MODUL AJAR
I. Informasi Umum
Nama Penyusun : Drs.Sugiyarto
Institusi : SMA Negeri 1 Kemusu
Tahun : 2022
Jenjang Sekolah : SMA
Kelas : X
Alokasi Waktu : 3 JP
Kompetensi Awal : peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan menendang/mengoper, menghentikkan, menggiring, dan menyundul bola permainan.
Profil Pelajar Pancasila : a. Kreatif (memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan)
Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk
memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
b. Bergotong royong (kolaborasi) : kerjasama
c. Mandiri (Regulasi Diri) : Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
d. Bernalar Kritis (memperoleh dan memproses informasi dan gagasan)
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
Sarana dan Prasarana : Lapangan, Bola, Peluit
Target Peserta Didik : Peserta didik regular / tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
Model Pembelajaran yang digunakan : Problem Based Learning dengan moda luring.
II. Komponen Inti
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan permainan dan olahraga bola voli sebagai hasil evaluasi pengetahuan dan dengan teknik yang benar.
B. Pemahaman Bermakna
Peserta didik mengetahui teknik dan cara yang benar dalam melakukan passing atas, passing bawah dan servis dalam permainan bola voli.
C. Pertanyaan Pemantik
1. Bagaimana cara melakukan servis yang benar dalam permainan bola voli!
D. Persiapan Pembelajaran
1. Mengkondisikan peserta didik
2. Persiapan modul ajar/rancangan kegiatan belajar
Kegiatan Pembelajaran
Tahapan |
Kegiatan |
Waktu |
PENDAHULUAN |
1. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik 2. Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran 3. Guru mengecek kehadiran peserta didik 4. Guru melakukan Apersepsi: masih ingatkah kalian tentang permainan bola voli? Bagaimana cara melakukan passing atas dan bawah dalam permainan bola voli. 5. Guru meminta seksi olahraga untuk memimpin pemanasan sebelum melakukan permainan sepak bola. |
25 Menit |
KEGIATAN INTI |
1. Sebelum pembelajaran dimulai guru sudah melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan profil belajar siswa. 2. Guru menyiapkan materi yang dapat didengar (rekaman) oleh siswa melalui media MP3 (untuk anak auditori), guru juga menyiapkan materi permainan bola voli dengan menayangkan/mengirim video (untuk anak yang visual) dan mengajak anak melakukan pengamatan di madding sekolah sekaligus melihat guru mempratekan (untuk anak yang kinestetik). (diferensiasi konten) 3. STOP sejenak a. Siswa melakukan Teknik STOP (rileks) dipandu guru. b. Sebagai ice breaking dilakukan tebak-tebakan emosi (disajikan gambar di slide kemudian siswa menebak emosi pada gambar). c. Diberikan 4 gambar emosi (senang, marah, kecewa, dan sedih), siswa menggambarkan salah satu gambar emosi tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang perasannya. d. Kemudian diberikan 2 ekspresi yaitu sedih dan senang, kemudian tanyakan kepada murid apa yang harus dilakukan oleh kita Ketika melihat teman kita mengalami masing-masing ekspresi tersebut. 4. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi tentang permainan bola voli dengan cara : mendengarkan, membaca, menonton, dan menyimak video atau gambar-gambar tentang permainan bola voli. (kegiatan literasi). 5. Peserta didik mengamati masing-masing media tentang permainan bola voli dan guru bertanya jawab tentang isi dari media yang telah ditayangkan, diamati atau di perdengarkan. (diferensiasi proses). 6. Peserta didik bersama guru melakukan diskusi mengenai permainan bola voli. (Collaboration and Problem solving). 7. Peserta didik melakukan praktik untuk membantu dalam memahami materi tentang permainan bola voli. Peserta didik diminta untuk membaca dan mencari informasi melalui internet, buku paket yang diliki oleh peserta didik sebagai sumber belajar lainnya. 8. Peserta didik diberi 2 kali kesempatan dalam melakukan passing dan servis permainan bola voli. 9. Peserta didik membuat hasil karya (video, rekaman suara, tulisan) tentang permainan bola voli. (diferensiasi produk) |
15 Menit |
60 Menit |
||
10 Menit |
||
15 Menit |
||
PENUTUP |
1. Guru dan peserta didik merangkum bersama 2. Guru mengingatkan tentang materi untuk pertemuan berikutnya 3. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa penutup |
10 Menit |
E. Asesmen
Bentuk asesmen :
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
1 |
Asesmen diaognostik non kognitif, non kognitif) |
lisan |
Lampiran 1 |
2 |
Asesmen formatif (Sikap, Ketrampilan) |
Observasi, Performa |
Lampiran 2 |
3 |
Asesmen Sumatif (Pengetahuan) |
Tertulis Pilihan Ganda |
Lampiran 3 |
F. Pengayaan dan Remedial
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
1 |
Pengayaan |
untuk peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran.
|
Lampiran 4 |
2 |
Remedial |
untuk peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran |
Lampiran 5 |
Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi bagi peserta didik
Dari proses belajar hari ini, hal yang saya pahami adalah
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………
Dari proses belajar hari ini, hal yang belum saya pahami adalah/saya ingin mengetahui lebih dalam tentang
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………
Dari proses belajar hari ini, hal yang akan saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………
Refleksi bagi guru:
No |
Informasi yang diharapkan |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Mengetahui kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan materi yang disampaikan |
Apakah materi pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran? |
|
2. |
Mengetahui kesesuaian alokasi waktu |
Apakah alokasi waktu pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan? |
|
3. |
Mengetahui efektivitas pembelajaran |
Apakah pembelajaran dengan menggunakan model inquiry discovery learning efektif diterapkan pada pembelajaran hari ini? |
|
III. Lampiran
Lembar Kerja Peserta Didik
Terlampir
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Terlampir
Glosarium
Passing : Memberi umpan kepada spiker atau penyemes..
Servis : suatu awal dari permainan bola voli.
Daftar Pustaka
Ahmad (2021). Permainan Bola Voli: Pengertian, Teknik Dasar, Peraturan dan Peralatan. (Online). Diakses: https://www.gramedia.com/literasi/permainan-bola-voli/. (04 Mei 2022)
Kemusu, ..... Mei 2022
Mengetahui, Kemusu, 30 Mei 2022
Kepala SMA Negeri 1 Kemusu Guru Mata Pelajaran
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. Drs. Sugiyarto.
NIP 197207081998011001 NIP 196310092007011010
Lampiran 1
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN NON-KOGNITIF
1) Apa kabar semuanya pada hari ini?
2) Apa saja yang kamu lakukan sebelum belajar di pagi ini ?
3) Apa harapan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini nanti ?
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN KOGNITIF
1. Jelaskan pengertian dari permainan bola voli!
2. Apa yang dimaksud dengan passing!
Lampiran 2
ASESMEN FORMATIF ( LKPD 1)
PENILAIAN RANAH SIKAP
1) LEMBAR OBSERVASI
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik penilaian |
Waktu penilaian |
Instrument |
1 |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
2 |
Kerja sama |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
3 |
Mandiri |
Pengamatan |
Tugas |
Lembar observasi |
4 |
Bernalar Kritis |
Pengamatan |
Proses |
Lembar observasi |
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Sikap yang dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
Kreatif |
Kerja sama |
Mandiri |
Bernalar Kritis |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2). RUBRIK PENILAIAN SIKAP
ASPEK |
INDIKATOR |
NILAI |
Kreatif |
Peserta didik memiliki rasa ingin tahu |
25 |
Peserta didik tertarik dalam mengerjalan tugas |
25 |
|
Peserta didik berani dalam mengambil resiko |
25 |
|
Peserta didik tidak mudah putus asa |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Kerja sama |
Peserta didik terlibat aktif dalam bekerja kelompok |
25 |
Peserta didik bersedia melaksanakan tugas sesuai kesepakatan |
25 |
|
Peserta didik bersedia membantu temannya dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan |
25 |
|
Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Mandiri |
Peserta didik mampu memecahkan masalah |
25 |
Peserta didik tidak lari atau menghindari masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu mengambil keputusan |
25 |
|
Peserta didik bertanggung jawab |
25 |
|
Bernalar Kritis |
Pesertadidik mampumerumuskanpokok-pokok permasalahan |
25 |
Peserta didik mampu mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu memilih argumen logis, relevan, dan Akurat |
25 |
|
Peserta didik dapat mempertimbangkan kredibilitas (kepercayaan) sumber informasi yang diperoleh. |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
SKOR TOTAL |
400 |
CATATAN :
𝐍𝐢𝐥𝐚𝐢 = |
𝐒𝐤𝐨𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐩𝐞𝐫𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐒𝐤𝐨𝐫 𝐓𝐨𝐭𝐚𝐥 |
𝐱 𝟏𝟎𝟎 |
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta |
100 |
|
250 |
83,33 |
SB |
mengusulkan ide / gagasan. |
||||||
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap |
100 |
|
|||
anggota mendapatkan kesempatan |
||||||
untuk berbicara. |
||||||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat |
|
|
|||
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 3 x 100 = 300
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 300) x 100 = 83,33
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN TEMAN SEBAYA
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Nama teman yang diamati:
Pengamat :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
350 |
87,5 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
|
100 |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = (3 x 100) + (1 x 50) = 350
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,5
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
PENILAIAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
1. Kategori pengamatan proses ketrampilan pemecahan masalah
1) Proses kemampuan memahami masalah
2) Proses kemampuan merencanakan penyelesaian masalah
3) Proses kemampuan menyelesaiakan masalah
4) Proses kemampuan menafsirkan solusi penyelesaian masalah
2. Aspek yang diamati
No. |
Nama |
Memahami masalah |
Merencanakan penyelesaian |
Menyelesaikan masalah |
Menafsirkan solusi |
Jumlah |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
Rata-rata |
|
|
|
|
|
3. Pedoman penarikan kesimpulan
Rata-rata (x) |
Kategori |
0 < n ≤ 1,0 |
Tidak baik |
1,0 < n ≤ 2,0 |
Kurang baik |
2,0 < n ≤ 3,0 |
Cukup baik |
3,0 < n ≤ 4,0 |
Baik |
4,0 < n ≤ 5,0 |
Sangat baik |
Lampiran 3
JENIS SOAL |
SOAL |
PG |
1. Satu tim dalam permainan bola voli terdiri atas ... A. Delapan orang B. Sembilan orang C. Lima orang D. Enam orang E. Dua belas orang
2. Pemain yang bertugas memberi umpan untuk spiker dan middle blocker adalah….. A. quicker B. setter C. outside hitter D. opposite hitter E. libero
3. Induk organisasi bola voli di Indonesia adalah ... A. PBVSI B. PBSI C. PSSI D. PERBASI E. FIBA
|
ASESMEN SUMATIF
|
KUNCI JAWABAN: 1. D 2. B 3. A |
Lampiran 4
SOAL PENGAYAAN
Jenis Soal : Essay
Bacalah materi tentang permainan sepakbola pada link berikut https://portaledukasi.org/2021/07/05/materi-pjok-kelas-10-bola-basket/ lalu jawablah beberapa pertanyaan berikut.
1. Mengapa kita perlu memahami dan menguasai cara mendribble sepakbola ?
2. Mengapa keahlian melakukan menyundul bola harus dikuasai oleh pemain sepak bola?
PEMBAHASAN DAN SKOR
No. |
Pembahasan |
Skor |
1 |
Mendribble sepakbola harus dikuasai oleh seluruh pemain , karena dapat digunakan untuk melewati lawan maupun membuka ruang dan awalan dalam mendistribusikan bola kepada pemain satu timnya. |
4 |
2 |
Dengan menguasai cara menyundul bola pemain dapat meningkatkan kemungkinan mencetak gol karena berada pada jarak yang dekat dengan gawang dan dapat dimanfaatkan untuk mencetak gol. |
1 |
Rumus Penilaian : KONVERSI TINGKAT PENGUASAAN : |
|||||
|
|
|
90 - 100% |
= |
Baik Sekali |
Skor yang diperoleh Nilai = Skor total x 100 |
|
|
80 - 89% |
= |
Baik |
|
|
70 - 79% |
= |
Cukup |
|
|
|
|
< 70% |
= |
Kurang |
JENIS SOAL |
SOAL |
PG |
1. Tinggi
net dalam
permainan bola voli untuk laki-laki
adalah... 2. Induk olahraga bola voli di dunia adalah...
KUNCI JAWABAN 1. A 2. A |
Lampiran 5
SOAL REMEDIAL
JAWABAN DAN PEMBAHASAN
KONVERSI TINGKAT PENGUASAAN :
|
Nomor Soal |
Option Jawaban |
Skor |
Pembahasan |
1 |
A |
1 |
Tinggi Net dalam bola voli putra adalah 2,43 m |
2 |
A |
1 |
Induk olahraga voli dunia adalah FIVB |
|
|
|
|
Nilai = |
Skor yang diperoleh Skor total |
x 100 |
Lampiran 6
1. lakukan pemanasan dengan berlari mengeliling lapangan voli. |
|
2. mulailah dengan berlari siksak dalam mendrible bola , melempar bola dan latihan menyundul bola. |
|
3. Praktikan gerakan menggiring bola langsung menembak bola ke gawang. |
|
4. Kesulitan apa yang kalian temui ketika mempraktikanya ? |
|
5. Bagaimana solusi untuk mengatasi kesulitan itu ? |
|
Buatlah kesimpulan
tentang kegiatan yang |
……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… ……………………………………………… |
Lampiran 7
Permainan Bola Voli: Pengertian, Teknik Dasar, Peraturan dan Peralatan
https://www.gramedia.com/literasi/permainan-bola-voli/
Written by Ahmad
Permainan bola voli tentu bukanlah hal yang asing buat kamu. Benar kan Grameds? Permainan yang setiap timnya terdiri dari enam orang ini memang tidak sepopuler sepak bola. Namun, olahraga ini juga banyak digemari oleh masyarakat kita.
Nggak percaya? Coba Grameds lihat di lapangan yang tidak begitu besar, entah di kota maupun desa, pasti lapangan tersebut jadi tempat bermain bola voli. Biasanya sih, mereka sekedar untuk mencari keringat. Kali ini kita akan membahas seputar bola voli. Kalau suatu saat kamu diajak ikutan main bola voli, kamu tidak perlu bingung karena sudah membaca artikel ini.
Daftar Isi
A. Pengertian Permainan Bola Voli
Permainan bola voli termasuk salah satu contoh dari cabang olahraga bola besar. Bisa dikatakan, permainan ini masuk ke dalam kategori pertandingan karena melibatkan dua tim yang saling berhadapan untuk mendapatkan hasil pertandingan.
Cara memainkan bola voli adalah dengan memukul bola agar melewati bagian atas net yang ada di tengah lapangan. Agar mendapatkan skor, para pemain dalam satu tim harus mengarahkan bola ke area lawan, sehingga bola terjatuh di daerah pertahanan lawan.
Pencetusnya adalah William G. Morgan yang merupakan guru pendidikan jasmani di Amerika Serikat. Ia sangat terinspirasi dari permainan bola basket. Inspirasi tersebut dia dapatkan setelah bertemu dengan James Naismith yang merupakan pencetus olahraga bola basket.
Awalnya, permainan ini ditujukan untuk para orang tua. Namun, Morgan ingin sekali menyesuaikan antara olahraga dengan kemampuan fisik para orang tua. Sebab tidak memungkinkan bagi orang-orang tua jika harus mengandalkan kekuatan fisik dalam waktu yang lama, misalnya berlari.
Dan sekitar empat tahun setelah pertemuan tersebut, terciptalah sebuah olahraga yang merupakan kombinasi antara basket, bulutangkis, dan baseball. Pada awalnya, permainan ini bernama Mintonette. Seiring dengan berkembangnya waktu, olahraga ini mulai dikenal dan banyak digemari orang dari berbagai kalangan usia. Perubahan nama menjadi Volleyball (Bola Voli) terjadi pada tahun 1896, bertepatan dengan diselenggarakannya pertandingan pertama pada acara internasional Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School.
Dalam mempelajari cara memainkan bola voli, Grameds dapat membaca buku Z1 Sma/Ma/Smk/Mak Kl.Xi Pendd Jasmani Olahraga&Kese K/13 Rev yang ada di bawah ini, dimana di dalamnya bukan hanya cara memainkan boli voli, namun berbagai jenis olahraga bola besar lainnya.
B. Bagaimana Permainan Bola Voli Bisa Sampai ke Indonesia?
Permainan ini dibawa oleh Belanda saat jaman penjajahan di Indonesia. Di permulaannya masuk ke Indonesia, permainan bola voli hanya dimainkan oleh kalangan terbatas, yakni para bangsawan dan orang-orang Belanda. Sehingga olahraga ini belum begitu banyak dikenal.
Adalah para guru jasmani Belanda yang mengajarkan dan memperkenalkannya. Sehingga olahraga ini mulai dimainkan oleh para serdadu Belanda di lapangan terbuka. Alhasil, permainan bola voli ini disaksikan oleh banyak orang, termasuk rakyat Indonesia.
Organisasi yang Menaungi.
Agar mempunyai manajemen yang baik, setiap jenis olahraga mempunyai organisasi yang memayungi perkembangannya, tidak terkecuali permainan bola voli. Untuk skala internasional, permainan ini dinaungi oleh Federasi Internationale de Volleyball (FIVB). Dulunya, lembaga ini didirikan di Perancis. Namun saat ini FIVB berpusat di Swiss.
Sementara untuk di kancah nasional, permainan bola voli dipayungi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang kantor pusatnya berada di Jakarta. Kompetisi nasional bola voli dinamakan Kompetisi Proliga yang diselenggarakan setiap tahun.
C. Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Dalam memainkan bola voli, tentu Grameds memerlukan teknik tertentu. Tidak bisa sembarang teknik. Nah, kira-kira apa saja sih teknik yang perlu kamu bisa dalam permainan ini? Palig tidak, kamu harus memahami empat teknik dasar, yakni servis, passing, blocking, dan smash. Di bawah ini akan kita bahas bersama.
1. Servis Bola Voli
Pada awalnya, servis merupakan sebagai suatu awal dari permainan bola voli. Teknik ini seakan menjadi cara untuk menyajikan bola agar permainan berlangsung. Namun teknik servis ini berkembang menjadi serangan pertama untuk tim yang mendapatkan giliran melakukan servis.
Oleh karenanya, servis bisa menentukan jalannya pertandingan, sehingga pukulan bola dari luar luar lapangan yang kamu lakukan harus tepat dan bertenaga. Jika Grameds tidak bisa melakukan servis dengan baik, maka tim mu tidak akan mendapatkan kesempatan yang bagus untuk mendapatkan skor.
Pentingnya servis ini seringkali tidak begitu diperhitungkan, istilahnya undervalued. Tidak banyak pelatih yang secara khusus mengajarkan untuk melakukan servis yang mematikan sehingga servis menjadi peluang untuk mencetak poin. Cara dasar melakukan servis adalah kaki harus berada di belakang garis batas lapangan.
UNDUH FILE PDF MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL PJOK https://drive.google.com/file/d/1E2nszXjJottw_BCTkRSPhoViReK1tDhj/view?usp=sharing
KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE GAYA BELAJAR) SMA KELAS X
Baca dan Unduh https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/08/kumpulan-modul-ajar-pembelajaran.html
0 komentar:
Post a Comment