RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII
/ Ganjil
Materi
Pokok : Teks cerita (novel) sejarah
Alokasi
Waktu : 3
Minggu x 4 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3
Mengidentifikasi informasi, yang
mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi
struktur teks cerita sejarah
· Mengidentifikasi
isi teks cerita sejarah
· Mengidentifikasi
nilai-nilai cerita (novel) sejarah
· Mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah
|
4.3
Mengonstruksi nilai-nilai dari
informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
· Mendata
struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.
· Menyusun
kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi
· Mempresentasikan,
menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre,
saintifik, dan CLIL peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks cerita sejarah, mengidentifikasi isi teks cerita sejarah, mengidentifikasi
nilai-nilai cerita (novel) sejarah, mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian
yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang
menarik dalam cerita (novel) sejarah, menyusun kembali nilai-nilai dari cerita
(novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi mempresentasikan, menanggapi, merevisi
teks eksplanasi yang disusun
D.
Materi
Pembelajaran
Teks cerita (novel) sejarah
·
struktur teks cerita sejarah
·
isi teks cerita sejarah
·
nilai-nilai cerita (novel) sejarah
·
kebahasaan teks cerita sejarah
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII
Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII
Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit)
|
Nilai Karakter (PPK),
Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Struktur Teks dan isi teks cerita
sejarah
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Religious
Disiplin
Rasa Ingin
Tahu
|
15 menit
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
||||||||||||||||
|
Literasi
Critical Thinking (Berpikir Kritis)
Literasi
Collaborative
Collaborative dan critical thinking
Critical thinking
Communicative
Creativity
HOTS
|
150 menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Struktur Teks dan
isi teks cerita sejarah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik.
|
Creativity
|
UNDUH FILE RPP TEKS CERITA SEJARAH KLIK https://drive.google.com/open?id=1wmt6_VeXpMOzsCa0GQtSJ3q8Imodo-Pm
Baca juga
1. Ringkasan Materi Teks Cerita/Novel Sejarah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/materi-pembelajaran-teks-cerita-sejarah.html
2. Powerpoint Materi Teks Cerita Sejarah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/ppt-struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks.html
3. CONTOH Soal PTS Teks Cerita Sejarah
4. CONTOH Soal PAS Teks Cerita Sejarah
RPP Kelas XII Semester 1
1. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.1 dan 4.1
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-xii.html
2. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.2 dan 4.2
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-tahun.html
3. RPP Teks Cerita/Novel Sejarah KD 3.3 dan 4.3 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-cerita-sejarah-file-word.html
4. RPP Teks Cerita/Novel Sejarah KD 3.4 dan 4.4 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran_23.html
5. RPP Teks Editorial KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-editorial-dan-soal-un.html
6. RPP Buku Pengayaan KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-literasi-kd-37-dan-47-isi.html
7. RPP Teks Novel KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-kd.html
8. RPP Teks Novel KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-kelas-xii-kd-39-dan-49-bahasa.html
B. RPP KELAS XII SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Artikel KD 3.10 dan
4.10 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-teks-artikel-kelas.html
2. Rpp Teks Artikel KD 3.11 dan
4.11 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-artikel-kd-311-dan-411-kelas.html
3. RPP Teks Kritik dan Esai KD
3.12, 4.12, 3.13, dan 4.13 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-kritik-dan-esai-kelas-xii.html
4. RPP Buku Pengayaan KD 3.14 dan
4.14 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-semester.html
Boleh minta nomor telepon Pak Zuhri
ReplyDeleteboleh 081326446361
DeletePromo www.Fanspoker.com :
ReplyDelete- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||