RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
SATUAN PENDIDIKAN :
SMP ………….
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS / SEMESTER :
VIII / 1
MATERI
POKOK : TEKS EKSPOSISI
ALOKASI
WAKTU : 4 x 40 MENIT (2 pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI. 3.
Memahami pengetahuan (faktual konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret(menggunakan, merangkai, mengurai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang /teori.
B.
KOMPETENSI DAS DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.5. Mengidentifikasi, informasi teks eksposisi
berupa artikel ilmiah populer dari koran
/ majalah yang didengar dan dibaca.
3.5.1. Menemukan struktur pembangun teks eksposisi
3.5.2.
Menemukan ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi
4.5. Menyimpulkan isi teks eksposisi (
artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang di dengar dan dibaca.
4.5.1. Menjawab pertanyaan
tentang isi teks eksposisi
4.5.
2. Menyimpulkan isi teks eksposisi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang
teks eksposisi, siswa diharapkan dapat :
1. Menemukan struktur pembangun teks eksposisi dengan benar.
2. Menemukan ciri- ciri kebahasaan teks eksposisi dengan benar.
Pertemuan
Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks
eksposisi, siswa diharapkan dapat
1. Menjawab pertanyaan tentang isi teks eksposisi dengan benar.
2. Menyimpulkan isi teks eksposisi dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks Eksposisi
2. Struktur Pembangun Teks Eksposisi
3. Ciri- ciri kebahasaan teks eksposisi
4. Menyimpulkan teks eksposisi
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Saintifik
2. Discovery Learning
F. MEDIA DAN ALAT BANTU
PEMBELAJARAN
1. Media
·
LCD proyektor
2. Bahan :
a. Teks eksposisi “ Manfaat Lidah Buaya “
3. Sumber Belajar
·
Harsiati, Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas
VIII, Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian,
Balitbang.Kemendikbud,
·
Kemendikbud 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi
4.Badan Jakarta : Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
·
Internet
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/ Tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan doa.
(PPK)
-
Guru menanyakan ketidakhadiran
siswa.
-
Guru menyampaikan KD, indikator,
dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Guru dan siswa menyepakati
langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Peserta didik membentuk kelompok, setiap kelompok
terdiri atas 4-6 orang.
-
Siswa bergabung dalam kelompok
menerima penjelasan guru mengenai struktur dan ciri-ciri kebahasaan yang
terdapat dalam teks eksposisi.
-
Didik bertanya jawab dengan guru
mengenai struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks
eksposisi.
-
Siswa menerima teks eksposisi
yang berjudul “ Manfaat Lidah Buaya”.
-
Siswa secara berkelompok membaca teks eksposisi yang dibagikan
guru. (LITERASI)
-
Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk
menemukan struktur teks eksposisi.
(4C)
-
Siswa secara berkelompok
berdiskusi untuk menemukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks eksposisi. (HOTS)
-
Siswa mempublikasikan hasil analisis
struktur, ciri kebahasaan dalam teks eksposisi di depan forum kelas. (4C)
-
Siswa saling menanggapi
presentasi hasil analisi ( struktur, ciri kebahasaan) kelompok lain.
-
Siswa dipandu guru menyimpulkan
hasil analisis struktur ciri kebahasaan teks eksposisi.
|
60’
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru merefleksi
pembelajaran yang sudah dilaksanakan untuk mengetahui hambatan dan kekurangan
yang ditemukan selama pembelajaran berlangsung.
-
Siswa diberi tugas untuk mencari contoh teks eksposisi di media massa dan media
elektronik dan menuliskan analisisi
teks eksposisi berkaitan dengan struktur dan ciri-ciri kebahasaan.
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
tentang teks eksposisi dengan mempersilakan beberapa siswa untuk memberikan
kesimpulan, selanjutnya guru menyimpulkan
untuk menyempurnakan kesimpulan
dari peserta didk.
-
|
-
10’
|
Pertemuan Kedua
Langkah/ Tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan doa.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran
siswa.
-
Guru menyampaikan KD, indikator,
dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Guru dan siswa menyepakati
langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Masih dalam kelompok yang sama
dengan kelompok pada pertemuan kesatu siswa secara perseorangan membaca kembali
teks eksposisi berjudul “Manfaat Lidah Buaya”.
-
Siswa mendiskusikan isi teks eksposisi.
-
Siswa mendiskusikan simpulan isi
teks eksposisi.
-
Wakil setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi tentang isi dan simpulan isi teks eksposisi.
-
Siswa saling menanggapi
presentasi hasil diskusi kelompok lain.
-
Siswa dipandu guru menyimpulkan isi
teks dan simpulan isi teks eksposisi.
|
60’
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru merefleksi
pembelajaran yang sudah dilaksanakan untuk mengetahui hambatan dan kekurangan
yang ditemukan selama pembelajaran berlangsung.
-
Siswa diberi tugas untuk mencari contoh teks eksposisi di media massa atau media
elektronik dan menganalisis teks
tersebut berkaitan dengan struktur, ciri-ciri kebahasaan, isi, dan simpulan isi teks.
-
Guru menyimpulkan pembelajaran
tentang teks eksposisi dengan mempersilakan beberapa siswa untuk memberikan
kesimpulan, selanjutnya guru menyimpulkan
untuk menyempurnakan kesimpulan
dari peserta didk.
|
10’
|
H. PENILAIAN , PEMBELAJARAN
REMIDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (uraian)
2) Penugasan (lembar kerja)
c. Keterampilan
Praktik (penilaian praktik)
2. Pembelajaran remedial
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
-pembelajaran
ulang
-
bimbingan perorangan
-belajar
kelompok
-
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasilanalisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah
mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk
perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk
tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.
……………, 15 Juli
2017
Mengetahui,
Kepala, Guru,
…………………………. ………………………………
NIP …………………….. NIP
………..
LAMPIRAN 1
Manfaat Lidah Buaya
Tesis
Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Manfaat tanaman ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.
Argumentasi
Walaupun sejak dulu dikenal mempunyai banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan.
Para peneliti mengungkapkan banyak sekali manfaat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tanaman tersebut :
1. Bagian tertentu dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.
2. Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera, dan lain sebagainya.
3. Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.
Penegasan Ulang
Sudah sangat jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.
Teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat
dan padat yang bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi
tertentu agar dapat menambah ilmu pengetahuan.
Struktur Teks Eksposisi :
- Pernyataan pendapat ( tesis) adalah bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) sang penulis. Bagian ini juga biasa disebut sebagai bagian pembuka.
- Argumentasi adalah bagian yang berisiskan alasan yang dapat memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.
- Penegasan ulang pendapat, merupakan bagian yang berisi penegasan ulang pendapat sang penulis.
Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi
- Pronomina (kata ganti )
-pronomina
persona (kata ganti orang)
-pronomina
non- persona .
- Kata leksikal (nomina, verba, adjectiva, adverbia)
- Konjungsi
Menyimpulkan isi teks eksposisi
Langkah-langkah menyimpulkan isi teks
eksposisi :
- Membaca secara utuh teks eksposisi
- Menentukan butir-butir pokok.
- Merangkai butir-butir pokok menjadi kesimpulan.
Lampiran
2
KISI – KISI
No urut
|
No soal
|
Indikator
Soal
|
1
|
1
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat
menentukan struktur pembangun teks eksposisi
|
2
|
2
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa
dapat menentukan ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi
|
3
|
3
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa
dapat menjawab pertanyaan tentang isi
teks eksposisi
|
4
|
4
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa
dapat menyimpulkan tentang isi teks
eksposisi
|
INSTRUMEN
SOAL
1. Sebutkan struktur pembangun teks eksposisi dengan benar ?
2. Temukan jenis-jenis kata teks eksposisi dengan benar !
3. Apa saja manfaat lidah buaya ?
4. Simpulkan isi teks
eksposisi “ Manfaat Lidah Buaya “ !
KUNCI
- Struktur Teks Eksposisi :
a.Pernyataan pendapat
( tesis) adalah bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis)
sang penulis. Bagian ini juga biasa disebut sebagai bagian pembuka.
b. Argumentasi
adalah bagian yang berisiskan alasan yang dapat memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu
gagasan.
c. Penegasan
ulang pendapat, merupakan bagian yang berisi penegasan ulang pendapat sang
penulis.
- Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi
Pronomina
(kata ganti )
-pronomina
persona (kata ganti orang)
-pronomina
non- persona .
Kata leksikal (nomina, verba, adjectiva,
adverbia)
Konjungsi
- Manfaat lidah buaya
a.
Bagian tertentu dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik
untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk
mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.
b.
Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman
ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak.
Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang
disebabkan oleh cedera, dan lain sebagainya.
c.
Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh.
Lidahbuaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.
4. Lidah
Buaya merupakan tanaman yang banyak mempunyai manfaat terutama manfaat dalam bidang
kesehatan.
RUBRIK PENILAIAN
NO |
Kriteria Penilaian |
Skor |
1 |
Mengerjakan dengan benar dan lengkap |
4
|
2 |
Mengerjakan dengan tepat
terapi kurang lengkap |
3
|
3 |
Mengerjakan dengan kurang tepat dan kurang lengkap |
2
|
4 |
Mengerjakan dengan tidak tepat dan lengkap |
1
|
NILAI AKHIR
NILAI AKHIR
= skor perolehan x 100
skor maksimal
I.
Terima kasih ... sangat membantu sekali
ReplyDeleteTerima kasih ... sangat membantu sekali
ReplyDeleteAlhamdulillah..trm kasih jg Bu Efi Setiawati
DeleteNgeh pak sami-sami ... untuk prota, promes, silabus serta kkm tdk ada ya pak?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAlhamdulilah, terima kasih Pak
ReplyDelete