10 February 2019

POWERPOINT MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF: RINGKASAN MATERI, SOAL, DAN PEMBAHASAN



Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi menentukan ide pokok paragraf dalam bentuk tayangan powerpoint.
Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi menentukan ide pokok paragraf.

09 February 2019

POWERPOINT SOAL DAN PEMBAHASAN KALIMAT FAKTA DAN OPINI



Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi mengidentifikasi kalimat fakta dan opini pada bacaan dalam bentuk tayangan powerpoint.

Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi mengidentifikasi kalimat fakta dan opini pada bacaan.

POWERPOINT SOAL DAN PEMBAHASAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TERSURAT TEKS NONSASTRA



Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi mengidentifikasi informasi tersurat pada bacaan dalam bentuk tayangan powerpoint.

Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi mengidentifikasi informasi tersurat pada bacaan.

POWERPOINT SOAL DAN PEMBAHASAN MENENTUKAN MAKNA ISTILAH



Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi menentukan makna kata/istilah dalam bentuk tayangan powerpoint. 
Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi menentukan menentukan makna kata/istilah.

POWERPOINT MENENTUKAN KETELADANAN TOKOH DALAM TEKS BIOGRAFI: MATERI, SOAL, DAN PEMBAHASAN





Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi menentukan keteladanan dan keistimewaan tokoh dalam teks biografi dalam bentuk tayangan powerpoint.
Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi menentukan keteladanan dan keistimewaan tokoh dalam teks biografi.

06 February 2019

KOMPONEN INDIKATOR SOAL DAN SOAL PILIHAN GANDA SERTA PEDOMAN PENYUSUNAN



KOMPONEN INDIKATOR SOAL DAN SOAL PILIHAN GANDA

A. Konsep Indikator Soal

a.       Indikator soal sebagai pertanda atau indikasi pencapaian kompetensi
b.      Indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur
c.       Indikator mengacu pada materi pembelajaran sesuai kompetensi

B. Pedoman Pengembangan Indikator Soal
Indikator yang digunakan dalam penilaian, sebaiknya menggunakan stimulus (dasar pertanyaan) berupa gambar, grafik, tabel, data hasil percobaan, atau kasus yang dapat merangsang/memotivasi peserta didik berpikir sebelum menentukan pilihan jawaban.

Kriteria perumusan indikator:

1. Memuat ciri-ciri kompetensi yang akan diuji.
2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur (satu kata kerja operasional untuk soal pilihan ganda, satu atau lebih kata kerja operasional untuk soal uraian dan instrumen penilaian keterampilan/praktik).
3. Berkaitan dengan materi/konsep yang dipilih.
4. Dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.
Rumusan indikator soal yang lengkap mencakup 4  komponen,  yaitu  A = audience,  B = behaviour, C = condition, dan D = degree
ABCD
AUDIENCE: Sasaran atau peserta tes/testi ( dalam hal ini siswa)
BEHAVIOUR: Tingkah laku yang harus ditampilkan /diharapkan. Perumusannya dalam kata kerja operasional.
CONDITION: Kondisi/hasil belajar, yaitu kondisi yang diberikan pada saat tingkah laku siswa diukur, bukan pada saat belajar.
DEGREE: Tingkat keberhasilan (indikator soal) merupakan standar tingkah laku tertentu yang dapat diterima

05 February 2019

PEMBAHASAN MATERI SULIT PADA UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA



PEMBAHASAN MATERI SULIT PADA UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA

A. Materi Sulit
1 cara pendeskripsian watak tokoh
2. pembuktian latar suasana
3. keterkaitan isi kutipan cerita dengan kehidupan sehari-hari
4. opini penulis tajuk  
5. tujuan penulisan dalam paragraf
6. makna kata simbolik.
7. pengembangan topik menjadi cerpen  
8. kalimat esai yang sesuai  
9.  perbaikan kalimat
10. perbaikan kalimat dan alasannya  

02 February 2019

SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 DAN KUNCI JAWABAN



SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013

1. Bacalah teks Berikut.

Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum daerah peduli danau nusantara, menyususn program strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.

Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf adalah….

A.      Apakah tujuan Deklarasi Limboto?

B.       Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?

C.       Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?

D.      Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?

E.       Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?

28 January 2019

KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006





KISI-KISI SOAL

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019

Jenjang Pendidikan        :        SMA                            Alokasi Waktu  : 120 menit

Mata Pelajaran               :        Bahasa Indonesia        Jumlah Soal        : 45

Program                          :        IPA/IPS                      Bentuk Soal       : 40 PG dan 5 Uraian

Kurikulum                      :        2006

SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 DAN KUNCI JAWABAN


SOAL UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM 2006
Baca: Kisi-Kisi (indicator) Soal USBN Kur 2006 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/kisi-kisi-soal-usbn-2019-bahasa.html

I.     PILIHAN GANDA

1.    Teknologi benih hibrida dan teknologi mulsa plastic hitam perak merupakan usaha untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Namun, kombinasi teknologi itu memerlukan asupan pupuk kimia yang tinggi. Itu, jadi masalah baru ketika pupuk kimia langka. Kelangkaan pupuk kimia dan harga tinggi telah menjadi permasalahan rutin yang dihadapi petani setiap musim
tanam. Masalah itu, seolah-olah tidak teratasi. Padahal, menurut produsen, kapasitas produksi pupuk cukup untuk kebutuhan musim tanah di areal yang telah terdata

Makna kata kombinasi dalam paragraf tersebut adalah ….
A. jumlah yang banyak
B. gabungan bebarapa hal
C. tidak dapat dipisah
D. dugaan yang tepat
E. sambungan bebarapa hal

26 January 2019

CONTOH INDIKATOR SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006



CONTOH INDIKATOR SOAL

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)


Jenjang Pendidikan        :        SMA    
Mata Pelajaran               :        Bahasa Indonesia   
Program                          :        IPA/IPS  
Kurikulum                      :        2006

Kemampuan yang Diuji: Mengidentifikasi informasi tersurat
Indikator Soal: 
a. Disajikan kutipan berita, peserta didik dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi berita tersebut.
b. Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat fakta dengan tepat.

24 January 2019

SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 DAN KUNCI JAWABAN


SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 

 Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.      Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum daerah peduli danau nusantara, menyususn program strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.


A.    percobaan

B.     pengaturan

C.     persetujuan

D.    pengabsahan

E.     pengamatan

23 January 2019

CONTOH INDIKATOR SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMA/MA


CONTOH INDIKATOR SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMA/MA DILENGKAPI DENGAN CONTOH SOAL USBN TAHUN 2017/2018
Contoh indikator soal berikut dikembangkan dari kisi-kisi USBN 2019 yang dikeluarkan oleh BSNP. Indikator soal berikut dapat digunakan sebagai salah satu dasar penyusunan soal USBN tahun 2019. Guru dapat mengembangkan indikator soal lain berdasarkan indikator materi pada kisi-kisi USBN tahun 2019 dari BSNP. 

BACA SOAL USBN BAHASA INDONESIA TAHUN 2019 KURIKULUM 2013 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia.html

Terdapat juga CONTOH soal USBN tahun 2017/2018 dan soal persiapan USBN 2018/2019

BACA JUGA PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN KURIKULUM 2006 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/contoh-indikator-soal-usbn-bahasa.html
A. LINGKUP MATERI MEMBACA TEKS NONSASTRA 
Teks yang digunakan:
Laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, dan editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, karya ilmiah, artikel, resensi, kritik dan esai, proposal, surat lamaran

1.  Disajikan teks berita, peserta didik dapat menentukan isi teks tersebut dengan tepat.
2.  Disajikan teks laporan hasil obeservasi, peserta didik dapat menentukan makna kata/istilah pada teks tersebut dengan tepat.
3. Disajikan teks negosiasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi tersirat (kesepakatan) dalam teks tersebut dengan tepat (pusat).
4. Disajikan dua teks laporan hasil observasi, peserta didik menyimpulkan perbedaan isi kedua teks tersebut dengan tepat. 
5. Disajikan teks artikel, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks tersebut dengan tepat.
6. Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menyimpulkan hubungan antarteks (sebab akibat) teks tersebut dengan tepat)
7. Disajikan teks cerita sejarah/cerita ulang, peserta didik dapat memprediksi berdasarkan isi teks dengan tepat.
8. Disajikan teks resensi, peserta didik dapat mengevaluasi isi teks tersebut dengan tepat.

17 January 2019

CONTOH SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2006 DISERTAI KUNCI JAWABAN


SOAL UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM 2006
BACA JUGA:

2. SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-bahasa-indonesia-smama.html

I.     PILIHAN GANDA

1.      (1) Banyak situs bersejarah di wilayah Kalimantan Timur tidak terawat. (2) Bahkan, terdapat sejumlah situs purbakala telah hancur akibat penggalian tambang batu bara, emas, minyak, dan ulah sebagian masyarakat yang tidak bertanggung jawab. (3) Padahal, benda purbakala tersebut memiliki nilai historis yang sangat tinggi. (4) Situs-situs ini Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi berita tersebut memiliki berbagai bentuk, nilai, dan jenis. (5) Hal itu menandai adanya masyarakat zaman batu.

Makna purbakala dalam paragraf tersebut adalah ….
A. Berhubungan dengan zaman purba
B. Barang-barang antik
C. Peninggalan orang dahulu kala
D. Sesuatu yang kuno
E. Jenis dan bentuk kuno

16 January 2019

SOAL DAN PEMBAHASAN MENGURUTKAN KALIMAT ACAK TEKS LAPORAN


29. Bacalah teks berikut!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00.
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami. 
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus. 
Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ….
A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)
C. (5)-(3)-(2)-(4)-(1)
D. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)