05 November 2017
SOAL PERSIAPAN UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs. KOMPETENSI MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF
MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF
Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama paragraf. Letaknya bisa terdapat pada awal, tengah, menyebar, akhir, awal dan akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
CONTOH SOAL UN 2016/2017 DAN PEMBAHASAN
Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama paragraf. Letaknya bisa terdapat pada awal, tengah, menyebar, akhir, awal dan akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
CONTOH SOAL UN 2016/2017 DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: A
Pembahasan04 November 2017
03 November 2017
MENYIMPULKAN PERSAMAAN ISI DUA TEKS
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA
SMK/MAK (NOMOR 3)
MEMBANDINGKAN BERBAGAI TEKS
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Soal di atas menanyakan persamaan isi kedua teks.
Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2016/2017 Bahasa Indonesia SMK/MAK termasuk
ke ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif penalaran. Kompetensi
yang diuji yaitu menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks.
ISI TEKS ANEKDOT
PEMBAHASAN SOAL
UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMK/MAK
MENENTUKAN PERNYATAAN YANG SESUAI DENGAN ISI TEKS ANEKDOT
Soal di atas menanyakan isi teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN bahasa Indonesia tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal di atas tergolong level pengetahuan dan pemahaman (mengidentifikasi informasi tersurat). Kompetensi yang diuji yaitu menentukan pernyataan yang sesuai isi teks.
MENENTUKAN PERNYATAAN YANG SESUAI DENGAN ISI TEKS ANEKDOT
Kunci Jawaban: C
PembahasanSoal di atas menanyakan isi teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN bahasa Indonesia tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal di atas tergolong level pengetahuan dan pemahaman (mengidentifikasi informasi tersurat). Kompetensi yang diuji yaitu menentukan pernyataan yang sesuai isi teks.
02 November 2017
MENGIDENTIFIKASI KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA
INDONESIA SMA/MA
MENGIDENTIFIKASI KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA KOMA (,)
Soal di atas menanyakan penggunaan tanda baca (koma) yang tepat. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 termasuk ke dalam ruang lingkup materi menyunting ejaan dan tanda baca level kognitif aplikasi. Kompetensi yang diuji yaitu menggunakan tanda baca/mampu menggunakan tanda baca koma (,) dengan tepat.
MENGIDENTIFIKASI KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA KOMA (,)
Kunci Jawaban: A
PembahasanSoal di atas menanyakan penggunaan tanda baca (koma) yang tepat. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 termasuk ke dalam ruang lingkup materi menyunting ejaan dan tanda baca level kognitif aplikasi. Kompetensi yang diuji yaitu menggunakan tanda baca/mampu menggunakan tanda baca koma (,) dengan tepat.
Subscribe to:
Posts (Atom)