05 September 2018

CONTOH SOAL MENENTUKAN MAKNA ISTILAH DALAM TEKS



SOAL MATERI MENENTUKAN MAKNA ISTILAH
1. Dalam laporan kajian organisasi hidup,  World Resource Institute, emisi karbon akibat kebakaran hutan dan lahan di Indonesia telah melampaui rata-rata emisi karbon harian AS selama 26 hari dari 44 hari sejak awal September 2015. Sementara itu, organisasi Center for International Forestry Research (CIFOR) berpendapat bahwa kabut asap yang terjadi di Indonesia merupakan tragedi, bukan bencana alam. Kabut asap bukan bencana alam, melainkan karena kesalahan manusia dan tidak terjadi secara alamiah. (republika.co.id)
Makna kata tragedi dalam paragraf tersebut adalah....
A. peristiwa memilukan
B. peristiwa menyedihkan
C. peristiwa mengejutkan
D. keadaan genting
E. perubahan drastis

2. Seiring pertumbuhan jumlah kendaraan, Indonesia kebanjiran produk onderdil (sparepart) dan oli palsu yang dilempar ke pasaran dari produsen dalam maupun luar negeri. Peredaran onderdil dan oli abal-abal tentu mengancam nyawa pengendara maupun penumpang
Makna kata onderdil pada bacaan di atas adalah....
A. mesin
B. suku cadang
C. perbengkelan
D. perkakas
E. produk
3. Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro yang hadir sebagai narasumber dalam seminar itu mengatakan, indikator keberhasilan pemerintahan di negara maju adalah realisasi target pemenuhan lapangan kerja. Menurut Bambang, dengan pemenuhan lapangan kerja maka secara otomatis tingkat kemiskinan menurun. Hal ini menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini.
Makna kata indikator pada bacaan di atas adalah....
A. sesuatu yang dapat menjadi motivasi
B. sesuatu yang dapat memberi penjelasan
C. sesuatu yang dapat memberi petunjuk
D. sesuatu yang dapat menjadi dukungan
E. sesuatu yang dapat memberi manfaat
4. Terkesan aneh bin ajaib jika benar Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram menggunakan BBM bersubsidi bagi orang mampu. Langkah demikian merefleksikan ketidakberdayaan Pemerintah merumuskan kebijakan mengatasi subsidi bahan bakar minyak yang dinilai tidak tepat sasaran. Kekacauan kebijakan subsidi terletak pada desain kebijakan itu sendiri tanpa dikaitkan dengan problem nasional lain terkait energi. Semua ini sebenarnya disebabkan oleh ketidakjelasan Pemerintah dalam mengelola energi nasional.
Arti istilah fatwa dalam paragraf tersebut adalah ….
A. keputusan
B. usulan
C. imbauan
D. larangan
E. peraturan

5. Dalam peninjauan realisasi PNPM Mandiri Provinsi Jawa Barat di Kota Bogor, beberapa waktu yang lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan keprihatinannya atas iklan politik yang mengangkat tema angka kemiskinan. Menurut Presiden, iklan tersebut tidak proporsional dan cenderung mendiskreditkan Pemerintah.
Makna istilah mendiskreditkan pada teks di atas adalah ….
A.        perbedaan perlakukan yang menyimpang tentang kondisi kemiskinan
B.        berusaha untuk menjelekkan atau memperlemah kewibawaan pemerintah
C.        ketidaksesuaikan data angka kemiskinan dengan keadaan yang sebenarnya
D.        ketidakpercayaan terhadap data kemiskinan yang disampaikan pemerintah
E.         Menyembunyikan data untuk kepentingan tertentu

6. Pertumbuhan industry penerbangan nasional akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan. Tentu saja hal ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian. Masyarakat mendapatkan keuntungan terutama dari sisi harga perjalanan yang semakin murah dan mudah. Namun keselamatan penerbangan tetap harus diperhatikan oleh relugator dan operator penerbangan.
Makna istilah relugator dan operator dalam paragraph tersebut adalah …
A. Pembuat aturan – petugas yang menjalankan
B. Mesin pengatur – petugas pengatur
C. Mekanik – petugas penerbangan
D. Pelaksana aturan – petugas operasi
E. Petugas pelaksana – pemberi perintah
7. Tak berselang lama, Gubernur Bali Made Mangku Pastika justru menyatakan masih konsisten dengan sikapnya terdahulu yakni menolak geothermal. Di samping pasokan listrik sudah cukup, geothermal juga dikatakan tidak cocok dengan kondisi sosio-kultural masyarakat Bali.Termasuk berpengaruh pada debit air danau dan mengancam kelangsungan alam Bali.
Makna kata konsisten pada paragraf tersebut adalah...
A.        Tetap (tidak berubah-ubah)
B.        Sesuai dengan keadaan lingkungan
C.        Dinamis
D.        Patuh
E.         Kaku

2 comments: