LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS
HOTS
atau higher order thinking skill adalah proses berpikir tingkat tinggi. Dalam
taksonomi bloom yang direvisi Anderson menduduki level C4, C5 dan C6, analisis,
evaluasi. dan kreasi. HOTS adalah
kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif
yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Langkah-Langkah Menyusun Soal HOTS
Untuk menulis butir soal HOTS, penulis soal dituntut untuk dapat
menentukan perilaku yang hendak diukur dan merumuskan materi yang akan
dijadikan dasar pertanyaan (stimulus) dalam konteks tertentu sesuai dengan
perilaku yang diharapkan. Selain itu uraian materi yang akan ditanyakan (yang
menuntut penalaran tinggi) tidak selalu tersedia di dalam buku pelajaran. Oleh
karena itu dalam penulisan soal HOTS,
dibutuhkan penguasaan materi ajar, keterampilan dalam menulis soal (kontruksi
soal), dan kreativitas guru dalam memilih stimulus soal sesuai dengan situasi
dan kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan.Berikut dipaparkan
langkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS.
1. Menganalisis KD yang dapat
dibuat soal-soal HOTS
Terlebih dahulu guru-guru memilih
KD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS. Tidak semua KD dapat dibuatkan
model-model soal HOTS. Guru-guru
secara mandiri atau melalui forum MGMP dapat melakukan analisis terhadap KD
yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS.
2. Menyusun kisi-kisi soal
Kisi-kisi penulisan soal-soal HOTS
bertujuan untuk membantu para guru dalam menulis butir soal HOTS. Secara
umum, kisi-kisi tersebut diperlukan untuk memandu guru dalam: (a) memilih KD
yang dapat dibuat soal-soal HOTS, (b) memilih materi pokok yang terkait dengan
KD yang akan diuji, (c) merumuskan indikator soal, dan (d) menentukan level
kognitif.
3. Memilih stimulus yang menarik
dan kontekstual.
Stimulus yang digunakan hendaknya
menarik, artinya mendorong peserta didik untuk membaca stimulus. Stimulus yang
menarik umumnya baru, belum pernah dibaca oleh peserta didik. Sedangkan
stimulus kontekstual berarti stimulus yang sesuai dengan kenyataan dalam
kehidupan sehari-hari, menarik, mendorong peserta didik untuk membaca.Dalam
konteks Ujian Sekolah, guru dapat memilih stimulus dari lingkungan sekolah atau
daerah setempat.
4. Menulis butir pertanyaan sesuai
dengan kisi-kisi soal
Butir-butir pertanyaan ditulis
sesuai dengan kaidah penulisan butir soal HOTS.Kaidah penulisan butir
soal HOTS, agak berbeda dengan kaidah penulisan butir soal pada umumnya.
Perbedaannya terletak pada aspek
materi, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relative sama. Setiap butir
soal ditulis pada kartu soal, sesuai format terlampir.
5. Membuat pedoman penskoran
(rubrik) atau kunci jawaban
Setiap butir soal HOTS yang
ditulis hendaknya dilengkapi dengan pedoman penskoran atau kunci
jawaban.Pedoman penskoran dibuat untuk bentuk soal uraian.Sedangkan kunci
jawaban dibuat untuk bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks
(benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.
TRIK
DAN TIPS MENYUSUN SOAL HOTS
1.
Gunakan Konteks Dunia Nyata
Contoh
soal
Soal
A.1 (tidak menggunakan konteks dunia nyata)
Seorang
peneliti menetapkan tingkat signifikansi 0,05. Berapakah nilai uji signifikansi
yang dapat dapat diterima untuk menolak hipotesis penelitian?
Soal
A.2 (menggunakan konteks dunia nyata)
Seorang
peneliti membandingkan berat badan dua kelompok untuk meneliti efektivitas obat
pelangsing. Peneliti tersebut menetapkan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji
signifikansi memperoleh nilai 0,017. Apakah yang dapat disimpulkan oleh
peneliti tersebut?
Penjelasan: Penyajian
Kasus Nyata memungkinkan proses menelaah informasi
2.
Berikan Pertanyaan yang terkait analisis visual
Contoh
soal
Soal
B.1
Apakah
peran burung Elang dalam suatu rantai makanan?
Soal
B.2
Cermati
gambar berikut!
Seorang
ilmuwan berhasil menemukan pestisida ampuh pembasmi ulat sehingga jumlah ulat
menurun dengan drastis. Apakah yang akan terjadi kepada Elang?
Penjelasan: Melalui
analisa visual bagan yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya lebih tinggi
3.
Tanyakan alasan dari jawaban yang diberikan
Abad
ke-21 adalah abad digital dan abad informasi. Arus informasi yang begitu deras
berdampak negatif terhadap disintegrasi bangsa. Misalnya kejadian SARA di suatu
sekolah yang belum terverifikasi kebenarannya, diunggah seorang pelajar di
media sosial. Berita tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas sehingga
memicu konflik antar kelompok. Oleh karena itu, pembatasan penggunaan media
sosial harus diterapkan kepada semua pelajar.
Setujukah
Kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!
4.
Soal pilihan ganda dan soal objektif DAPAT mengukur HOTS
Sumber
Widana, I Wayan. 2017. Modul
Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
BACA JUGA
1. MENGAPA HOTS? KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/mengapa-hots.html
2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/langkah-langkah-menyusun-desain.html
3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-rpp-berorientasi-hots-mata.html
4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/oal-hots-pada-ujian-nasional-un-mata.html
BACA JUGA
1. MENGAPA HOTS? KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/mengapa-hots.html
2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/langkah-langkah-menyusun-desain.html
3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-rpp-berorientasi-hots-mata.html
4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/oal-hots-pada-ujian-nasional-un-mata.html
Unduh
1. Modul Penyusunan Soal Higher
Order Thinking Skill (HOTS) KLIK https://drive.google.com/open?id=1Ch-Vb9iyp_BYlJ3lKzQjQrghxnjh9QgF
2.
Format Kisi-Kisi Soal HOTS KLIK https://drive.google.com/open?id=1Ea5SthNT0Ank1Ut1FgQGzwejdbZxtHOG
3.
Format Kartu Soal HOTS Pilihan Ganda KLIK https://drive.google.com/open?id=1GahcMLPfRI6enQ3kuSbUBeomyo66Xy9i
4.
Format Kartu Soal HOTS Uraian KLIK https://drive.google.com/open?id=1vdkGCP9jkCf-MR-rK3AP0dtK7kdoxviY
5.
Format Istrumen Telaah Soal HOTS Pilihan Ganda dan Uraian KLIK https://drive.google.com/open?id=1vbmKCIr1KqRqQvj58PNOJWo08eB8stuq
6. PPT
Materi Workshop Penyusunan Soal HOTS KLIK https://drive.google.com/open?id=1w-AIgeAU4YkJWCsg1U6YRJ5HniFT21KC
terima kasih (y)
ReplyDeleteTerima kasih juga
DeleteTerima kasih Pak. Materi-materi dari Bapak sangat berguna bagi saya. Salam.
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih juga.
DeleteTerimakasih banyak pak, artikel bapak sangat membantu saya sebagai guru pemula
ReplyDeleteTerima kasih juga Ibu Dina Tampubolon
DeleteTerima kasih,sangat bermanfaat
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih juga
DeleteThanks sgt membantu sekali
ReplyDeletealhamdulillah, terima kasih juga
DeleteTrimakasih pak sangat bermanfaat
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih juga
DeleteSangat membantu
ReplyDeletealhamdulillah, terima kasih
DeleteBarakallah bapak🙏🏿🙏🏿🙏🏿🙏🏿
ReplyDeleteAlhamdulillah
ReplyDeleteTerima kasih atas ilmunya
Mudah mudahan berkah