21 June 2019

UNDUH RPP SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BAHASA INDONESIA KELAS X TEKS LHO KD 3.2 DAN 4.2 DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, POWERPOINT, DAN SOAL-SOAL TEKS LHO



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                        : X/1

Alokasi Waktu                        : 8 X 45 menit

UNDUH RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 TEKS PROSEDUR KD 3.2 DAN 4.2 DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, POWERPOINT DAN SOAL PENILAIAN





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Teks Prosedur
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

UNDUH RPP TEKS CERITA SEJARAH (FILE WORD) BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, POWERPOINT, DAN SOAL PENILAIAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Sekolah                                 : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                    : XII / Ganjil

Materi Pokok                       : Teks cerita (novel) sejarah

Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

RPP BAHASA INDONESIA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, POWERPOINT PEMBELAJARAN, DAN SOAL PENILAIAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                                 : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                    : XII / Ganjil

Materi Pokok                       : Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Alokasi Waktu                     : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

19 June 2019

RPP BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DILENGKAPI MATERI PEMBELAJARAN, SOAL PTS, SOAL PAS, SOAL UN

 



PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019
3. Menentukan Jawaban yang Tepat Sesuai Isi Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-tahun-pelajaran-20182019-bahasa.html

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                   : SMA Negeri 2 Boyolali 
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : XII / Ganjil
Materi Pokok                          : Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
Alokasi Waktu                        : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

RPP TEKS PROSEDUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020 LENGKAP DENGAN RINGKASAN MATERI, POWERPOINT PEMBELAJARAN, DAN SOAL PTS, PAS, UN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah
: SMA
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
:Teks Prosedur
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

18 June 2019

PERAN DAN TUGAS SMA ZONASI (SMA ZONASI)


PERAN DAN TUGAS SMA ZONASI  
(SMA ZONASI) 

SMA Zonasi adalah SMA yang memenuhi SNP dan melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), mengembangkan praktik baik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi baik akademik maupun non akademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak diimbaskan ke SMA lain di zonanya.

Berikut peran dan tugas SMA Zonasi (SMA Zonasi)

APA ITU SMA ZONASI DAN APA SAJA KRITERIA SEKOLAH ZONASI?



APA ITU SMA ZONASI
(Oleh Muh Zuhri, SMA Negeri 2 Boyolali-HP 081326446361)
SMA Zonasi adalah SMA yang memenuhi SNP dan melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), mengembangkan praktik baik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi baik akademik maupun non akademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak diimbaskan ke SMA lain di zonanya.

14 June 2019

RPP, RINGKASAN MATERI, POWERPOINT PEMBELAJARAN, DAN SOAL-SOAL PTS, PAS, USBN, UN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) KD 3.2, 4.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                                   : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                        : X/1

Alokasi Waktu                        : 8 X 45 menit


A.    Kompetensi Inti (KI)

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

UNDUH FILE WORD RPP TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SMA KELAS X DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, POWERPOINT PEMBELAJARAN, SOAL PTS, SOAL PAS, SOAL UN MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata pelajaran   : Bahasa Indonesia

Sekolah                : SMA Negeri 2 Boyolali

Kelas/ Semester  : X IPA-IPS/ Gasal

Materi pokok      : Teks Laporan Hasil Observasi

Alokasi waktu     :  8 X 45 menit (2 kali pertemuan)


A. Kompetensi Inti :

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

13 June 2019

CONTOH PENGHITUNGAN KKM BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (UNDUH FILE EXCEL)




Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

KKM ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu kompleksitas materi/kompetensi, intake (kualitas peserta didik), serta guru dan daya dukung satuan pendidikan.

CONTOH PENGHITUNGAN KKM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2019/2020




Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

KKM ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu kompleksitas materi/kompetensi, intake (kualitas peserta didik), serta guru dan daya dukung satuan pendidikan.

UNDUH FILE EXCEL CONTOH KKM BAHASA INDONESIA KELAS X SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020



Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

KKM ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu kompleksitas materi/kompetensi, intake (kualitas peserta didik), serta guru dan daya dukung satuan Pendidikan.

12 June 2019

SILABUS BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS XII SEMESTER 1 DAN 2




Silabus
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

UNDUH FILE WORD SILABUS BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS XI SEMESTER 1 DAN 2




Silabus
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.