RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
BACA JUGA
A. Pengertian Iklan
Iklan merupakan bentuk komunikasi dari seseorang, instansi, atau perusahaan yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik agar khalayak tertarik untuk menggunakan sesuatu yang diiklankan.
Jenis Iklan berdasarkan Isi
Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut.
Setelah kita mengetahui pengertian dari slogan, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri slogan, berikut ciri-cirinya.
1. Terdiri dari beberapa kata saja dan menarik karena tujuan utamanya adalah agar mudah diingat.
2. Menjelaskan tentang sesuatu, apakah itu suatu produk atau layanan masyarakat.
3. Slogan juga bisa berupa semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.
Itu tadi beberapa ciri dari slogan yang perlu Anda ketahui supaya tidak salah lagi dalam membedakan teks slogan dengan teks-teks lain.
Seperti yang saya jelaskan diatas, terdapat beberapa jenis slogan, antara lain sebagai berikut:
1. Contoh slogan kesehatan, isinya ajakan untuk selalu hidup sehat.
2. Contoh slogan kebersihan, isinya mengenai ajakan untuk selalu hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
3. Contoh slogan pendidikan, isinya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan.
4. Contoh slogan produk, isinya mengenai ajakan untuk membeli suatu produk atau menikmati suatu jasa.
Nah itu dia beberapa macam-macam slogan yang mungkin sering kita temui sehari-hari. Jika kalian menemukan contoh lain, silahkan cantumkan pada kolom komentar yang sudah tersedia.
Setelah melihat uraian tentang jenis-jenis poster lengkap dengan contohnya, selanjutnya ada poin-poin penting tentang bagaimana cara membuat poster.
Sekolah : SMP ……….
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Iklan, Slogan, dan Poster
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan )
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
3.3
|
Mengindentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau
poster ( yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang
dibaca dan didengar.
|
3.3.1
3.3.2
3.3.3
|
Menentukan ciri- ciri iklan, slogan, dan poster
Menentukan perbedaan iklan, slogan, dan poster
Menyunting iklan, slogan, dan poster dengan bahasa yang baik
|
4.3
|
Menyimpulkan
isi iklan, slogan atau poster ( membanggakan dan memotifasi) dari berbagai
sumber
|
4.3.1
4.3.2
|
Menyimpulkan isi iklan, slogan, dan poster yang dibaca
Membuat iklan, slogan, dan poster yang efektif sesuai
kaidah Bahasa Indonesia yang benar
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks iklan, slogan,
dan poster, siswa diharapkan dapat:
1.
menentukan
informasi ciri-ciri iklan, slogan, dan poster
2.
menentukan
informasi tentang perbedaan iklan, slogan, dan poster
3.
menentukan
menyunting informasi iklan, slogan, dan poster sesuai bahasa yang baik dan
benar.
Pertemuan
Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks iklan,
slogan, dan poster, siswa diharapkan dapat:
1.
menyimpulkan isi teks
iklan, slogan, dan poster
2.
membuat iklan,
slogan, dan poster secara benar sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan
benar
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Ciri –ciri iklan, slogan, dan
poster
2. Perbedaan iklan, slogan, dan
poster
3. Cara menyunting iklan, slogan,
dan poster sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang benar
E.
METODE/MODEL PEMBELAJARAN
-
Saintifik
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media::
-
LCD proyektor
2.
Bahan :
a.
Iklan, slogan, dan poster dari surat kabar
b.
Iklan, slogan, dan poster dari internet
c.
Iklan, slogan, dan poster produk siswa dari
kelas lain
3.
Sumber belajar:
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan / Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi. Jakarta : Kementrian pendidikan dan
Kebudayaan, 2004.
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK)
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran
yang akan dilakukan.
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang
akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait
dengan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru untuk menemukan ciri-ciri iklan, slogan, dan
poster yang ada di surat kabar.
- Siswa merefleksi proses KBM
yang berlangsung.
- Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa.
|
10’
|
Pertemuan
Kedua
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang
akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas empat orang.
- Siswa mengamati iklan, slogan,
dan poster
- Siswa mendiskusikan
perbedaan satu iklan, slogan dan poster dari segi isi
- Siswa mendata iklan, slogan dan poster
yang sejenis yang memuat kesalahan
- Siswa membuat
kesimpulan secara
berkelompok tentang
isi iklan, slogan dan poster dalam tema yang sesuai
- Setiap kelompok memberikan
penilaian atas hasil kelompok lain.
- Setiap kelompok menyampaikan
hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
|
60’
|
Penutup
|
- Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru,
yaitu membuat iklan, slogan, dan poster sesuai tema dan memperhatikan
penulisan Bahasa yang benar.
- Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa.
|
10’
|
H.
PENILAIAN,
PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Pengetahuan
1)
Tes tertulis (Uraian)
2)
Penugasan (Lembar Kerja)
b.
Keterampilan :
1)Penilaian
proyek
2)Penilaian
produk
2. Pembelajaran Remedial
Kegiatan
pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang jika 70 % siswa tidak tuntas
•
bimbingan
perorangan jika kurang dari 30% siswa tidak tuntas
•
belajar kelompok untuk jenis tugas yang menuntut hasil proyek
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi
kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan
dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain
dalam bentuk tugas mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi
dan mewawancarai narasumber.
…………., 15 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala, Guru,
…………… …………………….
NIP ……………….. NIP ……….
RPP TEKS BERITA KD 3.1 DAN 4.1
RPP TEKS BERITA KD 3.2 DAN 4.2
RPP IKLAN, SLOGAN, POSTER KD 3.4 DAN 4.4
RPP TEKS EKSPOSISI KD 3.5 DAN 4.5
RPP TEKS EKSPOSISI KD 3.6 DAN 4.6
RPP TEKS PUISI KD 3.7 DAN 4.7
RPP TEKS PUISI KD 3.8 DAN 4.8
RPP TEKS EKSPLANASI KD 3.9 DAN 4.9
RPP TEKS EKSPLANASI KD 3.10 DAN 4.10
RPP TEKS BERITA KD 3.2 DAN 4.2
RPP IKLAN, SLOGAN, POSTER KD 3.4 DAN 4.4
RPP TEKS EKSPOSISI KD 3.5 DAN 4.5
RPP TEKS EKSPOSISI KD 3.6 DAN 4.6
RPP TEKS PUISI KD 3.7 DAN 4.7
RPP TEKS PUISI KD 3.8 DAN 4.8
RPP TEKS EKSPLANASI KD 3.9 DAN 4.9
RPP TEKS EKSPLANASI KD 3.10 DAN 4.10
LAMPIRAN MATERI IKLAN, SLOGAN, DAN
POSTER
A. Pengertian Iklan
Iklan merupakan bentuk komunikasi dari seseorang, instansi, atau perusahaan yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik agar khalayak tertarik untuk menggunakan sesuatu yang diiklankan.
Jenis Iklan berdasarkan Isi
Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut.
§ Iklan pengumuman atau
pemberitahuan, yaitu iklan yang
bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal pemberitahuan,
misalnya iklan duka cita.
§ Iklan penawaran
(niaga), yaitu iklan yang
bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang niaga.
§ Iklan layanan
masyarakat, yaitu iklan yang
bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal, misalnya iklan
larangan narkoba dan seks bebas.
Jenis Iklan berdasarkan Media yang Digunakan
Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat
dibedakan menjadi 4 macam diantaranya sebagai berikut.
§ Iklan radio, yaitu
iklan yang disampaikan dengan efek suara.
§ Iklan media cetak,
yaitu iklan yang menggunakan efek cetak dan gambar.
§ Iklan televisi,
yaitu iklan yang menggunakan efek suara, gambar, dan juga teks.
§ Iklan baris, yaitu
iklan yang disampaikan dalam sebuah kolom pada media massa cetak dan hanya
terdiri atas beberapa baris. Biayanya pun berdasarkan jumlah baris yang
digunakan.
Syarat Iklan
Syarat sebuah iklan adalah sebuah acuan atau hal yang
harus dipenuhi agar sesuatu itu dapat dikatakan sebagai iklan. Sesuatu dapat
dikatakan sebagai iklan jika memenuhi 2 syarat berikut.
§ Isinya bersifat
objektif, jujur, singkat, jelas, menarik perhatian, tidak menyinggung perasaan
orang lain.
§ Bahasa iklan harus
berkonotasi positif, mudah diingat, mudah dipahami, dan menimbulkan sikap
penasaran bagi khalayak ramai.
Contoh Iklan
Brosur dan buletin merupakan salah satu contoh iklan
yang sering sekali kita temui di kehidupan sehari-hari. Tetapi selain itu juga
yang paling sering kita temui adalah iklan pada televisi. Berikut akan saya
berikan contoh iklan yang dibedakan berdasarkan isinya.
2. Contoh Iklan Penawaran (Niaga)
3. Contoh Iklan
Layanan Masyarakat
B. Pengertian Slogan
Slogan adalah suatu kalimat yang
singkat, menarik, mencolok, dan mudah diingat oleh siapa saja yang mendengar
atau membacanya. Walaupun kalimatnya singkat, tapi didalamnya terkandung makna
yang luas. Slogan harus terdiri dari beberapa kata saja, untuk itu untuk
membuat suatu slogan yang bisa diingat oleh banyak orang kita harus memeras
otak untuk memilih kata yang tepat dan efektif. Dengan keterbatasan jumlah
kata, membuat beberapa orang kesulitan untuk membuatnya, itu adalah sebuah
tantangan. Untuk itu jika ingin membuat sebuah slogan, perkayalah kosa kata
Anda sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapat kata yang tepat.
Biasanya slogan dibuat untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu, baik itu untuk membeli suatu produk, atau menaati suatu aturan yang telah dibuat. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengajak, maka sudah sepantasnya penggunaan kata perlu diperhatikan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu panjang dalam membuat sebuah slogan, gunakanlah beberapa kata saja agar mudah diingat oleh banyak orang.
Biasanya slogan dibuat untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu, baik itu untuk membeli suatu produk, atau menaati suatu aturan yang telah dibuat. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengajak, maka sudah sepantasnya penggunaan kata perlu diperhatikan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu panjang dalam membuat sebuah slogan, gunakanlah beberapa kata saja agar mudah diingat oleh banyak orang.
Ciri-Ciri Slogan
Setelah kita mengetahui pengertian dari slogan, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri slogan, berikut ciri-cirinya.
1. Terdiri dari beberapa kata saja dan menarik karena tujuan utamanya adalah agar mudah diingat.
2. Menjelaskan tentang sesuatu, apakah itu suatu produk atau layanan masyarakat.
3. Slogan juga bisa berupa semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.
Itu tadi beberapa ciri dari slogan yang perlu Anda ketahui supaya tidak salah lagi dalam membedakan teks slogan dengan teks-teks lain.
Macam-Macam Slogan
Seperti yang saya jelaskan diatas, terdapat beberapa jenis slogan, antara lain sebagai berikut:
1. Contoh slogan kesehatan, isinya ajakan untuk selalu hidup sehat.
2. Contoh slogan kebersihan, isinya mengenai ajakan untuk selalu hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
3. Contoh slogan pendidikan, isinya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan.
4. Contoh slogan produk, isinya mengenai ajakan untuk membeli suatu produk atau menikmati suatu jasa.
Nah itu dia beberapa macam-macam slogan yang mungkin sering kita temui sehari-hari. Jika kalian menemukan contoh lain, silahkan cantumkan pada kolom komentar yang sudah tersedia.
Contoh contoh Slogan
C. Pengertian Poster, Jenis, Cara Membuat, dan Contoh Kalimat Poster
- Poster, sering kita dengar kata ini, namun, sebenarnya apa makna dari poster?
Sesuai dengan yang ada di wikipedia, bahwa poster merupakan sebuah karya seni
yang memuat komposisi huruf serta gambar dan berada di atas kertas dengan ukuran
besar. Masih disadur dari wikipedia, bahwa aplikasi poster biasanya dilakukan
dengan menempelkan pada dinding, serta permukaan datar lainnya. Poster
mempunyai sifat menarik perhatian mata, sehingga berbagai desain poster dibuat
berwarna-warni lengkap dengan kontras warna yang kuat.
Peletakannya yang ada di tempat umum, membuat poster menjadi
berbagai macam sarana yaitu pendidikan, propaganda, iklan produk, dekorasi
dinding, serta sosialisasi program-program pemerintah.
Itu merupakan definisi jika kita membuka wikipedia, namun ketika
kita membuka kbbi atau kamus besar bahasa Indonesia, maka poster merupakan
plakat yang terpasang di tempat-tempat umum dan biasanya berupa iklan atau
pengumuman.
Jenis-Jenis Poster
Sesuai dengan isinya, poster terbagi menjadi empat macam dimana
kalimat-kalimat berikut akan menjelaskan jenis-jenisnya secara lebih rinci:
1. Poster Niaga
Merupakan poster yang paling banyak dipampang. Isinya adalah
kalimat serta gambar promosi produk. Di Indonesia, salah satu poster niaga yang
sering kita lihat adalah poster produk shampoo
2. Poster Kegiatan
Sebagai upaya publikasi kegiatan, sebuah penyelenggara acara
biasanya membuat poster yang berisi informasi acara. Informasi tersebut
meliputi hal-hal umum seperti waktu dan tempat acara berlangsung, tema acara,
beserta gambar-gambar yang dibuat untuk menarik minat pengunjung.
3. Poster Pendidikan
Poster ini berisi berbagai informasi pendidikan seperti sosialisasi
program pendidikan dari pemerintah. Salah satu contohnya adalah ketika
pemerintah mensosialisasikan program wajib belajar 9 tahun. Maka selama periode
sosialisasi tersebut, ada banyak poster yang disebar di berbagai tempat.
4. Poster Layanan Masyarakat
Sebagaimana namanya, poster layanan masyarakat merupakan poster
dengan tujuan mensosialisasikan program layanan masyarakat yang digagas oleh
pemerintah. Salah satu contohnya adalah layanan posyandu.
Setelah melihat uraian tentang jenis-jenis poster lengkap dengan contohnya, selanjutnya ada poin-poin penting tentang bagaimana cara membuat poster.
Advertisement
Cara Membuat Poster
Disini saya tidak akan menjelaskan
mengenai bagaimana mendesain (menggambar) sebuah poster, namun yang akan
dijabarkan adalah bagaimana langkah-langkah konseptual dari pembuatan poster
itu sendiri.
1. Tentukan Topik & Tujuan
Pertama, Anda harus menentukan apa yang
ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan,
kegiatan sosial, atau sebuah film animasi.
Kemudian, tentukan pula alasan Anda
membuat poster tersebut. Anda membuatnya untuk promosi? atau hanya sekedar
sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius
dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi
program.
2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat
Mensugesti
Poster biasanya dibaca secara sekilas oleh
pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di
suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster.
Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat
agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya, melalui
bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa
tersampaikan dengan baik.
Tetapi, jangan sampai kata-kata tersebut
malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat yang jelas
serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika
Anda membuat poster promosi produk).
3. Gunakan Gambar
Gambar merupakan alat penyampai pesan yang
paling menarik. Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar
dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.
Gambar dengan warna-warna mencolok adalah
jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.
4. Gunakan Media yang Tepat
Media (tempat ditempelnya poster) akan
menentukan apakah poster Anda banyak dilihat atau tidak. Jika Anda menempelkan
poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh
lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding perkampungan.
Contoh-Contoh Kalimat Poster
1. "Beri Bukti, Bukan Sekedar
Janji" - Poster Kampanye Politik
2. "Semakin banyak pohon kau tanam,
semakin banyak nyawa kau selamatkan" - Poster Sosialisasi Lingkungan Hidup
3. "Satu juta perhari hanya dari
bisnis rumahan" - Poster Seminar Bisnis
4. "Jatuhkan rokokmu, tinggikan
prestasimu!" - Poster Anti Rokok & Pendidikan
5. "Konser yang muda, yang
bersuara!" - Poster Konser Band
DAFTAR PUSTAKA
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-slogan-dan-contohnya/ diunduh 19 Mei 2017
http://www.siswamaster.com/2016/05/pengertian-iklan-syarat-ciri-jenis-jenis-dan-manfaatnya.html/ diunduh 19 Mei 2017
Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan / Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi
Revisi. Jakarta : Kementrian pendidikan dan Kebudayaan, 2004.
LAMPIRAN
PENILAIAN
mas itu lampiran soalnya kok tentang surat?
ReplyDeletetrm kasih atas koreksi yang disampaikan, Mas Han
ReplyDeletepak, yang rpp 3.1 sampai 3.9 yang lengkap nya 1 semester ada.
ReplyDelete