KISI-KISI
UKK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MAPEL
BAHASA INDONESIA KELAS XI KURIKULUM 2013/ KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
BACA JUGA KISI-KISI UKK/PAT KELAS X BAHASA INDONESIA KLIK
A. TEKS PROPOSAL
BACA JUGA KISI-KISI UKK/PAT KELAS X BAHASA INDONESIA KLIK
A. TEKS PROPOSAL
1. Menentukan
informasi yang terdapat di dalam penggalan proposal.
2. Melengkapi
penggalan proposal yang dirumpangkan sebagian informasinya.
3. Menentukan
informasi yang sesuai dengan penggalan proposal.
4. Menentukan
bagian sistematika penggalan proposal.
5. Menyusun
pendahuluan proposal kegiatan.
6. Menyusun
latar belakang masalah dalam proposal kegiatan .
7. Menentukan
kata kerja tindakan dalam proposal .
8. Menyusun
bagian argumentatif dalam proposal .
9. Menyunting
kata serapan yang salah dalam penggalan proposal.
10. Menyusun latar belakang proposal
kegiatan .
B.
TEKS KARYA ILMIAH
1. Menentukan
informasi yang tidak sesuai dengan penggalan karya ilmiah.
2. Menentukan
alasan kesalahan bahasa dalam penggalan karya ilmiah .
3. Menentukan
tujuan yang terdapat di dalam penggalan karya ilmiah.
4. Menentukan
karakteristik karya ilmiah.
5. Mengembangkan
ilustrasi kasus sosial menjadi judul karya ilmiah .
6. Melengkapi
tabel data karya ilmiah .
7. Menjelaskan
tabel data dengan urain secara tepat.
8. Merevisi
rumusan masalah karya ilmiah yang salah.
9. Menentukan
data primer yang dibutuhkan untuk menyusun karya ilmiah .
10. Menentukan
alasan penggunaan metode tertentu dalam menyusun karya ilmiah .
11. Menentukan
kalimat yang baku dalam karya ilmiah.
12. Menentukan
penulisan penomoran bab yang baku dalam karya ilmiah .
13. Menyusun
daftar pustaka dalam karya ilmiah.
14. Menyusun lima daftar pertanyaan
untuk pengumpulan data dengan metode wawancara secara tepat.
C. TEKS RESENSI
1. Menemukan
persamaan isi dua kutipan resensi.
2. Menemukan
perbedaan sistematika dua resensi.
3. Menemukan
perbedaan kebahasaan kedua resensi .
4. Menentukan
bagian unsur resensi .
5. Menentukan
kalimat yang menyatakan kelebihan buku .
6. Menemukan
ciri kebahasaan teks resensi .
7. Menemukan
konjungsi temporal dalam teks resensi .
8. Menemukan
kata/kalimat rekomendasi dalam teks resensi.
9. Melengkapi
teks resensi.
10. Menentukan isi dan ciri kebahasaan
teks resensi .
D. TEKS DRAMA
1. Menentukan
alur cerita kutipan teks drama.
2. Menentukan
konflik dalam teks drama.
3. Menentukan
isi kutipan teks drama
4. Menentukan
watak tokoh dalam teks drama.
5. Menenetukan
pesan moral dalam teks drama .
6. Melengkapi
teks drama dengan peribahasa yang tepat.
7. Menentukan
amanat kutipan teks drama.
8. Menentukan
ciri kebahasaan teks drama.
9.
Menyusun
teks drama berdasarkan suatu peristiwa.
E.
TEKS ULASAN (PENGEMBANGAN LITERASI)
1. Menentukan
kalimat kritik terhadap ulasan novel.
2.
Menyusun
ulasan puisi .
SUMBER BELAJAR KELAS XI (SMA/SMK)
SEMESTER 2
Meliputi teks proposal, karya
ilmiah, resensi, dan drama.
Pembahasan contoh teks dan analisis
teks : pengertian, fungsi, struktur, ciri kebahasaan.
. Teks
Proposal
1. Struktur
Teks Proposal
2. Ciri
Kebahasaan Teks Proposal
B. Teks Karya Ilmiah
C. Teks Resensi/Ulasan
1. Pengertian,
Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan
2. Struktur
dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
3. Contoh
Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
D. Teks Drama
1. Pengertian
dan jenis-jenis drama
2. Struktur
teks drama
3. Unsur-unsur
teks drama
4. Ciri
Kebahasaan teks drama
SOAL
UKK SEMESTER 2
2017/2018 K13
Bacalah
paragraf berikut dengan seksama!
Kasus
gizi bruk ditemukan di kecamatan Jakenan, tepatanya di Desa Karangrejo Lor. Di
Desa Karangrejo Lor terdapat enam kasus gizi buruk pada baliata. Data tersebut
menunjukkan bahwa kasus gizi buruk di Desa Karangrejo Lor tinggi. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab gizi buruk pada balita, khususnya di
Desa Karangrejo Lor. Selain itu, penelitian ini bertujua untuk mencegah dan
menurunkan angka gizi buruk pada balita di Desa Karangrejo Lor.
Disadur dari:
http//anysws.blogspot.co.id/2015/02/makalah-gizi-buruk.html, diunduh 20 juli 2017
1.
Informasi yang dibahas dalam kutipan
proposal di atas adalah …
A. Gizi
buruk di Desa Karangrejo diakibatakan akses pelayanan yang sulit dijangkau oleh
masyarakat desa.
B. Masyarakat
Desa Karangrejo Lor kurang memperhatikan gizi anak balitanya.
C.
Tingginya
angka kasus gizi buruk di Desa Karangrejo Lor, Kecamatan Jakenan.
D. Gizi
buruk yang terjadi di Desa Krangrejo Lor dapat mempengaruhi pertumbuhaan dan
perkembangan balita di Desa Karangrjo Lor.
E. Anggka
gizi buruk di Desa Kaeangrejo Lor, Kecamatan Jakenan yang sulit turun.
2.
Informasi yang sesuai dengan kutipan
proposal di atas adalah …
A.
Anak
yang bergizi buruk akan mengalami ganguan pertumbuhan dan penurunan IQ.
B. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab gizi buruk pada balita di Indonesia.
C. Data
angka gizi buruk di Desa Karngrejo Lor terus bertambah.
D. Gizi
buruk pada anak masih menjadi masalah terbesar bagi bangsa Indonesia.
E. Indonesia
termasuk kedalam lima Negara yang memeranggi gizi buruk.
3.
Remaja
adalah generasi penerus yang akan membangun bangsa ke arah lebih baik. Oleh
karena itu, maka remaja harus mendapat perhatiaan khusus, baik oleh dirinya
sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar. Agar tidak terpengaruh oleh
pergaualan yang salah.
Perbaikan kaliamat kedua dalam paragaraf latar belakang tersebut adalah …
Perbaikan kaliamat kedua dalam paragaraf latar belakang tersebut adalah …
A. Oleh
karena itu, maka remaja harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya
sendiri, orang tua, maupun masyarakat sekitar.a
B.
Oleh
karena itu, remaja harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri,
orang tua, maupun masyarakat sekitar.
C. Oleh
karena itu remaja harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri,
orang tua, dan masyarakat sekitar.
D. Oleh
karena itu, maka remaja tersebut harus mendapatkan perhatian khusus, baik oleh
dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar.
E. Oleh
karena itu remaja harus mendapatkan perhatian khusus, baik oleh dirinya
sendiri, orang tua, maupun masyarakat sekitar.
4.
Perhatiakan pernyataan-pernyataan
berikut!
1)
Jenis pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ”Hubungan Penurunan Populasi Capung dan Penurunan Kualitas Air”
adalah observasi.
2)
Objek penelitian ini adalah capung dan
kualitas air.
3)
Sumber data primer diperoleh dari
penelitian yang dilakukan. Sumber data sekunder atau data pelengkap diperoleh
dari buku, jurnal ilmiah, dan internet.
4)
Metode pengumpulan dalam penelitian ini
adalah dengan metode dokumentasi.
5)
Teknik analisis data dalam penelitian
ini adalah dengan mengunakan teknik deskripsi.
Pernyatan-pernyataan tersebut merupakan bagaian dari
….
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan Masalah
C.
Tinjauan Pustaka
D. Metode Penelitian
E.
Hipotesisi
5.
Kaliamat yang berisi pernyataan maksud
dan tujuan proposal kegiatan karya wisata kelas XI SMA Permata Mulia adalah …..
A. Tujuan
umum penelitian ini mencakup dua hal yaitu meningkatkan pengetahuan peserta
didik terhadap materi di dalam kelas dan meningkatakan kreativitas peserta
didik di luar sekolah.
B.
Kegiatan
karya wisata bertujuan menambah ilmu pengetahuan peserta didik, membantu
peserta didik dalam mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku
sekolah, dan menggali ilmu-ilmu di luar sekolah.
C. Kegiatan
ekstrakulikuler dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk terjun di tengah
masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti.
D. Program
“Satu Hari di Desa” ini bertujuan mengajak peserta didik untuk mengenal wilayah
perdesaan sekaligus sebagai karya wisata.
E. Kepala
sekolah beserta komite sekolah telah menetapkan kegiatan karya wisata sebagai
kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI.
6.
Perhatiakan
ilustrasi
berikut!
Warga
SMA Suka Maju akan mengadakan rehabilitasi lingkungan dalam bentuk kegiatan
kerja bakti dan penanaman pohon. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari
minggu, tanggal 23 Juli 2018.
Latar
belakang proposal yang sesuai dengan ilustrasi kegiatan tersebut adalah ….
A.
Kebersihan
lingkungan harus dijaga. Lingkungan yang bersih dan terjaga pelestariannya
dapat menjaga kualitas udara. Salah satau cara menjaga kelestarian lingkungan
adalah dengan merehabilitasi lingkungan.
B. Kegiatan
rehabilitasi lingkungan ini melibatakan seluruh warga SMA Suka Maju. Kegiatan
ini bertujuan menumbuhkan sikap tanggung jawab terhadap kebersiahan dan
lingkungan. Rehabliatas lingkungan ini penting untuk masa depan warga SMA Suka
Maju.
C. Kegiatan
ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2017, diwilayah SMA
Suka Maju. Rician kegiatan tersebut yaitu kerjabakti dan penanaman pohon. Kegiatan
tersebut akan dibuka oleh kepala SMA Suka Maju.
D. Kegiatan
kerjabakti dan penanaman pohon pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2018 di SMA
Suka Maju bertujuan untuk merehabilitasi lingungan yang mulai tercemar.
Kegiatan ini digagas oleh warga SMA Suka Maju.
E. Pelaksanaan
kegiatan ini diserahkan kepada penggurus SMA Suka Maju. Kesiswaan SMA Suka Maju
berharap agar kegiatan kerjabakti dan penanaman pohon ini dapat rutin diadakan.
Dengan demikian, rehabilitasi lingkungan SMA Suka Maju dapat terus berlangsung.
7.
(1)
Setiap perkembangan di sekitar selalu
menuntut peserta didik untuk tanggap dan peka terhadapnya. (2) Oleh karena itu,
selakyaknya peserta didik memahami segala fenomena yang muncul di tengah
masyarakat. (3) Dengan studi wisata ini, wawasan dan pengetahuan peserta didik
dapat bertambah. (4) kegiatan studi wisata juga diharapkan mampu mengembangkan
kreativitas peserta didik dalam membandingkan teori di sekolah dengan dunia
nyata. (5) Selain itu peserta didik diharapkan dapat mengamati dan berlatih
dalam kegiatan studi wisata.
Kata
kerja tindakan yang tepat ditunjukkan oleh angka …..
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E.
(5)
8.
Sebagai
pribadi, generasi muda perlu mengembangkan diri. Keperibadian dapat dirumuskan
sebagai tahap pengembangan diri generasi muda sebagai pribadi yang memiliki
totalitas yang mantap dan harmonis. Apabila generasi muda sudah mengembangkan
dirinya sebagai pribadi yang melaksanakan dorongan-dorongan yang positif dan
menolak dorongan-dorongan yang negatif untuk mencapi suatu tahap yang mantap
dan serasi, maka generasi muda tersebut akan menjadi manusia yang memiliki
kepribadian yang utuh dan kuat.
Bacaan
di atas termasuk karangan ilmiah karena memiliki karakteristik berikut, kecuali
…..
A. Penggunaan kata-kata kias
B.
Mengguanakan bahasa baku
C.
Objektif
D.
Bersifat lugas
E.
Menggunakan kata-kata denotative
9.
Cermati rumusan masalah berikut dengan
saksama!
1.
Apakah
ada pengaruhnya antara sistim
peredaran darah dengan pencernaan?
2. Seberapa
tinggi motifasi siswa untuk meraih kelulusan UNBK ?
3. Adakah
perbedaan kuwalitas
padi yang di beri pupuk kimia dengan padi yang diberikan pupuk organik?
Penulisan kata serapan yang tepat adalah…
A.
Sistim, motivasi, kualitas
B.
Sistim, motifasi, kuwalitas
C. Sistem,
motivasi, kualitas
D.
Sestim, motivasi, kuwalitas
E.
Sistim, motifasi, kualitas
10.
Penelitian Yayasan Lembaga
Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang
diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. Selain
itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses
produksinya. Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. Penelitian YLKI ini
dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan
ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus. Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh
melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun
lebih.
Informasi yang tidak sesuai dengan paragraf di atas adalah ....
A. Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya
masih lama.
B. Terdapat
AMDK gelas yang tidak layak minum berdasarkan penelitian YLKI.
C. Kandungan
koloni jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu
tahun lebih.
D. YLKI
melakukan penelitian 21
perusahaan dan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum.
E. Ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor
register yang berbeda-beda dalam satu dus.
Keberhasilan usaha tanitidak
hanya dilihat dari keberhasilan produksi yang ditunujkkan denganbesarnya
produksi persatuan luas. Usaha tani dikatan berhasil jika pelaku juga menjual
hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memperoleh keuntungan. Oleh karena
itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik karena harga hasil pertanian
dapat berubah-ubah sesuai kondisi pasar. Dengan
demikian, lembaga pemasaran merupakan badan hukum atau perorangan yang bergerak
dalam jasa pemasaran.
Paragraf tersebut terdapat kesalahan karena .....
A.
Penggunaan kalimat tidak efektif
B.
Penggunaan
kalimat tidak baku
C.
Penggunaan kalimat berlebihan
D. Penggunaan kalimat tidak padu
E.
Penggunaan kalimat tidak komunikatif
12.
Sampah
selama ini dianggap sesuatu yang menjijikkan. Jika dikelola dengan baik, sampah
akan bermanfaat bagi manusia. Bagaimana mengelola sampah agar bermanfaat? Hal
itu yang akan diteliti dalam karya ilmiah ini
Tujuan
karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi tersebut adalah …
A. Apakah
sampah dapat dimanfaatkan?
B. Untuk mengidentifikasi bagaimana
pengelolaan sampah agar tidak
bermanfaat.
C. Untuk mengetahuai dampak sampah bagi kesehatan.
D. Untuk
mengetahui bagaimana cara pengolahan sampah agar bermanfaat.
E. Untuk mengetahui jenis-jenis sampah.
13. Laporan
karya ilmiah yang kita sampaikan
harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, berarti
penyampaian laporan tersebut bersifat....
A.
Factual
B.
Actual
C.
Denotatif
D. Objektif
E.
Informatif
14.
Cermati paragraf berikut!
Ilustrasi berupa kasus sosial di atas dapat
dikembangkan menjadi judul karya ilmiah dengan tepat adalah …
A. Pengaruh Hoax dari Media Sosial Dikehidupan Masyarakat
B. Pengaruh dari Media Sosial Dikehidupan Masyarakat
Tentang Hoax
C. Perkembangan Teknologi Media Hoax Dikehidupan Masyarakat
D. Dampak Negatif Hoax di Media Masa Masyarakat
E. Pengaruh Media Sosial Dikehidupan Masyarakat Tentang
Hoax
15.
Perhatikan
tabel berikut ini!
Kalimat
yang sesuai dengan isi tabel adalah …
A.
Kalimantan memiliki danau lebih luas dibanding Sumatera.
B.
Lahan perairan paling sedikit berada di wilayah Maluku dan Irja.
C. Jawa masih memiliki luas sungai
lebih kecil dibanding Maluku dan Irian Jaya.
D.
Kalimantan memiliki sungai lebih sedikit dibanding Bali dan Nusa Tenggara.
E.
Bali dan Nusa Tenggara memiliki perairan lebih besar dibanding Maluku dan Irian
Jaya
16.
Perhatikan
grafik berikut ini!
Berdasarkan
data grafik, hal yang digambarkan adalah ….
A.
Pengguna blackberry di luar Bandung
lebih banyak bila dibandingkan dengan Bandung 29%.
B. Komposisi blackberry tidak
merata di Jawa.Barat.
C.
Pelanggan blackberry di Cimahi 29% lebih
banyak dibandingkan dengan Cianjur 17%.
D.
Blackberry di Jawa Barat sudah merata
pelanggannya.
E.
Persentase pengguna blackberry di beberapa
kota daerah Jawa Barat.
17. Bacalah rumusan
masalah
karya ilmiah berikut!
Bagai mana pengaruh keluarga terhadap
sikap sosial siswa dikelas!
Rumusan masalah dari tema tersebut yang tepat adalah ...
A.
Bagaimana pengaruh keluarga terhadap sikap sosial siswa dikelas.
B.
Bagaimana pengaruh keluarga terhadap sikap sosial siswa di kelas!
C.
Apakah keluarga ada pengaruhnya terhadap sikap siswa di kelas?
D. Bagaimana pengaruh keluarga
terhadap sikap sosial siswa di kelas?
E. Bagaimana pengaruh ke luarga terhadap sikap sosial siswa
di kelas?
18. Perhatikan
topik karya ilmiah berikut!
Tema
karya ilmiah: Efek negatif pergaulan bebas di kalangan remaja.
Data primer yang dibutuhkan untuk menyusun
karya ilmiah yang sesuai dengan tema tersebut adalah . . .
A.
Observasi,
wawancara, artikel,
dan angket.
B.
Observasi,
buku, laporan, dan penyebaran
kuesioner.
C.
Buku,
laporan, jurnal, dan majalah.
D. Observasi, wawancara, diskusi
terfokus,
dan penyebaran kuesioner.
E.
Buku,
majalah, diskusi terfokus, dan penyebaran kuesioner.
19.
Perhatikan judul karya ilmiah berikut!
Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Koleksi Buku
Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA
Metode yang tepat untuk menyusun karya ilmiah
berdasarkan judul di atas adalah ...
A.
Kualitatif
B.
Kuisioner
C.
Kuantitatif
D.
Wawancara
E.
Historis
20.
Perhatikan
penggalan karya ilmiah beriakut dengan saksama!
(1)Dukungan
masyarakat merupakan modal yang cukup setrategis
untuk meningkatkan keberhasilan tugas polisi. (2) Bersikap santun saat
menangani persoalan masyarakat dapat menimbulkan sempati, sekaligus
memotivasi masyarakat untuk membantu tugas-tugas polisi. (3) Polisi yang
kurang profesionalisme dalam
menjalankan tugas akan menimbulkan rasa tidak puas dari masyarakat. (4)
Memang, ini tidak mudah karena penuh dengan dinamis yang harus didesain agar sejalan dengan kondisi
masyarakat. (5) Di samping itu, polisi juga harus mampu mengelaborasi kebutuhan masyarakat atas jaminan keamanan dan
perlindungan.
|
Kalimat yang menggunakan kata baku terdapat pada nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
21.
Perhatikan sistematika
karya ilmiah beriakut dengan saksama!
KATA
PENGANTAR ..............................................................................ii
DAFTAR
ISI ...........................................................................................iii
BAB
1 PENDAHULUAN ........................................................................1
BAB
2 LANDASAN TEORI……………………….................................5
BAB
3 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN .................................... 10
BAB
4 KESIMPULAN DAN SARAN ................................................... 24
DAFTAR
PUSTAKA
Kesalahan penulisan penomoran
bab pada daftar isi di atas adalah ...
A.
Bab ditulis
dengan huruf kapital semua.
B.
Penulisan
subbab dan anak subbab menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata.
C. Bab ditulis
dengan angka romawi.
D.
Subbab
ditulis dengan angka romawi.
E.
Subbab
ditulis dengan angka arab.
22.
Berikut ini adalah identitas buku
yang digunakan sebagai sumber pustaka.
No
|
Judul Buku
|
Penulis
|
Penerbit
|
Kota
|
Tahun
|
1
|
Horizon
Manusia
|
Yusuf
Anas
|
Al-Huda
|
Jakarta
|
2006
|
2
|
Kalimat
Efektif
|
Ida
Bagus Putrayasa
|
Rapika
Aditama
|
Bandung
|
2007
|
Penulisan
daftar pustaka yang tepat berdasarkan data di atas adalah…
A. Anas, Yusuf, 2006, Horizon
Manusia, Jakarta; Al-Huda.
Putrayasa, Ida Bagus, 2007, Kalimat
efektif, Bandung; Rapika Aditama.
B. Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda.
Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat efektif. Bandung: Rapika
Aditama.
C. Anas, Yusuf. 2006, Horizon
Manusia. Jakarta: Al-Huda.
Putrayasa, Ida Bagus.2007, Kalimat
efektif. Bandung: Rapika Aditama.
D. Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda.
Putrayasa, Ida Bagus.
2007. Kalimat efektif. Bandung:
Rapika Aditama.
E. Anas, Yusuf. 2006. Horizon
Manusia. Jakarta; Al-Huda.
Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat
efektif. Bandung; Rapika Aditama.
23. Bacalah kutipan berikut!
Kutipan I
Penulis memilih buku ini karena sangat digemari oleh anak muda
terutama penggemar otomotif. Selain itu, buku tersebut yang mengungkapkan
rahasia perpindahan Valentino Rossi dari tim Honda ke tim Yamaha yang selama
ini tidak terungkap oleh media.
Kutipan II
Gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat populer dengan
“Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang
gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tak kenal waktu, yang
mungkin sejenis akademi hanya sebatas formalitas belaka, akan tetapi nurani
darah seni lebih memotivasi yang dicita – citakan.
Persamaan kedua kutipan tersebut adalah keduanya merupakan
bagian … .
A. orientasi
B. identitas
C. evaluasi
D. keunggulan
E. pendahuluan
24. Bacalah kutipan berikut!
Kutipan I
Aktivitas menulis sering kali dikaitkan dengan bakat seseorang.
Padahal, tidak selamanya bakat dapat membuat aktivitas tulis-menulis menjadi
selancar dan semudah yang kita bayangkan.
Berulang kali para pakar menyatakan bahwa menulis merupakan
pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan semenjak duduk di bangku sekolah dasar
bahkan di taman kanak-kanak. Dengan kata lain, mengarang adalah keterampilan
sekolah dasar.
Kutipan II
Keunggulan lain dari novel ini adalah penggambaran suasana yang
detail mengenai kota Surabaya di tahun 1944 (zaman pendudukan Jepang), malah
ada lampiran petanya segala! Suasana kota Surabaya di zaman itu juga “direkam”
dengan indah oleh Suparto Brata. Kita bisa membayangkan bagaimanan keadaan
kampung SS Pacarkeling yang kala itu masih “berbau” Hindia Belanda karena
nama-nama jalannya masih menggunakan nama-nama Belanda.
Perbedaan kedua kutipan tersebut adalah:
A. Kutipan I pendahuluan, kutipan II bagian keunggulan buku
B. Kutipan I pendahuluan, kutipan II bagian evaluasi buku
C. Kutipan I orientasi , kutipan II bagian pendahuluan
D. Kutipan I orientasi, kutipan II bagian keunggulan buku
E. Kutipan I evaluasi, kutipan II bagian identitas buku
25. Bacalah kutipan teks berikut!
Kutipan I
Sejak dulu, kisah Layla-Majnun merupakan cerita yang paling
populer di Timur Tengah maupun Asia Tengah, di antara bangsa-bangsa Arab,
Turki, Persia, Afgan, Tajiks, Kurdi, India, Pakistan, dan Azerbaijan.
Kepopuleran kisah ini memberi inspirasi banyak seniman, baik pelukis, pemusik,
maupun pembuat flm, menciptakan beragam karya seni yang menggambarkan
kisah-kasih Layla dan Majnun.
Kutipan II
Dalam Saksi Mata, yang menjadi “jagoan” alias tokoh
utamanya adalah bocah berusia dua belas tahun bernama Kuntara, seorang pelajar
sekolah rakyat Mohan-gakko dan mengambil seting kota Surabaya di zaman
penjajahan Jepang dengan penggambaran yang sangat apik, detail dan sangat
memikat. Novel setebal 434 halaman ini sendiri sebenarnya merupakan cerita
bersambung yang dimuat di Harian Kompas
Perbedaan ciri kebahasaan kedua teks resensi tersebut adalah … .
A. Kutipan I menggunakan konjungsi penyebaban, kutipan II menggunakan
konjungsi temporal
B. Kutipan I menggunakan konjungsi penerang, kutipan II menggunakan
konjungsi temporal
C. Kutipan I menggunakan konjungsi temporal, kutipan II menggunakan
konjungsi penerang
D. Kutipan I menggunakan
konjungsi penerang, kutipan II menggunakan konjungsi penyebaban
E. Kutipan I menggunakan konjungsi penyebaban, kutipan II menggunakan
konjungsi penerang
26. Bacalah kutipan teks berikut!
Jalan cerita
novel ini hampir sama dengan cerita dalam flm dan novel yang berjudul
Twillight. Bagi pembaca yang sudah pernah menonton atau membaca novel tersebut
akan mudah menebak kisah dan konflik-konfliknya sehingga akan merasa kurang
tertarik untuk membacanya.
Kutipan
bagian pada teks resensi tersebut berisi … buku.
A. Isi
B. Identitas
C. Orientasi
D. Kelemahan
E. Pendahuluan
27. Bacalah teks berikut!
(1) Buku ini memiliki keunggulan dari segi karakteristik
tokoh-tokohnya sehingga pembaca dapat dengan mudah menyelami karakter para
tokohnya itu. (2) Novel ini juga dibumbui oleh cerita-cerita lucu yang membuat
pembaca tidak akan merasa bosan untuk menuntaskannya. (3) Hanya saja pemilihan
kata-kata di dalan novel ini menggunakan ragam bahasa remaja, seperti gue, elo.
(4) Hal itu menjadikan novel ini seolah-olah dikhususkan untuk kalangan remaja
saja.
Kalimat yang menyatakan keunggulan buku adalah kalimat bernomor…
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 2
D. 2 dan 4
E. 1 dan 3
Bacalah
penggalan teks resensi berikut untuk menjawab soal nomor 28-29
(1) Ketika sampai kampung halaman, Al-Mulawwah bergegas menemui
ayah Layla dan menawarkan 100 unta sebagai pengganti uang 1.000 dinar yang
telah diberikan Sa’d bin Munif . (2)
Akan tetapi, dengan sombongnya, ayah Layla menolak lamaran Al-Mulawwah. (3) Tak
berapa lama kemudian, pesta perkawinan Layla dan Sa’d bin Munif diselenggarakan
secara besar-besaran. (4) Maka, hancur luluhlah hati Qais. Tak ada satu obat
pun yang bisa menyembuhkan sakitnya ini, meskipun orangtuanya telah
mendatangkan banyak tabib ternama. (5) Sejak itu Qais tidak mau berbicara
kepada orang lain, ia sibuk dengan dirinya sendiri dan sering kali terlihat
berbicara sendiri. (6) Karena perilaku aneh inilah orang sekampungnya memanggil
Qais dengan Majnun, yang berarti kurang sempurna pikirannya (Laila-Madjnoen).
28. Ciri kebahasaan teks resensi yang menggunakan konjungsi penyebaban
terdapat pada kalimat nomor … .
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6
29. Kalimat nomor (1) dan (5) pada teks tersebut menunjukkan ciri
kebahasaan teks resensi yang banyak menggunakan konjungsi…
A. pilihan
B. penerang
C. temporal
D. pertentangan
E. penyebaban
30. Bacalah penggalan teks resensi berikut!
Secara umum, album ini sebenarnya sudah mampu mendekati apa yang
dikerjakan Atlesta, yakni kesan klasik. Atlesta jauh lebih matang, penuh gairah
dan namun tetap catchy. Sangat layak untuk dikoleksi tentunya! (Winda
Carmelita, kapanlagi.com dengan beberapa penyesuaian).
Kutipan teks tersebut menunjukkan ciri kebahasaan teks resensi
yang banyak menggunakan…
A. konjungsi penerang
B. konjungsi pilihan
C. konjungsi temporal
D. konjungsi penyebaban
E. saran (rekomendasi
31. Perhatikan
paragraf resensi rumpang berikut!
Buku Matematika Aplikasi yang Diperuntukkan
untuk SMA dan MA Kelas XII Program Studi Ilmu Alam ini digunakan sebagai
sumber pengetahuan agar siswa dapat mendalami pelajaran Matematika secara
luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S. dan Cecep Anwar H.F.S., dimana dalam
buku ini, siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath, dan
siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan
dengan bahasa lugas dan ilustrasi menarik. [....] Selain itu, buku ini juga
didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain, dan ilustrasi menarik
dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kalimat tepat untuk melengkapi resensi buku
tersebut adalah ...
A.
Gambar yang disajikan pada buku ini tidak berwarna sehingga bisa saja dapat
menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut.
B.
Kualitas kertas yang digunakan untuk mencetak buku ini juga kurang bagus
sehingga mudah cacat atau robek.
C.
Buku ini berbalur ungkapan santun dengan
bahasa komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa.
D.
Info Math digunakan
sebagai informasi untuk membuka wawasan informasi matematika dan perkembangan
teknologi.
E.
Glosarium disajikan untuk
memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
32. Cermatilah data buku berikut ini!
·
Buku ini menyoroti komik
Indonesia mulai dari sejarahnya.
·
Komik Indonesia patut
dinikmati mulai sekarang, jangan lagi hanya menjadi kenangan masa lalu.
·
Buku ini meluruskan pandangan
keliru dari sisi pengamat komik.
·
Buku ini menggunakan bahasa
yang ringan.
·
Tidak ada daftar isi, tetapi
ada daftar pustaka dalam buku ini.
Kalimat resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah ...
A.
Terlepas dari kekurangannya. buku ini patut dihargai sebagai
ikhtiar mulia menghargai seni komik Indonesia.
B. Penyajian buku ini beberapa di antaranya menggunakan bahasa yang
komunikatif.
C. Komik bukan hanya hiburan dan bacaan anak-anak sehingga bahasanya
disajikan dengan ringan.
D. Tidak adanya daftar isi digantikan dengan daftar pustaka yang
merujuk kepada referensi.
E. Komik Indonesia mengalami zaman keemasan pada era Ganes, Yan
Mintaraga, R.A. Kosasih, Rizaldy.
33. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama!
Teirisitas : Sekarang hujatlah Creon! Hujatlah pula saya, yang akan berkata: Paduka
akan binasa dan derita paduka di atas bumi tak ada tandingannya!
Oidipus : Cukup! Apakah ini bisa ditanggung lagi? Enyahlah kau! Terkutuklah!
Pergi dari istana saya!
Teirisitas : Aku pun tak akan datang, kalau tadi tak diminta!
Oidipus : Kalau tahu akan begini jadinya kau mengacau dan mengigau,takkan
kupanggil kau ke istana!
Konflik dalam kutipan drama tersebut adalah….
A. hujatan Teirisitas terhadap Creon
B.
kemarahan Oidipus kepada Teirisitas
C. kemarahan Oidipus kepada Creon
D. kemarahan Teirisitas kepada Oidipus
E. hujatan Oidipus kepada Teirisitas dan Creon
34. Cermati
kutipan drama berikut!
Panggung menggambarkan sebuah kamar reot. Di .dalarnnya terdapat
sebuah dipan dan dua buah kursi yang sudah rusak pula. Suasana kemiskinanlah yang
tampil di situ.
Istri : (mengharap)
Banyakkah hasil yang kau terima hari ini?
Suami : Bah, kosong sama sekali, seperempat
rupiah pun tak dapat, dan kau bagaimana?
Istri : Ada
seorang wanita muda memberi makan kepada kita.
Suami : Terima kasih moga-moga Tuhan
memberkahinya. Apa yang diberikannya?
Istri : Sepotong
roti.
Suami : Kalau begitu, masih adakah simpanan
untuk esok pagi?
Istri : Masih, tetapi hanya untuknya.
Suami : Tak
ada yang lain? Ah, maksudku selain dari roti itu.
Istri : Ada
Sepotong nasihat, supaya jangan membawa anak itu keluar karena udara terlalu
lembab.
Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut
adalah ....
A. harapan seorang pengemis terhadap masa depannya
B.
penghasilan sepasang pengemis yang tidak memadai
C. pekerjaan yang dilakukari setiap hari oleh manusia
D. pertanyaan seorang suami kepada istri dan'anaknya
E. suami istri saling menasihati dan menyayangi
Bacalah kutipan teks
drama berikut untuk menjawab soal nomor 35 dan 36!
Reni, Ria, Untari, dan Susi sedang duduk-duduk di teras rumah Ria.
Di atas meja terhidang minuman dan sepiring pisang goreng.Peristiwa itu terjadi
pada suatu sore hari.
Reni : Bagaimana Ri, kau sudah mendapat ide?
Ria : (penuh tanda tanya) sebetulnya sudah,
tapi…. Apakah kalian setuju dengan ideku ini?
Untari dan Susi : (hampir bersamaan) Coba katakan, apa
idemu?
Ria : Begini (diam sebentar). Kita buat saja
masakan dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Kebetulan kami panen pisang
dan singkong, kemarin.Nah, kita bisa memanfaatkan kedua bahan itu.
Untari : Tapi….apakah masakan kita tidak
memalukan? Sebab, singkong dan pisang hanya bahan murah.
35. Kutipan teks drama tersebut adalah bagian ….
A. konflik
B. komplikasi
C. perkenalan
D. resolusi
E. orientasi
36. Watak tokoh Untari dalam kutipan teks drama tersebut adalah…
A.
peragu
B. optimis
C. penakut
D. pemberani
E. pengecut
Cermati kutipan drama berikut untuk menjawab nomor 37 dan 38!
Hendra : Apa
yang sedang kau pikirkan Syam? (duduk di samping Syamsu)
Syamsu : Kalau
aku mendengar nasihat ibuku dulu, tentu aku sudah sukses sepertimu, Hidupmu
sudah tenang sekarang!
Hendra : Semua
ini kudapat dengan kerja keras, Kautahu kan kehidupan orang tuaku. Dapat pagi habis petang.
Syamsu : Aku
tahu itu. Lihatlah kehidupanku sekarang. Bagai kerakap tumbuh di batu.
Hendra : Tidak
usah kausesali lagi. ... Yang penting kaupikirkan kelanjutan hidupmu untuk masa
yang akan datang. Aku akan membantumu, melepaskanmu dari kesulitan ini.
Syamsu : Terima kasih. Kau benar-benar sahabat
sejati
37. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut
adalah ....
A. Ada batang cendawan tumbuh
B. Bagai makan buah simalakama
C. Seperti membuang garam ke laut
D.
Nasi sudah menjadi bubur
E. Tiada rotan akar pun jadi
38. Amanat kutipan teks drama tersebut adalah…
A. Jadilah anak yang mematuhi nasihat orang tuanya.
B. Janganlah berputus asa menjalani kesulitan hidup.
C. Jadilah sahabat yang mampu membantu kesulitan orang lain.
D. Jadilah orang mampu
berterima kasih atas bantuan orang lain.
E. Jadilah pekerja keras sehingga mudah mendapatkan kesuksesan
39. Bacalah teks berikut!
(1) Citra : Nah! Mendekati hal itu, Ar!
(2) Ardi : O, soal yang khusus-khususan itu, toh?
(3) Citra : Ya. Bahkan sangat khusus dan sangat
pribadi!
(4) Ardi : Apa itu?
(5) Citra : Aku kagum dan tidak mengerti terhadap
dirimu, Ardi! Kamu tidak naik kelas,
tetapi begitu besar perhatianmu padaku.Kamu tidak naik kelas, tetapi tampak
tidak merasa kecewa, bahkan tenang-tenang saja. Itulah yang membuat aku bingung!
Ciri kebahasaan teks drama yang menggunakan kata-kata sifat (descriptive
language) untuk menggabarkan tokoh, tempat, atau suasana terdapa dalam
kalimat nomor … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
40. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Dalam karya Iwan Simatapahg, Ziarah, misalnya setiap
peristiwa yang menimpa tokoh kita terjalin dalam rangkaian yang tidak
menunjukkan hubungan kualitas, karena peristiwa itu hanya terjadi dalam pikiran
atau batin tokoh itu. Khayalan dan imajinasi. tumpang tindih dengan kejadian
yang dialami oleh tokoh ini. Teknik penceritaan tersebut juga digunakan oleh
tokoh Putu Wijaya, Hampir semua novelnya bercirikan teknik penceritaan
demikian. Dalam Publik, misalnya, Putu Wijaya bercerita tentang banyak
tokoh dan para tokohnya mengembangkan peristiwanya sendiri-sendiri.
Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan dalam paragraf
tersebut adalah ...
A. Di sini hadir banyak tokoh yang seolah-olah dia berada-dalam diri
tokoh yang lain.
B.
Di sini hadir banyak tokoh, tetapi tidak jelas siapa nama tokoh
yang menjadi tokoh utamanya.
C. Pikiran pengarang digunakan oleh tokoh-tokoh yang dihadirkan dari
berbagai tingkat dan lingkungan.
D. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam impian para tokoh cerita
tidak boleh diangggap sebagai peristiwa nyata.
E. Karena banyak tokoh dalam sebuah cerita dan memmbingungkan,
seyogyanya dijadikan cerpen saja.
URAIAN
41
PROPOSAL PERINGATAN BULAN BAHASA
28
OKTOBER 2018
DI
PENDOPO KABUPATEN BOYOLALI
(Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan dalam proposal ini adalah
perlombaan yang meliputi lomba cerdas cermat, lomba membaca puisi kepahlawanan,
lomba pidato, lomba mengarang puisi, dan lomba memparafrasikan puisi).
Dari
judul proposal kegiatan di atas buatlah latar
belakang masalah dengan tepat …
42. Judul: Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Untuk
Kesehatan Bersama
Metode pengumpulan data karya
ilmiah ini dengan wawancara kepada responden. Buatlah lima daftar pertanyaan
untuk ditanyakan kepada responden!
43. Bacalah penggalan teks resensi berikut.
Sebagai arek Suroboyo yang tentunya mengenal seluk beluk kota Buaya ini,
Suparto Brata jelas tidak mengalami kesulitan untuk melukiskan keadaan ini.
Apalagi ia adalah penulis yang hidup dalam tiga zaman- kolonialisme Belanda,
pendudukan Jepang dan era kemerdekaan. Penggambaran suasana yang detail ini
juga berkonsekuensi kepada cerita
yang cukup panjang meski tetap tanpa adanya maksud untuk bertele-tele.
Novel ini juga diperkaya dengan adanya kosakata dan lagu-lagu Jepang yang makin menghidupkan suasana zaman pendudukan balatentara Jepang di Indonesia. Tetapi uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak saja sendiri.
yang cukup panjang meski tetap tanpa adanya maksud untuk bertele-tele.
Novel ini juga diperkaya dengan adanya kosakata dan lagu-lagu Jepang yang makin menghidupkan suasana zaman pendudukan balatentara Jepang di Indonesia. Tetapi uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak saja sendiri.
a. Tuliskan kelebihan dan kekurangan novel diresensi berdasarkan kutipan
tersebut.
b. Jelaskan aspek kebahasaan teks resensi berdasarkan kutipan tersebut.
44. Cermati kutipan cerita
berikut!
Muhammad Arief anak yang paling jelek tampangnya di antara
teman-temannya sesekolah dan sepermainan di Koto dulu. ... seperti kaleng
terinjak kerbau menurut ejekan anak-anak sebayanya di kala itu.
Bila sekarang ini pujian dan pujaan tadi dikatakan langsung kepadanya,
Arief selalu menjawab, ”Aku beruntung saja.”
”Beruntung bagaimana maksudmu?” tanya Imran suatu kali. Imran adalah
seorang temannya sejak mereka kanak-kanak dulu, yang dianggapnya teman baiknya,
sesuatu yang tidak banyak dimiliki Arief. Imran tidak termasuk dalam kelompok
yang mencemooh atau mengejeknya.
”Aku beruntung punya orang tua yang aku miliki.”
”Orang tuamu punya sepuluh anak,” kata Imran sambil mengernyitkan
dahinya. ”Kamu dulu suka mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup waktu
untuk memperhatikan setiap anak-anak mereka.
Suka marah.”
”Ya, itu maksudku. Karena itulah aku bisa berbuat semauku sejak kecil.
Kamu kan tahu, kadang-kadang aku tidak perlu pulang semalaman, tidur di surau
atau di rumahmu.”
Ubahlah cerita tersebut menjadi teks drama…
45. Cermati puisi berikut!
Perempuan–Perempuan Perkasa
Hartoyo Andangjaya
Perempuan – perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
dari manakah mereka
Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum
peluit kereta pagi terjaga
Sebelum hari bermula dalam pesta kerja
Buatlah teks ulasan berkaitan dengan isi dan pemilihan kata puisi
tersebut.
0 komentar:
Post a Comment