23 August 2022

CONTOH MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA

 


Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Modul Ajar diferensiasi

 

Nama Penyusun                : Drs. U M A R

Institusi                               : SMA Negeri 1 Kemusu

Tahun Penyusunan           : 2022

Jenjang Sekolah                : SMA

Kelas                                    : X

Alokasi Waktu                   : 3 Jp (135 menit)

 

 Fase                                      : E

Elemen                                : Al-Qur’an

Tujuan Pembelajaran       :

Kata Kunci                          : al-Qur’an, hadis, tajwid, kompetisi dalam kebaikan, etos kerja

Pertanyaan inti                   :





KompetensiAwal :

Siswa telah memiliki kemampuan awal dalam membaca al-Qur’an dan hadis. Sertamemiliki pemahaman tentang ilmu tajwid.

 

Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah beriman,bertakwa kepada Tuhan YangMaha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.




 Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, mushaf al-Qur’an, kitab tajwid, kitab tafsir al-Qur’an, komputer/laptop,printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing.




 

Kategori siswa dalam prosespembelajaran ini adalah siswa regular/tipikal

Maksimum 36 siswa 



 

Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa yang sulit memahami konsep.

 Tatap muka

 Materi atau sumber pembelajaran yang utama: Buku Teks PAI dan Budi Pekerti SMA (Kemdikbud Tahun 2021). Adapun sumber pembelajaran dari internet diantaranya :

§  http://pm.unida.gontor.ac.id/hukum-belajar-tajwid-dan-makhorij-al-huruf/

§  https://simadrasah.com/diagram-catatan-tajwid-lengkap/

 

1.       Alat dan bahan yang diperlukan : papan tulis, spidol, alat tulis

2.       Perkiraan biaya : Rp. 50.000 (bisa berubah sesuai kondisi masing-masing daerah)

Pengaturan siswa:

§  Individu

§  Berpasangan

Metode:

§  Diskusi

§  Demonstrasi

§  Talaqqi

§  Make a match

 1.      Asesmen dilakukan melalui asesmen individu dan kelompok

2.      Jenis asesmen:

§  Performa (praktik)

§  Observasi





1.        Guru memeriksa dan memastikansemua saranadanprasaranayangdiperlukantersedia.

2.        Memastikanbahwaruangkelassudah bersih, aman dan nyaman

3.        Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

 

Pendahuluan(15menit)

1.        Siswaberdoa secara bersama-sama danmelakukan tadarus Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105

2.        Guru menyapa setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan kondisi masing-masingdan menyampaikanapersepsi.

3.        Gurumembagisiswasecara berpasangan untuk melakukan mengidentifikasi tajwid yang ada dalamQ.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105..

4.        Guru menjelaskan bahwa para siswa (sesuai pasangannya) akan saling membantu untuk mengidentifikasi tajwid yang ada dalamQ.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105.

 

KegiatanPembelajaranInti(105menit)

5.        Guru menampilkan video seorang remaja yang gigih dalam belajar al-Qur’an.

6.        Parasiswa membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105dan hadis terkait secara bersama-sama dipimpin oleh guru.

7.        Guru meminta salah satu siswa untuk membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 dan hadis terkait

8.        Secara bergiliran dengan metode talaqqi, siswa membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 dan hadis langsung dihadapan guru.

9.        Guru memberikan koreksi atau penekanan terhadap bacaan siswa.

10.   Secara berpasangan dengan metode make a match siswa mengidentifikasi hukum bacaan tajwid dalam Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105

11.   Siswa menerima kartu berisi lafaz al-Qur’an dan hukum tajwid dari guru.

12.   Siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya, yakni lafaz al-Qur’an dan hukum tajwid.

13.   Siswa yang berhasil mencocokan kartunya sebelum batas waktu diberi poin oleh guru.

14.   Setelah satu babak selesai, kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dengan sebelumnya.

15.   Siswa menuliskan hasil identifikasi tajwid Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 dibuku masing-masing.

 

PenutupPembelajaran(10menit)

16.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin doa selesai kegiatan.

17.   Gurumenutuppembelajarandenganberdoa bersama-sama.

  Untuk siswa yang berminat belajar dan mengeksplorasi topik ini lebih jauh, disarankan untuk membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 sesuai dengan bacaan qira’ah sab’ah(qira’ah yang dinisbahkan kepada tujuh imam qiraat yang terkemuka) dan menguraikan hukum tajwid secara lebih rinci.

§  Guru dapat menggunakan alternatif metode dan media pembelajaran sesuai dengan kondisi masing-masing agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (joyfull learning) sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

§   Untuk siswa yang kesulitan belajar topik ini, disarankan untuk belajar membaca al-Qur’an pada pembelajaran di luar kelas sesuai kesepataan antara guru dengan siswa. Siswa juga disarankan untuk belajar membaca al-Qur’an kepada teman sebaya atau belajar kepada ustadz di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Pertanyaan kunci yang membantu guru untuk merefleksikan kegiatan pengajaran di kelas, misalnya:

1.          Apakahsemuasiswaterlibataktifdalamproses pembelajaran?

2.          Kesulitan apa yang dialami?

3.          Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?

4.          Apakahkegiatanpembelajarandapatmenumbuhkankemampuanberpikir kritispada diri siswa?

5.          Apakahkegiatanpembelajaraninibisamembangunkesadaransiswatentang pentingnyaakhlakterhadapsesamauntuksalingmenghargaidanmenyayangi? 

 

1.        AsesmenDiagnostik(SebelumPembelajaran)

Untukmengetahuikesiapansiswadalammemasukipembelajaran,denganpertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

ya

tidak

1.        Apakahsudahbisamembacaal-Qurandengan

lancar dan fasih ?

 

 

2.        Apakahkalianrutin membaca al-Qur’an setiap hari?

 

 

3.        Apakahkaliansudahhafal surat – surat pendek dalam al-Qur’an?

 

 

 

2.       AsesmenFormatif(SelamaProsesPembelajaran)

Asesmenformatifdilakukanolehguruselamaprosespembelajaranberlangsung,khususnya saat siswamelakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksitertulis.

a.      Asesmen saat talaqqi

Asesmen ini dilakukan ketika siswa membaca al-Qur’an secara langsung dihadapan guru.

RubrikPenilaianmembaca al-Qur’an:

Pedoman penilaian membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105

Aspek yang dinilai

Indikator kemampuan

Nilai

Paraf Guru

1.    Kelancaran dalammembaca ayat Al-Qur’an dan hadits

2.    Tajwid

3.    Makhraj

·   Membaca dengan lancar

·   Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj

100

 

·   Membaca dengan lancar

·   Melakukan 1-5 kesalahan tajwid dan makhraj

90

 

·   Melakukan 6-10 kesalahan tajwid dan mahraj

80

 

·   Melakukan 11-15 kesalahan tajwid dan makhraj

70

 

·   Melakukan 16-20 kesalahan tajwid dan makhraj

60

 

·   Melakukan  lebih dari 20 kesalahan tajwid dan makhraj

50

 

 

b.      Asesmen selama proses mengidentifikasi tajwid secara berpasangan

Siswajugadinilaiberdasarkanhasilpengamatan saat proses mengidentifikasi tajwid secara berpasanganQ.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 secara berpasangan,denganlembarkerja:

 

Lembarkerjapengamatan kegiatan mengidentifikasi tajwid secara berpasanganQ.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105

No

NamaSiswa

Aspekyang diamati

Skor

aktif

kerjasama

disiplin

1

2

3

4

1.

Andi

 

 

 

 

 

 

 

2.

Ari

 

 

 

 

 

 

 

Nilai = skor x 2,5

 

 


NamaSiswa : ..................

Kelas : ..................

Pertanyaan refleksi

JawabanRefleksi

1.         Bagian manakah yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?

 

2.         Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?

 

3.         Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?

 

4.         Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan?

 


Al-QurandanTerjemahannya,olehKementerianAgamaRI

1.   Kitab HaditsShahihBukharidanMuslim

2.  Ahmad Taufik dan Nurwastuti Setyowati. 2021. PAI dan Budi Pekerti KelasXSMA, Jakarta: Kemdikbud RI

 


NamaSiswa:...........................

Kelas : ...........................

Tahapan

KegiatanSiswa/Pertanyaan

CatatanHasilKegiatan

Stimulasi

Siswa mengamati tayangan tentang remaja yang gemar membaca, mahir, dan hafal al-Qur’an melalui youtube atau media lain.

 

IdentifikasiMasalah

1.      Faktorapasajayangmempengaruhi seseorang mudah membaca al-Qur’an dengan fasih dan lancar?

2.     Apakahadahubungannyaantara dosa dengankemampuan membaca al-Qur’an?

3.     Apa saja usaha yang dapat dilakukan untuk membaca al-Qur’an dengan fasih dan lancar?

 

Mengumpulkaninformasi

Kumpulkan informasi sebanyak mungkinterkaitdengancara membaca al-Qur’an dengan fasih dan lancar sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf

 

Mengolahinformasi

Catatdanklasifikasikaninformasiyang

Diperolehuntukkemudiandijadikandasaruntukmenjawabpersoalan

 

Verifikasidanpresentasihasil

Lakukanverifikasihasilolahdata,pastikan temuan kalian sudah benar dankemudianpresentasikan

 

Generalisasi

Buatlah   kesimpulan  dari   hasil   kajiankelompokkalian.

 


 

a.      http://pm.unida.gontor.ac.id/hukum-belajar-tajwid-dan-makhorij-al-huruf/

b.      https://simadrasah.com/diagram-catatan-tajwid-lengkap/

 Materi Pengayaan:

Siswayangmemperoleh capaian tinggiakandiberikan pengayaan berupakegiatan tambahan terkait dengan kajian topik. Siswa belajar membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 sesuai dengan qira’ah sab’ah dan mengidentifikasi tajwid secara lebih mendalam, kemudian menelaah terjemah dan kandungan ayat.

Sedangkan siswa yang menemukan kesulitan akan memperoleh pendampingan dari guruberupa bimbingan personal atau kelompok dengan langkah-langkah kegiatan yanglebihsederhana. Siswa diminta mengulang-ulang bacaan Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 dan mengidentifikasi tajwid, yakni hukum nun sukun/tanwin dan hukum mim sukun.

Q.S. al-Maidah/5: 48

 Artinya:  “Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah  engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan”. (Q.S. al-Maidah/5: 48)

 Q.S. at-Taubah /9: 105

Artinya: “Dan katakanlah, “Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Q.S. at-Taubah /9: 105)

 Kandungan Q.S. al-Maidah/5: 48:

Q.S. al-Maidah/5: 48 mengandung pesan-pesan mulia sebagai berikut:

1.      Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. dengan haq (kebenaran)

2.      Kitab Al-Qur’an berfungsi membenarkan kitab-kitab sebelumnya.

3.      Kitab suci Al-Qur’an juga menjadi pengawas, pemelihara, penjaga kitab-kitab terdahulu. Al-Qur’an memelihara dan mengukuhkan prinsip ajaran Ilahi yang bersifat universal (kully) dan mengandung kemashlahatan abadi bagi umat manusia sepanjang masa.

4.      Allah Swt. memerintahkan agar menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

5.      Tiap-tiap umat memiliki aturan (syariat) yang akan menuntunnya menuju kebahagiaan abadi.

6.      Allah Swt. telah menjadikan syariat Nabi Muhammad Saw. sebagai penyempurna syariat para nabi terdahulu serta membatalkan syariat sebelumnya.

7.      Umat Islam diperintahkan untuk berlomba-lomba dengan sungguh-sungguh dalam berbuat kebaikan.

 

Kandungan Q.S at-Taubah/9 ayat 105:

Q.S at-Taubah/9 ayat 105 mengandung pesan-pesan mulia sebagai berikut:

1.      Allah Swt. memerintahkan untuk beramal shaleh hingga manfaatnya bisa dirasakan oleh diri sendiri maupun masyarakat luas.

2.      Setiap amal akan dilihat oleh Allah Swt., Rasulullah Saw. dan mukminin di akhirat kelak.

3.      Menumbuhkan inisatif untuk melakukan amal shaleh sehingga orang lain ikut tergerak untuk melakukannya.

4.      Setiap manusia akan kembali ke kampung akhirat, dan menerima balasan amal perbuatannya.

 


Mengetahui,                                                                   Kemusu, 30 Mei 2022

Kepala SMA Negeri 1 Kemusu                                  Guru Mata Pelajaran

 

MUH ZUHRI, S.Pd., M.Pd.                                        Drs. UMAR

NIP. 19720708 199801 1 001                                         NIP. 19630517 198503 1 012

 

UNDUH FILE PDF MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI SINI

 KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE GAYA BELAJAR) SMA KELAS X

Baca dan Unduh https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/08/kumpulan-modul-ajar-pembelajaran.html

0 komentar:

Post a Comment