INFORMASI UMUM |
||||
A. Identitas modul |
||||
1 |
Nama Penyusun |
: |
SRI SUBEKTI,S.Pd |
|
2 |
Institusi |
: |
SMA Negeri 1 Kemusu |
|
3 |
Tahun |
: |
2022 |
|
4 |
Jenjang Sekolah |
: |
SMA Negeri 1 Kemusu |
|
5 |
Kelas |
: |
X |
|
6 |
Alokasi Waktu |
: |
2 JP |
|
B |
Kompetensi awal |
: |
Peserta didik sudah mengenal beberapa bahan kimia dalam kehidupan sehari hari |
|
C |
Profil Pelajar Pancasila |
: |
a |
Bertakwa kepada Tuhan YME (Peserta didik memiliki rasa untuk tetap menjaga lingkungan dan memahami keterhubungan ekosistem bumi) |
b |
Kreatif ( Peserta didik memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan) |
|||
c |
Mandiri ( Peserta didik dapat menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri |
|||
d |
Bergotong royong ( Peserta didik dapat bekerjasama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan) |
|||
D |
Sarana dan Prasarana |
: |
HP / Komputer / Laptop |
|
Jaringan internet, Buku Paket Peserta Didik, Alat Tulis dan Bahan Ajar |
||||
E |
Target Peserta Didik |
: |
a |
Peserta didik regular / tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. |
b |
Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb. |
|||
c |
Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin. |
|||
F |
Model Pembelajaran yang digunakan |
: |
Discovery Learning dengan moda luring |
KOMPONEN INTI |
||||||
A |
Tujuan pembelajaran |
: |
Peserta didik mampu menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari-hari dan menerapkan konsep kimia serta menganalisis suatu kasus yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan |
|||
Pertemuan |
: |
1 |
Menjelaskan konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari |
|||
B |
Pemahaman Bermakna |
: |
Konsep kimia berkaitan erat dengan kehidupan sehari hari |
|||
C |
Pertanyaan Pemantik |
: |
1 |
Apa yang kalian pahami tentang ilmu kimia? |
||
|
2 |
Apakah menurut kalian apakah produk dari bahan kimia itu berbahaya? |
||||
D |
Persiapan Pembelajaran |
|
1 |
Memperhatikan lingkungan kelas dalam keadaan bersih dan rapi |
||
|
2 |
Mengkondisikan peserta didik |
||||
|
3 |
Persiapan modul ajar/rancangan kegiatan belajar |
||||
E |
Kegiatan Pembelajaran |
|
|
Pertemuan 1 : Menjelaskan konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Waktu |
||||
PENDAHULUAN |
1. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik 2. Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran 3. Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin 4. Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran 5. Membagi kelas dalam beberapa kelompok dan meminta peserta didik untuk duduk dalam kelompoknya masing - masing |
10 Menit |
||||
KEGIATAN INTI |
1. Sebelum pembelajaran dimulai guru sudah melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarakan profil belajar siswa 2. Guru menyiapkan materi yang dapat didengar (rekaman) oleh siswa melalui media MP3 (untuk anak auditori), guru juga menyiapkan materi konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan menayangkan/mengirimkan video (untuk anak yang visual) dan menyiapkan presentasi/video komik bergambar tentang bahan kimia dalam kehidupan sehari hari (untuk anak yang kinestetik).(diferensiasi konten) 3. STOP sejenak a. Siswa melakukan teknik STOP (rileks) dipandu guru b. Sebagai ice breaking dilakukan tebak-tebakan emosi (disajikan gambar di slide kemudian siswa menebak emosi pada gambar) c. Diberikan 4 gambar emosi (senang, marah, kecewa, dan sedih), siswa menggambarkan salah satu gambar emosi tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang perasaannya. d. Kemudian diberikan 2 ekspresi yaitu Sedih dan Senang, kemudian tanyakan kepada murid apa yang harus dilakukan oleh kita ketika melihat teman kita mengalami masing-masing ekspresi tersebut 4. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara : mendengarkan, menonton dan menyimak video atau gambar- gambar konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari . ( Kegiatan Literasi ) 5. Peserta didik mengamati masing-masing media tentang konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan guru bertanya jawab tentang isi dari media yang telah ditayangkan atau di perdengarkan. (diferensiasi proses) 6. Peserta didik bersama dengan guru melakukan diskusi mengenai konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ( Collaboration and Problem solving) 7. Peserta didik mengerjakan LKPD untuk membantu dalam memahami materi tentang konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kehidupan sehari-hari. Peserta didik diminta untuk membaca dan mencari informasi melalui internet, buku paket yang dimiliki oleh peserta didik sebagai sumber belajar lainnya. 8. Peserta didik melakukan diskusi melalui Group Diskusi untuk menyelesaikan soal LKPD 9. Peserta didik membuat hasil karya maping map konsep kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ( Diferensiasi Produk ) |
70 Menit |
||||
PENUTUP |
1. Guru dan peserta didik merangkum bersama 2. Guru mengingatkan tentang materi untuk pertemuan berikutnya 3. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa penutup |
10 Menit |
||||
E |
Assesmen |
|
|
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
1 |
Asesmen diaognostik non kognitif, non kognitif) |
lisan |
Lampiran 1 |
2 |
Asesmen formatif (Sikap) |
Observasi |
Lampiran 2 |
3 |
Asesmen Sumatif (Pengetahuan) |
Tertulis Pilihan Ganda |
Lampiran 3 |
F |
Pengayaan dan remedial |
|
|
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
1 |
Pengayaan |
untuk peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran. |
Lampiran 4 |
2 |
Remedial |
untuk peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran |
Lampiran 4 |
Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi bagi peserta didik
Refleksi bagi guru:
LAMPIRAN |
|||
A |
Lembar Kerja Peserta Didik |
: |
Lampiran 5 |
B |
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik |
: |
Lampiran 6 |
C |
Glosarium |
: |
kimia : cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan , struktur , sifat dan perubahan materi |
: |
materi : segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang |
||
D |
Daftar Pustaka |
|
Anwar, Muslih. ( 2015). Kimia Hijau / Green Chemistry . [ Online]. Diakses : http://bptba.lipi.go.id/bptba3.1/?lang=id&u=blog- single&p=343
|
|
|
Tjahjadarmawan, E. dkk. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. |
|
|
|
||
|
|
||
|
|
https://id-id.facebook.com/jatamsulteng.official/videos/989548301622585/
|
Mengetahui, Kemusu, 10 Juni 2022
Kepala SMA Negeri 1 Kemusu Guru Mata Pelajaran
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. Sri Subekti,S.Pd
NIP 197207081998011001 NIP 197605252014062003
A. PENILAIAN RANAH SIKAP
1) LEMBAR OBSERVASI
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik penilaian |
Waktu penilaian |
Instrument |
1 |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
2 |
Kerja sama |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
3 |
Mandiri |
Pengamatan |
Tugas |
Lembar observasi |
4 |
Bernalar Kritis |
Pengamatan |
Proses |
Lembar observasi |
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Sikap yang dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
Kreatif |
Kerja sama |
Mandiri |
Bernalar Kritis |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2). RUBRIK PENILAIAN SIKAP
ASPEK |
INDIKATOR |
NILAI |
Kreatif |
Peserta didik memiliki rasa ingin tahu |
25 |
Peserta didik tertarik dalam mengerjalan tugas |
25 |
|
Peserta didik berani dalam mengambil resiko |
25 |
|
Peserta didik tidak mudah putus asa |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Kerja sama |
Peserta didik terlibat aktif dalam bekerja kelompok |
25 |
Peserta didik bersedia melaksanakan tugas sesuai kesepakatan |
25 |
|
Peserta didik bersedia membantu temannya dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan |
25 |
|
Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Mandiri |
Peserta didik mampu memecahkan masalah |
25 |
Peserta didik tidak lari atau menghindari masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu mengambil keputusan |
25 |
|
Peserta didik bertanggung jawab |
25 |
|
Bernalar Kritis |
Pesertadidik mampu merumuskanpokok-pokok permasalahan |
25 |
Peserta didik mampu mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu memilih argumen logis, relevan, dan Akurat |
25 |
|
Peserta didik dapat mempertimbangkan kredibilitas (kepercayaan) sumber informasi yang diperoleh. |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
SKOR TOTAL |
400 |
|
|
|
3. LEMBAR PENILAIAN DIRI
4. LEMBAR PENILAIAN TEMAN SEBAYA
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Nama teman yang diamati :
Pengamat :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
350 |
87,5 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
|
100 |
LAMPIRAN 3
Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Kata kimia berasal dari “al kimiya” yang artinya ....
A. Pembentuk materi
B. Perubahan materi
C. Penghasil materi
D. Penyusun materi
E. Penanganan materi
2. Ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya adalah ....
A. Ilmu kimia
B. Ilmu forensik
C. Ilmu farmasi
D. Ilmu biologi
E. Volume
3. Segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa disebut ….
A. Materi
B. Energi
C. Berat
D. Massa
E. Volume
LAMPIRAN 4
SOAL PENGAYAAN
SOAL REMEDIAL
LAMPIRAN 5
MENGIDENTIFIKASI PRODUK KIMIA YANG DIGUNAKAN DI RUMAH
NAMA :
KELAS :
Tujuan: Mampu
mengidentifikasi bahan kimia dalam berbagai produk kimia yang banyak digunakan
di rumah tangga dan mencatat nama bahan kimia yang terdapat dalam produk
tersebut serta mengomunikasikannya.
Media: Berbagai kardus atau botol bekas kemasan
berbagai produk kimia yang banyak digunakan di rumah tangga
Langkah-langkah Kegiatan:
1. Mengumpulkan berbagai kardus atau botol bekas kemasan berbagai produk kimia yang banyak digunakan di rumah tangga.
2. Mengamati nama bahan-bahan kimia yang tertulis pada kemasan dan catat hasil pengamatanmu pada lembar kerja berikut.
N0 |
Nama produk |
Kandungan bahan kimia |
rumus kimia |
keterangan |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
LAMPIRAN 6
NO |
GAYA BELAJAR |
MATERI |
1 |
audiotory |
|
2 |
kinestetik |
https://materikimia.com/power-point-hakikat-dan-peranan-ilmu-kimia-dalam-kehidupan-sehari-hari-ppt/ |
3 |
visual |
https://www.youtube.com/watch?v=IPxge74VsOw |
KEGIATAN PADA PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
1. Melakukan Teknik STOP Sejenak
2. Mengajak murid untuk menghentikan segala aktifitasnya.
3. Duduk senyaman mungkin.
4. Melakukan tarik nafas, berhenti, dan dihembuskan dengan model: HIRUP, STOP, BUANG 4 7 8 Yaitu : hirup udara melalui hidung dalam 4 hitungan, kemudian tahan selama 7 hitungan, dan buang melalui mulut dengan mulut membuka selama 8 hitungan.
5. Dilakukan 5 kali.
Lembar Observasi KSE 1 :Pengenalan Emosi
no |
emosi |
keterangan |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
Lembar Observasi KSE 2 : Empati (KSE Empati)
UNDUH FILE PDF MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL KIMIA DI SINI
KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE GAYA BELAJAR) SMA KELAS X
Baca dan Unduh https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/08/kumpulan-modul-ajar-pembelajaran.html
0 komentar:
Post a Comment