MODUL AJAR
I. INFORMASI UMUM
A. Identitas Modul
1. Nama Penyusun : Drs. WIDADA
2. Institusi : SMA Negeri 1 Kemusu
3. Tahun : 2022
4. Jenjang Sekolah : SMA
5. Kelas : X
6. Alokasi Waktu : 2 JP
B. Kompetensi Awal : Peserta didik telah memahami masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang tergolong permasalahan ekonomi
C. Profil Pelajar Pancasila : a. Kreatif (memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan)
Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
b. Bergotong royong (kolaborasi) : kerjasama
c. Mandiri (Regulasi Diri) : Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
d. Bernalar Kritis (memperoleh dan memproses informasi dan gagasan)
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
D. Sarana dan Prasarana : HP / Komputer / Laptop
Jaringan internet, Buku Paket Peserta Didik, Alat Tulis dan Bahan Ajar
E. Target Peserta Didik : Peserta didik regular / tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
F. Model Pembelajaran yang digunakan : Problem Basic Learning
II. KOMPONEN INTI
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan memahami tentang Konsep Dasar Ilmu Ekonomi, setelah melihat video pembelajaran tentang ekonomi di lingkungan kita
B. Pemahaman Bermakna
Peserta didik dapat menggunakan pengetahuan dasar ekonomi untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
C. Pertanyaan Pemantik
1. Permasalahan ekonomi apa saja yang Anda temukan di lingkungan sekitar?
2. Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut?
3. Potensi apa saja yang Anda temukan dalam memberikan solusi permasalahan ekonomi di lingkungan sekitar?
D. Persiapan Pembelajaran
1. Mengkondisikan peserta didik
2. Persiapan modul ajar/rancangan kegiatan belajar
Kegiatan Pembelajaran
Tahapan |
Kegiatan |
Waktu |
PENDAHULUAN |
1. Guru memberi salam, berdoa dan menyapa peserta didik 2. Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin 3. Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran 4. Membagi kelas dalam beberapa kelompok sesuai gaya belajar anak dan meminta peserta didik untuk duduk dalam kelompok-nya masing-masing |
10 Menit |
KEGIATAN INTI |
1. Sebelum pembelajaran dimulai guru sudah melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarakan profil belajar siswa 2. Guru menyiapkan materi yang dapat didengar (rekaman) oleh siswa melalui media MP3 (untuk anak auditori), guru juga menyiapkan materi konsep permasalahan ekonomi dengan menayangkan/mengirimkan video (untuk anak yang visual) dan menyiapkan presentasi/video komik bergambar tentang permasalahan ekonomi (untuk anak yang kinestetik).(diferensiasi konten) 3. STOP sejenak a. Siswa melakukan teknik STOP (rileks) dipandu guru b. Sebagai ice breaking dilakukan tebak-tebakan emosi (disajikan gambar di slide kemudian siswa menebak emosi pada gambar) c. Diberikan 4 gambar emosi (senang, marah, kecewa, dan sedih), siswa menggambarkan salah satu gambar emosi tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang perasaannya. d. Kemudian diberikan 2 ekspresi yaitu Sedih dan Senang, kemudian tanyakan kepada murid apa yang harus dilakukan oleh kita ketika melihat teman kita mengalami masing-masing ekspresi tersebut 4. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi permasalahan ekonomi dengan cara : mendengarkan, menonton dan menyimak video atau gambar-gambar fenomena alam. (Kegiatan Literasi ) 5. Peserta didik mengamati masing-masing media tentang permasalahan ekonomi dan guru bertanya jawab tentang isi dari media yang telah ditayangkan atau di perdengarkan. (diferensiasi proses) 6. Peserta didik bersama dengan guru melakukan diskusi mengenai permasalahan ekonomi (Collaboration and Problem solving) 7. Peserta didik mengerjakan LKPD untuk membantu dalam memahami materi tentang permasalahan ekonomi. Peserta didik diminta untuk membaca dan mencari informasi melalui internet, buku paket yang dimiliki oleh peserta didik sebagai sumber belajar lainnya. 8. Peserta didik melakukan diskusi melalui group diskusi untuk menyelesaikan soal LKPD Peserta didik membuat hasil karya maping map tentang permasalahan ekonomi (Diferensiasi Produk ) |
70 Menit |
PENUTUP |
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama 2. Guru mengingatkan tentang materi untuk pertemuan berikutnya 3. Guru dan Peserta didik mengucapkan salam dan berdoa penutup
|
10 Menit |
E. Asesmen
Bentuk asesmen :
No |
Penilaian |
Deskripsi |
Keterangan |
1 |
Asesmen diagnostik (kognitif dan non kognitif) |
Lisan/tertulis |
Lampiran 1 |
2 |
Asesmen formatif (Sikap, Ketrampilan) |
Observasi, Performa |
Lampiran 2 |
3 |
Asesmen Sumatif (Pengetahuan) |
Tertulis PG/essay |
Lampiran 3 |
F. Pengayaan dan Remedial
No |
Kegiatan |
Deskripsi |
Keterangan |
1 |
Pengayaan |
untuk peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran |
Lampiran 4 |
2 |
Remedial |
untuk peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran |
Lampiran 5 |
G. Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi Bagi Peserta Didik
No |
Informasi yang diharapkan |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Mengetahui apa yang dipahami setelah pembelajaran |
Apa yang sudah dipelajari pada pembelajaran ini?
|
|
2 |
Mengetahui pertanyaan saat pembelajaran berlangsung dan belum terjawab hingga akhir pembelajaran |
Apa saja yang muncul dan belum didapatkan jawabannya selama pembelajaran berlangsung? |
|
Refleksi Bagi Guru:
No |
Informasi yang diharapkan |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Mengetahui kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan materi yang disampaikan |
Apakah materi pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran? |
|
2 |
Mengetahui kesesuaian alokasi waktu |
Alokasi waktu pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan? |
|
3 |
Mengetahui efektivitas pembelajaran |
Apakah pembelajaran dengan menggunakan model inquiry discovery learning efektif diterapkan pada pembelajaran hari ini? |
|
III. LAMPIRAN
A. Lembar kerja untuk peserta didik
Jawablah pertanyaan di bawah ini:
a. Jelaskan pengertian ilmu ekonomi dengan pemahaman kalian!
b. Identifikasi ruang lingkup ekonomi
c. Kelangkaan dan biaya peluang
Lampiran 6
B. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Lampiran 7
C. Glosarium
Istilah-istilah yang disusun secara alphabetik :
a. Applied economics
b. Budget
c. Deal
d. Economic theory
e. Form utility
f. International labour
g. Organization
h. Oikonomia
i. Opportunity cost
j. Ownership utility
k. Place utility
l. Profit and loss sharing
m. Time utility
D. Daftar Pustaka
Buku Ekonomi Ismawanto 1 Kurikulum 2013, Kelompok Peminatan Ilmu Sosial,
CV Putra Kertonatan, Surakarta dan buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn,
internet dan nara sumber
Kemusu, ..... Mei 2022
Mengetahui, Kemusu, 10 Juni 2022
Kepala SMA Negeri 1 Kemusu Guru Mata Pelajaran
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. Drs. Widada
NIP 197207081998011001 NIP 196612042006041008
Lampiran 1
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN NON-KOGNITIF
1) Apa kabar semuanya pada hari ini?
2) Apa saja yang kamu lakukan sebelum belajar di pagi ini ?
3) Apa harapan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini nanti ?
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN KOGNITIF
1. Jelaskan pengertian dari permasalahan ekonomi!
2. Apa yang dimaksud dengan ruang lingkup ekonimi!
Lampiran 2
ASESMEN FORMATIF ( LKPD 1)
PENILAIAN RANAH SIKAP
1) LEMBAR OBSERVASI
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik penilaian |
Waktu penilaian |
Instrument |
1 |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
2 |
Kerja sama |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
3 |
Mandiri |
Pengamatan |
Tugas |
Lembar observasi |
4 |
Bernalar Kritis |
Pengamatan |
Proses |
Lembar observasi |
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Sikap yang dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
Kreatif |
Kerja sama |
Mandiri |
Bernalar Kritis |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2). RUBRIK PENILAIAN SIKAP
ASPEK |
INDIKATOR |
NILAI |
Kreatif |
Peserta didik memiliki rasa ingin tahu |
25 |
Peserta didik tertarik dalam mengerjalan tugas |
25 |
|
Peserta didik berani dalam mengambil resiko |
25 |
|
Peserta didik tidak mudah putus asa |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Kerja sama |
Peserta didik terlibat aktif dalam bekerja kelompok |
25 |
Peserta didik bersedia melaksanakan tugas sesuai kesepakatan |
25 |
|
Peserta didik bersedia membantu temannya dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan |
25 |
|
Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Mandiri |
Peserta didik mampu memecahkan masalah |
25 |
Peserta didik tidak lari atau menghindari masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu mengambil keputusan |
25 |
|
Peserta didik bertanggung jawab |
25 |
|
Bernalar Kritis |
Pesertadidik mampumerumuskanpokok-pokok permasalahan |
25 |
Peserta didik mampu mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu memilih argumen logis, relevan, dan Akurat |
25 |
|
Peserta didik dapat mempertimbangkan kredibilitas (kepercayaan) sumber informasi yang diperoleh. |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
SKOR TOTAL |
400 |
CATATAN :
Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta |
100 |
|
250 |
83,33 |
SB |
mengusulkan ide / gagasan. |
||||||
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap |
100 |
|
|||
anggota mendapatkan kesempatan |
||||||
untuk berbicara. |
||||||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat |
|
|
|||
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 3 x 100 = 300
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 300) x 100 = 83,33
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN TEMAN SEBAYA
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Nama teman yang diamati:
Pengamat :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
350 |
87,5 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
|
100 |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = (3 x 100) + (1 x 50) = 350
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,5
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
PENILAIAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
1. Kategori pengamatan proses ketrampilan pemecahan masalah
1) Proses kemampuan memahami masalah
2) Proses kemampuan merencanakan penyelesaian masalah
3) Proses kemampuan menyelesaiakan masalah
4) Proses kemampuan menafsirkan solusi penyelesaian masalah
2. Aspek yang diamati
No. |
Nama |
Memahami masalah |
Merencanakan penyelesaian |
Menyelesaikan masalah |
Menafsirkan solusi |
Jumlah |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
Rata-rata |
|
|
|
|
|
3. Pedoman penarikan kesimpulan
Rata-rata (x) |
Kategori |
0 < n ≤ 1,0 |
Tidak baik |
1,0 < n ≤ 2,0 |
Kurang baik |
2,0 < n ≤ 3,0 |
Cukup baik |
3,0 < n ≤ 4,0 |
Baik |
4,0 < n ≤ 5,0 |
Sangat baik |
Lampiran 3
ASESMEN SUMATIF
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1. Berikan penjelasan tentang mengapa kita mempelajari ilmu ekonomi ?
2. Jelaskan perbedaan antara ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro !
3. Bagaimana kedudukan ilmu ekonomi dalam ilmu-ilmu sosial ? Berikan alasannya!
4. Dalam perkembangannya ilmu ekonomi terapan sangat banyak, diantaranya ilmu matematika ekonomi, ekonomi perusahaan, ekonomi moneter dan ekonomi syariah. Berikan penjelasan perkembangan ilmu ekonomi terapan tersebut !
5. Jelaskan hubungan antara ilmu ekonomi dan kemakmuran (individu, masyarakat dan bangsa) !
Lampiran 4
SOAL PENGAYAAN
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1. Ada sementara orang berpendapat bahwa prinsip ekonomi adalah berusaha dengan biaya yang serendah-rendahnya untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya. Coba kamu pikirkan secara logis, layakkah pernyataan tersebut sebagai prinsip ekonomi? Berikan penjelasan!.
2. Berikan penjelasan tentang prinsip ekonomi dan motif ekonomi!
3. Identifikasikan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam melakukan perbuatan yang berdasarkan prinsip ekonomi!
4. Berikan lima contoh seseorang melakukan perbuatan ekonomi berdasarkan prinsip ekonomi!
5. Berikan lima contoh seseorang melakukan motif ekonomi!
Score : Setiap soal memiliki nilai 5
Nilai akhir :
Lampiran 5
SOAL REMEDIAL
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1. Berikan penjelasan tentang mengapa kita mempelajari ilmu ekonomi ?
2. Jelaskan perbedaan antara ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro !
3. Bagaimana kedudukan ilmu ekonomi dalam ilmu-ilmu sosial ? Berikan alasannya!
4. Dalam perkembangannya ilmu ekonomi terapan sangat banyak, diantaranya ilmu matematika ekonomi, ekonomi perusahaan, ekonomi moneter dan ekonomi syariah. Berikan penjelasan perkembangan ilmu ekonomi terapan tersebut !
5. Jelaskan hubungan antara ilmu ekonomi dan kemakmuran (individu, masyarakat dan bangsa)
JAWABAN DAN PEMBAHASAN
1. Karena dengan mempelajari ilmu ekonomi diharapkan kedepanya kita bisa memperoleh kemakmuran.
2. Ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas perekonomian yang bersifat bagian
Kecil, sedangkan Ekonomi makro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari
mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan.
3. Ilmu ekonomi merupakan bagian dari ilmu sosial yang membahas kegiatan manusia dalam usaha
Memenuhi kebutuhan hidupnya hingga tercapai kemakmuran
4. ilmu ekonomi merupakan ilmu praktis yang selalu mengikuti perkembangan jaman
5. Ilmu ekonomi merupakan dasar dan teori dalam mencapai kemakmuran manusia, masyarakat dan
Bangsa.
Lampiran 6
FORMAT PENGAMATAN
Kompetensi yang dinilai : Penilaian Sikap (Observasi)
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
1.1. Mensyukuri sumber daya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan
1.1. Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi
No. |
Nama Siswa |
Spritual |
Jujur |
Disiplin |
Tangg jwb |
Toleransi |
Gotong Ry |
Santun |
Percaya Dr |
Jmh Skor |
Nilai |
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Score :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00
Baik : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19
Cukup : apabila memperoleh skor 2.40 – 2,79
Kurang : apabila memperoleh skor kurang 2.40
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1. Sikap Spiritual
a. Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b. Menjalankan ibadah tepat waktu.
c. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
d. Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa.
e. Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri
f. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
g. Berserah diri kpd Tuhan bila gagal dalam mengerjakan sesuatu.
h. Menjaga lingk. hidup di sekitar tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
i. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan YME
j. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia.
k. Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai agamanya.
2. Sikap Jujur
a. Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
b. Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.
c. Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
d. Melaporkan barang yang ditemukan
e. Melaporkan data atau informasi apa adanya
f. Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
3. Sikap Disiplin
a. Datang tepat waktu
b. Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/sekolah
c. Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai waktu yang ditentukan
d. Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya ilmiah
4. Sikap Tanggung jawab
a. Melaksanakan tugas individu dengan baik
b. Menerima risiko atas perbuatan yg dilakukan
c. Tidak menuduh orang lain tanpa bukti
d. Mengembalikan barang yg dipinjam
e. Meminta maaf atas kesalahan yg dilakukan
5. Sikap Toleransi
a. Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
b. Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
c. Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
d. Dapat menerima kekurangan orang lain
e. Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
6. Sikap Gotong Royong
a. Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
b. Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
c. Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
d. Aktif dalam kerja kelompok
7. Sikap Santun
a. Menghormati orang yang lebih tua.
b. Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
c. Tidak meludah di sembarang tempat.
d. Tidak menyela pembicaraan.
e. Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
f. Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
g. Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
8. Sikap Percaya Diri
a. Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
b. Mampu membuat keputusan dengan cepat
a. Tidak mudah putus asa
b. Tidak canggung dalam bertindak
c. Berani presentasi di depan kelas
d. Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
PENILAIAN LAPORAN
Penilaian kompetensi ketrampilan : Penilaian Proyek
Kompetensi Dasar :
4.1. Menyajikan konsep dasar ilmu ekonomi
Indikator :
4.1.1. Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
No |
Nama Siswa/Kelompok |
Sistematika Penulisan |
Keakuratan Sumber Data / Informasi |
Kuantitas Sumber Data |
Analisis Data |
Simpulan laporan |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Score :
Keterangan :
Skala penilaian laporan dibuat dengan rentang antara 1 s.d 4.
1 = kurang; 2 = cukup; 3 = Baik; 4 = sangat baik;
Lampiran 7
Bahan Bacaan Guru dan Siswa
KONSEP ILMU EKONOMI
A. PENGERTIAN ILMU EKONOMI
Ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran disebut ilmu ekonomi. Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi,dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Perhatikanlah dalam kehidupan sehari-hari, ketika kamu mendapatkan uang saku, kamu harus mengalokasikannya untuk memenuhi kebutuhanmu, seperti alat tulis, pulsa, tiket nonton, dan makan. Perhatikanlah pula, di bidang apa pun, selalu berurusan dengan permasalahan bagaimana cara agar kebutuhan terpenuhi dengan sumber daya yang ada.
Ilmu ekonomi memiliki peran di segala sektor rumah tangga, seperti manajemen, perusahaan, masyarakat keuangan, perbankan, politisi dan perdagangan internasional. Maka, ilmu ekonomi dikatakan seperti ilmu yang mengatur rumah tangga. Hal tersebut tidak lepas dari istilah "ekonomi" sendiri yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Maka, secara garis besar, kata ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Maka, setiap manusia dalam kegiatan rumah tangga, selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhannya baik berupa barang maupun jasa agar tercapai kemakmuran.
Menurut Prof. P.A. Samuelson dalam bukunya yang berjudul Foundations of Economic Analysis, mengemukakan bahwa Ilmu Ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang dan di masa mendatang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat. Ilmu ekonomi menganalisis biaya dan keuntungan serta memperbaiki corak penggunaan sumber daya-sumber daya.
Berdasarkan definisi ilmu ekonomi yang dikemukakan oleh Prof. PA Samuelson, terdapat prinsip dasar yang melahirkan ekonomi adalah :
1 . kelangkaan (scarcity), dan
2 . pilihan (choice).
Dengan demikian, masalah yang dihadapi oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya adalah bahwa kebutuhannya itu tidak terbatas, sementara alat pemuas kebutuhannya terbatas (terbatasnya kebutuhan bukan dalam arti penyediaan nominal, melainkan terbatas dalam pengertian riel, karena Allah Swt. menciptakan bumi dan isinya berlimpah untuk kebutuhan manusia).
Untuk itu, ilmu ekonomi mencakup segala perilaku manusia dalam hubungannya dengan pemenuhan kebutuhan yang beraneka ragam, baik perilaku sebagai produsen, maupun perilaku sebagai konsumen.
Dari gambaran di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Ilmu Ekonomi adalah ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi agar tercapai kemakmuran.
Mengapa belajar ilmu ekonomi? Pertanyaan ini layak untuk diajukan dalam kehidupan. Kalau kita pelajari lebih lanjut tentang ilmu ekonomi akan dapat memberikan manfaat yang dapat kita peroleh dalam kehidupan, di antaranya sebagai berikut.
1. Memperbaiki cara berfikir yang membantu dalam pengambilan keputusan
2. Membantu memahami masyarakat
3. Membantu memahami masalah-masalah internasional (global)
4. Bermanfat dalam membangun masyarakat demokrasi
- Dengan mempelajari ilmu ekonomi, membuat manusia lebih mahir dan menguasai cara memanfaatkan ekonomi yang baik dan benar sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.
- Bisa mengetahui wujud perilaku ekonomi dalam kehidupan nyata
- Timbul pemahaman dan kesadaran akan keterbatasan potensi yang dimiliki oleh manusia dan lingkungan.
Adapun tujuan kita mempelajari ilmu ekonomi adalah agar kita dapat melakukan hal-hal berikut.
1. Memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan negara
2. Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi
3. Membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara
4. Membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional
B. PEMBAGIAN ILMU EKONOMI
Berikut pembagian ilmu ekonomi berdasarkan masalah yang dipelajari, kegiatannya, dan berdasarkan fundamental historisnya.
1. Pembagian Ilmu Ekonomi Menurut Masalah yang Dipelajari
Menurut masalah yang dipelajari, ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu
a. Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics),
Amatilah ketika terjadi peristiwa kenaikan harga barang, kelangkaan barang yang ada di pasar, terjadinya gagal panen, dan pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi. Peristiwa-peristiwa tersebut merupakan peristiwa ekonomi yang muncul di dalam lingkungan masyarakat secara nyata. Maka, gambaran peristiwa secara nyata dan muncul di dalam masyarakat inilah yang dipelajari dengan ilmu ekonomi deskriptif. Dengan demikian, ekonomi deskriptif menggambarkan atas peristiwa-peristiwa ekonomi yang timbul dalam masyarakat, sehingga tidak diperlukan penjelasan dan penilaian atas fakta atau peristiwa tersebut.
Tugas utama ekonomi deskriptif adalah mengumpulkan keterangan-keterangan faktual yang relevan dengan masalah ekonomi. Deskripsi masalah ekonomi menjadi rumit, berkaitan dengan fakta bahwa aspek manusia dipengaruhi oleh banyak faktor dalam perilakunya. Hal ini terjadi oleh karena dalam masyarakat, perubahan-perubahan yang terjadi bersifat kompleks, dan tentunya tidak hanya dipengaurhi oleh variabel-variabel ekonomi saja.
b. Ekonomi Teori (Theory Economics)
Apakah yang dibahas dalam teori ekonomi atau ekonomi teori? Teori Ekonomi (economics theory) memberikan pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. Tugas teori ekonomi adalah memberikan abstraksi dari kenyataan yang terjadi dalam perekonomian. ekonomi bersifat kompleks, untuk itu perlu penyederhanaan dan abstrasksi yang dituangkan dalam teori.
Adapun teori dasar dalam ilmu ekonomi dibedakan menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro yang membahas permasalahan bersifat parsial atau bagian kecil dari kegiatan perekonomian, dan teori ekonomi makro yang membahas permasalahan ekonomi yang bersifat global atau menyeluruh. Berikut penjelasan masing-masing.
a. Ekonomi Mikro
Ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas perekonomian yang bersifat bagian kecil, yang memusatkan perhatiannya pada masalah bagaimana konsumen akan mengalokasikan pendapatannya yang terbatas terhadap berbagai macam barang dan jasa yang dibutuhkan, untuk memperoleh kepuasan maksimum. Ekonomi mikro ini, pada umumnya membahas tiga masalah pokok ekonomi modern, yakni What, Hor dan For Whom. What, artinya apa dan berapa banyak barang dan jasa dapat diproduksikan; how, artinya bagaimana caranya memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan; for whom, artinya untuk siapa barang dan jasa diproduksikan.
b. Ekonomi Makro
Ekonomi makro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan. Dengan demikian hubungan kausal yang dipelajari dalam ekonomi makro, pada intinya adalah hubungan antar variabel ekonomi agregatif (secara keseluruhan), seperti tingkat pendapatan nasional, tingkat kesempatan kerja, pengeluaran konsumsi rumah tangga, saving (tabungan), investasi nasional, tingkat bunga, jumlah uang yang beredar, neraca pembayaran, stok kapital nasional, dan utang pemerintah.
Hubungan di antara variabel-variabel tersebut, dapat bersifat kausal (sebab akibat) dan bersifat fungsional (saling memengaruhi). Bersifat hubungan kausal (sebab akibat), seperti hubungan antara jumlah uang beredar dan laju inflasi; hubungan antara meningkatnya pengeluaran konsumsi pemerintah dan menurunnya tingkat pengangguran. Adapun yang bersifat hubungan fungsional (saling memengaruhi), seperti hubungan pendapatan dengan pengeluaran konsumsi dan investasi, dan hubungan antara pendapatan dan pengeluaran konsumsi dan tabungan.
c. Ekonomi Terapan (Applied Economics)
Ekonomi Terapan (applied economics) disebut juga ekonomi kebijakan, dengan mengambil konsep dalam teori ekonomi dicoba untuk menerapkannya dalam kebijakan ekonomi dengan tetap memperhatikan pada data dan fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptive. Adapun tujuan kebijakan ekonomi, antara lain, mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat; menciptakan kestabilan harga; mengatasi masalah pengangguran; mewujudkan distribusi pendapatan yang merata. Dengan demikian, ekonomi terapan melaksanakan teori ekonomi tertentu atau cabang ilmu ekonomi pada masalah tertentu. Contoh ekonomi terapan, antara lain, Matematika Ekonomi, Politik Ekonomi, Ekonomi Perusahaan, Ekonomi Internasional, Ekonomi Moneter, Ekonomi Syariah, dan Ekonomi Keuangan (Keuangan Negara).
2. Ilmu Ekonomi Berdasarkan Kegiatannya
a. Kegiatan Produksi
b. Kegiatan Distribusi
c. Kegiatan Konsumsi
3. Pembagian Ilmu Ekonomi Secara Fundamental dan Historis
Ilmu ekonomi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Maka, secara fundamental dan historis, ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
a. Ilmu Ekonomi Positif
Hanya membahas deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan yang terjadi dalam ekonomi. Merupakan ilmu yang melibatkan diri dalam masalah “apakah yang terjadi”. Oleh karena itu ilmu ekonomi netral terhadap nilai-nilai. Artinya, ilmu ekonomi positif atau bebas nilai, hanya menjelaskan ‘apakah harga itu’ dan ‘apakah yang terjadi jika harga itu naik atau turun’ bukan ‘apakah harga itu adil atau tidak’.
b. Ilmu Ekonomi Normatif
Membahas pertimbangan-pertimbangan nilai etika. Ilmu ekonomi normatif beranggapan bahwa ilmu ekonomi harus melibatkan diri dalam mencari jawaban atas masalah “apakah yang seharusnya terjadi”.
C. PRINSIP EKONOMI DAN MOTIF EKONOMI
1. Prinsip Ekonomi
a. Pengertian prinsip ekonomi
Prinsip Ekonomi adalah pedoman/patokan yang digunakan manusia dalam melakukan kegiatan atau tindakan ekonomi. Pedoman tersebut berupa kalimat istimewa, yaitu dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang tertentu atau dengan pengorbanan yang tertentu untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.
b. Ciri-Ciri Perilaku Seseorang yang Menggunakan Prinsip Ekonomi
1) Bersikap hemat
2) Menentukan skala prioritas
3) Bertindak secara rasional dan ekonomis
4) Bertindak dengan prinsip cost and benefit
Amatilah contoh seseorang yang bertindak berdasarkan prinsip ekonomi dan yang tidak berdasarkan prinsip ekonomi berikut.
a. Bertindak berdasarkan prinsip ekonomi
Berikut contoh tindakan yang berdasarkan prinsip ekonomi.
1) berusaha mencari keuntungan maksimal dari modal yang tersedia;
2) membeli barang dengan menawar harga;
3) berbelanja dengan mendahulukan kepentingan yang mendesak;
4) produsen memproduksi barang dengan kualitas yang baik dan murah harganya;
5) memproduksi barang yang harganya dapat dijangkau oleh masyarakat;
6) memproduksi barang dengan tehnologi tepat guna.
b. Bertindak tidak berdasarkan prinsip ekonomi;
Setelah membaca contoh tindakan yang berdasarkan prinsip ekonomi, bandingkan dengan tindakan yang tidak berdasarkan prinsip ekonomi di bawah ini.
1) Membeli barang dalam jumlah yang banyak;
2) Berbelanja untuk memenuhi seluruh kebutuhannya;
3) Memproduksi barang dengan biaya yang tinggi.
2. Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah gejala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi. Tindakan atau motif ekonomi seseorang biasanya berupa berikut:
1. motif untuk mencari keuntungan/kemakmuran;
2. motif untuk mencapai kekuasaan;
3. motif untuk mencapai penghargaan;
4. motif untuk melakukan kegiatan sosial.
Unduh File Modul Ajar Ekonomi Berdiferensiasi klik DI SINI
KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE
GAYA BELAJAR) SMA KELAS X SEMUA MATA PELAJARAN
0 komentar:
Post a Comment