BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA
INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
A. Level Kognitif Pengetahuan dan
Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
a. penulisan
judul
Indikator soal: Disajikan ilustrasi berupa
paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan
judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik dapat
menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa
Indonesia yang berlaku
1) Soal UN 2017/2018 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/penulisan-judul-yang-benar.html
b. penulisan
nama geografi
Indikator soal: Disajikan paragraf yang salag
satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa dapat
mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama
geografi.
1) Soal UN 2017/2018 Klik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
2. mengidentifikasi
kesalahan penggunaan tanda baca
B. Level Kognitif Aplikasi (
Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan
ejaan
2. menggunakan
tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/mengidentifikasi-kesalahan-penggunaan_2.html
C. Level Kognitif Penalaran (
Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari,
Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
a. memperbaiki
penulisan kata/istilah
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata
yang tidak baku; peserta didik dapat menentukan kata baku untuk memperbaikinya
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/memperbaiki-kesalahan-penggunaan-kata.html
b. memperbaiki
kesalahan penggunaan kata serapan
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata
serapan yang salah penulisannya; peserta didik dapat menentukan kata serapan
yang baku untuk memperbaikinya
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/penulisan-kata-serapan.html
2. memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan
penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan kalimat yang salah
penggunaan tanda bacanya
Soal UN 2017/2018
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
3. menentukan
alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang menggunakan tanda bacanya
salah, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca disertai alasan yang tepat pada kalimat
tersebut.
Soal UN 2016/2017 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/kapan-tanda-koma- dipakai-dan-kapan.html
BACA
BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1.
Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa.html
2.
Ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_20.html
3.
Ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_0.html
4.
Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5.
Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_81.html
0 komentar:
Post a Comment