MODUL AJAR 3
(BERDIFERENSIASI)
(SPLTV)
INFORMASI UMUM |
|||
A. Identitas modul |
|||
1 |
Nama Penyusun |
: |
DWI HASTUTI, S.Pd |
2 |
Institusi |
: |
SMA Negeri 1 Kemusu |
3 |
Tahun |
: |
2022 |
4 |
Jenjang Sekolah |
: |
SMA Negeri 1 Kemusu |
5 |
Kelas /Fase |
: |
X/E |
6 |
Alokasi Waktu |
: |
4 JP |
B |
Kompetensi awal |
: |
Peserta didik sudah memahami materi SPLDV |
C |
Profil Pelajar Pancasila |
: |
a. Bertakwa kepada Tuhan YME (Peserta didik Memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain.) |
Kreatif ( Peserta didik memiliki keluwesan berpikir dalam mencari b alternatif solusi permasalahan) |
|||
Mandiri ( Peserta didik dapat menunjukkan inisiatif dan bekerja c secara mandiri |
|||
Bergotong royong ( Peserta didik dapat bekerjasama dan d berkomunikasi untuk mencapai tujuan) |
|||
|
Sarana dan Prasarana |
: |
HP / Komputer / Laptop Jaringan internet, Buku Paket Peserta Didik, Alat Tulis dan Bahan Ajar |
E |
Target Peserta Didik |
: |
Peserta didik regular / tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam a mencerna dan memahami materi ajar. |
Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang
terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki b kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb. |
|||
Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami c dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin. |
|||
F |
Model Pembelajaran yang digunakan |
: |
PBL |
KOMPONEN INTI |
|||
A |
Tujuan pembelajaran |
: |
Peserta didik mampu Menjelaskan pengertian solusi dari sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan pemahaman solusi dari sistem persamaan linear dua variabel dan Menyelesaikan masalah dengan memodelkan ke dalam sistem persamaan linear.
memodelkan ke dalam sistem persamaan linear.
|
B |
Pertemuan |
: |
1. Menjelaskan pengertian solusi dari sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan pemahaman solusi dari sistem persamaan linear dua variabel.
|
|
|
|
2. Menyelesaikan masalah dengan memodelkan ke dalam sistem Persamaan linear.
|
||
|
|||||
|
|||||
B |
Pemahaman Bermakna |
: |
Konsep persamaan linear berkaitan erat dengan kehidupan sehari hari |
||
C |
Pertanyaan Pemantik |
: |
1 Masih ingatkah tentang SPLDV? |
||
2 Bagaimana cara mengubah dari suatu masalah menjadi system persamaan Linear? |
|||||
3 Bagaimana cara menyelesaikan SPLDV? |
|||||
|
4 Bagaimana cara menyelesaikan SPLTV? |
||||
D |
Persiapan Pembelajaran |
|
1 Memperhatikan lingkungan kelas dalam keadaan bersih dan rapi |
||
2 Mengkondisikan peserta didik |
|||||
3 Persiapan modul ajar/rancangan kegiatan belajar |
|||||
E |
Kegiatan Pembelajaran |
|
Pertemuan 1 |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Waktu |
|||
PENDAHULUAN |
1. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik 2. Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran 3. Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin 4. Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran 5. Membagi kelas dalam beberapa kelompok dan meminta peserta didik untuk duduk dalam kelomponya masing - masing |
10 Menit |
|||
KEGIATAN INTI |
1. Sebelum pembelajaran dimulai guru sudah melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarakan profil belajar siswa 2. Guru menyiapkan materi yang dapat didengar (rekaman) oleh siswa melalui media MP3 (untuk anak auditori), guru juga menyiapkan materi masalah SPLTV yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan menayangkan/mengirimkan video (untuk anak yang visual) dan menyiapkan presentasi/video komik bergambar tentang masalah SPLTV dalam kehidupan sehari hari (untuk anak yang kinestetik).(diferensiasi konten) 3. STOP sejenak a. Siswa melakukan teknik STOP (rileks) dipandu guru b. Sebagai ice breaking dilakukan tebak-tebakan emosi (disajikan gambar di slide kemudian siswa menebak emosi pada gambar) c. Diberikan 4 gambar emosi (senang, marah, kecewa, dan sedih), siswa menggambarkan salah satu gambar emosi tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang perasaannya. |
70 Menit |
|||
|
d. Kemudian diberikan 2 ekspresi yaitu Sedih dan Senang, kemudian tanyakan kepada murid apa yang harus dilakukan oleh kita ketika melihat teman kita mengalami masing-masing ekspresi tersebut 4. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi SPLTV yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara : mendengarkan, menonton dan menyimak video atau gambar-gambar yang berkaitan dengan SPLTV yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari . ( Kegiatan Literasi ) 5. Peserta didik mengamati masing-masing masalah SPLTV yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan guru bertanya jawab tentang isi dari masalah yang telah ditayangkan atau di perdengarkan. (diferensiasi proses) 6. Peserta didik bersama dengan guru melakukan diskusi mengenai cara menyelesaikan masalah SPLTV yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ( Collaboration andProblem solving) 7. Peserta didik mengerjakan LKPD untuk membantu dalam memahami materi tentang SPLTV yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari . Peserta didik diminta untuk membaca dan mencari informasi melalui internet, buku paket yang dimiliki oleh peserta didik sebagai sumber belajar lainnya. 8. Peserta didik melakukan diskusi melalui Group Diskusi untuk menyelesaikan soal LKPD 9. Peserta didik membuat hasil karya maping SPLTV yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ( Diferensiasi Produk ) |
|
|||
PENUTUP |
1.Guru dan peserta didik merangkum bersama 2.Guru mengingatkan tentang materi untuk pertemuan berikutnya 3.Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa penutup |
10 Menit |
|||
E |
Assesmen |
||||
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
||
1 |
Asesmen diaognostik non kognitif, non kognitif) |
lisan |
Lampiran 1 |
||
2 |
Asesmen formatif (Sikap, Ketrampilan) |
Observasi, Performa |
Lampiran 2 |
||
3 |
Asesmen Sumatif (Pengetahuan) |
Tertulis Pilihan Ganda |
Lampiran 3 |
||
F |
Pengayaan dan remedial |
||
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
1 |
Pengayaan |
untuk peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran. |
Lampiran 4 |
2 |
Remedial |
untuk peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran |
Lampiran 5 |
Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi bagi peserta didik
Dari proses belajar hari ini, hal yang saya pahami adalah
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………..
Dari proses belajar hari ini, hal yang belum saya pahami adalah/saya ingin mengetahui lebih dalam tentang
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………..
Dari proses belajar hari ini, hal yang akan saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………..
Refleksi bagi guru:
No |
Informasi yang diharapkan |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Mengetahui kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan materi yang disampaikan |
Apakah materi pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran? |
|
2. |
Mengetahui kesesuaian alokasi waktu |
Apakah alokasi waktu pembelajaransudah sesuai dengan yang direncanakan? |
|
3. |
Mengetahui efektivitas pembelajaran |
Apakah pembelajarandengan menggunakanmodel jigsaw dapat diterapkan pada pembelajaran hari ini? |
|
LAMPIRAN |
|||
A |
Lembar Kerja Peserta Didik |
: |
Lampiran 6 |
B |
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik |
: |
Lampiran 7 |
C |
Glosarium |
: |
Sistem Persamaan Linear adalah Persamaan – Persamaan Linear yang dikorelasikan untuk membentuk suatu system. linear yang dikorelasikan untuk membentuk suatu sistem
|
: |
|
||
D |
Daftar Pustaka |
|
Dicky Susanto, dkk. (2021). Matematika SMA/SMK Kelas X. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
|
|
Bornok Sinaga, dkk. (2015). Matematika SMA/ MA/SMK/MAK. KelasX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan RI.
|
||
|
|
||
|
|
||
|
|
Kemusu, ..... Mei 2022
Mengetahui, Kemusu, Juni 2022
Kepala SMA Negeri 1 Kemusu Guru Mata Pelajaran
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. Dwi Hastuti, S.Pd
NIP 19720708199801100 NIP 197801172007012005
Lampiran 1
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN NON-KOGNITIF
1) Apa kabar semuanya pada hari ini?
2) Apa saja yang kamu lakukan sebelum belajar di pagi ini ?
3) Apa harapan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini nanti ?
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN KOGNITIF
1. Jelaskan pengertian eksponen!
2. Apa yang dimaksud dengan bentuk akar?
Lampiran 2
ASESMEN FORMATIF ( LKPD 1)
PENILAIAN RANAH SIKAP
1) LEMBAR OBSERVASI
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik penilaian |
Waktu penilaian |
Instrument |
1 |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
2 |
Kerja sama |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
3 |
Mandiri |
Pengamatan |
Tugas |
Lembar observasi |
4 |
Bernalar Kritis |
Pengamatan |
Proses |
Lembar observasi |
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Sikap yang dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
Kreatif |
Kerja sama |
Mandiri |
Bernalar Kritis |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
..... |
|
|
|
|
|
|
|
|
2). RUBRIK PENILAIAN SIKAP
ASPEK |
INDIKATOR |
NILAI |
Kreatif |
Peserta didik memiliki rasa ingin tahu |
25 |
Peserta didik tertarik dalam mengerjalan tugas |
25 |
|
Peserta didik berani dalam mengambil resiko |
25 |
|
Peserta didik tidak mudah putus asa |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Kerja sama |
Peserta didik terlibat aktif dalam bekerja kelompok |
25 |
Peserta didik bersedia melaksanakan tugas sesuai kesepakatan |
25 |
|
Peserta didik bersedia membantu temannya dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan |
25 |
|
Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
|
|
|
Mandiri |
Peserta didik mampu memecahkan masalah |
25 |
Peserta didik tidak lari atau menghindari masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu mengambil keputusan |
25 |
|
Peserta didik bertanggung jawab |
25 |
|
Bernalar Kritis |
Pesertadidik mampumerumuskanpokok-pokok permasalahan |
25 |
Peserta didik mampu mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu memilih argumen logis, relevan, dan Akurat |
25 |
|
Peserta didik dapat mempertimbangkan kredibilitas (kepercayaan) sumber informasi yang diperoleh. |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
SKOR TOTAL |
400 |
CATATAN :
Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta |
100 |
|
250 |
83,33 |
SB |
mengusulkan ide / gagasan. |
||||||
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap |
100 |
|
|||
anggota mendapatkan kesempatan |
||||||
untuk berbicara. |
||||||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat |
|
|
|||
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 3 x 100 = 300
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 300) x 100 = 83,33
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN TEMAN SEBAYA
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Nama teman yang diamati: .....
Pengamat : .....
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
350 |
87,5 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
|
100 |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = (3 x 100) + (1 x 50) = 350
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,5
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
PENILAIAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
1.Kategori pengamatan proses ketrampilan pemecahan masalah
1) Proses kemampuan memahami masalah
2) Proses kemampuan merencanakan penyelesaian masalah
3) Proses kemampuan menyelesaiakan masalah
4) Proses kemampuan menafsirkan solusi penyelesaian masalah
Aspek yang diamati
No. |
Nama |
Memahami masalah |
Merencanakan penyelesaian |
Menyelesaikan masalah |
Menafsirkan solusi |
Jumlah |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
Rata-rata |
|
|
|
|
|
2. Pedoman penarikan kesimpulan
Rata-rata (x) |
Kategori |
0 < n ≤ 1,0 |
Tidak baik |
1,0 < n ≤ 2,0 |
Kurang baik |
2,0 < n ≤ 3,0 |
Cukup baik |
3,0 < n ≤ 4,0 |
Baik |
4,0 < n ≤ 5,0 |
Sangat baik |
Lampiran 3
ASESMEN SUMATIF
SOAL PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
1. Himpunan penyelesaian dari system persamaan linear tiga variable berikut ini
adalah…..
- { 1, 2, 3 }
- { 3, 7, 15 }
- { 2, 6, -3 }
- { 1, 3, 2 }
- { 15, 7, 3 }
2. Nilai z dari sistem persamaan linear tiga variabel berikut ini
adalah…..
A. -5
B. -3
C. -1
D. 1
E. 2
3. Toko alat tulis Pak Rudi menjual beberapa paket alat tulis, paket A berisi 3 buku, 1 spidol dan 2 tinta dijual dengan harga Rp 17.200,00. Paket B berisi 2 buku, 2 spidol dan 3 tinta dijual dengan harga Rp 19.700,00, sedangkan paket C berisi berisi 1 buku, 2 spidol dan 2 tinta dijual dengan harga Rp 14.000,00. Jika paket D berisi 1 buku, 1 spidol dan 1 tinta maka dijual dengan harga ….
A. Rp 2.800,00
B. Rp 3.000,00
C. Rp 5.800,00
D. Rp 8.500,00
E. Rp 11.500,00
4. Tiga beraudara Lia, Ria dan Via berbelanja ditoko buah. Mereka membeli apel, jambu dan mangga. L ia membeli dua buah apel, satu buah jambu dan satu buah mangga seharga Rp 47.000,00. Ria membeli satu buah apel, dua buah jambu dan satu buah mangga seharga Rp 43.000,00. Via membeli tiga buah apel, dua buah jambu dan satu mangga seharga Rp 71.000,00. Jika ibu membeli dua buah apel, tiga buah jambu dan satu buah mangga membayar dengan uang Rp 100.000,00, maka sisa uang kembalian ibu adalah…..
A. Rp 71.000,00
B. Rp 67.000,00
C. Rp 47.000,00
D. Rp 43.000,00
E. Rp 33.000,00
5. Masa kehamilan rata-rata (dalam hari) dari sapi , kuda dan kerbau apabila dijumlahkan adalah 975 hari. Masa kehamilan kerbau lebih lama 85 hari dari masa kehamilan sapi. Dua kali masa kehamilan sapi ditambah masa kehamilan kerbau sama dengan 3 kali masa kehamilan kuda dikurang 65. Berapa hari rata-rata masa kehamilan masing-masing hewan?
A. kerbau : 330 hari, sapi : 280 hari, kuda : 365 hari
B. kerbau : 330 hari, sapi ; 365 hari, kuda : 280 hari
C. kerbau : 365 hari, sapi ; 330 hari, kuda : 280 hari
D. kerbau : 365 hari, sapi ; 330 hari, kuda : 330 hari
E. kerbau : 365 hari, sapi ; 280 hari, kuda : 330 hari
KUNCI JAWABAN
- A
- B
- D
- E
- C
Lampiran 4
Soal pengayaan
- Diketahui tiga tahun lalu umur A sama dengan 2 kali umur B, sedangkan dua tahun yang akan datang , 4 kali umur A sama dengan umur B ditambah 36 tahun. Tentukan Umur A sekarang !
- Seorang penjual beras mencampur tiga jenis beras . Campuran beras pertama terdiri atas 1 kg jenis A, 2kg jenis B, dan 3 kg jenis C dijual dengan harga Rp 19.500,00. Campuran beras ke dua terdiri dari 2 kg jenis A, dan 3 kg jenis B dijual dengan harga Rp 19.000,00. Campuran beras ketiga terdiri atas 1 kg jenis B, dan 1 kg jenis C dijual dengan harga Rp 6.250,00. Harga beras jenis manakah yang paling mahal?
Kunci Jawaban
- 9 tahun
- Beras jenis A
Lampiran 5
Soal Remidial
1. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear tiga variabel
x – y + z = 3
2x + y – 3z = -5
3x + 2y + z = 16 , adalah….
A. {(2, 3, 4)}
B. {(-2, 3, 4)}
C. {(-2, -3, 4)}
D. {(2, 3, -4)}
E. {(2, -3, 4)}
2. Nilai x + y + z yang memenuhi dari SPLTV : x+ 2y +3z = 5, x + y + z = -1, 3x – 2y – z = -9 adalah….
A. -3
B. -2
C. -1
D. 1
E. 9
3. Penyelesaian dari sistem persamaan linear tiga variabel
x + y - z = -3
x + 2y + z = 7
2x + y + z = 4 , adalah…..
A. (1 , 2, 4)
B. (-1, 2, 4)
C. (-1, -2 , 4)
D. (-1, -2, -4)
E. (1, 2, -4)
4. Ani, Beti dan Cindi berbelanja ditoko buah yang sama, Ani membeli 3 kg mangga, 2 kg jeruk, dan 5 kg apel dengan harga Rp 92.500,00. Beti membeli 2 kg mangga, 1 kg jeruk, dan 3 kg apel dengan harga Rp 55.000,00. Cindi membeli 1 kg mangga, 1 kg jeruk dan 1 kg apel dengan harga Rp 26.000,00. Jika Erna membeli 2 kg mangga dan 1 kg apel , berapa erna harus membayar? Dari permasalahan tersebut jika x adalah harga per kilo gram mangga, y adalah harga per kilo gram jeruk dan z adalah harga per kilo gram apel, maka model matematikanya adalah….
A. 3x + 2y + 5z = 92.500
2x + y + 3z = 55.000
x + y + z = 26.000
B. 3x + 2y + z = 92.500
2x + y + z = 55.000
5x + 3y + z = 26.000
C. 3x + y + 5z = 92.500
2x + 2y + z = 55.000
x + y + z = 26.000
D. 3x + y + 3z = 92.500
2x + 2y + 5z = 55.000
x + 2y + z = 26.000
E. 3x + y + 5z = 92.500
2x + y + z = 55.000
x + y + z = 26.000
5. Pada sebuah toko buku Ana membeli alat-alat tulis berupa 4 buku , 2 pena, dan 3 pensil dengan harga Rp 26.000,00. Lia membeli 3 buku, 3 pena, 1 pensil dengan harga Rp 21.000,00. Nisa membeli 3 buku dan 1 pensil dengan harga Rp 12.000,00. Jika Rahma membeli 2 pena dan 3 pensil maka Rahma harus membayar….
A. Rp 21.200,00
B. Rp 17.800,00
C. Rp 15.000,00
D. Rp 13.200,00
E. Rp 10.800,00
Kunci Jawaban
- A 4. A
- C 5. D
- B
Lampiran 6
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 1
(Pertemuan ke- 1)
Buatlah model matematika (SPLTV), dari permasalahan berikut!
1. Pada sebuah toko buku , Ana membeli alat-alat tulis berupa 4 buku, 2 pena dan 3 pensil dengan harga Rp 26.000,00. Lia membeli 3 buku, 3 pena dan 1 pensil dengan harga Rp 21.000,00. Nisa membeli 3 buku dan 1 pensil dengan harga Rp 12.000,00. Jika Rohana membeli 2 pena dan 3 pensil maka biaya yang harus dibayar Rohana adalah...
2. Toko roti Bakri menjual roti pisang, roti keju dan roti stoberi. Budi membeli 3 roti pisang, 4 roti keju dan 6 roti stroberi. Seharga Rp 57.000,00. Nana membeli 5 roti pisang, 2 roti keju dan 7 roti stroberi seharga Rp 59.000,00.Susi membeli 1 roti pisang, 2 roti keju, dan 3 roti stroberi seharga Rp 27.000,00. Berapakah harga masing-masing satu roti?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 2
(Pertemuan ke-2)
Tentukan Himpunan Penyelesaian dari SPLTV berikut ini!
1. 2x - 2y + 3z = 4…….. (1)
x + y + 2z = 1……..(2)
x - y + z = 3 ………(3)
2. x - y + z = 3…….. (1)
2x + y – 3z = -5 ……..(2)
3x + 2y + z = 16………(3)
3. Toko roti Bakri menjual roti pisang, roti keju dan roti stoberi. Budi membeli 3 roti pisang, 4 roti keju dan 6 roti stroberi. Seharga Rp 57.000,00. Nana membeli 5 roti pisang, 2 roti keju dan 7 roti stroberi seharga Rp 59.000,00. Susi membeli 1 roti pisang, 2 roti keju, dan 3 roti stroberi seharga Rp 27.000,00. Berapakah harga masing-masing satu roti?
Lampiran 7
Bahan bacaan Guru dan pesrta didik
(Materi pertemuan ke-1 , 2 JP )
SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
A. Menyusun dan menemukan konsep Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Persamaan dan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) sudah kamu pelajari saat duduk dibangku SMP. Kamu juga sudah tahu dan sudah mempelajari cara menyelesaikan SPLDV sewaktu di SMP, yaitu dengan metode substitusi, eliminasi gabungan eliminasi dan substitusi, serta grafik. Pada bab ini kita akan mempelajajari Sistem persamaan linear tiga variabel .
Banyak permasalahan dalam kehidupan nyata yang menyatu dengan fakta, dan lingkungan budaya kita terkait dengan sistem persamaan linear. Permasalahan-permasalahan tersebut akan menjadi bahan inspirasi menyusun model matematika yang ditemukan dari proses penyelesaiannya. Model matematika tersebut akan dijadikan bahan abstraksi untuk membangun konsep sistem persamaan linear dan konsep sistem persamaan linear tiga variabel.
Contoh
Masalah 1:
Dari Ilustrasi pada gambar di atas ,Ari, Bela, Cici dan Dina bersama-sama pergi ke toko buah yang sama. Ari membeli 2 kg mangga, 2 kg jeruk dan 1 kg anggur dia harus membayar Rp 70.000,00. Bela membeli 1 kg mangga, 2 kg Jeruk, dan 2 kg anggur , dia harus membayar Rp 90.000,00. Cici membeli 2 kg mangga, 2 kg jeruk dan 3 kg anggur, dia harus membayar Rp 130.000,00. Jika Dina ingin membeli 1 kg mangga, 1 kg jeruk dan 1 kg anggur, berapa Dina harus membayar? Dari masalah tersebut, buatlah model matematikanya (SPLTV)!
Menyusun SPLTV:
Sebelum menyelesaikan masalah Dari masalah 1 diatas buatlah model matematikanya atau nyatakan dalam model matematika (SPLTV)!
Dari masalah 1 diatas
Misalkan : x adalah harga per kg mangga,
y adalah harga per kg jeruk,
z adalah harga per kg anggur
|
x |
Y |
z |
Harga (Rp) |
ARI |
2 |
2 |
1 |
70.000 |
BElA |
1 |
2 |
2 |
90.000 |
CICI |
2 |
2 |
3 |
130.000 |
Model matematika / SPLTV dari masalah 1 diatas adalah:
2x + 2y + z = 70.000 .....( 1 )
X + 2y + 2z = 90.000 .....( 2 )
2x + 2y + 3z = 130.000 ....( 3 )
Definisi
Sistem persamaan linear tiga variabel adalah suatu sistem persamaan linear dengan tiga variabel.
Bentuk umum sistem persamaan linear dengan tiga variabel x, y, dan z adalah
a1x + b1y + c1z = d1
a2x + b2y + c2z = d2
a3x + b3y + c3z = d3
dengan a1, a2, a3, b1, b2, b3, c1, c2, c3, d1, d2, d3, x, y, dan z Ɛ R, dan a1, b1, dan c1 tidak sekaligus ketiganya 0 dan a2, b2, dan c2 tidak sekaligus ketiganya 0, dan a3, b3, dan c3 tidak sekaligus ketiganya 0.
x, y, dan z adalah variabel
a1, a2, a3 adalah koefisien variabel x.
b1, b2, b3 adalah koefisien variabel y.
c1, c2, c3 adalah koefisien variabel z.
d1, d2, d3, adalah konstanta persamaan.
(Materi pertemuan ke-2, 2 JP )
B. Menentukan penyelesaian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
Untuk menentukan penyelesaian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) ada tiga cara atau tiga metode yaitu: Metode Substitusi, Metode Eliminasi, dan metode gabungan eliminasi dan substitusi.
1. Metode Substitusi
Untuk menentukan penyelesaian (SPLTV) dengan metode substitusi langkah-langkahnya sebagai berikut!
a) Pilih salah satu persamaan yang paling sederhana, kemudian nyatakan x sebagai fungsi y danz atau y sebagai fungsi x dan z atau z sebagai fungsi x dan y.
b) Substitusikan x atau y atau z yang diperoleh pada langkah pertama kedalam dua persamaan yang lainnya sehingga diperoleh sistem persamaan linear dua variabel(SPLDV).
c) Selesaikan SPLDV pada langkah kedua.
Contoh
Tentukan himpunan penyelesaian SPLTV berikut dengan cara substitusi
x + 2y + z = 4…….. (1)
2x + 2y + z = 5……..(2)
3x + y + 3z = 7………(3)
Jawab:
Dari persamaan (1) nyatakan x sebagai fungsi y dan z
x + 2y + z = 4 x = 4 - 2y – z …….(1)
Substitusikan persamaan (1) ke persamaan (2)
2x + 2y + z = 5
2(4 – 2y – z ) + 2y + z = 5
8 – 4y – 2z + 2y +z = 5
-2y - z = -3
-z = -3 + 2y
z = 3 – 2y …….(4)
Substitusikan persamaan (1) ke persamaan (3)
3x + y + 3z = 7
3( 4 - 2y – z) + y +3z = 7
12 – 6y -3z + y + 3z = 7
-5y + 12 = 7
-5y = -5
y = 1
Substitusikan y =1 ke persamaan (4)
z = 3 – 2y
z = 3 – 2(1)
z = 1
Substitusikan y =1 dan z = 1 ke persamamaan (1)
x = 4 - 2y – z
x = 4 – 2(1) – 1
x = 1
Jadi Himpunan Penyelesaiannya adalah HP = {( 1, 1, 1)}
2. Metode Eliminasi
Metode eliminasi merupakan metode penyelesaian dengan cara menghilangkan salah satu variabel atau peubah. Berikut langkah-langkah penyelesaian SPLTV dengan cara eliminasi:
a) Pilih bentuk peubah atau variabel yang paling sederhana
b) Eliminasi salah satu peubah (missal x) , sehingga diperoleh SPLDV
c) Eliminasi salah satu peubah SPLDV (missal y) ,sehingga diperoleh satu peubah.
d) Eliminasi peubah lainnya (yaitu z) untuk memperoleh nilai peubah yang kedua.
e) Tentukan nilai peubah ketiga (yaitu x) berdasarkan nilai (y dan z) yang diperoleh.
Contoh
Tentukan himpunan penyelesaian dari SPLTV berikut dengan metode eliminasi!
x + y + z = 3…….. (1)
3x - 2y + 3z = -1……..(2)
2x - y + 3z = 8………(3)
Jawab
Dari persamaan (1) dan (2) eliminasi x
x + y + z = 3 X3 3x + 3y + 3z = 9
3x - 2y + 3z = -1 X1 3x - 2y + 3z = -1
5y = 10
y = 2
Dari persamaan (1) dan (3) dieliminasi y
x + y + z = 3
2x - y + 3z = 8
3x + 4z = 11 ...........(4)
Dari persamaan (2) dan (3) eliminasi y
3x - 2y + 3z = -1 X1 3x - 2y + 3z = -1
2x - y + 3z = 8 X2 4x – 2y + 6z = 16
-x - 3z = -17
x + 3z = 17 ........(5)
Dari persamaan (4) dan (5) eliminasi x
3x + 4z = 11 X1 3x + 4z = 11
x + 3z = 17 X3 3x + 9z = 51
-5z = -40
z = 8 ........(6)
Dari persamaan (5) dan (6) eliminasi z
x+ 3z = 17 X1 x+ 3z = 17
z = 8 X3 3z = 24
x = -7
Jadi himpunan penyelesaiannya adalah HP = {( -7, 2, 8)}
3.Metode gabungan eliminasi dan substitusi
Contoh
Tentukan himpunan penyelesaian SPLTV berikut dengan cara gabungan eliminasi dan substitusi!
x - y + 3z = 4…….. (1)
2x + y – 2z = 8 ……..(2)
3x + y - 2z = 11………(3)
Jawab
Dari persamaan (1) dan (2) eliminasi y
x - y + 3z = 4
2x + y - 2z = 8
3x + z = 12 ...............(4)
Dari persamaan (1) dan (3) eliminasi y
x - y + 3z = 4
3x + y - 2z = 11
4x + z = 15 ...............(5)
Dari persamaan (4) dan (5) eliminasi z
3x + z = 12
4x + z = 15
-x = -3
x = 3
Untuk x = 3 , substitusi ke persamaan(4)
3x + z = 12
3(3) + z = 12
9 + z = 12
z = 3
Untuk x =3 dan z = 3 substitusi ke persamaan (1)
x - y + 3z = 4
3 – y + 3(3) = 4
3 + 9 – y = 4
12 - y = 4
-y = 4 – 12
-y = -8
y = 8
Jadi himpunan penyelesaiannya adalah HP = {( 3, 8, 3)}
C. Menyelesaikan Masalah yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel(SPLTV)
Penerapan sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) bias digunakan dalam dunia usaha, dan dapat muncul diberbagai bentuk serta sector dalam kehidupansehari-hari.
Contoh :
Masalah 1
Ari, Bela, Cici dan Dina bersama-sama pergi ke toko buah “SEGAR”. Ari membeli 2 kg mangga, 2 kg jeruk dan 1 kg anggur dia harus membayar Rp 70.000,00. Bela membeli 1 kg mangga, 2 kg Jeruk, dan 2 kg anggur , dia harus membayar Rp 90.000,00. Cici membeli 2 kg mangga, 2 kg jeruk dan 3 kg anggur, dia harus membayar Rp 130.000,00. Jika Dina ingin membeli 1 kg mangga, 1 kg jeruk dan 1 kg anggur, berapa Dina harus membayar?
Penyelesaian:
Dari contoh masalah 1 diatas
Misalkan : x adalah harga per kg mangga,
y adalah harga per kg jeruk,
z adalah harga per kg anggur
|
x |
y |
z |
Harga (Rp) |
ARI |
2 |
2 |
1 |
70.000 |
BElA |
1 |
2 |
2 |
90.000 |
CICI |
2 |
2 |
3 |
130.000 |
Model matematika / SPLTV dari masalah 1 diatas adalah:
2x + 2y + z = 70.000 .....( 1 )
x + 2y + 2z = 90.000 .....( 2 )
2x + 2y + 3z = 130.000 ....( 3 )
Dengan menggunakan metode gabungan Eliminasi dan Substitusi
Dari persamaan (1) dan (2) dieliminasi y
2x + 2y + z = 70.000 .....( 1 )
x + 2y + 2z = 90.000 .....( 2 )
x - z = - 20.000 ......(4)
Dari persamaan (1) dan (3) dieliminasi y
2x + 2y + z = 70.000....(1)
2x + 2y + 3z = 130.000…..(3)
-2z = - 60.000
z = 30.000
Untuk z = 30.000 disubstitusi ke (4)
x – z = - 20.000…..(4)
x – 30.000 = - 20.000
x = - 20.000 + 30.000
x = 10.000
Untuk z = 30.000 dan x = 10.000 substitusi ke persamaan(1)
2x + 2y + z = 70.000....(1)
2(10.000) + 2y + 30.000 = 70.000
20.000 +2y + 30.000 = 70.000
2y + 50.000 = 70.000
2y = 70.000 – 50.000
2y = 20.000
y = 10.000
Jadi harga 1 kg jeruk = Rp 10.000, 1 kg mangga = Rp 10.000, dan 1 kg = 30.000
Jika Dina membeli 1 kg mangga, 1 kg jeruk dan 1 kg anggur maka harus Dina harus membayar: 10.000 + 10.000 + 30.000 = 50.000 rupiah
UNDUH FILE PDF MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL MATEMATIKA DI SINI
KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE GAYA BELAJAR) SMA KELAS X
Baca dan Unduh https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/08/kumpulan-modul-ajar-pembelajaran.html
0 komentar:
Post a Comment