MODUL
AJAR BAHASA INDONESIA (DIFERENSIASI)
INFORMASI UMUM |
||||
A. Identitas modul |
||||
1 |
Nama Penyusun |
: |
SARWANTO, S.Pd. |
|
2 |
Institusi |
: |
SMA Negeri 1 Kemusu |
|
3 |
Tahun |
: |
2022 |
|
4 |
Jenjang Sekolah |
: |
SMA Negeri 1 Kemusu |
|
5 |
Kelas |
: |
X |
|
6 |
Alokasi Waktu |
: |
8 JP |
|
B |
Kompetensi awal |
: |
Peserta didik sudah mengenal beberapa cara negosiasi dalam kehidupan sehari hari |
|
C |
Profil Pelajar Pancasila |
: |
a |
Bertakwa kepada Tuhan YME (Peserta didik memiliki rasa untuk tetap menjaga lingkungan dan memahami keterhubungan ekosistem bumi) |
b |
Kreatif ( Peserta didik memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan) |
|||
c |
Mandiri ( Peserta didik dapat menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri |
|||
d |
Bergotong royong ( Peserta didik dapat bekerjasama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan) |
|||
D |
Sarana dan Prasarana |
: |
HP / Komputer / Laptop |
|
Jaringan internet, Buku Paket Peserta Didik, Alat Tulis dan Bahan Ajar |
||||
E |
Target Peserta Didik |
: |
a |
Peserta didik regular / tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. |
b |
Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb. |
|||
c |
Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin. |
|||
F |
Model Pembelajaran yang digunakan |
: |
Discovery Learning dengan moda luring |
KOMPONEN INTI |
||||
A |
Tujuan pembelajaran |
: |
Pesrta didik menganalisis informasi dari teks non fiksi dan mengkreasi ke dalam bentuk gelar wicara. (Negosiasi) |
|
B |
Pertemuan |
: |
1 |
Menjelaskan konsep negosiasi |
|
|
|
2 |
Mengamati negosiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari |
||
3 |
Menganalisis karakteristik negosiasi |
|
||||
4 |
Menjelaskan dengan bahasa sendiri pengertian dan pentingnya negosiasi |
|||||
B |
Pemahaman Bermakna |
: |
Konsep negosiasi dengan kehidupan sehari hari |
|||
C |
Pertanyaan Pemantik |
: |
1 |
Apa yang kalian pahami tentang negosiasi ? |
|
|
2 |
Apakah menurut kalian negosiasi bermanfaat ? |
|||||
3 |
Bagaimana cara negosiasi dalam kehidupan sehari-hari? |
|||||
|
4 |
Bagaimana dampak negosiasi ? |
||||
D |
Persiapan Pembelajaran |
|
1 |
Memperhatikan lingkungan kelas dalam keadaan bersih dan rapi |
||
2 |
Mengkondisikan peserta didik |
|
||||
3 |
Persiapan modul ajar/rancangan kegiatan belajar |
|
||||
E |
Kegiatan Pembelajaran |
|
Pertemuan 1 |
|||
Tahapan |
Kegiatan |
Waktu |
||||
PENDAHULUAN |
1. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik 2. Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran 3. Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin 4. Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran 5. Membagi kelas dalam beberapa kelompok dan meminta peserta didik untuk duduk dalam kelomponya masing - masing |
10 Menit |
||||
KEGIATAN INTI |
1. Sebelum pembelajaran dimulai guru sudah melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarakan profil belajar siswa 2. Guru menyiapkan materi yang dapat didengar (rekaman) oleh siswa melalui media MP3 (untuk anak auditori), guru juga menyiapkan materi negosiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan menayangkan/mengirimkan video (untuk anak yang visual) dan menyiapkan presentasi/video komik bergambar tentang bahan kimia dalam kehidupan sehari hari (untuk anak yang kinestetik).(diferensiasi konten) 3. STOP sejenak a. Siswa melakukan teknik STOP (rileks) dipandu guru b. Sebagai ice breaking dilakukan tebak-tebakan emosi (disajikan gambar di slide kemudian siswa menebak emosi pada gambar) c. Diberikan 4 gambar emosi (senang, marah, kecewa, dan sedih), siswa menggambarkan salah satu gambar emosi tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang perasaannya. |
70 Menit |
||||
|
d. Kemudian diberikan 2 ekspresi yaitu Sedih dan Senang, kemudian tanyakan kepada murid apa yang harus dilakukan oleh kita ketika melihat teman kita mengalami masing-masing ekspresi tersebut 4. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi negosiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara : mendengarkan, menonton dan menyimak video atau gambar-gambar negosiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari . ( Kegiatan Literasi ) 5. Peserta didik mengamati masing-masing media tentang negosiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan guru bertanya jawab tentang isi dari media yang telah ditayangkan atau di perdengarkan. (diferensiasi proses) 6. Peserta didik bersama dengan guru melakukan diskusi mengenai negosiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ( Collaboration and Problem solving) 7. Peserta didik mengerjakan LKPD untuk membantu dalam memahami materi tentang negosiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kehidupan sehari-hari. Peserta didik diminta untuk membaca dan mencari informasi melalui internet, buku paket yang dimiliki oleh peserta didik sebagai sumber belajar lainnya. 8. Peserta didik melakukan diskusi melalui Group Diskusi untuk menyelesaikan soal LKPD 9. Peserta didik membuat hasil karya maping map negosiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ( Diferensiasi Produk ) |
|
|||
PENUTUP |
1.Guru dan peserta didik merangkum bersama 2.Guru mengingatkan tentang materi untuk pertemuan berikutnya 3.Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa penutup |
10 Menit |
|||
E |
Assesmen |
||||
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
||
1 |
Asesmen diaognostik non kognitif, non kognitif) |
lisan |
Lampiran 1 |
||
2 |
Asesmen formatif (Sikap, Ketrampilan) |
Observasi, Performa |
Lampiran 2 |
||
3 |
Asesmen Sumatif (Pengetahuan) |
Tertulis Pilihan Ganda |
Lampiran 3 |
||
F |
Pengayaan dan remedial |
||
NO |
Penilaian |
Deskripsi |
keterangan |
1 |
Pengayaan |
untuk peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran. |
Lampiran 4 |
2 |
Remedial |
untuk peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran |
Lampiran 5 |
Refleksi Peserta Didik dan Guru Refleksi bagi peserta didik
Dari proses belajar hari ini, hal yang saya pahami adalah
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………..
Dari proses belajar hari ini, hal yang belum saya pahami adalah/saya ingin mengetahui lebih dalam tentang
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………..
Dari proses belajar hari ini, hal yang akan saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………..
Refleksi bagi guru:
No |
Informasi yang diharapkan |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Mengetahui kesesuaian antaratujuan pembelajaran dengan materi yang disampaikan |
Apakah materi pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran? |
|
2. |
Mengetahui kesesuaian alokasi waktu |
Apakah alokasi waktu pembelajaransudah sesuai dengan yang direncanakan? |
|
3. |
Mengetahui efektivitas pembelajaran |
Apakah pembelajarandengan menggunakanmodel jigsaw dapat diterapkan pada pembelajaran hari ini? |
|
LAMPIRAN |
|||
A |
Lembar Kerja Peserta Didik |
: |
Lampiran 6 |
B |
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik |
: |
Lampiran 7 |
C |
Glosarium |
: |
Negosiasi, pengajuan, penawaran, kesepakatan |
: |
materi : segala sesuatu yang memerlukan negosiasi |
||
D |
Daftar Pustaka |
|
Santosa, Riyadi.2003. Semiotika Sosial:Pandangan terhadap Bahasa. Surabaya:Remaja Rosdakarya. https://www.youtube.com/watch?v=BsK-859wY1o Indonesia Pereode Awal Anwar, Muslih. ( 2015). Kimia Hijau / Green Chemistry . [ Online]. http://bptba.lipi.go.id/bptba3.1/?lang=id&u=blog- single&p=343 |
|
|
||
|
|
||
|
|
Kemusu, 30 Mei 2022
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia
Muh. Zuhri, S.Pd., M.Pd. Sarwanto, S.Pd.
NIP 19720207081998011001 NIP. 196903261997021001
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN NON-KOGNITIF
3. Apa kabar semuanya pada hari ini?
4. Apa saja yang kamu lakukan sebelum belajar di pagi ini ?
5. Apa harapan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini nanti ?
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN KOGNITIF
1. Jelaskan pengertian negosiasi !
2. Apa manfaat negosiasi ?
ASESMEN FORMATIF ( LKPD 1)
PENILAIAN RANAH SIKAP
1) LEMBAR OBSERVASI
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik penilaian |
Waktu penilaian |
Instrument |
1 S |
KMreAatNifegeri 1 |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
2 |
Kerja sama |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
3 |
Mandiri |
Pengamatan |
Tugas |
Lembar observasi |
4 |
Bernalar Kritis |
Pengamatan |
Proses |
Lembar observasi |
|
|
|||||||||||
|
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Sikap yang dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
KodeNilai |
|
|||||
Kreatif |
Kerja sama |
Mandiri |
Bernalar Kritis |
|||||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|||||||||||
|
ASPEK |
INDIKATOR |
NILAI |
|
||||||||
Kreatif |
Peserta didik memiliki rasa ingin tahu |
25 |
|
|||||||||
Peserta didik tertarik dalam mengerjalan tugas |
25 |
|
||||||||||
Peserta didik berani dalam mengambil resiko |
25 |
|
||||||||||
Peserta didik tidak mudah putus asa |
25 |
|
||||||||||
TOTAL |
100 |
|
||||||||||
Kerja sama |
Peserta didik terlibat aktif dalam bekerja kelompok |
25 |
|
|||||||||
Pesertadidikbersediamelaksanakan tugassesuaikesepakatan |
25 |
|
||||||||||
Peserta didik bersedia membantu temannya dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan |
25 |
|
||||||||||
Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok |
25 |
|
||||||||||
TOTAL |
100 |
|
||||||||||
Mandiri |
Peserta didik mampu memecahkan masalah |
25 |
|
|||||||||
Peserta didik tidak lari atau menghindari masalah |
25 |
|
||||||||||
Peserta didik mampu mengambil keputusan |
25 |
|
||||||||||
Peserta didik bertanggung jawab |
25 |
|
||||||||||
BernalarKritis |
Pesertadidikmampumerumuskanpokok-pokok permasalahan |
25 |
|
|||||||||
Peserta didik mampu mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah |
25 |
|
||||||||||
Peserta didik mampu memilih argumen logis, relevan, dan Akurat |
25 |
|
||||||||||
Peserta didik dapat mempertimbangkan kredibilitas (kepercayaan) sumber informasi yang diperoleh. |
25 |
|
||||||||||
TOTAL |
100 |
|
||||||||||
SKOR TOTAL |
400 |
|
||||||||||
ATATAN : Kode nilai / predikat : 75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB) 50,01 SMA Negeri 1 = Baik (B) 𝐒𝐤𝐨𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐩𝐞𝐫𝐨𝐥𝐞𝐡 – 75,00 25,01 – 50,00 = Cukup (C) 𝐍𝐢𝐥𝐚𝐢 = 𝐱 𝟏𝟎𝟎 𝐒𝐤𝐨𝐫 𝐓𝐨𝐭𝐚𝐥 00,00 – 25,00 = Kurang (K)
|
|
|||||||||||
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
|
Pernyataan |
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
diskusi, saya ikut serta |
|
|
|
|
|
mengusulkan ide / gagasan. |
||||||
|
kami berdiskusi, setiap |
|
|
|||
mendapatkan kesempatan |
||||||
untuk berbicara. |
||||||
|
ikut serta dalam membuat |
|
|
|||
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 3 x 100 = 300
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 300) x 100 = 83,33
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
|
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = (3 x 100) + (1 x 50) =350
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,5
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
Ø MENYIMAK VIDEO kemudian membuat video negosiasi dengan tema lain
Ø MEMBACA TEKS NEGOSIASI kemudian menyusun teks negosiasi dengan tema lain
Ø PRAKTIK BERMAIN PERAN NEGOSIASI
1. Soal
Guru memutarkan video negosiasi atau menyodorkan teks negosiasi atau siswa praktik langsung bermain peran melakukan negosiasi
Identifikasilah pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang terkandung di dalamnya!
2. Kategori Pemahaman terhadap negosiai yang disimak melalui video atau membaca teks atau ptraktik bermain peran melakukan negosiasi
1) Kemampuan mengidentifikasi pengajuan
2) kemampuan mengidentifikasi penawaran
3) Kemampuan mengidentifikasi kesepakatan/persetujuan
3. Aspek yang diamati
No.
Nama
Mengiidentifikasi
penawaran
Mengidentifikasi
penawaran
Mengidentifikasi
kesepakatan/
Jumlah
1
2
3
Jumlah
Rata-rata
SMA Negeri 1
|
Rubrik penilaian menjelaskan menyimak puisi yang dibacakan
4.
|
|
Penscoran |
|||
Sangat baik |
baik |
cukup |
Kurang |
||
1 |
Kemampuan |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
|
mengiden- |
Menemukan tiga |
Menemukan dua |
Menemukan dua |
Menemukan |
Tifikasi |
bagian |
bagian |
bagian |
bagian |
|
Pengajuan |
pengajuan dalam |
pengajuan dalam |
pengajuan dalam |
pengajuan dalam |
|
Negosiasi disertai |
Negosiasi secara |
Negosiasi secara tepat |
Negosiasi secara tepat |
Negosiasi tidak disertai d |
|
|
tepat |
tepat Siswa mampu |
tepat Siswa mampu |
disertai dengann Siswa mampu |
|
|
|
|
bukti
|
||
2 |
Kemampuan |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
|
mengiden- |
Menemukan tiga |
Menemukan dua |
Menemukan dua |
Menemukan |
Tifikasi |
bagian |
bagian |
bagian |
bagian |
|
Penawaran |
penawaran dalam |
penawaran dalam |
penawarn dalam |
Penawaran dalam |
|
|
Negosiasi secara |
Negosiasi secara tepat |
Negosiasi secara tepat |
Negosiasi tidak disertai d |
|
Negosiasi |
tepat |
tepat Siswa mampu |
tepat Siswa mampu |
disertai dengann Siswa mampu |
|
|
|
|
bukti
|
||
3 |
Kemampuan |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
|
mengiden- |
Menemukan |
Menemukan |
Menemukan |
Menemukan |
Tifikasi |
Bagian dua |
Bagian satu |
Bagian |
bagian |
|
Kesepakatan |
Kesepakatan dalam |
Kesepakatan dalam |
Kesepakatan dalam |
Penawaran dalam |
|
|
Negosiasi disertai bukti secara |
Negosiasi disertai bukti secara |
Negosiasi disertai bukti secara |
Negosiasi tidak disertai d |
|
Negosiasi |
Secara tepat |
Secara tepat |
Secara tepat |
disertai dengann Siswa mampu |
|
|
|
|
bukti
|
Lampiran 3 ASESMEN SUMATIF
1. Buatlah video negosiasi atau menyusun teks negosiasi atau praktik bermain peran melakukan
negosiasi dengan cermat kemudian tentukan bagian/ struktur negosiasi !
Jenis Soal :P e n u g a s a n
Simaklah kegiatan negosiasi di video atau you tube kemudian atau membaca teks negosiasi atau praktik negosiasi kemudian analisislah bagian
/ struktur negosiasi tersebut!
Penilaian : KONVERSI TINGKAT PENGUASAAN : |
|||||
|
|
|
90 - 100% |
= |
Baik Sekali |
|
|
|
|
|
|
Skor yang diperoleh Nilai = Skor total x 100 |
|
|
80 - 89% |
= |
Baik |
|
|
70 - 79% |
= |
Cukup |
|
|
|
|
< 70% |
= |
Kurang |
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
|
A) STIMULUS
Carilah beberapa video negosiasi melalui internet atau dari sumber lain, membaca teks negosiasi atau bermain peran melakukan negosiasi
LEMBAR KERJA SISWA AKTIVITAS MENYIMAK NEGOSIASI
Nama:
……………………………… Kelas :
……………………………… Petunjuk:
A. Simaklah peragaan negosiasi melalui video/ you tube/ atau sumber lain
B. Tuliskan hasil menyimak peragaan negosiasidenganmemerhatikan kalimat-kalimatnya!
C. Tuliskanhasilpadalembarberikut!
LAMPIRAN MATERI
MENGEVALUASI DAN MENYAMPAIKAN PENGAJUAN PENAWARAN SERTA PERSETUJUAN DALAM TEKS NEGOSIASI
Pengertian Teks Negosiasi
Teks Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Kedua pihak yang melakukan negosiasi mempunyai hak terhadap hasil yang akan disepakati. Hasil akhir negosiasi harus mempunyai persetujuan dari semua pihak sehingga semua pihak menerima hasil akhir dengan kesepakatan bersama.
Tujuan Teks Negosiasi
a. Mencapai kesepakatan yang memiliki kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
b. Mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi secara bersama.
c. Mencapai kondisi saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan (win-win solution).
Manfaat Teks Negosiasi
Negosiasi bermanfaat untuk menciptakan jalinan kerja sama antara institusi, badan usaha, maupun perorangan dalam melakukan suatu usaha dan kegiatan bersama atas dasar saling pengertian.
Ciri-Ciri Teks Negosiasi
a. Menghasilkan kesepakatan (yang saling menguntungkan).
b. Mengarah pada tujuan praktis.
c. Memprioritaskan kepentingan bersama.
d. Merupakan sarana untuk mencari penyelesaian.
Jenis-Jenis Teks Negosiasi
Negosiasi Berdasarkan Situasi
a. Negosiasi Formal
Negosiasi ini terjadi saat situasi sedang formal. Ciri-ciri negosiasi formal yaitu adanya perjanjian yang sah secara hukum. Karena itu pelanggaran terhadap perjanjian yang disepakati bisa menjadi perkara hukum. Contohnya yaitu negosiasi antar dua perusahaan.
b. Negosiasi Non Formal atau Informal
Negosiasi non formal terjadi kapan saja, dimana saja, serta dengan siapa saja. Karena negosiasi non formal tidak membutuhkan perjanjian khusus.
Negosiasi Berdasarkan Jumlah Negosiator
a. Negosiasi dengan Pihak Penengah
Negosiasi dilakukan oleh 2 negosiator atau lebih dan pihak penengah. Negosiator saling memberikan argumentasi. Pihak penengah bertugas memberikan keputusan akhir di negosiasi itu. Contohnya yaitu sidang di pengadilan. Pihak penggugat dan pihak tergugat adalah pihak yang bernegosiasi. Sedangkan hakim sebagai pihak penengah.
b. Negosiasi tanpa Pihak Penengah
Negosiasi dilakukan oleh 2 negosiator atau lebih. Negosiasi dilakukan tanpa pihak penengah, sehingga keputusan negosiasi tergantung pada pihak yang bernegosiasi. Contoh negosiasi ini yaitu negosiasi antara perwakilan OSIS dan pihak sponsor.
Negosiasi Berdasarkan Untung Rugi
a. Negosiasi Kolaborasi (win-win)
Dalam negosiasi kolaborasi, negosiator akan berusaha mencapai kesepakatandengan menyatukan kepentingan masing-masing.
b. Negosiasi Dominasi (win-lose)
Di negosiasi dominasi negosiator memperoleh keuntungan besar dari kesepakatan yang dicapai. Sedangkan pihak lawan negosiasi memperoleh keuntungan lebih sedikit.
c. Negosiasi Akomodasi(lose-win)
Di negosiasi akomodasi, negosiator memperoleh keuntungan sangat sedikit bahkan rugi. Sedangkan pihak lawan negosiasi memperoleh keuntungan sangat besar bahkan mendapat 100% keuntungan. Kerugian ini disebabkan karena kegagalan negosiator dalam bernegosiasi sehingga tidak memperoleh keuntungan.
d. Negosiasi Menghindari Konflik (lose-lose)
Dalam negosiasi ini, kedua pihak menghindari konflik yang timbul. Sehingga kedua pihak tidak bersepakat untuk menyelesaikan masalah
Struktur Teks Negosiasi
a. Orientasi : Kalimat pembuka, biasanya dibubuhi salam. Fungsinya memulai negosiasi
b. Permintaan : Suatu hal berupa barang ataupun jasa yang ingin diblei oleh pembeli atau konsumen
c. Pemenuhan : Pemenuhan hal berupa barang atau jasa dari pemberi jasa atau penjual yang diminta oleh pembeli atau konsumen
d. Penawaran : Puncaknya Negosiasi terjadi tawar menawar
e. Persetujuan : Keputusan antara dua belah pihak untuk penawaran yang sudah dilakukan
f. Pembelian : Keputusan konsumen jadi menerima/menyetujui penawaran itu atau tidak
g. Penutup : Kalimat penutup atau salam penutup
Dalam negosiasi, baik secara lisan maupun tulisan, di dalamnya terdapat pengajuan, penawaran, dan persetujuan. Pengajuan, penawaran, dan persetujuan adalah hal pokok yang wajib ada dalam teks negosiasi. Negosiasi yang baik dan benar harus melewati tahap-tahap.
Tahap-tahap bernegosiasi yang baik adalah:
a. Ketika bernegosiasi, sampaikanlah keinginan Anda dengan berkomunikasi yang baik.
b. Fokuslah pada kebutuhan Anda dan kebutuhann lawan negosiasi
c. Negosiasi berakhir setelah mendapatkan keputusan yang disetujui kedua belah pihak
Dalam melakukan negosiasi, orang yang terlibat di dalamnya biasanya memerlukan media untuk bernegosiasi. Media untuk melakukan negosiasi dalam bentuk tertulis adalah:
a. Melalui jaringan (internet), sementara konsumen melakukan negosiasi secara daring.
b. Melalui surat penawaran, konsumen melakukan negosiasi secara tidak langsung
LAMPIRAN PENILAIAN
NO |
PENILAIAN |
JENIS |
KETERANGAN |
1 |
PENGETAHUAN |
PENUGASAN 1 |
TERLAMPIR |
3 |
PENGETAHUAN |
PH KD 3.10 |
TERLAMPIR |
4 |
KETRAMPILAN |
PROYEK |
TERLAMPIR |
PENUGASAN
1. Bacalah teks negosiasi berikut ini dengan seksama!
2. Kerjakan soal dibawah ini dengan menuliskan kekurangan dan kelebihan dari penyampaian negosiasi sesuai dengan isi dan cara bernegosiasi serta berikan penjelasannya
Pak Bagus memiliki tetangga baru di depan rumah bernama Pak Bagas yang membuka usaha bengkel las. Suara bengkel tersebut mengganggu bayi Pak Bagus yang butuh istirahat saat siang.
Pak Bagus: “Selamat siang, Pak Bagas. Maaf, saya mau membahas tentang suara bengkel Bapak yang mengganggu
istirahat siang bayi saya.”
Pak Bagas: “Oh, iya, Pak Bagus. Saya minta maaf karena sudah mengganggu Bapak. Saya sedang mengusahakan untuk mengganti mesin las ini dengan yang baru. Suara mesin las baru lebih kecil dibandingkan dengan yang lama.”
Pak Bagus: “Oh, begitu. Terima kasih sudah mempertimbangkan hal tersebut, Pak. Saya meminta maaf karena telah datang dan menegur Pak Bagas seperti ini.”
Pak Bagas: “Tidak apa-apa, Pak, tidak masalah. Memang sudah seharusnya usaha saya tidak mengganggu siapapun. Namun, saya juga mempunyai solusi untuk Bapak. Pak Bagus dapat memindahkan bayi Bapak ke ruang yang letaknya lebih di dalam.”
Pak Bagus: “Iya, Pak, nanti saya akan memindahkan bayi saya ke ruang belakang. Terima kasih sudah memahami kondisi saya, Pak.”
|
b.KelebSiMhaAnnNpeegneryia1mpaian negosiasi
no |
Bagian isi teks |
kelebihan |
Penjelasan |
1 |
permasalahan |
|
|
2 |
pengajuan |
|
|
3 |
penawaran |
|
|
4 |
persetujuan |
|
|
PENILAIAN KETRAMPILAN: PROYEK
Bacalah teks negosiasi berikut ini !
Suatu hari di lokasi di jalan raya, oknum polisi menilang pengendara motor yang tidak menggunakan helm. Polisi: (meniup peluit...prit...prit)...”Menepi mas...menepi mas”...
Pengendara: (menepi)”Kenapa ya Pak”?
Polisi: “Maaf ya mas, itu mas nggak pakai helm”.
Pengendara: “Astagfirulloh, maaf banget pak, saya lupa, tadi buru-buru soalnya, mau ujian”. Polisi: “Masnya punya SIM gak”?
Pengendara: “Punya kok Pak”.
Polisi: “Surat kendaraannya lengkap”? Pengendara:”Lengkap juga pak”.
Polisi: “Boleh saya periksa”?
Pengendara: “Boleh sih Pak, tapi saya terburu-buru nih”. Polisi: “Maaf sekali Mas, tapi ini sudah kewajiban saya”. Pengendara: “Ini SIM dan STNKnya”.
Polisi: “Ya, sudah lengkap mas, tapi mohon maaf masnya tetap saya tilang karena tidak menggunakan helm di jalan raya”.
Pengendara: “Aduh Pak...maaf, ini juga karena buru-buru kalau jalan damai saja gimana Pak”?
Polisi: “Damai gimana maksudnya Mas”? Pengendara: “Ya saya bayar uang tilang di sini”.
Polisi: “Wah, Mohon maaf Mas, sekarang ini untuk pembayaran tilang cuma bisa lewat ATM, gampang dan lebih cepat kok mas, mas tinggal transfer ke no rekening ini, terus bukti transfer langsung diserahkan ke saya, saya tugas di pos sampai jam 12 Mas. Semisal saya nanti sedang tidak ada di pos, bisa lewat rekan saya juga boleh. Sementara itu SIM Masnya saya tahan dulu, ngambilnya tetap di pos jaga”.
Pengendara: “Masak nggak bisa sih Pak, bayar langsung ke bapak saya nggak keberatan kok”. Polisi: “Maaf sekali Mas, saya tidak ada hak untuk itu”.
Pengendara: “Ya sudah, saya pasrah aja Pak”.
Polisi: “Ini surat tilang buat Mas, nanti setelah transfer, silahkan ke pos jaga lagi buat ambil SIM punya masnya”. Pengendara: “Tapi nanti tiba-tiba saya ketilang lagi gimana dongPak”?
Polisi: “Ya makanya jangan lupa pakai helm”.
Pengendara: “Ya udah deh pak, saya pergi ke kampus dulu, lalu saya ke pos polisi nemui bapak”. Polisi: “Siap Mas, sekali lagi maaf, dan saya akan tunggu di pos jaga”.
Pengendara: Permisi ya pak.
Polisi: Hati-hati di jalan ya mas, di sebrang ada toko helm silahkan beli aja nanti malah di tilang polisi yang ada di pos selanjutnya...
Pengendara: “Iya pak, terimakasih pak”.
Dari bacaan diatas
1. TulSisMkaAn Ntaehgaeprai n1 pengajuan yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!
2. Tuliskan tahap penawaran yang terdapat dalam teks negosiasi di atas
3. Tuliskan tahap persetujuan yang akhirnya disepakati oleh kedua belah pihak dalam teks negosiasi diatas!
LAMPIRAN PENILAIAN PENGETAHUAN PH 3.10
EVALUASI
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Cermati dialog berikut!
(1) Anak : “Ayah, setelah lulus nanti, aku mau sekolah di SMA.”
(2) Ayah : “Kenapa di SMA, Nak? Padahal, Ayah ingin kamu sekolah di SMK.”
(3) Anak: “Kok di SMK? Kenapa memangnya Ayah, jika aku sekolah di SMK?”
(4) Ayah : “Begini Nak, di SMK itu lulusannya bisa langsung bekerja.”
(5) Anak : “Oh, gitu yah, iya aku setuju.”
(6) Ayah : “Baguslah kalau kamu setuju.”
Dialog yang menyatakan penawaran ditunjukkan oleh nomor ... a.1, 2, 3, 4
b.2, 3, 4, 5
c.2, 3, 5
d.1, 2, 3, 5
e.2, 3, 4
2. Cermati kalimat berikut!
Pembeli : “Yasudah deh saya setuju dengan harga 90 ribu. Tapi tolong carikan yang bagus-bagus lho ya...”
Dalam kegiatan jual beli, kalimat tersebut termasuk ke dalam tahapan.... a.Penawaran
b.Persetujuan c.Pengajuan d.Pembelian e.Permintaan
3. Cermati kalimat berikut!
Penjual : “Saya pasang harga Rp150.000,00 mbak. Silahkan mbak mau tawar berapa?” Dalam kegiatan jual beli, kalimat tersebut termasuk ke dalam tahapan . . . a.Penawaran
b.Persetujuan c.Pengajuan d.Pembelian e.Permintaan
Bacalah teks negosiasi berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.
Berikut ini adalah negosiasi pemecahan konflik antara bu Neni yang memiliki kucing dan bu Dewi yang memiliki akuarium terbuka.Kucing bu Neni sering kalimeperhatikanikan di akuarium bu Dewi secara dekat. Bu Dewi pun merasa khawatir ikannya akan dimakan kucing bu Neni. Oleh sebab itu, mereka membuat negosiasi.
Bu Neni: “Siang bu Dewi, ibu tahu tidak, kalau akhir-akhir ini kucing ibu hampir memakan kucing saya, kalau
ikan saSyMa dAimNaekgaernin1ya, apa ibu mau tanggung jawab”?
Bu Dewi: “Siang juga bu Neni, tenang dulu bu, coba jelaskan pelan-pelan”
Bu Neni: “Begini Bu,saya sering kali melihat kucing bu Dewi menghampiri akuarium di depan rumah saya. Saya takut jika ikan di akuarium saya dimakan. Oleh sebab itu, saya meminta ibu untuk melarang kucing ibu ke rumah saya”.
Bu Dewi:”Bu Neni, sebenarnya kucing adalah hewan yang memang suka berkeliaran. Sehingga, sulit untuk dilarang. Namun, akan saya coba nanti melarangnya ke rumah bu Neni. Di samping itu, jika ibu ingin ikan aquarium ibu aman. Mengapa tidak memindahkannya saja ke dalam”?
Bu Neni : “Sepertinya itu solusi yang bagus juga, Bu. Mengingat akuarium saya mudah kotor saat di luar. Baiklah
saya akan memindahkannya, Bu. Terima kasih atas sarannya. Kalau begitu saya pamit dulu, Bu”. Bu Dewi : “Sama-sama, Bu
4. Kekurangan teks negosiasi tersebut adalah . . .
a. Bu Neni yang tiba-tiba ngotot kepada bu Dewi karena kucing bu Dewi yang hampir memakan ikan miliknya. b.Bu Dewi terlalu sabar menghadapi bu Neni yang tiba-tiba marah kepadanya.
c.Bu Neni akhirnya mau mengalah dengan mau memasukkan akuariumnya ke dalam rumah. d.Bu Dewiyang akan menasihati kucingnya agar tidak bermain di rumah bu Neni.
e.Bu Neni yang memberikan saran kepada bu Dewi agar memasukkan akuariumnya ke dalam rumah. 5.Kelebihan teks negosiasi tersebut adalah . . .
a. Bu Dewi memaksa bu Neni agar memasukkan akuariumnya ke dalam rumah.
b. Bu Neni yang menyadari bahwa sebaiknya ia memasukkan akuariumnya ke dalam rumah agar ikannya tidak dimakan kucing.
c. Bu Neni dan Bu Dewi sama-sama mau mengalah dan menurunkan egonya untuk mencapai kesepakatan bersama.
d. Bu Dewi yang suka membiarkan kucingnya untuk berkeliaran karena kucing memang hewan yang suka berkeliaran.
e. Bu Neni yang akhirnya bersabar dan mulai menjelaskan penyebab dia marah.
6. Bagian isi dalam teks negosiasi terdiri atas .... serta tawar-menawar dab penyelesaian masalah.
a. penyampaian materi
b. kalimat pembuka
c. kata sapa
d. paragraf pembuka
e. pengenalan kedua pihak
7. Bagian yang berisi negosiasi hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian. Pernyataan tersebut terdapat pada bagian....
a. pembuka
b. penyampaian materi
c. tawar-menawar dan penyelesaian masalah
d. negosiasi
e. penutup
8. Bagian terakhir dalam teks negosiasi akan biasanya berisi tentang basa-basi yang memiliki arti, seperti ucapan terima kasih dan sebagainya. Bagian yang dimaksud adalah....
a. pembuka
b. isi
c. penyampaian materi
d. tawar-menawar
e. penutup
9. SelaiSnMmAemNpegrheraiti1kan struktur, dalam membuat teks negosiasi juga harus memperhatikan kaidah....
a. penilsan
b. penyusun kata
c. keterampilan menulis
d. kebahasaannya
e. kemampuan merangkai kata
10. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak! Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah....
a. teks negosiasi antara perwakilan karyawan dan pengusaha.
b. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
c. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
d. kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
e. keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.
KUNCI PILIHAN GANDA
1.E
2.B
3.C
4.A
5.C
6.A
7. C
8. E
9. D 10.E
PEDOMAN PENSKORAN : NILAI = BENAR X 10
UNDUH FILE PDF MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL BAHASA INDONESIA DI SINI
KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE GAYA BELAJAR) SMA KELAS X
Baca dan Unduh https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/08/kumpulan-modul-ajar-pembelajaran.html
Ijin Pak, kenapa link google drivenya tidak bisa diakses ya Pak?
ReplyDelete