesaan sekaligus sebagai karya wisata.

E.     Kepala sekolah beserta komite sekolah telah menetapkan kegiatan karya wisata sebagai kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI.

6.      Perhatiakan ilustrasi berikut!

Warga SMA Suka Maju akan mengadakan rehabilitasi lingkungan dalam bentuk kegiatan kerja bakti dan penanaman pohon. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 23 Juli 2018.

Latar belakang proposal yang sesuai dengan ilustrasi kegiatan tersebut adalah ….

A.    Kebersihan lingkungan harus dijaga. Lingkungan yang bersih dan terjaga pelestariannya dapat menjaga kualitas udara. Salah satau cara menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan merehabilitasi lingkungan.

B.     Kegiatan rehabilitasi lingkungan ini melibatakan seluruh warga SMA Suka Maju. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan sikap tanggung jawab terhadap kebersiahan dan lingkungan. Rehabliatas lingkungan ini penting untuk masa depan warga SMA Suka Maju.

C.     Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2017, diwilayah SMA Suka Maju. Rician kegiatan tersebut yaitu kerjabakti dan penanaman pohon. Kegiatan tersebut akan dibuka oleh kepala SMA Suka Maju.

D.    Kegiatan kerjabakti dan penanaman pohon pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2018 di SMA Suka Maju bertujuan untuk merehabilitasi lingungan yang mulai tercemar. Kegiatan ini digagas oleh warga SMA Suka Maju.

E.     Pelaksanaan kegiatan ini diserahkan kepada penggurus SMA Suka Maju. Kesiswaan SMA Suka Maju berharap agar kegiatan kerjabakti dan penanaman pohon ini dapat rutin diadakan. Dengan demikian, rehabilitasi lingkungan SMA Suka Maju dapat terus berlangsung.
7. 

(1)   Setiap perkembangan di sekitar selalu menuntut peserta didik untuk tanggap dan peka terhadapnya. (2) Oleh karena itu, selakyaknya peserta didik memahami segala fenomena yang muncul di tengah masyarakat. (3) Dengan studi wisata ini, wawasan dan pengetahuan peserta didik dapat bertambah. (4) kegiatan studi wisata juga diharapkan mampu mengembangkan kreativitas peserta didik dalam membandingkan teori di sekolah dengan dunia nyata. (5) Selain itu peserta didik diharapkan dapat mengamati dan berlatih dalam kegiatan studi wisata.

Kata kerja tindakan yang tepat ditunjukkan oleh angka …..

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

8. 

Sebagai pribadi, generasi muda perlu mengembangkan diri. Keperibadian dapat dirumuskan sebagai tahap pengembangan diri generasi muda sebagai pribadi yang memiliki totalitas yang mantap dan harmonis. Apabila generasi muda sudah mengembangkan dirinya sebagai pribadi yang melaksanakan dorongan-dorongan yang positif dan menolak dorongan-dorongan yang negatif untuk mencapi suatu tahap yang mantap dan serasi, maka generasi muda tersebut akan menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang utuh dan kuat.

Bacaan di atas termasuk karangan ilmiah karena memiliki karakteristik berikut, kecuali …..

A.    Penggunaan kata-kata kias

B.     Mengguanakan bahasa baku

C.     Objektif

D.    Bersifat lugas

E.     Menggunakan kata-kata denotative



9.      Cermati rumusan masalah berikut dengan saksama!

1.      Apakah ada pengaruhnya antara sistim peredaran darah dengan pencernaan?

2.      Seberapa tinggi motifasi siswa untuk meraih kelulusan UNBK ?

3.      Adakah perbedaan kuwalitas padi yang di beri pupuk kimia dengan padi yang diberikan pupuk organik?

Penulisan kata serapan yang tepat adalah…

A. Sistim, motivasi, kualitas

B. Sistim, motifasi, kuwalitas

C. Sistem, motivasi, kualitas

D. Sestim, motivasi, kuwalitas

E. Sistim, motifasi, kualitas

10.  
Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses produksinya. Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus.  Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.

Informasi yang tidak sesuai dengan paragraf di atas adalah ....

A. Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.

B.  Terdapat AMDK gelas yang tidak layak minum berdasarkan penelitian YLKI.

C.  Kandungan koloni jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.

D. YLKI melakukan penelitian 21 perusahaan dan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum.

E. Ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus.

Keberhasilan usaha tanitidak hanya dilihat dari keberhasilan produksi yang ditunujkkan denganbesarnya produksi persatuan luas. Usaha tani dikatan berhasil jika pelaku juga menjual hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memperoleh keuntungan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik karena harga hasil pertanian dapat berubah-ubah sesuai kondisi pasar. Dengan demikian, lembaga pemasaran merupakan badan hukum atau perorangan yang bergerak dalam jasa pemasaran.

Paragraf tersebut terdapat kesalahan karena .....

A.    Penggunaan kalimat tidak efektif

B.      Penggunaan kalimat tidak baku

C.     Penggunaan kalimat berlebihan

D.    Penggunaan kalimat tidak padu

E.     Penggunaan kalimat tidak komunikatif

12.
Sampah selama ini dianggap sesuatu yang menjijikkan. Jika dikelola dengan baik, sampah akan bermanfaat bagi manusia. Bagaimana mengelola sampah agar bermanfaat? Hal itu yang akan diteliti dalam karya ilmiah ini

Tujuan karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi tersebut adalah …

A.    Apakah sampah dapat dimanfaatkan?

B.     Untuk mengidentifikasi bagaimana pengelolaan sampah agar tidak bermanfaat.

C.     Untuk mengetahuai dampak sampah bagi kesehatan.

D.    Untuk mengetahui bagaimana cara pengolahan sampah agar bermanfaat.

E.     Untuk mengetahui jenis-jenis sampah.

13.  Laporan karya ilmiah yang kita sampaikan harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, berarti penyampaian laporan tersebut bersifat....

A.    Factual

B.     Actual

C.     Denotatif

D.    Objektif

E.     Informatif

14.  Cermati paragraf berikut!

Bangsa Indonesia pada umumnya senang menjadi nomor satu. Jadi, kalau melemparkan isu ingin dianggap yang pertama. Buktinya, kirim lewat WA, Facebook, Twitter, dan sebagainya, ujar Rudiantara dalam sebuah acara diskusi. Jauh sebelum kata “hoax” itu sendiri berkembang dan “viral”, kita sering menemukan penggunaan kata isu untuk berita-berita yang sebenarnya masih diragukan kebenarannya. Kata isu juga dikaitkan dengan kata gosip yang sebenarnya makna artinya tidak sama atau berbeda. Namun, hanya saja pada waktu ini penggunaan kata hoax itu sendiri lebih populer dan dimengerti dikalangan masyarakat kita.








Ilustrasi berupa kasus sosial di atas dapat dikembangkan menjadi judul karya ilmiah dengan tepat adalah …

A.    Pengaruh Hoax dari Media Sosial Dikehidupan Masyarakat

B.     Pengaruh dari Media Sosial Dikehidupan Masyarakat Tentang Hoax

C.     Perkembangan Teknologi Media Hoax Dikehidupan Masyarakat

D.    Dampak Negatif Hoax di Media Masa Masyarakat

E.     Pengaruh Media Sosial Dikehidupan Masyarakat Tentang Hoax

15.  Perhatikan tabel berikut ini! 

        Kalimat yang sesuai dengan isi tabel adalah …

A. Kalimantan memiliki danau lebih luas dibanding Sumatera.

B. Lahan perairan paling sedikit berada di wilayah Maluku dan Irja.

C. Jawa masih memiliki luas sungai lebih kecil dibanding Maluku dan Irian Jaya.

D. Kalimantan memiliki sungai lebih sedikit dibanding Bali dan Nusa Tenggara.

E. Bali dan Nusa Tenggara memiliki perairan lebih besar dibanding Maluku dan Irian Jaya


16.  


Perhatikan grafik berikut ini!

















Berdasarkan data grafik, hal yang digambarkan adalah ….

A.    Pengguna blackberry di luar Bandung lebih banyak bila dibandingkan dengan Bandung 29%.

B.     Komposisi  blackberry tidak merata di Jawa.Barat.

C.     Pelanggan blackberry di Cimahi 29% lebih banyak dibandingkan dengan Cianjur 17%.

D.    Blackberry di Jawa Barat sudah merata pelanggannya.

E.     Persentase pengguna blackberry di beberapa kota daerah Jawa Barat.

17.  Bacalah rumusan masalah karya ilmiah berikut!

Bagai mana pengaruh keluarga terhadap sikap sosial siswa dikelas!

Rumusan masalah dari tema tersebut yang tepat adalah ...

A. Bagaimana pengaruh keluarga terhadap sikap sosial siswa dikelas.

B. Bagaimana pengaruh keluarga terhadap sikap sosial siswa di kelas!

C. Apakah keluarga ada pengaruhnya terhadap sikap siswa di kelas?

D. Bagaimana pengaruh keluarga terhadap sikap sosial siswa di kelas?

E. Bagaimana pengaruh ke luarga terhadap sikap sosial siswa di kelas?

18.  Perhatikan topik karya ilmiah berikut!

Tema karya ilmiah: Efek negatif pergaulan bebas di kalangan remaja.

Data primer yang dibutuhkan untuk menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan tema tersebut adalah . . .

A.    Observasi, wawancara, artikel, dan angket.

B.     Observasi, buku, laporan, dan penyebaran kuesioner.

C.     Buku, laporan, jurnal, dan majalah.

D.    Observasi, wawancara, diskusi terfokus, dan penyebaran kuesioner.

E.     Buku, majalah, diskusi terfokus, dan penyebaran kuesioner.

19.  Perhatikan judul karya ilmiah berikut!

Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Koleksi Buku Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA

Metode yang tepat untuk menyusun karya ilmiah berdasarkan judul di atas adalah ...

A.    Kualitatif

B.     Kuisioner

C.    Kuantitatif

D.    Wawancara

E.     Historis

20.  Perhatikan penggalan karya ilmiah beriakut dengan saksama!

(1)Dukungan masyarakat merupakan modal yang cukup setrategis untuk meningkatkan keberhasilan tugas polisi. (2) Bersikap santun saat menangani persoalan masyarakat dapat menimbulkan sempati, sekaligus memotivasi masyarakat untuk membantu tugas-tugas polisi. (3) Polisi yang kurang profesionalisme dalam menjalankan tugas akan menimbulkan rasa tidak puas dari masyarakat. (4) Memang, ini tidak mudah karena penuh dengan dinamis yang harus didesain agar sejalan dengan kondisi masyarakat. (5) Di samping itu, polisi juga harus mampu mengelaborasi kebutuhan masyarakat atas jaminan keamanan dan perlindungan.

Kalimat yang menggunakan kata baku terdapat pada nomor ….

A.      (1)

B.      (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.       (5)


21.  Perhatikan sistematika karya ilmiah beriakut dengan saksama!

HALAMAN JUDUL.................................................................................i


KATA PENGANTAR ..............................................................................ii

DAFTAR ISI ...........................................................................................iii

BAB 1 PENDAHULUAN ........................................................................1

BAB 2 LANDASAN TEORI……………………….................................5

BAB 3 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN .................................... 10

BAB 4 KESIMPULAN DAN SARAN ................................................... 24

DAFTAR PUSTAKA

Kesalahan penulisan penomoran bab pada daftar isi di atas adalah ...

A.    Bab ditulis dengan huruf kapital semua.

B.     Penulisan subbab dan anak subbab menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata.

C.    Bab ditulis dengan angka romawi.

D.    Subbab ditulis dengan angka romawi.

E.     Subbab ditulis dengan angka arab.

22.  Berikut ini adalah identitas buku yang digunakan sebagai sumber pustaka.

No
Judul Buku
Penulis
Penerbit
Kota
Tahun
1
Horizon Manusia
Yusuf Anas
Al-Huda
Jakarta
2006
2
Kalimat Efektif
Ida Bagus Putrayasa
Rapika Aditama
Bandung
2007

Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data di atas adalah…

A.    Anas, Yusuf, 2006, Horizon Manusia, Jakarta; Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus, 2007, Kalimat efektif, Bandung; Rapika Aditama.

B.     Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat efektif. Bandung: Rapika Aditama.

C.     Anas, Yusuf. 2006, Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus.2007, Kalimat efektif. Bandung: Rapika Aditama.

D.    Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat efektif. Bandung: Rapika Aditama.

E.     Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta; Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat efektif. Bandung; Rapika Aditama.

23.  Bacalah kutipan berikut!

Kutipan I

Penulis memilih buku ini karena sangat digemari oleh anak muda terutama penggemar otomotif. Selain itu, buku tersebut yang mengungkapkan rahasia perpindahan Valentino Rossi dari tim Honda ke tim Yamaha yang selama ini tidak terungkap oleh media.

Kutipan II

Gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat populer dengan “Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tak kenal waktu, yang mungkin sejenis akademi hanya sebatas formalitas belaka, akan tetapi nurani darah seni lebih memotivasi yang dicita – citakan.

Persamaan kedua kutipan tersebut adalah keduanya merupakan bagian  … .

A.    orientasi

B.     identitas

C.     evaluasi

D.    keunggulan

E.     pendahuluan

24.  Bacalah kutipan berikut!

Kutipan I

Aktivitas menulis sering kali dikaitkan dengan bakat seseorang. Padahal, tidak selamanya bakat dapat membuat aktivitas tulis-menulis menjadi selancar dan semudah yang kita bayangkan.

Berulang kali para pakar menyatakan bahwa menulis merupakan pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan semenjak duduk di bangku sekolah dasar bahkan di taman kanak-kanak. Dengan kata lain, mengarang adalah keterampilan sekolah dasar.

Kutipan II

Keunggulan lain dari novel ini adalah penggambaran suasana yang detail mengenai kota Surabaya di tahun 1944 (zaman pendudukan Jepang), malah ada lampiran petanya segala! Suasana kota Surabaya di zaman itu juga “direkam” dengan indah oleh Suparto Brata. Kita bisa membayangkan bagaimanan keadaan kampung SS Pacarkeling yang kala itu masih “berbau” Hindia Belanda karena nama-nama jalannya masih menggunakan nama-nama Belanda.

Perbedaan kedua kutipan tersebut adalah:

A.    Kutipan I pendahuluan, kutipan II bagian keunggulan buku

B.     Kutipan I pendahuluan, kutipan II bagian evaluasi buku

C.     Kutipan I orientasi , kutipan II bagian pendahuluan

D.    Kutipan I orientasi, kutipan II bagian keunggulan buku

E.     Kutipan I evaluasi, kutipan II bagian identitas buku

25.  Bacalah kutipan teks berikut!

Kutipan I

Sejak dulu, kisah Layla-Majnun merupakan cerita yang paling populer di Timur Tengah maupun Asia Tengah, di antara bangsa-bangsa Arab, Turki, Persia, Afgan, Tajiks, Kurdi, India, Pakistan, dan Azerbaijan. Kepopuleran kisah ini memberi inspirasi banyak seniman, baik pelukis, pemusik, maupun pembuat flm, menciptakan beragam karya seni yang menggambarkan kisah-kasih Layla dan Majnun.

Kutipan II

Dalam Saksi Mata, yang menjadi “jagoan” alias tokoh utamanya adalah bocah berusia dua belas tahun bernama Kuntara, seorang pelajar sekolah rakyat Mohan-gakko dan mengambil seting kota Surabaya di zaman penjajahan Jepang dengan penggambaran yang sangat apik, detail dan sangat memikat. Novel setebal 434 halaman ini sendiri sebenarnya merupakan cerita bersambung yang dimuat di Harian Kompas

Perbedaan ciri kebahasaan kedua teks resensi tersebut adalah … .

A.    Kutipan I menggunakan konjungsi penyebaban, kutipan II menggunakan konjungsi temporal

B.     Kutipan I menggunakan konjungsi penerang, kutipan II menggunakan konjungsi temporal

C.     Kutipan I menggunakan konjungsi temporal, kutipan II menggunakan konjungsi penerang

D.     Kutipan I menggunakan konjungsi penerang, kutipan II menggunakan konjungsi penyebaban

E.     Kutipan I menggunakan konjungsi penyebaban, kutipan II menggunakan konjungsi penerang

26.  Bacalah kutipan teks berikut!

Jalan cerita novel ini hampir sama dengan cerita dalam flm dan novel yang berjudul Twillight. Bagi pembaca yang sudah pernah menonton atau membaca novel tersebut akan mudah menebak kisah dan konflik-konfliknya sehingga akan merasa kurang tertarik untuk membacanya.

Kutipan bagian pada teks resensi tersebut berisi … buku.

A.    Isi

B.     Identitas

C.     Orientasi

D.    Kelemahan

E.     Pendahuluan 

27.  Bacalah teks berikut!

(1) Buku ini memiliki keunggulan dari segi karakteristik tokoh-tokohnya sehingga pembaca dapat dengan mudah menyelami karakter para tokohnya itu. (2) Novel ini juga dibumbui oleh cerita-cerita lucu yang membuat pembaca tidak akan merasa bosan untuk menuntaskannya. (3) Hanya saja pemilihan kata-kata di dalan novel ini menggunakan ragam bahasa remaja, seperti gue, elo. (4) Hal itu menjadikan novel ini seolah-olah dikhususkan untuk kalangan remaja saja.
Kalimat yang menyatakan keunggulan buku adalah kalimat bernomor…

A.    1 dan 4

B.     2 dan 3

C.     1 dan 2

D.    2 dan 4

E.     1 dan  3

Bacalah penggalan teks resensi berikut untuk menjawab soal nomor 28-29

(1) Ketika sampai kampung halaman, Al-Mulawwah bergegas menemui ayah Layla dan menawarkan 100 unta sebagai pengganti uang 1.000 dinar yang telah diberikan Sa’d bin Munif .  (2) Akan tetapi, dengan sombongnya, ayah Layla menolak lamaran Al-Mulawwah. (3) Tak berapa lama kemudian, pesta perkawinan Layla dan Sa’d bin Munif diselenggarakan secara besar-besaran. (4) Maka, hancur luluhlah hati Qais. Tak ada satu obat pun yang bisa menyembuhkan sakitnya ini, meskipun orangtuanya telah mendatangkan banyak tabib ternama. (5) Sejak itu Qais tidak mau berbicara kepada orang lain, ia sibuk dengan dirinya sendiri dan sering kali terlihat berbicara sendiri. (6) Karena perilaku aneh inilah orang sekampungnya memanggil Qais dengan Majnun, yang berarti kurang sempurna pikirannya (Laila-Madjnoen).

28.  Ciri kebahasaan teks resensi yang menggunakan konjungsi penyebaban terdapat pada kalimat nomor … .

A.    2

B.     3

C.     4

D.    5

E.     6

29.  Kalimat nomor (1) dan (5) pada teks tersebut menunjukkan ciri kebahasaan teks resensi yang banyak menggunakan konjungsi…

A.    pilihan

B.     penerang

C.     temporal

D.    pertentangan

E.     penyebaban

30.  Bacalah penggalan teks resensi berikut!

Secara umum, album ini sebenarnya sudah mampu mendekati apa yang dikerjakan Atlesta, yakni kesan klasik. Atlesta jauh lebih matang, penuh gairah dan namun tetap catchy. Sangat layak untuk dikoleksi tentunya! (Winda Carmelita, kapanlagi.com dengan beberapa penyesuaian).

Kutipan teks tersebut menunjukkan ciri kebahasaan teks resensi yang banyak menggunakan…

A.    konjungsi penerang

B.     konjungsi pilihan

C.     konjungsi temporal

D.    konjungsi penyebaban

E.     saran (rekomendasi

31.  Perhatikan paragraf resensi rumpang berikut!

Buku Matematika Aplikasi yang Diperuntuk­kan untuk SMA dan MA Kelas XII Program Studi Ilmu Alam ini digunakan sebagai sum­ber pengetahuan agar siswa dapat mendalami pelajaran Matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S. dan Cecep Anwar H.F.S., dimana dalam buku ini, siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath, dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa lugas dan ilustrasi menarik. [....] Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain, dan ilustrasi menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

Kalimat tepat untuk melengkapi resensi buku tersebut adalah ...

A.    Gambar yang disajikan pada buku ini tidak berwarna sehingga bisa saja dapat menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut.

B.     Kualitas kertas yang digunakan untuk men­cetak buku ini juga kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek.

C.     Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa komunikatif sehingga mudah di­pahami oleh siswa.

D.    Info Math digunakan sebagai informasi untuk membuka wawasan informasi mate­matika dan perkembangan teknologi.

E.     Glosarium  disajikan  untuk  memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.

32.  Cermatilah data buku berikut ini!

·         Buku ini menyoroti komik Indonesia mulai dari sejarahnya.

·         Komik Indonesia patut dinikmati mulai sekarang, jangan lagi hanya menjadi  kenangan masa lalu.

·         Buku ini meluruskan pandangan keliru dari sisi pengamat komik.

·         Buku ini menggunakan bahasa yang ringan.

·         Tidak ada daftar isi, tetapi ada daftar pustaka dalam buku ini.

Kalimat resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah ...

A.    Terlepas dari kekurangannya. buku ini patut dihargai sebagai ikhtiar mulia menghargai seni komik Indonesia.

B.     Penyajian buku ini beberapa di antaranya menggunakan bahasa yang komunikatif.

C.     Komik bukan hanya hiburan dan bacaan anak-anak sehingga bahasanya disajikan dengan ringan.

D.    Tidak adanya daftar isi digantikan dengan daftar pustaka yang merujuk kepada referensi.

E.     Komik Indonesia mengalami zaman keemasan pada era Ganes, Yan Mintaraga, R.A. Kosasih, Rizaldy.

33.  Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama!

Teirisitas          :           Sekarang hujatlah Creon! Hujatlah pula saya, yang akan berkata: Paduka akan binasa dan derita paduka di atas bumi tak ada tandingannya!

Oidipus           :           Cukup! Apakah ini bisa ditanggung lagi? Enyahlah kau! Terkutuklah! Pergi dari istana saya!

Teirisitas                    Aku pun  tak akan datang, kalau tadi tak diminta!

Oidipus                     Kalau tahu akan begini jadinya kau mengacau dan mengigau,takkan kupanggil kau ke istana!

Konflik dalam kutipan drama tersebut adalah….

A.    hujatan Teirisitas terhadap Creon

B.     kemarahan Oidipus kepada Teirisitas

C.     kemarahan Oidipus kepada Creon

D.    kemarahan Teirisitas kepada Oidipus

E.     hujatan Oidipus kepada Teirisitas dan Creon

34.  Cermati kutipan drama berikut!   

Panggung menggambarkan sebuah kamar reot. Di .dalarnnya terdapat sebuah dipan dan dua buah kursi yang sudah rusak pula. Suasana kemiskinanlah yang tampil di situ.

Istri     :           (mengharap) Banyakkah hasil yang kau terima hari ini?

Suami :           Bah, kosong sama sekali, seperempat rupiah pun tak dapat, dan kau bagaimana?

Istri                  :           Ada seorang wanita muda memberi makan kepada kita.

Suami  :           Terima kasih moga-moga Tuhan memberkahinya. Apa yang diberikannya?

Istri     :           Sepotong roti.

Suami :           Kalau begitu, masih adakah simpanan untuk esok pagi?

Istri      :           Masih, tetapi hanya untuknya.

Suami              :           Tak ada yang lain? Ah, maksudku selain dari roti itu.

Istri      :           Ada Sepotong nasihat, supaya jangan membawa anak itu keluar karena udara terlalu lembab.

Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ....

A.    harapan seorang pengemis terhadap masa depannya

B.     penghasilan sepasang pengemis yang tidak memadai

C.     pekerjaan yang dilakukari setiap hari oleh manusia

D.    pertanyaan seorang suami kepada istri dan'anaknya

E.     suami istri saling menasihati dan menyayangi

Bacalah kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 35 dan 36!

Reni, Ria, Untari, dan Susi sedang duduk-duduk di teras rumah Ria. Di atas meja terhidang minuman dan sepiring pisang goreng.Peristiwa itu terjadi pada suatu sore hari.

Reni     :           Bagaimana Ri, kau sudah mendapat ide?

Ria       :           (penuh tanda tanya) sebetulnya sudah, tapi…. Apakah kalian setuju dengan ideku ini?

Untari dan Susi           :           (hampir bersamaan) Coba katakan, apa idemu?

Ria       :           Begini (diam sebentar). Kita buat saja masakan dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Kebetulan kami panen pisang dan singkong, kemarin.Nah, kita bisa memanfaatkan kedua bahan itu.

Untari :           Tapi….apakah masakan kita tidak memalukan? Sebab, singkong dan pisang hanya bahan murah.

35.  Kutipan teks drama tersebut adalah bagian ….

A.    konflik

B.     komplikasi

C.     perkenalan

D.    resolusi

E.     orientasi

36.  Watak tokoh Untari dalam kutipan teks drama tersebut adalah…

A.    peragu

B.     optimis

C.     penakut

D.    pemberani

E.     pengecut

Cermati kutipan drama berikut untuk menjawab nomor 37 dan 38!

Hendra            :           Apa yang sedang kau pikirkan Syam? (duduk di samping Syamsu)

Syamsu            :           Kalau aku mendengar nasihat ibuku dulu, tentu aku sudah sukses sepertimu, Hidupmu sudah tenang sekarang!

Hendra            :           Semua ini kudapat dengan kerja keras, Kautahu kan kehidupan orang tuaku.             Dapat pagi habis petang.

Syamsu            :           Aku tahu itu. Lihatlah kehidupanku sekarang. Bagai kerakap tumbuh di batu.

Hendra            :           Tidak usah kausesali lagi. ... Yang penting kaupikirkan kelanjutan hidupmu untuk masa yang akan datang. Aku akan membantumu, melepaskanmu dari kesulitan ini.                                                      

Syamsu            :           Terima kasih. Kau benar-benar sahabat sejati

37.  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah ....

A.    Ada batang cendawan tumbuh

B.     Bagai makan buah simalakama

C.     Seperti membuang garam ke laut

D.    Nasi sudah menjadi bubur

E.     Tiada rotan akar pun jadi

38.  Amanat kutipan teks drama tersebut adalah…

A.    Jadilah anak yang mematuhi nasihat orang tuanya.

B.     Janganlah berputus asa menjalani kesulitan hidup.

C.     Jadilah sahabat yang mampu membantu kesulitan orang lain.

D.    Jadilah  orang mampu berterima kasih atas bantuan orang lain.

E.     Jadilah pekerja keras sehingga mudah mendapatkan kesuksesan

39.  Bacalah teks berikut!

(1) Citra           :           Nah! Mendekati hal itu, Ar!

(2) Ardi           :           O, soal yang khusus-khususan itu, toh?

(3) Citra           :           Ya. Bahkan sangat khusus dan sangat pribadi!

(4) Ardi           :           Apa itu?

(5) Citra           :           Aku kagum dan tidak mengerti terhadap dirimu, Ardi!  Kamu tidak naik kelas, tetapi begitu besar perhatianmu padaku.Kamu tidak naik kelas, tetapi tampak tidak merasa kecewa, bahkan tenang-tenang saja. Itulah yang membuat aku bingung!

Ciri kebahasaan teks drama yang menggunakan kata-kata sifat (descriptive language) untuk menggabarkan tokoh, tempat, atau suasana terdapa dalam kalimat nomor … .

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

40. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Dalam karya Iwan Simatapahg, Ziarah, misalnya setiap peristiwa yang menimpa tokoh kita terjalin dalam rangkaian yang tidak menunjukkan hubungan kualitas, karena peristiwa itu hanya terjadi dalam pikiran atau batin tokoh itu. Khayalan dan imajinasi. tumpang tindih dengan kejadian yang dialami oleh tokoh ini. Teknik penceritaan tersebut juga digunakan oleh tokoh Putu Wijaya, Hampir semua novelnya bercirikan teknik penceritaan demikian. Dalam Publik, misalnya, Putu Wijaya bercerita tentang banyak tokoh dan para tokohnya mengembangkan peristiwanya sendiri-sendiri.

Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan dalam paragraf tersebut adalah ...

A.    Di sini hadir banyak tokoh yang seolah-olah dia berada-dalam diri tokoh yang lain.

B.     Di sini hadir banyak tokoh, tetapi tidak jelas siapa nama tokoh yang menjadi tokoh utamanya.

C.     Pikiran pengarang digunakan oleh tokoh-tokoh yang dihadirkan dari berbagai tingkat dan lingkungan.

D.    Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam impian para tokoh cerita tidak boleh diangggap sebagai peristiwa nyata.

E.     Karena banyak tokoh dalam sebuah cerita dan memmbingungkan, seyogyanya dijadikan cerpen saja.

URAIAN

41    
PROPOSAL PERINGATAN BULAN BAHASA

28 OKTOBER 2018

DI PENDOPO KABUPATEN BOYOLALI

(Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan dalam proposal ini adalah perlombaan yang meliputi lomba cerdas cermat, lomba membaca puisi kepahlawanan, lomba pidato, lomba mengarang puisi, dan lomba memparafrasikan puisi).

Dari judul proposal kegiatan di atas buatlah latar belakang masalah dengan tepat …



42.  Judul: Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Untuk Kesehatan Bersama

Metode pengumpulan data karya ilmiah ini dengan wawancara kepada responden. Buatlah lima daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada responden!

43. Bacalah penggalan teks resensi berikut.

Sebagai arek Suroboyo yang tentunya mengenal seluk beluk kota Buaya ini, Suparto Brata jelas tidak mengalami kesulitan untuk melukiskan keadaan ini. Apalagi ia adalah penulis yang hidup dalam tiga zaman- kolonialisme Belanda, pendudukan Jepang dan era kemerdekaan. Penggambaran suasana yang detail ini juga berkonsekuensi kepada cerita
yang cukup panjang meski tetap tanpa adanya maksud untuk bertele-tele.
Novel ini juga diperkaya dengan adanya kosakata dan lagu-lagu Jepang yang makin menghidupkan suasana zaman pendudukan balatentara Jepang di Indonesia. Tetapi uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak saja sendiri.

a. Tuliskan kelebihan dan kekurangan novel diresensi berdasarkan kutipan tersebut.

b. Jelaskan aspek kebahasaan teks resensi berdasarkan kutipan tersebut.

44. Cermati kutipan cerita berikut!

Muhammad Arief anak yang paling jelek tampangnya di antara teman-temannya sesekolah dan sepermainan di Koto dulu. ... seperti kaleng terinjak kerbau menurut ejekan anak-anak sebayanya di kala itu.

Bila sekarang ini pujian dan pujaan tadi dikatakan langsung kepadanya, Arief selalu menjawab, ”Aku beruntung saja.”

”Beruntung bagaimana maksudmu?” tanya Imran suatu kali. Imran adalah seorang temannya sejak mereka kanak-kanak dulu, yang dianggapnya teman baiknya, sesuatu yang tidak banyak dimiliki Arief. Imran tidak termasuk dalam kelompok yang mencemooh atau mengejeknya.

”Aku beruntung punya orang tua yang aku miliki.”

”Orang tuamu punya sepuluh anak,” kata Imran sambil mengernyitkan dahinya. ”Kamu dulu suka mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup waktu untuk memperhatikan setiap anak-anak mereka.  Suka marah.”

”Ya, itu maksudku. Karena itulah aku bisa berbuat semauku sejak kecil. Kamu kan tahu, kadang-kadang aku tidak perlu pulang semalaman, tidur di surau atau di rumahmu.”

Ubahlah cerita tersebut menjadi teks drama…

45. Cermati puisi berikut!

Perempuan–Perempuan Perkasa

Hartoyo Andangjaya

Perempuan – perempuan yang membawa bakul di pagi buta,

dari manakah mereka

Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum

peluit kereta pagi terjaga

Sebelum hari bermula dalam pesta kerja

Buatlah teks ulasan berkaitan dengan isi dan pemilihan kata puisi tersebut.



0 komentar:

Post a Comment