13 June 2019

UNDUH FILE EXCEL CONTOH KKM BAHASA INDONESIA KELAS X SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020



Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

KKM ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu kompleksitas materi/kompetensi, intake (kualitas peserta didik), serta guru dan daya dukung satuan Pendidikan.
Aspek karakteristik materi/kompetensi yaitu memperhatikan kompleksitas KD dengan mencermati kata kerja yang terdapat pada KD tersebut dan berdasarkan data empiris dari pengalaman guru dalam membelajarkan KD tersebut pada waktu sebelumnya. Semakin tinggi aspek kompleksitas materi/kompetensi, semakin menantang guru untuk meningkatkan kompetensinya.
Aspek intake yaitu memperhatikan kualitas peserta didik yang dapat diidentifikasi antara lain berdasarkan hasil ujian nasional pada jenjang pendidikan sebelumnya, hasil tes awal yang dilakukan oleh sekolah, atau nilai rapor sebelumnya. Semakin tinggi aspek intake, semakin tinggi pula nilai KKMnya.
Aspek guru dan daya dukung antara lain memperhatikan ketersediaan guru, kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu, kompetensi guru (misalnya hasil Uji Kompetensi Guru), rasio jumlah peserta didik dalam satu kelas, sarana prasarana pembelajaran, dukungan dana, dan kebijakan sekolah. Semakin tinggi aspek guru dan daya dukung, semakin tinggi pula nilai KKM-nya.

KKM sebaiknya dibuat sama untuk semua mata pelajaran pada semua tingkat kelas, artinya nilai KKM sama untuk semua mata pelajaran pada suatu sekolah. Nilai KKM ditulis dalam dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah.

Secara teknis prosedur penentuan KKM mata pelajaran pada Satuan Pendidikan dapat digambarkan pada alur sebagai berikut:


a. Menetapkan KKM setiap kompetensi dasar (KD), yang menggunakan kriteria analisis dengan mempertimbangkan aspek karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), serta guru dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung);

b. Menetapkan KKM mata pelajaran yang merupakan rata-rata dari semua KKM kompetensi dasar yang terdapat dalam satu mata pelajaran;

c. Menetapkan KKM pada tingkatan kelas yang merupakan rata-rata dari semua KKM mata pelajaran pada setiap tingkatan kelas; dan

d. Menetapkan KKM satuan pendidikan yang merupakan rata-rata dari semua KKM pada setiap tingkatan kelas X, XI, dan XII dalam satu semester atau satu tahun pembelajaran.


(Sumber:  Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017)

UNDUH FILE KKM KELAS X TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KLIK https://drive.google.com/open?id=10C-xGOuEkCpRXAjD2xuia2iUGd_0DCxo


Baca dan Unduh Contoh Penghitungan KKM Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 (File Excel)



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2019/ 2020
KKM : 65
Kompetensi Inti    : 
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam  berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kriteria Penentuan Ketuntasan
Komplek sitas Sarana pendukung Intake siswa
3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 66
3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi. 66 67 68 63
3.1.2. Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. 66 66 69 63
4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. 64
4.1.1 Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi. 64 63 66 63
4.1.2 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi 64 64 65 63
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi 66
3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi. 67 68 70 63
3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi. 66 67 68 63
3.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. 65 65 67 63
4.2. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis. 64
4.2.1 Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi  65 64 68 63
4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi  64 63 66 63
4.2.3 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang telah disusun. 63 62 64 63
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 66
3.3.1. Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 66 66 69 63
3.3.2. Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 66 67 68 63
3.3.3. Menggali  kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 66 67 68 63
4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. 64
4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi 64 64 65 63
4.3.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun. 64 63 66 63
3.4. Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi. 66
3.4.1. Menemukan struktur teks eksposisi yang dibaca. 65 65 67 63
3.4.2. Menumukan kebahasaan teks yang dibaca. 67 68 70 63
3.4.3. Membandingkan dua teks eksposisi 66 69 66 63
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. 64
4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan. 64 63 66 63
4.4.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun. 64 64 65 63
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. 66
3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks anekdot 65 65 67 63
3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot 67 68 70 63
4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis 64
4.5.1 Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca 64 63 66 63
4.5.2 Mempresentasikan eks anekdot yang telah disusun. 64 64 65 63
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. 66
3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) anekdot 66 67 68 63
3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan anekdot 66 66 69 63
4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis 64
4.6.1 Menyusun teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan. 64 64 65 63
4.6.2 Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun. 64 63 66 63
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. 66
3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat. 66 67 68 63
3.7.2. Mendata karakteristik dalam hikayat. 66 66 69 63
3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat. 66 67 68 63
4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. 64
4.7.1 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dalam hikayat. 64 63 66 63
4.7.2 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok nilai-nilai dalam hikayat. 64 64 65 63
4.7.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang telah disusun 64 63 66 63
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 66
3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan cerita rakyat.  67 68 70 63
3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan  nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.   65 65 67 63
4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 64
4.8.1 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 65 64 68 63
4.8.2 Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun. 63 62 64 63
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 66
3.9.1  Mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca 66 66 69 63
3.9.2  Mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca  66 66 69 63
4.9. Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. 64
4.9.1 Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar. 64 64 65 63
4.9.2 Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan. 64 64 65 63
KKM SEMESTER I 65
3.10 Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. 66
3.10.1. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan dalam bernegosiasi.  66 66 69 63
3.10.2. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan penawaran dalam bernegosiasi.  66 67 68 63
3.10.3. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.  66 67 68 63
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis 64
4.10.1 Mengungkapkan cara pengajuan dalam bernegosiasi. 64 63 66 63
4.10.2 Mengungkapkan cara penawaran dalam bernegosiasi. 64 64 65 63
4.10.3 Mengungkapkan cara pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. 64 63 66 63
4.10.4 Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan berupa kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi dan kalimat 64 63 66 63
3.11 Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi. 66
3.11.1. Menentukan struktur: orientasi (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),  67 68 70 63
3.11.2. Menentukan struktur: permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),  66 67 68 63
3.11.3. Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi. 65 65 67 63
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan. 64
4.11.1 Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan struktur teks. 64 63 66 63
4.11.2 Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan aspek kebahasaan. 64 64 65 63
4.11.3 Mempresentasikan teks negosiasi yang telah disusun. 64 63 66 63
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. 66
3.12.1. Mengidentifikasi permasalahan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.. 66 67 68 63
3.12.2. Mengidentifikasi simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik. 66 66 69 63
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. 64
4.12.1 Melaksanakan debat 64 63 66 63
4.12.2 Mengevaluasi pelaksanaan debat. 64 64 65 63
3.13 Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan). 66
3.13.1. Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan). 65 65 67 63
3.13.2. Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat..  67 68 70 63
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.  64
4.13.1 Melaksanakan debat. 64 64 65 63
4.13.2 Mengevaluasi pelaksanaan debat. 64 63 66 63
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi 66
3.14.1. Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. 66 67 68 63
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis. 64
4.14.1 Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi   65 64 68 63
4.14.2 Memberikan komentar secara lisan terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. 64 63 66 63
4.14.3 Memberikan komentar secara  tertulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. 63 62 64 63
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. 66
3.15.1. Mendata  pokok-pokok isi biografi dalam teks biografi. 67 68 70 63
3.15.2. Mendata  ciri kebahasaan dalam teks biografi. 65 65 67 63
4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis 64
4.15.1 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan, pendidikan, karier, perjuangan) 64 64 65 63
4.15.2 Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman 64 63 66 63
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. 66
3.16.1. Mendata suasana dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.  67 68 70 63
3.16.2. Mendata tema dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.  66 67 68 63
3.16.3. Mendata makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.  65 65 67 63
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) 64
4.16.1 Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal 65 64 68 63
4.16.2 Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan ekspresi 64 63 66 63
4.16.3 Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo). 63 62 64 63
3.17 Menganalisis  unsur pembangun puisi. 66
3.17.1. Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); dalam puisi.   65 65 67 63
3.17.2. Mendata kata-kata yang menunjukkan rasa (feeling), nada, dan amanat dalam puisi.   67 68 70 63
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) 64
4.17.1 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense).   65 64 68 63
4.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan rasa (feeling), nada, dan amanat   64 63 66 63
4.17.3 Mempresentasikan puisi yang telah ditulis   63 62 64 63
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. 66
3.18.1. Menganalisis kelebihan buku yang dibaca 65 65 67 63
3.18.2. Menganalisis kekurangan buku yang dibaca 67 68 70 63
4.18 Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. 64
4.18.1 Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi 64 64 65 63
4.18.2 Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis 64 63 66 63
KKM SEMESTER I 65
KKM SEMESTER I & II 65
Mengetahui, Boyolali, 29 Mei 2019
Kepala SMA N 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 197009261997021002 NIP  197207081998011001

3 comments: