Materi berikut merupakan oleh-oleh
(rangkuman materi) Workshop Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Higher
Order Thingking Skills (HOTS) Jakarta, 16-20 dan 24-28 Juli 2018
diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal
Guru dan Tenaga Kependidikan
Guru sebaiknya menyajikan
pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik untuk berpikir
kritis, logis, dan sistematis sesuai dengan karakteristik Bahasa Indonesia, serta memiliki
kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills atau HOTS).
kritis, logis, dan sistematis sesuai dengan karakteristik Bahasa Indonesia, serta memiliki
kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills atau HOTS).
Anderson mengategorikan tingkat
berpikir seperti dalam tabel Berikut.
KATEGORI
|
DESKRIPSI
|
Mengingat
(Remember) |
Menyajikan fakta dari
ingatan (mengenai fakta
penting/recognizing; memanggil/recalling/retrieving) |
Memahami
(Understand) |
Memaknai materi yang
dipelajari dengan kata kata/kalimat sendiri (interpretasi/interpreting,
memberi contoh/illustrating,
mengkalsifikasi/classifying/categorizing, meringkas/summarizing/abstracting, menyimpulkan/concluding/ektrapolating/interpolating, predicting, membandingkan/comparing/contrasting/mapping/mat ching, menjelaskan/constructing model e.g. cause-effect) |
Menerapkan
(Apply) |
Melaksanakan (executing),
menggunakan prosedur
(implementing) untuk suatu situasi baru (melakukan, menerapkan) |
Menganalisis
(Analyze) |
Mengelompokkan
informasi/fenomena dalam bagian
bagian penting (differentiating/discriminating/focusing/selecting), menentukan keterkaitan antar komponen (organizing/finding coherence/integrating/outlining/structuring), menemukan pikiran pokok/bias/nilai penulis (attributing/deconstructing) |
Mengevaluasi
(Evaluate) |
Menentukan apakah
kesimpulan sesuai dengan
uraian/fakta (checking/coordinating/detecting/monitoring/testing), menilai metode mana yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah (critiquing/judging) |
Mencipta
(Create) |
Mengembangkan
hipotesis (generating), merencanakan
penelitian (planning/designing), mengembangkan produk baru (producing/constructing) |
Berdasarkan tingkat berpikir yang tercantum dalam tabel tersebut, ada kemampuan
berpikir yang lebih tinggi (higher order thinking skills = HOTS) yang
harus dikuasai oleh
peserta didik yaitu kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Oleh
sebab itu, dalam pembelajaran Anda dianjurkan untuk mendorong peserta didik memiliki kemampuan tersebut dengan menyajikan pembelajaran yang variatif serta pemberian materi yang “tidak biasa” .
peserta didik yaitu kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Oleh
sebab itu, dalam pembelajaran Anda dianjurkan untuk mendorong peserta didik memiliki kemampuan tersebut dengan menyajikan pembelajaran yang variatif serta pemberian materi yang “tidak biasa” .
Langkah-langkah menyusun desain
pembelajaran berorientasi HOTS antara lain sebagai berikut.
A. Perencanaan pembelajaran
A. Perencanaan pembelajaran
- Analisis SKL-KI-KD-IPK
a. Kata
kerja operasional pendukung analisis SKL-KI-KD-IPK
b. Dikembangkan
sesuai KD, KD menjadi target minimal.
c. Jika
ada KD yang telah dipelajari KD sebelumnya…maka bisa langsung di KD bersangkutan,
dapat dimasukkan pada kegiatan awal saja pembelajaran.
- Menentukan keterampilan proses kognitif/berpikir dan dimensi pengetahuan (Anderson and Krathwhols 2001)
- Menentukan tujuan pembelajaran
- Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi
- Penentuan model pembelajaran (D/I, PJBL, PBL, dan sebagainya sesuai karakter mata pelajaran).
B. Pelaksanaan pembelajaran
- Desain kegiatan awal pembelajaran
- Desain kegiatan inti pembelajaran
- Desain kegiatan penutup pembelajaran
C. Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran
- Pengembangan kisi-kisi penilaian
a. Menuntun
guru mengembangkan kisi-kisi
b. Mengembangkan
indikator penilaian sesuai SKL-KI-KD-IPK
c. Matrik
perkembangan materi dengan model pembelajaran
- Pengembangan penilaian
- Evaluasi pembelajaran
Contoh kegiatan pembelajaran KD 3.4 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi. dan KD 4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara
lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan agar peserta
didik memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS)
a. Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model 1 teks dengan cara
menelaah dalam bentuk tertulis dan 1 teks eksplanasi melalui tayangan video peristiwa eksplanasi.
b. Peserta didik melakukan telaah isi teks eksplanasi berdasarkan komponen-komponen
strukturnya (identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, ulasan)
c. Peserta didik melakukan pengelompokan struktur teks eksplanasi tersebut atas
komponen-komponen strukturnya (identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, ulasan)
d. Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi untuk menemukan kata bermakna denotatif, konjungsi kronologis/kausalitas, kata teknis, kata sifat, dan kata keterangan waktu dalam teks eksplanasi.
f. Peserta didik menentukan topik teks eksplanasi dengan peta pikiran (mindmap) atau
jaring laba-laba (spider-web).
g. Peserta didik menyusun kerangka teks eksplanasi.
h. Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.
i. Peserta didik menyusun teks eksplanasi berdasarkan kerangka yang telah disusun
dengan memerhatikan struktur teks, isi, dan kebahasaan serta PUEBI.
a. Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model 1 teks dengan cara
menelaah dalam bentuk tertulis dan 1 teks eksplanasi melalui tayangan video peristiwa eksplanasi.
b. Peserta didik melakukan telaah isi teks eksplanasi berdasarkan komponen-komponen
strukturnya (identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, ulasan)
c. Peserta didik melakukan pengelompokan struktur teks eksplanasi tersebut atas
komponen-komponen strukturnya (identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, ulasan)
d. Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi untuk menemukan kata bermakna denotatif, konjungsi kronologis/kausalitas, kata teknis, kata sifat, dan kata keterangan waktu dalam teks eksplanasi.
f. Peserta didik menentukan topik teks eksplanasi dengan peta pikiran (mindmap) atau
jaring laba-laba (spider-web).
g. Peserta didik menyusun kerangka teks eksplanasi.
h. Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.
i. Peserta didik menyusun teks eksplanasi berdasarkan kerangka yang telah disusun
dengan memerhatikan struktur teks, isi, dan kebahasaan serta PUEBI.
Rujukan
Tayangan powerpoint materi Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS
Klik https://drive.google.com/open?id=1axpUFZYOQ5dFaNW-1v4po28c7fxDy-0S
Tayangan Powerpoint Materi Pelatihan Penyusunan Desain
Pembelajaran Berorientasi HOTS Oleh Sajidan berjudul Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Tingkat
Tinggi Klik https://drive.google.com/open?id=1v8reS3FA-j6kxA4LUVMYYveJRfd8KZHq
Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Klik https://drive.google.com/open?id=1a0YfY34Y1RZ0brK_6FucyVa1Eb4Xr8nF
BACA JUGA CONTOH RPP BERORIENTASI HOTS MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA SMA/MA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-rpp-berorientasi-hots-mata.html
BACA JUGA
LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS DAN FORMAT INSTRUMEN SOAL HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/langkah-langkah-menyusun-soal-hots.html
BACA JUGA
LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS DAN FORMAT INSTRUMEN SOAL HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/langkah-langkah-menyusun-soal-hots.html
Mantap
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih pak
ReplyDeleteBoleh minta file nya ya pak. Kirim ke srmulyaningsih.sm@gmail.com. terimakasih sebelumnya
ReplyDeleteTulisan ini sangat Bermanfaat... Terima kasih kepada pemilik blog zuhriindonesia. Mohon izin untuk share...
ReplyDeleteTlg kirim filenya pak d erlinmawa@ gmail.com
ReplyDeleteErlin mawarlina.pk tlg kirim file nya ke erlinmawar8@gmail.com
ReplyDeleteSangat bermanfaat. Saya minta filenya kah pak.
ReplyDeletenengsi1788@gmail.com
DeleteFilenya dong pak,,ke shantiumar70@gmail.com
ReplyDeleteTerimakasih ilmunya Pa...boleh minta filenya?
ReplyDeletekirim ke yulianty709@gmail.com
Terima kasih informasinya, saya minta filenya
ReplyDelete