13.
Cermati kutipan biografi!
Januari 1935, Hatta dan
kawan-kawannya tiba di Tanah Merah, Boven Digoel (Papua). Desember 1935, Kapten
Wiarda, pengganti van Langen, memberitahukan bahwa tempat pengasingan Hatta dan
Sjahrir dipindah ke Bandaneira. Januari 1936 keduanya berangkat ke Bandaneira.
Mereka bertemu Dr. Tjipto Mangunkusumo dan Mr. Iwa Kusumasumantri. Di
Bandaneira, Hatta dan Sjahrir dapat bergaul bebas dengan penduduk setempat dan
memberi pelajaran kepada anak-anak setempat dalam bidang sejarah, tata buku,
politik, dan lain-lain.
Hal yang dapat diteladani
dari tokoh Hatta dalam kutipan tersebut adalah . . .
A. Bersama kawan-kawannya
pergi ke Tanah Merah.
B. Pindah dari Boven ke
Bandaneira Januari 1936.
C. Bertemu Dr. Tjipto
Mangkunkusumo di Bandaneira.
D. Bergaul bebas bersama
penduduk di mana pun berada.
E.
Memberi pelajaran kepada anak-anak di Bandaneira.
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Keteladanan merupakan sikap sikap
terpuji yang tergambarkan dalam biografi dan patut diteladani/dicontoh oleh pembaca. Tindakan tokoh Hatta yang dapat diteladani dalam kutipan tersebut adalah memberi
pelajaran kepada anak-anak di Bandaneira (opsi E).
Opsi A, B, dan C bukan
tindakan/karakter tokoh, tetapi peristiwa yang dialami dan dilakukan tokoh.
Opsi D berisi pernyataan yang kurang tepat karena kesempatan bisa bergaul bebas
hanya di Bandaneira dan tidak di tempat lain sebelumnya.
Cara Menentukan
keistimewaan dan keteladanan tokoh dalam teks biografi
Biografi merupakan
catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi berisi
paparan hidup seorang tokoh dari kecil hingga tua.Bahkan,tokoh tersebut
meninggal dunia. Semua jasa,hasil karya, dan segala kegiatan yang dilakukan
seorang tokoh juga dijelaskan dalam buku
biografi.
Tokoh dalam biografi tersebut
memiliki keistimewahan dan keteladanan. Keistimewaan
merupakan kelebihan khusus yang dimiliki oleh Tokoh dalam kehidupannya
misalnya: Tokoh tersebut seorang penyanyi maka kelebihannya adalah memiliki
suara yang merdu dan mengagumkan dengan suara khas yang tidak dimiliki oleh
penyanyi lain hingga ia di gemari banyak orang. Keteladanan merupakan
sikap sikap terpuji yang tergambarkan dalam biografi dan patut diteladani oleh
pembaca.
Dalam biografi singkat
biasanya hanya dipaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan
peran pentingnya sementara biografi yang panjang meliputi informasi-informasi
penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail dan tentunya dituliskan dengan
gaya bercerita yang baik. Biografi yang menarik tergantung dari keahlian
penulis mengkisahkan jalan hidup suatu tokoh secara mendetail dan tentunya
tokoh itu harus memiliki keistimewaan tersendiri. Pembahasan Biografi memiliki
keistimewaan dan keteladanan yang dapat menginspirasi kita. Keistimewaan
merupakan klebihan khusus yang dimiliki oleh tokoh dalam kehidupannya sedangkan
ketaladanan merupakan sikap-sikap terpuji yang tergambar dalam biografi dan
patut diteladani oleh pembaca.
CONTOH 1:B.J. Habibie
Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul
Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Alwi Abdul Jalil Habibie lahir
pada tanggal 17 Agustus 1908 di Gorontalo dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo
lahir di Yogyakarta 10 November 1911. Ibunda R.A. Tuti Marini Puspowardojo
adalah anak seorang spesialis mata di Yogya, dan ayahnya yang bernama
Puspowardjojo bertugas sebagai pemilik sekolah. B.J. Habibie adalah salah satu
anak dari tujuh orang bersaudara.
B.J. Habibie menikah dengan Hasri
Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962, dan dikaruniai dua orang putra, yaitu
Ilham Akbar dan Thareq Kemal.
Sebelumnya ia pernah
berilmu di SMAK Dago. Ia belajar teknik mesin di Institut Teknologi Bandung
tahun 1954. Pada 1955-1965 ia melanjutkan studi teknik penerbangan,
spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat, menerima
gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan
predikat summa cum laude. Habibie merupakan orang yang memiliki daya juang dan
semangat untuk belajar yang sangat tinggi sehingga dia mampu menyelesaikan
pendidikannya yang terbilang sangat sulit untuk dijalani.
Keistimewaan tokoh: Mampu mendapatkan gelar doktor ingenieur dengan predikat summa cum laude.
Keistimewaan tokoh: Mampu mendapatkan gelar doktor ingenieur dengan predikat summa cum laude.
Keteladanan tokoh :
Memiliki daya juang dan semangat untuk belajar yang sangat tinggi.
Baca Juga
Pembahasan soal UN 2016/2017 tentang Menentukan
keteladanan tokoh dalam biografi
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak Tokoh
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi Teks
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam Tajuk
Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk
Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalam
Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan Kalimat
Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ide pokok paragraf
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai
Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan
yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan Penggunaan
Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Kata Ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Menyusun Esai Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Kalimat Berimbuhan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
Bukannya opsi e yang justru hanya memberi pelajaran kepada anak2 Bandaneira?
ReplyDelete