20 November 2018

BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN



BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN

Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.      mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah

Indikator soal: Disajikan paragraf dengan beberapa kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.



2.      mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi

3.      mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif

4.      mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf

Indikator soal: Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)
1. menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)

Indikator soal: Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya



Menggunakan kata ulang

Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan kata ulang yang tepat untuk melengkapinya


2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai

Indikator soal: Disajikan paragraf yang belum lengkap  kata penghubung temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinya



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat

Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara perbaikan kalimat tersebut        



2.    memperbaiki kesalahan paragraf

Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang tepat untuk memperbaikinya.



3.    menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf

Disajikan paragraf yang  salah satu kalimatnya menggunakan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat





BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA





4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik   https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html

5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_81.html

0 komentar:

Post a Comment