BEDAH
KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL
UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
Berikut
disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMP/MTs mata pelajaran
Bahasa Indonesia berupa pengembangan indikator soal, contoh soal, dan
pembahasan yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata.html
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-bahasa.html
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-2019-smama-mapel.html
5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel
Sastra Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-un-2019-mapel-sastra.html
6. Soal dan Kunci
Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html
BEDAH
KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL
UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL.
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
A.
MEMBACA NONSASTRA
|
||
Menentukan makna kata/kalimat pada
teks
|
Disajikan kalimat, peserta didik mampu
menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat.
|
1
|
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa
kalimat yang diberi nomor, peserta didik mampu menentukan maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat.
|
2
|
|
Menentukan informasi tersurat teks
|
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2
paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan
tepat.
|
3
|
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2
paragraf), peserta didik dapat menetukan jawaban pertanyaan tentang isi teks
tersebut dengan tepat.
|
4
|
|
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf)
peserta didik dapat menentukan keistimewaan tokoh pada teks tersebut dengan tepat.
|
5
|
|
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat menentukan sikap/tindakan tokoh
yang patut diteladani pada teks tersebut dengan tepat.
|
6
|
|
Disajikan teks eksplanasi (1-2 paragraf), peserta
didik dapat menentukan jawaban atas pertanyaan tentang peristiwa pada teks
tersebut dengan tepat.
|
7
|
|
Menentukan bagian teks
|
Disajikan teks yang terdiri
4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dengan tepat.
|
8
|
Menentukan ide pokok
|
Disajikan teks eksposisi terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat
menentukan gagasan utama teks tersebut dengan tepat.
|
9
|
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , peserta didik dapat ide pokok
paragraf tersebut dengan tepat.
|
10
|
|
Disajikan teks eksposisi yang terdiri
4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan menentukan kalimat utama teks tersebut dengan
tepat.
|
11
|
|
Menyimpulkan isi teks
|
Disajikan teks cerita yang terdiri 5-6 kalimat, peserta didik dapat menentukan
simpulan isi paragraf dengan tepat.
|
12
|
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
|
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf)
peserta didik dapat menentukan pandangan penulis pada teks tersebut dengan tepat.
|
13
|
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), peserta
didik dapat menentukan pernyataan persetujuan paada paragraf kedua teks
tersebut dengan tepat.
|
14
|
|
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), peserta
didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan argumen pendukung dengan tepat.
|
15
|
|
Meringkas isi teks
|
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), peserta
didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan tepat.
|
16
|
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), peserta
didik dapat menentukan ringkasan yang tepat teks tersebut.
|
17
|
|
Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola
penyajian beberapa jenis teks
|
Disajikan dua buah teks, peserta didik mampu
membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat.
|
18
|
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks
ulasan/resensi), peserta didik mampu membandingkan pola penyajian kedua teks
dengan tepat.
|
19
|
|
Menilai keunggulan/kelemahan teks
|
Disajikan teks cerita biografi (1-2 paragraf),
peserta didik dapat menentukan bagian yang merupakan kelemahan/keunggulan
teks tersebut dengan tepat.
|
20
|
Mengomentari isi teks
|
Disajikan penggalan teks, peserta didik mampu
mengomentari isi teks dengan tepat.
|
21
|
B. MEMBACA
SASTRA
|
||
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan puisi, peserta didik mampu
mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat.
|
22
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan dalam kutipan
tersebut dengan tepat
|
23
|
|
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan tokoh utama pada teks tersebut dengan tepat.
|
24
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan pemanfaatan yang merupakan interpretasi pada
teks tersebut dengan tepat.
|
25
|
|
Disajikan kutipan dialog teks drama, peserta didik dapat menentukan
pernyataan yang merupakan isi dialog salah satu tokoh pada kutipan dengan tepat.
|
26
|
|
menentukan bagian cerpen dan fabel
|
Disajikan teks cerpen dan fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan peristiwa yang dialami
tokoh dengan tepat.
|
27
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3
paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi teks tersebut dengan tepat.
|
28
|
|
Disajikan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan latar (tempat, waktu, suasana)
cerita pendek pada kutipan dengan tepat.
|
29
|
|
Disajikan teks cerita pendek, peserta didik
dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak
tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
|
30
|
|
Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu
menentukan makna simbol dalam kutipan dengan
dengan tepat.
|
31
|
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
|
32
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan amanat cerita teks tersebut dengan tepat.
|
33
|
|
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan konflik cerita pada teks tersebut dengan
tepat.
|
34
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat
menentukan sebab konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat.
|
35
|
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat
menentukan akibat konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat .
|
36
|
|
Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
|
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis
(fabel), peserta didik Menentukan perbedaan pola pengembangan
dua kutipan fabel tersebut dengan
tepat.
|
37
|
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
|
Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa pada dua
kutipan cerpen dengan tepat.
|
38
|
menunjukkan bukti latar dan watak
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada teks
tersebut dengan tepat.
|
39
|
Disajikan penggalan cerita, peserta didik
mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
|
40
|
|
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan fabel, peserta didik mampu
mengaitkan isi fabel kehidupan masa
kini dengan tepat.
|
41
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik
mampu mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
42
|
|
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
|
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, peserta
didik mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat.
|
43
|
Disajikan penggalan fabel/cerpen , peserta
didik mampu menunjukkan kelemahan cerita
dengan tepat.
|
44
|
|
C. MENULIS
TERBATAS
|
||
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan
kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan
tepat.
|
45
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan
kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.
|
46
|
|
menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
|
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, peserta
didik mampu mengurutkan kalimat
sehingga tersusun paragraf eksposisi dengan tepat.
|
47
|
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, peserta
didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
|
48
|
|
Disajikan
lima kalimat laporan secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat
sehingga tersusun teks laporan dengan tepat.
|
49
|
|
melengkapi paragraf dengan kalimat
|
Disajikan penggalan paragraf yang
dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan
kalimat yang tepat.
|
50
|
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
|
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, peserta
didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks yang tepat.
|
51
|
Memvariasikan kata
|
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata
bercetak miring, peserta didik dapat memvariasikan kata yang bermakna sama
pada kata bercetak miring dengan tepat.
|
52
|
Memvariasikan kalimat
|
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat
bernomor, peserta didik dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna
sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
|
53
|
menulis dengan ilustrasi tertentu
|
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat
berdasarkan data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat.
|
54
|
Mengubah teks ke bentuk lain
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat mengubah kutipan cerpen dengan sudut pandang pengarang berbeda (orang pertama
ke orang ketiga atau sebaliknya) dengan tepat.
|
55
|
Disajikan kutipan teks drama, peserta didik dapat menentukan cerpen yang tepat
sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat.
|
56
|
|
D. MENYUNTING
KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
|
||
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
|
Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan secara tidak tepat, peserta
didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf
dengan tepat.
|
57
|
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
|
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah
satunya kalimat tidak efektif, peserta
didik mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
|
58
|
menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah
|
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta
didik mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
|
59
|
menggunakan konjungsi dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta
didik mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
|
60
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan
paragraf
|
Disajikan
paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata berimbuhan, peserta didik
dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan kata berimbuhan dengan tepat.
|
61
|
Disajikan
paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata gabung/kata ulang, peserta
didik dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan kata gabung/kata ulang
dengan tepat.
|
62
|
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak
efektif, peserta didik mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
|
63
|
|
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang
terdapat kalimat tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat
tersebut dengan tepat .
|
64
|
|
Menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan
paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kata, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi
pilihan kata dengan tepat.
|
65
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kalimat, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi
penggunaan kalimat dengan tepat.
|
66
|
|
E. MENYUNTING
EJAAN DAN TANDA BACA
|
||
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan
kata depan, peserta didik mampu
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat.
|
67
|
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan
tanda baca tanya, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan
tanda baca tanya dengan tepat.
|
68
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata
depan, peserta didik mampu menggunakan kata depan dengan tepat.
|
69
|
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan
tanda titik dua, peserta didik mampu menggunakan tanda titik dua dengan
tepat.
|
70
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kata/gabungan kata, peserta didik mampu menentukan perbaikan
kata/gabungan kata dengan tepat.
|
71
|
Disajikan teks tanggapan deskriptif (1 paragraf)
yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital, peserta didik dapat
menentukan perbaikannya dengan tepat.
|
72
|
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan teks cerita biografi yang terdapat
kesalahan penggunaan tanda baca (1 paragraf), peserta didik dapat menentukan
perbaikannya dengan tepat.
|
73
|
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
|
Disajikan teks tanggapan yang terdapat kesalahan penggunaan huruf
kapital peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
74
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda koma, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan
tepat.
|
75
|
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN
2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa.html
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro
dan Kontra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-smp-tahun-pelajaran.html
4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_30.html
5. Ide Pokok Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_24.html
6. Kalimat Utama Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_1.html
8. Ringkasan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_89.html
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua
Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_49.html
10. Pola Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_43.html
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_98.html
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai
Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/12.html
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam
Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam
Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-tokoh-utama-cerita.html
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-latar-suasana-cerita.html
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak
Tokoh Dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-watak.html
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-makna-simbol-atau-kata.html
19. Menentukan Amanat Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-menentuakan-amanat-cerita.html
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-nilai-moral.html
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam
Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-penyebab-konflik.html
22. Menentukan Perbedaan Pola
Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-pola-pengembangan.html
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan
Bahasa dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-penggunaan-bahasa.html
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-isi-cerita-dan.html
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-menentukan-keunggulan-cerita.html
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan
yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/melengkapi-kalimat-dengan-kata-depan.html
27. Melengkapi Kalimat dengan Kata Seru
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-melengkapi-kalimat-dengan-kata.html
28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks
Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/mengurutkan-kalimat-acak-pada-teks.html
29. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks
Laporan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-dan-pembahasan-mengurutkan-kalimat.html
30. Melengkapi Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/melengkapi-teks-nonsastra-teks-biografi.html
31. Sudut Pandang Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/sudut-pandang-pengarang-point-of-view.html
32. Mengubah Bentuk Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/mengubah-teks-drama-menjadi-teks-cerpen.html
33. Menyusun Teks Laporan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-smp.html
34. Penggunaan Kata/Istilah dalam
Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-smp.html
35. Memvariasikan Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/contoh-soal-memvariasikan-kalimat-dan.html
36. Melengkapi Kalimat dengan
Kata/Istilah yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/contoh-soal-melengkapi-kalimat-dengan.html
37. Kata Sandang Si dan Sang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/kata-sandang-si-dan-sang.html
38. Kata Penghubung Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
39. Penggunaan Istilah yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/menggunakan-istilah-yang-tepat-39.html
40. Penulisan Gabungan Kata Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penulisan-gabungan-kata-yang-tepat.html
41. Merperbaiki Kalimat Tidak Efektif
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/perbaikan-kalimat-tidak-efektif-menjadi.html
42. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasan-perbaikan-paragraf.html
43. Prinsip Kehematan dalam Kalimat
Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/prinsip-kehematan-dalam-kalimat-efektif.html
44. Alasan Mengapa Kalimat Tidak Efektif
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/alasan-mengapa-kalimat-tidak-efektif.html
45. Perbaikan Kata Tidak Baku dalam
Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasan-perbaikan-kesalahan.html
46. Penggunaan Huruf Kapital Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/aturan-penggunaan-huruf-kapital.html
47. Penggunaan Tanda Titik Koma Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penggunaan-tanda-titik-koma.html
48. Penulisan Nama Organisasi dan Nama
Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/pedoman-penulisan-nama-lembaga.html
49. Penggunaan Tanda Seru Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penggunaan-tanda-seru-menurut-puebi.html
50. Alasan Penggunaan
Tanda Baca yang Salah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasaan-alasan-penggunaan.html
BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
1. Pertanyaan
yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan
yang sesuai dengan isi teks
3. Makna
kata dalam teks
4. Ide
pokok paragraf
Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/soal-persiapan-un-20172018-bahasa.html 5. Kalimat
utama paragraf
Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/pembahasan-soal-un-20162017-smpmts-mata.html
6. Simpulan paragraf
6. Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan sebab akibat
- Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan bagian alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan
makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan huruf kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/12/alasan-ketidaktepatan-penggunaan-tanda.html
9. Bacalah teks berikut!
19. Bacalah dua kutipan teks cerpen berikut!
Bacalah kutipan teks cerpen berikut
kemudian kerjakan soal no. 21 dan 22!
SOAL PERSIAPAN UN 2019 BAHASA INDONESIA
SMP/MTs. DISERTAI KUNCI JAWABAN
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab
soal nomor 1 dan 2!
Khusus
kampus sekarat, solusi paling efektif ialah merger.
Bambang mengatakan kampus seperti Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan
Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) merupakan contoh sukses hasil merger
sejumlah sekolah tinggi dan akademi. Belakangan, Kopertis V sedang mendorong
beberapa akademi peternakan, perikanan dan pertanian, yang di ujung tanduk
sebab sepi peminat, untuk segera bergabung menjadi sekolah tinggi.
1. Makna kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ....
A. bersatu
B. diambil
C. dikuasai
D. bergabung
2. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Kapan UTY dan Unriyo merger dan sukses?
B. Mengapa kampus sekarat solusi paling efektif ialah merger?
C. Bagaimana cara melakukan marger beberapa akademi di Yogyakarta?
D. Perguruan tinggi apa yang telah berhasil melakukan merger?
3. Perhatikan teks berikut ini!
1. Makna kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ....
A. bersatu
B. diambil
C. dikuasai
D. bergabung
2. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Kapan UTY dan Unriyo merger dan sukses?
B. Mengapa kampus sekarat solusi paling efektif ialah merger?
C. Bagaimana cara melakukan marger beberapa akademi di Yogyakarta?
D. Perguruan tinggi apa yang telah berhasil melakukan merger?
3. Perhatikan teks berikut ini!
Risiko
kelebihan berat badan bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk
dan mi instan. Mi instan adalah hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG
(Monosodium Glutamat) dan karbohidrat. Sementara, gorengan kerupuk adalah
makanan pendamping dengan kadar lemak yang tinggi.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Risiko kelebihan berat badan bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk dan mi instan.
B. Mi instan adalah hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat .
C. Mengonsumsi kerupuk dan mi instan dapat menyebabkan risiko kelebihan berat badan
D. Gorengan kerupuk adalah makanan pendamping dengan kadar lemak yang tinggi.
Cermatilah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Risiko kelebihan berat badan bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk dan mi instan.
B. Mi instan adalah hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat .
C. Mengonsumsi kerupuk dan mi instan dapat menyebabkan risiko kelebihan berat badan
D. Gorengan kerupuk adalah makanan pendamping dengan kadar lemak yang tinggi.
Cermatilah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Luapan banjir akibat hujan deras selama
beberapa hari terakhir ini dilaporkan merusak jembatan Waimah di Desa Bour, Kecamatan
Nuba Tukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu terjadi karena
gorong-gorong dipenuhi sampah. Sampah ini, kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang itu, pemilik lahan di sepanjang bantaran kali.
Kerusakan yang terjadi hanya pada penyangga
jembatan sisi timur dan barat, khususnya bagian selatan (arah hilir ke muara).
Struktur jembatannya sendiri tidak masalah, tidak mengalami kerusakan dan masih
kokoh walaupun tertabrak sampah sampah. Kerusakan penyangg pada fondasi dan
dinding penyangga karena tergerus air yang meluap melampaui muka jembatan serta menggerus fondasi penyangg sehingga dinding
dan fondasi menggantung dan akhirnya jatuh.
4. Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ...
A. Gorong-gorong dipenuhi sampah
B. Sampah memenuhi gorong-gorong
C. Luapan banjir merusak jembatan
D. Laporan rusaknya jembatan
5. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
A. Gorong-gorong dipenuhi sampah
B. Sampah memenuhi gorong-gorong
C. Luapan banjir merusak jembatan
D. Laporan rusaknya jembatan
5. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
(1) Indonesia adalah negara kedua penyumbang
sampah plastik lautan terbanyak di dunia. (2) Indonesia menghasilkan sampah plastik
yang salah urus sebanyak 3,22 juta metrik ton per tahun, atau setara dengan
10,1 persen sampah plastik di planet ini. (3) Negara yang digolongkan
berpendapatan menengah ke bawah ini melarungkan 0,48 juta hingga 1,29 juta ton
sampah plastik ke lautan tiap tahunnya. (4) Idealnya, masyarakat Indonesia yang
sadar lingkungan pasti memahami bahaya perilaku penggunaan plastik sekali pakai
terhadap lautan. (5) Cara membangun kesadaran itu tak bisa dengan cara apapun kecuali
edukasi. (6) Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pendidikan dan dorongan
agar secara sukarela mengurangi penggunaan plastik.
6. Pendapat yang kontra terhadap permasalahan pada teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Ringkasan isi teks tersebut adalah ...
A. Indonesia menghasilkan sampah plastic yang salah urus yang di larungkan ke lautan tiap tahunnya.
B. Indonesia penyumbang sampah plastik lautan terbanyak di dunia dan seharusnya
masyarakat sadar akan bahayanya.
C. Membangun kesadaran masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan itu tak bisa dengan cara apapun kecuali edukasi.
D. Masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan pasti memahami bahaya perilaku penggunaan plastik sekali pakai terhadap lautan.
8. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
6. Pendapat yang kontra terhadap permasalahan pada teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Ringkasan isi teks tersebut adalah ...
A. Indonesia menghasilkan sampah plastic yang salah urus yang di larungkan ke lautan tiap tahunnya.
B. Indonesia penyumbang sampah plastik lautan terbanyak di dunia dan seharusnya
masyarakat sadar akan bahayanya.
C. Membangun kesadaran masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan itu tak bisa dengan cara apapun kecuali edukasi.
D. Masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan pasti memahami bahaya perilaku penggunaan plastik sekali pakai terhadap lautan.
8. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Teks
1
Saat
mekar, bunga ini terlihat sangat indah. Sayangnya ia hanya mekar pada malam hari.
Itu pun cuma sebentar saja. Keesokan paginya, ia sudah tampak layu. Itulah
bunga wijayakusuma. Bunga wijayakusuma adalah bunga dari sejenis kaktus
Epiphyllum anguliger yang berasal dari hutan tropis di wilayah Amerika latin.
Namun kini sudah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Teks
2
Tepat
pukul 05.00 kami sekeluarga berangkat menuju stasiun Senen. Suasana lalu lintas
sudah mulai padat, apalagi saat memasuki tempat parkir di stasiun. Pukul 06.15
kami sudah berada di kereta jurusan Jogja. Tujuan kami adalah kota Purwokerto,
tepatnya Ajibarang. Alhamdulillah kami tiba di stasiun Purwokerto pukul 13.00.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A
|
penggambaran fisik objek laporan
|
Disusun berdasarkan urutan
kegiatan |
B
|
diuraikan dengan urutan bagian
|
dilaporkan sesuai urutan tempat
|
C
|
diawali dengan ciri khas objek
|
diawali dengan bagian kegiatan
|
D
|
mendeskripsikan objek
|
dikembangkan dengan urutan
waktu |
9. Bacalah teks berikut!
Dahsyatnya
Hypnoparenting
(1)
Buku ini merupakan hasil belajar sang penulis di Fakultas Magister Manajemen
IPMI Jakarta dengan spesialisasi program Manajemen Sumber Daya Manusia pada
tahun 1996. (2) Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami
pembaca. (3) Desain gambar animasi yang terdapat dalam buku ini justru menjadi
kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditujukan
untuk dibaca orang tua. (4) Selain itu, ada banyak istilah-istilah dalam bahasa
asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua.
Bagian yang merupakan keunggulan karya terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Bagian yang merupakan keunggulan karya terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Mimpi Meraih Prestasi
Kedua mata Limbok yang masih terkantuk-kantuk itu melihat sosok manusia di depannya. “Molor lagi… Bangun!” seru emaknya, “Jika kamu enggak bangun, Emak akan siram air ke wajahmu.”
“Ini kan libur Mak,” Limbok membela diri.
“Libur itu bukan lantas bermalas-malasan.”
“Limbok enggak bermalas-malasan Mak, Limbok sedang melakukan perintah Pak guru,”
“Hahh…perintah Pak guru apa itu?” ujar emaknya ingin tahu.
“Mimpi yang banyak meraih prestasi,” jawab Limbok sambil kaki kanannya memainkan
gulingnya.
“Apa itu?”
“Begini Mak, dalam libur ini kita diminta Pak guru untuk mimpi meraih prestasi sebanyak-banyaknya.”
“Mimpi meraih prestasi, apaan tuh?”
“Ya… seperti mimpi menjadi juara kelas, mimpi menjadi sarjana atau mimpi menjadi pengusaha sukses dan masih banyak lagi.”
Kedua mata Limbok yang masih terkantuk-kantuk itu melihat sosok manusia di depannya. “Molor lagi… Bangun!” seru emaknya, “Jika kamu enggak bangun, Emak akan siram air ke wajahmu.”
“Ini kan libur Mak,” Limbok membela diri.
“Libur itu bukan lantas bermalas-malasan.”
“Limbok enggak bermalas-malasan Mak, Limbok sedang melakukan perintah Pak guru,”
“Hahh…perintah Pak guru apa itu?” ujar emaknya ingin tahu.
“Mimpi yang banyak meraih prestasi,” jawab Limbok sambil kaki kanannya memainkan
gulingnya.
“Apa itu?”
“Begini Mak, dalam libur ini kita diminta Pak guru untuk mimpi meraih prestasi sebanyak-banyaknya.”
“Mimpi meraih prestasi, apaan tuh?”
“Ya… seperti mimpi menjadi juara kelas, mimpi menjadi sarjana atau mimpi menjadi pengusaha sukses dan masih banyak lagi.”
10. Makna kata yang dicetak tebal pada teks tersebut adalah ....
A. bentuk (rupa) tubuh
B. bentuk wujud atau rupa
C. bayangan badan
D. lubang (pada jerat dan sebagainya)
11. Watak tokoh Emak pada teks tersebut adalah ....
A. sangat cerewet
B. tidak bertanggung jawab
C. perhatian kepada anaknya
D. suka memarahi anaknya
12. Kutipan teks cerpen tersebut merupakan bagian ....
A. pengenalan
B. pemunculan masalah
C. puncak masalah
D. penyelesaian
13. Latar waktu dan tempat pada teks tersebut adalah ....
A. pagi di ruang tamu
B. siang di kamar tidur
C. malam di rumah
D. pagi di kamar tidur
14. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
A. bentuk (rupa) tubuh
B. bentuk wujud atau rupa
C. bayangan badan
D. lubang (pada jerat dan sebagainya)
11. Watak tokoh Emak pada teks tersebut adalah ....
A. sangat cerewet
B. tidak bertanggung jawab
C. perhatian kepada anaknya
D. suka memarahi anaknya
12. Kutipan teks cerpen tersebut merupakan bagian ....
A. pengenalan
B. pemunculan masalah
C. puncak masalah
D. penyelesaian
13. Latar waktu dan tempat pada teks tersebut adalah ....
A. pagi di ruang tamu
B. siang di kamar tidur
C. malam di rumah
D. pagi di kamar tidur
14. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
...
Tegar menangis dan menyesali perbuatannya.
Ia menyesal karena selalu mengecewakan ibunya. Ia pun segera menemui ibunya dan
memberikan setangkai mawar sambil
memeluk erat ibunya lalu berkata, “Maafkan aku Ibu.”
Makna simbol kata bercetak miring pada kutipan cerpen tersebut
adalah ....
A. kecintaan
B. kekecawaan
C. keharuan
D. ketulusan
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15, 16, dan 17!
A. kecintaan
B. kekecawaan
C. keharuan
D. ketulusan
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15, 16, dan 17!
“Wow, makanan ini enak, sayang aku hanya bisa
menikmatinya sedikit,” pikir si Monyet dalam hati. Monyet itu kemudian berencana
untuk mencuri seluruh makanan ayam. Dia pun merencanakan sebuah ide.
“Hei,
lihat ke langit, elang akan datang, dia ingin membawa anak-anakmu,” teriak si Monyet
. Si Ayam kaget. Dia segera melindungi anak-anaknya. Sementara si Ayam betina
melindungi anak-anaknya, si Monyet mencuri makanannya. Setelah itu pun si Monyet
berlari.
Si
Ayam menyadari bahwa si Monyet hanya menipunya. Dia mendatangi temannya yang
lain, yaitu seekor kepiting. Si Ayam menceritakan semua masalahnya pada si Kepiting.
“Jangan
khawatir, temanku, aku punya ide untuk memberinya pelajaran,” kata si Kepiting.
Keesokan harinya, ayam betina itu bertemu dengan monyet itu lagi. Dia berkata, “Ayo
kita pergi ke pulau. Ada begitu banyak makanan di pulau itu.”
“Tapi
aku tak bisa berenang,” kata si monyet.
“Aku
punya perahu yang dapat kita naiki,”jawab si ayam.
Akhirnya
mereka pergi, namun si monyet tidak sadar ada si kepiting yang ikut dengan mereka.
Si kepiting membolongi perahu yang mereka tumpangi dan perahupun bocor. Si kepiting
berenang dan si ayam terbang untuk menyelamatkan diri. Tinggallah si monyet seorang
diri.
“Tolonglah
aku. Aku tak bisa berenang,” teriak si monyet.
“aku
akan menolongmu asal kau berjanji tidak akan berbuat jahat lagi.”
“Baiklah
aku berjanji,” jawab si monyet.
Si
Ayam dan si kepiting pun menyelamatkan Si monyet.
15. Nilai moral pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. menggunakan segala cara untuk mendapatkan yang diinginkan
B. memberi pelajaran bagi siapa saja yang berbuat curang
C. selalu menolong yang sedang kesusahan
D. mau berjanji agar ditolong
16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks fable tersebut adalah ...
A. Ide si monyet yang telah menipu si ayam.
B. Keserakahan si monyet yang ingin menguasai semua makanan si ayam.
C. Si ayam mengajak monyet menyeberangi lautan.
D. Si ayam meminta si monyet untuk berjanji
17. Akibat konflik yang ditimbulkan dalam kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si monyet diajak ke pulau.
B. Si monyet menipu si ayam.
C. Si monyet diberi pelajaran.
D. Si monyet ketakutan.
18. Bacalah dua kutipan teks berikut!
15. Nilai moral pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. menggunakan segala cara untuk mendapatkan yang diinginkan
B. memberi pelajaran bagi siapa saja yang berbuat curang
C. selalu menolong yang sedang kesusahan
D. mau berjanji agar ditolong
16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks fable tersebut adalah ...
A. Ide si monyet yang telah menipu si ayam.
B. Keserakahan si monyet yang ingin menguasai semua makanan si ayam.
C. Si ayam mengajak monyet menyeberangi lautan.
D. Si ayam meminta si monyet untuk berjanji
17. Akibat konflik yang ditimbulkan dalam kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si monyet diajak ke pulau.
B. Si monyet menipu si ayam.
C. Si monyet diberi pelajaran.
D. Si monyet ketakutan.
18. Bacalah dua kutipan teks berikut!
Kutipan
I
“Mbak
kenapa sih Ibu selalu memarahi kita?” tanya Mita
“Ga
marah Dik Ibu sayang kita kok!” kata Ita dengan lembut kepada adiknya yang masih
berumur 6 tahun dan terpaut usia dengannya 2 tahun.
Hartati
dan Sutomo telah memiliki dua orang anak. Tak disangka ternyata Hartati memiliki
watak pemarah. Dia sering memarahi anaknya sendiri dengan nada keras dan
berkata kasar, karena emosi labil disebabkan pernikahan muda
Kutipan
II
Tinggal
Ibu kini di ruang keluarga itu, masih terkulai seperti sepuluh tahun yang lalu.
Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu. Telepon
berdering. Ibu tersentak bangun dan langsung menyambar telepon. Diangkatnya ke
telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut adalah ....
|
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
A.
|
dimulai dengan aksi
|
dimulai dengan penggambaran tokoh
|
B.
|
dimulai dengan masalah
|
dimulai dengan lokasi
|
C.
|
dimulai dengan lokasi
|
dimulai dengan aksi
|
D.
|
dimulai dengan ketegangan
|
dimulai dengan aksi
|
19. Bacalah dua kutipan teks cerpen berikut!
Kutipan
1
“Kamu
yang membawaku masuk ke dalam ruang asing ini. Kamu yang mengenalkanku dengan
rasa itu. Rasa yang indah namun menyakitkan, rasa yang menyenangkan, namun
itulah esedihannya.
Rasa
yang menerbangkanku ke awan lalu menghempaskan tubuhku ke jurang terdalam.”
Kututup buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah. Kututup
buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah dari balkon
kamarku. Mengamati setiap gumpalan awan yang bergerak perlahan mengingatkanku
pada peristiwa beberapa tahun silam.
Kutipan
2
“Bagaimana
Wil” kata Arif
“Apanya?”
“Tentang
perasaan Loe ke Anggi?”
“Gua
udah yakin, kalau gua ga akan nyatain perasaan gua ke dia”
“Kenapa?
Kok Loe langsung pisimis gini sih?, Loe cowok bukan”
“Berisik
Loe.”
“Loe
tau, akan sangat sakit bila di hidup kita itu ada kata penyesalan, waktu ga
akan bisa diputar, dan lebih baik kita sakit hari karena ditolak daripada
menyimpan rasa sendiri, ingat kita tuh bukan cewek! Kita cowok!
Perbedaan penggunaaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....
Perbedaan penggunaaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....
|
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
A.
|
menggunakan kata sehari-hari
|
menggunakan kata resmi/baku
|
B.
|
dipengaruhi kata-kata daerah
|
dipengaruhi kata kata asing
|
C.
|
menggunakan kata baku
|
menggunakan kata sehari-hari
|
D.
|
memvariasikan dengan kalimat langsung
|
tidak ada kalimat langsung
|
Bacalah kutipan teks cerpen berikut
kemudian kerjakan soal no. 21 dan 22!
1)
Ita menangis menahan amarah dalam hatinya dia berkata, “Ibu kamu malaikatku kamu
sosok panutanku tapi kenapa dirimu memarahiku setiap hari seperti ini? (2) Jika
aku salah kamu seharusnya memberikan aku nasehat dan menyuruhku dengan baik
bukan dengan cara memarahi dan mngeluarkan cacianmu. (3) Ibu aku sangat menyayangimu!”.(4)
Walaupun sang Ibu memarahinya setiap hari Ita tidak pernah merasa dendam kepada
ibunya. (5) Ita hanya bisa menangis menahan amarah saja karena dia tau
betapapun Ibu marah kepadanya itu semua karena salahnya. (6) Ratapan hati Ita
di kamarnya selesai melaksanakan salat.
20. Kalimat yang membuktikan latar tempat peristiwa terjadi dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
21. Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh bersifat pemaaf, tidak ada keinginan untuk membalas, ditandai dengan ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)
22. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
20. Kalimat yang membuktikan latar tempat peristiwa terjadi dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
21. Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh bersifat pemaaf, tidak ada keinginan untuk membalas, ditandai dengan ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)
22. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Tepat pukul 06.00 aku terbangun diiringi
dengan suara ayam berkokok seolah menyanyi membangunkan orang-orang yang masih
tidur. Kulihat burung-burung yang beterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari
makan. Jari timur sang surya menyapu dengan malu-malu untuk menampakkan
cahayanya.
Komentar yang tepat terhadap unsur intrinsik kutipan cerpen
tersebut ...
A. Latar waktu cerita digambarkan dengan baik sehingga pembaca dapat merasakan
suasana pagi hari.
B. Watak tokoh digambarkan dengan baik melalui perbuatan tokoh dan peristiwa
yang terjadi dalam cerita.
C. Bertema tentang aktivitas kehidupan seorang pelajar dipagi hari dengan
menyadarkan betapa bahagianya dapat beraktivitas pagi.
D. Amanat disajikan secara tersurat sehingga pembaca benar-benar dapat
menghayati peristiwa yang terjadi.
23. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
A. Latar waktu cerita digambarkan dengan baik sehingga pembaca dapat merasakan
suasana pagi hari.
B. Watak tokoh digambarkan dengan baik melalui perbuatan tokoh dan peristiwa
yang terjadi dalam cerita.
C. Bertema tentang aktivitas kehidupan seorang pelajar dipagi hari dengan
menyadarkan betapa bahagianya dapat beraktivitas pagi.
D. Amanat disajikan secara tersurat sehingga pembaca benar-benar dapat
menghayati peristiwa yang terjadi.
23. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Sebuah
truk bermuatan batubara terperosok di proyek perbaikan jalan yang berada di
Jalan
Raya Rancaekek-Majalaya, Kabupaten Bandung. Akibatnya arus lalu lintas […].
Pantauan
detikcom, Selasa (27/11/2018) truk bermuatan batubara itu terguling di badan
jalan tersebut tepatnya sebelum Perumahan Grand Ricon Rancaekek.
Sejumlah
anggota polisi dari Satlantas Polres Bandung dan Polsek Rancaekek melakukan
pengaturan lalu lintas di jalan tersebut.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A. ganggu
B. diganggu
C. mengganggu
D. terganggu
24. Bacalah teks laporan observasi acak berikut!
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A. ganggu
B. diganggu
C. mengganggu
D. terganggu
24. Bacalah teks laporan observasi acak berikut!
1)
Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar.
2)
Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia dan
menyebar di seluruh pantai tropika dunia.
3)
Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan ini.
4)
Pohon kelapa (Cocos nucifera) merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi.
5)
Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung
santan dan air.
6)
Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh
manusia.
Urutan kalimat teks laporan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 3-4-2-1-5-6
C. 4-1-3-5-2-6
D. 2-3-1-4-5-6
25. Bacalah teks prosedur acak berikut!
Urutan kalimat teks laporan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 3-4-2-1-5-6
C. 4-1-3-5-2-6
D. 2-3-1-4-5-6
25. Bacalah teks prosedur acak berikut!
Cara
Membuat Pisang Goreng
1)
Panaskan minyak goreng di dalam wajan!
2)
Tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik menggunakan spatula!
3)
Angkat dan pisang goreng siap untuk disajikan!
4)
Masukkan pisang ke dalam wajan
5)
Potong pisang menjadi dua atau tiga bagian dan masukkan ke dalam adonan tepung!
6)
Masukkan tepung, air, gula dan garam secukupnya ke dalam wadah atau mangkuk
kemudian aduk hingga merata!
7)
Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan!
Urutan teks prosedur yang tepat adalah ….
A. 4-5-7-6-3-2-1
B. 5-6-4-3-2-1-7
C. 7-4-2-3-1-5-6
D. 6-5-1-4-2-7-3
26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
A. 4-5-7-6-3-2-1
B. 5-6-4-3-2-1-7
C. 7-4-2-3-1-5-6
D. 6-5-1-4-2-7-3
26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Kepala
Desa Salamjaya, Wahyu Faturahman di lokasi menjelaskan, sebenarnya longsor terjadi
saat wilayah itu […] hujan sejak Selasa sore.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut
adalah ....
A. diterjang
B. diguyur
C. disirami
D. dikenai
27. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
A. diterjang
B. diguyur
C. disirami
D. dikenai
27. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Tidak
dapat dipungkiri bahwa saat ini tidak sedikit anak yang memiliki ponsel dengan
kecanggihan setara dengan komputer. Siapa yang saat ini tidak mengenal game
online COC, Kaya, dan lainnya? Pastinya semua pengguna smartphone tahu jenis
game ini. Bermain game on line mendidik generasi muda menjadi lebih pintar
dalam sains. […] Ada bahaya lain membidik generasi muda.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah …
A. Namun, bermain game secara tidak bijaksana akan memiliki banyak efek buruk pada fisik dan psikis tanpa kita disadari.
B. Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang komputer atau ponsel pintar.
C. Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini pada dasarnya bagus atau memiliki nilai positif bagi pemain.
D. Dengan bermain game online dengan bijak pasti akan mengurangi risiko negatif dalam
tubuh atau kesehatan kita
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah …
A. Namun, bermain game secara tidak bijaksana akan memiliki banyak efek buruk pada fisik dan psikis tanpa kita disadari.
B. Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang komputer atau ponsel pintar.
C. Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini pada dasarnya bagus atau memiliki nilai positif bagi pemain.
D. Dengan bermain game online dengan bijak pasti akan mengurangi risiko negatif dalam
tubuh atau kesehatan kita
28. Bacalah kalimat
berikut!
Berita bencana likuefaksi di Palu disampaikan sesuai dengan realita yang ada.
Variasi kata yang bercetak miring Pada kalimat persebut adalah … .
A. bukti
B. kenyataan
C. pernyataan
D. kejadian
29. Cermatilah kalimat berikut!
A. bukti
B. kenyataan
C. pernyataan
D. kejadian
29. Cermatilah kalimat berikut!
Para siswa akan mengadakan bakti sosial untuk membantu korban
bencana alam di sekolah.
Variasi kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Untuk membantu korban bencana alam di sekolah para siswa telah mengadakan bakti sosial.
B. Bakti sosial akan diadakan para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam.
C. Di sekolah para siswa sudah mengadakan bakti sosial untuk membantu korban bencana alam.
D. Para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam mengadakan bakti sosial.
30. Cermatilah data hasil pengamatan berikut!
A. Untuk membantu korban bencana alam di sekolah para siswa telah mengadakan bakti sosial.
B. Bakti sosial akan diadakan para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam.
C. Di sekolah para siswa sudah mengadakan bakti sosial untuk membantu korban bencana alam.
D. Para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam mengadakan bakti sosial.
30. Cermatilah data hasil pengamatan berikut!
Data
Hasil Pengamatan Komodo
Ciri-ciri
komodo
-
Hidup di semak belukar dan di sejumlah hutan di Indonesia.
-
Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih
-
Panjang 2, 5 sampai dengan 3 meter
-
Jenis kulit bersisik, ekornya berotot
-
Keunikannya
•
saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah
•
korban yang ia gigit keracunan
•
Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya
lemas dan tidak bisa pergi
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ...
A. Komodo merupakan hewan yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2, 5 sampai dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah. Korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
B. Komodo merupakan hewan yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2,5 sampai dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Hewan ini Mendeteksi mangsa dengan indera penglihatan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
C. Komodo hidup di semak belukar di sebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ototnya berekor. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
D. Komodo hidup di semak belukar disebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ekornya berot. Saat dia makan gusinya berdarah. Tempat itulah terdapat banyak racun yang mematikan mangsanya. Gigitannya beracun. Binatang ini mempunyai indera penglihatan untuk
mendeteksi mangsanya.
31. Cermatilah kalimat berikut !
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ...
A. Komodo merupakan hewan yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2, 5 sampai dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah. Korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
B. Komodo merupakan hewan yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2,5 sampai dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Hewan ini Mendeteksi mangsa dengan indera penglihatan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
C. Komodo hidup di semak belukar di sebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ototnya berekor. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
D. Komodo hidup di semak belukar disebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ekornya berot. Saat dia makan gusinya berdarah. Tempat itulah terdapat banyak racun yang mematikan mangsanya. Gigitannya beracun. Binatang ini mempunyai indera penglihatan untuk
mendeteksi mangsanya.
31. Cermatilah kalimat berikut !
Fenomena
alam likuefaksi terjadi disebabkan karena permukaan tanah bergerak dan ambles
sehingga semua bangunan hancur, kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data
Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat di atas adalah ....
A. likuefaksi
B. karena
C. disebabkan
D. ambles
32. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1) Kepada para siswa yang mengikuti KIR, setelah bel berbunyi segera menuju ruang serba guna.
2) Kerena hujan turun deras, kami terpaksa berteduh di gardu hansip dekat lapangan bola.
3) Dalam pidatonya dia menjelaskan bahwa tanggal 5 Januari 2019 bukan merupakan hari cuti bersama
4) Sesuai dengan surat edaran, penilaian akhir semester ganjil dilaksankan mulai tanggal 3
Desember 2018.
Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
33. Bacalah teks kutipan berikut!
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat di atas adalah ....
A. likuefaksi
B. karena
C. disebabkan
D. ambles
32. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1) Kepada para siswa yang mengikuti KIR, setelah bel berbunyi segera menuju ruang serba guna.
2) Kerena hujan turun deras, kami terpaksa berteduh di gardu hansip dekat lapangan bola.
3) Dalam pidatonya dia menjelaskan bahwa tanggal 5 Januari 2019 bukan merupakan hari cuti bersama
4) Sesuai dengan surat edaran, penilaian akhir semester ganjil dilaksankan mulai tanggal 3
Desember 2018.
Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
33. Bacalah teks kutipan berikut!
(1)
Uniknya, saat Komodo sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah dan hal
itu menjadi media yang ideal untuk berkembangnya bakteri yang berbahaya. (2) Namun
sayangnya, binatang melata ini terancam punah. (3) Bakteri yang hidup di dalam
mulut komodo tersebut, akan menyebabkan darah korban yang ia gigit keracunan.
(4) Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya
lemas dan tidak bisa pergi.
Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
34. Cermatilah kalimat berikut!
Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
34. Cermatilah kalimat berikut!
Desa Sukamaju adalah desa transmigran pelopor yang diharapkan
mampu menarik para transmigran lain [...] melakukan hal yang sama.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. dapat
B. untuk
C. agar
D. bisa
35. Perhatikan teks rumpang berikut!
A. dapat
B. untuk
C. agar
D. bisa
35. Perhatikan teks rumpang berikut!
Jika ponsel atau tablet tidak muncul ketika memilih “kirim ke
ponsel Anda”, Anda mungkin perlu [ ...] perangkat ke akun Google.
Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam
kalimat tersebut
adalah ….
A. merangkaikan
B. mengirimkan
C. menghubungkan
D. menyatukan
36. Bacalah teks rumpang berikut!
adalah ….
A. merangkaikan
B. mengirimkan
C. menghubungkan
D. menyatukan
36. Bacalah teks rumpang berikut!
Penghijauan dapat dilakukan dengan membuat […] kota karena dengan penghijauan
dapat menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernapasan makhluk
hidup.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada
teks tersebut adalah ….
A. paru-paru
B. taman-taman
C. keindahan-keindahan
D. pemandangan-pemandangan
37. Bacalah kalimat berikut!
A. paru-paru
B. taman-taman
C. keindahan-keindahan
D. pemandangan-pemandangan
37. Bacalah kalimat berikut!
Jembatan Sungai Ciandum merupakan akses menyambungkan Kabupaten
Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut
Kata yang tidak tepat penggunaannya dalam kalimat tersebut adalah
….
A. jembatan
B. merupakan
C. menyambungkan
D. akses
38. Bacalah kalimat berikut!
A. jembatan
B. merupakan
C. menyambungkan
D. akses
38. Bacalah kalimat berikut!
Peserta
yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan
lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah …
A. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
B. Peserta yang mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
C. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib lapor kepada panitia.
D. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor dahulu dengan panitia.
39. Bacalah kalimat berikut!
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah …
A. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
B. Peserta yang mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
C. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib lapor kepada panitia.
D. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor dahulu dengan panitia.
39. Bacalah kalimat berikut!
(1)Terong belanda memiliki karakteristik yang mudah dikenali. (2)
Terong belanda memiliki bentuk seperti buah sawo berukuran kecil. (3) Terong
belanda berwarna keunguan. (4) Orang Indonesia jarang yang mengonsumsi buah
ini. (5) Ciri khas inilah yang mudah dikenali oleh konsumen.
Perbaikan kalimat tidak padu pada kalimat nomor (4) adalah …
A. Terong belanda banyak ciri yang mudah dikenali.
B. Beberapa keunikan terong belanda menjadi kelebihannya.
C. Terong belanda banyak dikonsumsi karena banyak khasiatnya.
D. Terong belanda juga memiliki ciri khas yaitu baunya.
40. Cermatilah kalimat berikut!
A. Terong belanda banyak ciri yang mudah dikenali.
B. Beberapa keunikan terong belanda menjadi kelebihannya.
C. Terong belanda banyak dikonsumsi karena banyak khasiatnya.
D. Terong belanda juga memiliki ciri khas yaitu baunya.
40. Cermatilah kalimat berikut!
Para pengungsi tsunami di Palu di mana saat ini sangat membutuhkan
bantuan makanan dan pakaian layak pakai.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah
…
A. Penggunaan kata di mana tidak tepat karena tidak menanyakan tempat.
B. Kata korban karena kalimat tersebut menjadi tidak efektif.
C. Kata layak tidak perlu karena berlebihan.
D. Kata para tidak perlu karena maknanya sama dengan pengungsi.
41. Bacalah kalimat berikut!
A. Penggunaan kata di mana tidak tepat karena tidak menanyakan tempat.
B. Kata korban karena kalimat tersebut menjadi tidak efektif.
C. Kata layak tidak perlu karena berlebihan.
D. Kata para tidak perlu karena maknanya sama dengan pengungsi.
41. Bacalah kalimat berikut!
Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam
cangkir kami.
Alasan tidak efektif kalimat tersebut adalah ….
A. kata manis seharusnya mendapat imbuhan ke-an
B. kata sekali seharusnya dihilangkan
C. kata hangat seharusnya mendaat imbuhan pe
A. kata manis seharusnya mendapat imbuhan ke-an
B. kata sekali seharusnya dihilangkan
C. kata hangat seharusnya mendaat imbuhan pe
D. kata dalam seharusnya dihilangkan
42. Bacalah teks berikut dengan saksama!
42. Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Aktris sekaligus penyanyi Korea, Suzy Bae menjadi salah satu
artis yang menjadi sorotan karena kecantikannya.(2) Untuk menjaga wajahnya
tetap bersih ia selalu membersihkan wajah dengan pembersih, pengencang dan krim
pelembab. (3) Tak hanya selalu merawat wajahnya, Suzy Bae juga konsumsi makanan
yang sehat. (4) Dada ayam dan ubi jalar adalah makan kesukaannya.
Alasan ketidakpaduan paragraf di atas adalah ....
A. Kalimat (1) menyimpang dari isi
B. Kalimat (2) tidak berhubungan dengan tema
C. Kalimat (3) tidak mencerminkan isi
D. Kalimat (4) isinya tidak berhubungan dengan gagasan pokok paragraf tersebut.
43. Bacalah kutipan teks berikut!
A. Kalimat (1) menyimpang dari isi
B. Kalimat (2) tidak berhubungan dengan tema
C. Kalimat (3) tidak mencerminkan isi
D. Kalimat (4) isinya tidak berhubungan dengan gagasan pokok paragraf tersebut.
43. Bacalah kutipan teks berikut!
Agar tubuhnya kencang, ia tak lupa mengkomsumsi makanan yang
mengandung tepung dan gula secara tidak berlebihan.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ….
A. kencang
B. mengkomsumsi
C. tak lupa
D. berlebih
44. Bacalah kalimat berikut!
A. kencang
B. mengkomsumsi
C. tak lupa
D. berlebih
44. Bacalah kalimat berikut!
"Awalnya
saya hampir melepaskan kodok itu ke sungai, namun saya berpikir jangan-jangan
kodok
ini ikut kami dari Bali." kata Penno.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda koma (,)
B. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik dua (:)
C. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda kutip awal (") seharusnya dihilangkan
45. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
A. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda koma (,)
B. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik dua (:)
C. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda kutip awal (") seharusnya dihilangkan
45. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1)
Cristiano Ronaldo mempunyai rekor baru di Liga Champions. (2) Megabintang asal
Portugal
itu
menjadi pemain pertama yang meraih 100 kemenangan di Liga Champions. (3) Kemenangan
ke-100 ronaldo diraih saat membantu Juventus mengalahkan Valencia, Rabu 28
November. (4) walaupun CR7 tidak mencetak gol pada laga tersebut.
Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Bacalah kalimat langsung berikut ini!
Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Bacalah kalimat langsung berikut ini!
Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi
Tingkat Nasional kata Husna kepada kami.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional.” kata Husna kepada kami.
B. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional?”
kata Husna kepada kami.
C. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional kata kata Husna!” kepada kami.
D. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional,”
kata Husna kepada kami.
47. Bacalah kalimat berikut!
A. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional.” kata Husna kepada kami.
B. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional?”
kata Husna kepada kami.
C. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional kata kata Husna!” kepada kami.
D. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional,”
kata Husna kepada kami.
47. Bacalah kalimat berikut!
Walaupun Nurhuwaidi baru tiba ia mampu mengkoordinir seluruh acara
kepada krunya.
Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu mengkoordinir seluruh kepada krunya.
B. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu mengoordinasikan seluruh acara kepada
krunya.
C. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu berkoordinir seluruh acara kepada krunya.
D. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba ,ia mampu mengkoordinasikan seluruh acara kepada
krunya.
48. Bacalah kalimat berikut ini!
A. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu mengkoordinir seluruh kepada krunya.
B. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu mengoordinasikan seluruh acara kepada
krunya.
C. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu berkoordinir seluruh acara kepada krunya.
D. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba ,ia mampu mengkoordinasikan seluruh acara kepada
krunya.
48. Bacalah kalimat berikut ini!
Anggi
bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat tersebut adalah ...
A. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
B. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
C. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
D. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
49. Bacalah kalimat berikut ini!
Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat tersebut adalah ...
A. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
B. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
C. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
D. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
49. Bacalah kalimat berikut ini!
Gurunya Andre yang pintar itu tidak bisa datang hari ini.
Alasan kesalahan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. Adanya penggunaan kata 'pintar‟ pada kalimat tersebut yang tidak tepat seharusnya diganti kata „ cerdas‟.
B. Adanya penempatan kata yang salah„Andre yang pintar itu‟ harusnya terletak sebelum kata gurunya.
C. Adanya penulisan yang tidak tepat kata „Gurunya Andre‟ diubah menjadi „ Guru-Andre‟.
D. Kalimat di atas masih menimbulkan makna ambigu, pertanyaannya apakah guru atau Andre yang pintar.
50. Cermati tanda baca pada kalimat berikut ini!
A. Adanya penggunaan kata 'pintar‟ pada kalimat tersebut yang tidak tepat seharusnya diganti kata „ cerdas‟.
B. Adanya penempatan kata yang salah„Andre yang pintar itu‟ harusnya terletak sebelum kata gurunya.
C. Adanya penulisan yang tidak tepat kata „Gurunya Andre‟ diubah menjadi „ Guru-Andre‟.
D. Kalimat di atas masih menimbulkan makna ambigu, pertanyaannya apakah guru atau Andre yang pintar.
50. Cermati tanda baca pada kalimat berikut ini!
SMK
baru itu mempunyai jurusan : Otomotif, Tata Boga, Tata Busana, dan Multi Media.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik dua (:) pada kalimat tersebut adalah ...
A. Tanda titik dua tidak dipakai jika rangkaian atau pemerian merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan.
B. Tanda titik dua tidak dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemeriaan.
C. Tanda titik dua dapat dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap jika diikuti rangkaian atau pemerian.
D. Tanda titik dua dapat dipakai dalam menulis teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik dua (:) pada kalimat tersebut adalah ...
A. Tanda titik dua tidak dipakai jika rangkaian atau pemerian merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan.
B. Tanda titik dua tidak dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemeriaan.
C. Tanda titik dua dapat dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap jika diikuti rangkaian atau pemerian.
D. Tanda titik dua dapat dipakai dalam menulis teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
CATATAN: SOAL INI ADALAH
SOAL UJI COBA UN (TO) DKI TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs. PAKET B
KUNCI JAWABAN SOAL PERSIAPAN UN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. D
2. D
3. C
4. C
5. A
6. D
7. B
8. D
9. B
10. A
11. C
12. B
13. D
14. A
15. C
16. B
17. C
18. A
19. C
20. D
21. C
22. A
23. D
24. C
25. D
26. B
27. A
28. B
29. B
30. A
31. C
32. A
33. B
34. C
35. C
36. B
37. C
38. A
39. D
40. A
41. B
42. D
43. B
44. A
45. A
46. D
47. B
48. C
49. D
50. A
Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda memerlukan pinjaman nyata dan sah, ibu karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya, jadi siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mengajukan permohonan dari karina roland dan menjadi yakinlah bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1 (312) 8721-592 atau email karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia. Anda dapat menghubungi saya melalui email untuk informasi lebih lanjut (alvaradocorina7@gmail.com)
ReplyDeleteJika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700.000.000,00 dari ibu PERUSAHAAN KARINA ROLAND LOAN yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua muslim sejati dan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk memberi nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)
ReplyDeleteNama saya, jayachandra fadhlan
ReplyDeletedari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Ibu KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan mode. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Mrs. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya Whatsapp +15857083478 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.
Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700.000.000,00 dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua muslim sejati dan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk meminta nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)
ReplyDelete