MODUL AJAR
PEMBELAJARAN BERDIFENSIASI
I. Informasi Umum
A. Identitas Modul
Nama Penyusun : Jumiko,S.Pd
Institusi : SMA Negeri 1 Kemusu
Tahun : 2022
Jenjang Sekolah : SMA
Kelas : X
Alokasi Waktu : 2 JP
Kompetensi Awal : Peserta didik mampu mengoperasikan beberapa aplikasi perkantoran
Profil Pelajar Pancasila : Mandiri : pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Bernalar Kritis : memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
Sarana dan Prasarana : Perangkat komputer atau laptop yang telah terinstal aplikasi perkantoran.
Target Peserta Didik : Peserta didik yang menjadi target yaitu :
Ø Peserta didik regular / tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
Ø Peserta didik dengan kesulitan belajar : memiliki gaya belajar terbatas hanya satu gaya.
Ø Peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda : audiotory, visual, kinestetik.
Ø Peserta didik dengan pencapaian tinggi : mencerna dan memahami dengan cepat, mampumencapai keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki kemampuan memimpin.
Model Pembelajaran yang digunakan : Model pembelajaran yang digunakan lingkungan e-learning
II. Komponen Inti
Pertemuan 1 (Integrasi Aplikasi Perkantoran)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan integrasi antar aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi
B. Pemahaman Bermakna
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik dapat mengintegrasi Word dan Excel, Integrasi Power Point dan Excel, Membuat Diagram Power Point Dari Excel, OLE Between Excel dan Word, dan OLE BetweenExcel dan Power Point.
C. Pertanyaan Pemantik
1. Jelaskan menurut pengetahuanmu, apa kalian pernah menggunakan aplikasi perkantoran?
2. Jelaskan aplikasi peekantoran yang pernah kalian gunakan !
3. Untuk keperluan apa aplikasi perkantoran tersebut.
D. Persiapan Pembelajaran
1. Mengkondisikan peserta didik
2. Menyiapkan ringkasan materi, lembar soal, lembar observasi
Kegiatan Pembelajaran (1) (Integrasi Aplikasi Perkantoran).
Tahapan |
Kegiatan |
Waktu |
PENDAHUAN |
1. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik 2. Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran 3. Guru mengecek kehadiran peserta didik 4. Membagi kelas dalam beberapa kelompok dan meminta peserta didik untuk duduk dalam kelomponya masing – masing |
10 Menit |
KEGIATAN INTI |
1. Guru melakukan kegiatan apersepsi: Paket aplikasi perkantoran (Inggris: office suite) adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri atas sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri atas sebuah aplikasi presentasi, peralatan basis data, paket grafis, dan peralatan komunikasi. Paket perkantoran yang paling dominan saat ini ialah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Macintosh dan telah menjadi perangkat lunak paket perkantoran standar secara de-facto. 2. Guru memberikan penjelasan tentang pentingnya integrasi aplikasi perkantoran. 3. Guru menyiapkan materi yang dapat dibaca melalui buku teks oleh siswa tentang cara mengintegrasi Mmengoperasikan Ms Word, Ms Excel, Ms, Power point (untuk anak visual), guru juga menyiapkan materi tentang cara mengoperasikan Ms Word, Ms Excel, Ms, Power point dengan menayangkan video (untuk anak yang auditori-visual) dan menyiapkan komputer/laptop untuk mempraktekkan langsung dalam kehidupan sehari hari (untuk anak yang kinestetik).(diferensiasi konten) 4. Peserta didik melakukan Aktivitas 1 (Integrasi dengan perintah cut, copy, dan paste) dengan cara membaca teks sebagai aktivitas individu. 5. Peserta didik melakukan Aktivitas 1 (Integrasi dengan perintah cut, copy, dan paste) dengan cara melihat youtube 6. Peserta didik melakukan Aktivitas 1 (Integrasi dengan perintah cut, copy, dan paste) dengan cara praktek langsung Catatan (diferensiasi proses) Kelompok 1 (melakukan aktivitas konsep materi dari buku teks) Kelompok 2 (melakukan aktivitas konsep materi dari youtube dengan link (cara mengintegrasikan dengan perintah cut, copy dan paste) : https://www.youtube.com/watch?v=MF8LzRmhsIA
saat peserta didik melakukan aktivitas, guru memantau dan memandu jika siswa mengalami kesulitan. 7. Peserta didik membuat hasil karya dengan praktek dan presentasi di depan kelas (file dalam berdasarkan pembelajaran diferensiasi proses ) ( Diferensiasi Produk ). |
70 Menit |
PENUTUP |
1. Guru dan peserta didik merangkum bersama 2. Guru mengingatkan tentang materi untuk pertemuan berikutnya 3. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa penutup |
10 Menit |
E. Asesmen
Bentuk asesmen :
NO |
Penilaian |
deskripsi |
Keterangan |
1 |
Asesmen diaognostik non kognitif, non kognitif) |
lisan |
Lampiran 1 |
2 |
Asesmen formatif (Sikap, Ketrampilan) |
Observasi, Performa |
Lampiran 2 |
3 |
Asesmen Sumatif (Pengetahuan) |
Tertulis Pilihan Ganda |
Lampiran 3 |
F. Pengayaan dan Remedial
NO |
Penilaian |
deskripsi |
Keterangan |
1 |
Pengayaan |
untuk peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran.
|
Lampiran 4 |
2 |
Remedial |
untuk peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran |
Lampiran 5 |
Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi bagi peserta didik
Dari proses belajar hari ini, hal yang saya pahami adalah ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Dari proses belajar hari ini, hal yang belum saya pahami adalah/saya ingin mengetahui lebih dalam tentang ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………….. Dari proses belajar hari ini, hal yang akan saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………… |
Refleksi bagi guru:
No |
Informasi yang diharapkan |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Mengetahui kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan materi yang disampaikan |
Apakah materi pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran? |
|
2. |
Mengetahui kesesuaian alokasi waktu |
Apakah alokasi waktu pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan? |
|
3. |
Mengetahui efektivitas pembelajaran |
Apakah pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw dapat diterapkan pada pembelajaran hari ini? |
|
III. Lampiran
A. Lembar Kerja Peserta Didik
Lampiran 6
B. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Lampiran 7
C. Glosarium
Cloud Computing: proses pengolahan daya komputasi (baik CPU, RAM, Network Speeds, Software, OS maupun Storage) melalui jaringan (biasanya lewat internet), transfer data yang terjadi bukan secara fisik dan sumber daya komputasi yang dimiliki berada di lokasi pengguna yang memakai layanannya File data : kumpulan berbagai data dan informasi yang tersimpan dan tersusun di dalam komputer secara sistematik yang dapat diperiksa, diolah atau dimanipulasi dengan menggunakan program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut Mailmerge: alat yang memungkinkan membuat beberapa surat, label, amplop, nametags, dan lainnya menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet. Presentasi: Proses penyampaian ide, produk baru atau hasil pekerjaan yang ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens .
D.Daftar Pustaka
https://support.microsoft.com/en-us/oice/create-a-crossreference-300b208c-e45a-487a- 880b-a02767d9774b
https://www.youtube.com/watch?v=ptvUgVqRLI0
https://www.youtube.com/watch?v=xWnDr5gF240
https://www.youtube.com/watch?v=Ex0R7IS8Z7E
https://www.youtube.com/watch?v=MF8LzRmhsIA
Community Worksho Series. 2019.Handout digital literasi, Dasar Internet, Dasar Search Engine, Dasar Email, Dasar Microsoft Word, Dasar Microsoft Excel, Dasar Microsoft Power Point. Diakses melalui http://cws.web.unc.edu/handouts/ pada 18 Desember 2020.
Kemusu, ..... Mei 2022
Mengetahui, Kemusu,30 Mei 2022
Kepala SMA Negeri 1 Kemusu Guru Mata Pelajaran
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. Jumiko, S.Pd
NIP 197207081998011001 NIP.198611282022211003
Lampiran 1
Pertemuan (1)
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN NON-KOGNITIF
1) Apa kabar semuanya pada hari ini?
2) Apa saja yang kamu lakukan sebelum belajar di pagi ini ?
3) Apa harapan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini nanti ?
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN KOGNITIF
1. Pernahkan kalian memuka aplikasi word, excel, atau power Poin!
2. Jelaskan perbedaan aplikasi word, excel atau power Poin tersebut!
Lampiran 2
ASESMEN FORMATIF ( LKPD 1)
PENILAIAN RANAH SIKAP
1) LEMBAR OBSERVASI
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik penilaian |
Waktu penilaian |
Instrument |
1 |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
2 |
Kerja sama |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
3 |
Mandiri |
Pengamatan |
Tugas |
Lembar observasi |
4 |
Bernalar Kritis |
Pengamatan |
Proses |
Lembar observasi |
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Sikap yang dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
Kreatif |
Kerja sama |
Mandiri |
Bernalar Kritis |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2). RUBRIK PENILAIAN SIKAP
ASPEK |
INDIKATOR |
NILAI |
|
Kreatif |
Peserta didik memiliki rasa ingin tahu |
25 |
|
Peserta didik tertarik dalam mengerjalan tugas |
25 |
||
Peserta didik berani dalam mengambil resiko |
25 |
||
Peserta didik tidak mudah putus asa |
25 |
||
TOTAL |
100 |
||
Kerja sama |
Peserta didik terlibat aktif dalam bekerja kelompok |
25 |
|
Peserta didik bersedia melaksanakan tugas sesuai kesepakatan |
25 |
||
Peserta didik bersedia membantu temannya dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan |
25 |
||
Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok |
25 |
||
TOTAL |
100 |
||
Mandiri |
Peserta didik mampu memecahkan masalah |
25 |
|
Peserta didik tidak lari atau menghindari masalah |
25 |
||
Peserta didik mampu mengambil keputusan |
25 |
||
Peserta didik bertanggung jawab |
25 |
||
Bernalar Kritis |
Pesertadidik mampumerumuskanpokok-pokok permasalahan |
25 |
|
Peserta didik mampu mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah |
25 |
||
Peserta didik mampu memilih argumen logis, relevan, dan Akurat |
25 |
||
Peserta didik dapat mempertimbangkan kredibilitas (kepercayaan) sumber informasi yang diperoleh. |
25 |
||
TOTAL |
100 |
||
SKOR TOTAL |
400 |
||
CATATAN :
Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta |
100 |
|
250 |
83,33 |
SB |
mengusulkan ide / gagasan. |
||||||
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap |
100 |
|
|||
anggota mendapatkan kesempatan |
||||||
untuk berbicara. |
||||||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat |
|
|
|||
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 3 x 100 = 300
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 300) x 100 = 83,33
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN TEMAN SEBAYA
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Nama teman yang diamati:
Pengamat :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
350 |
87,5 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
|
100 |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = (3 x 100) + (1 x 50) = 350
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,5
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
PENILAIAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
1. Kategori pengamatan proses ketrampilan pemecahan masalah
1) Proses kemampuan memahami masalah
2) Proses kemampuan merencanakan penyelesaian masalah
3) Proses kemampuan menyelesaiakan masalah
4) Proses kemampuan menafsirkan solusi penyelesaian masalah
2. Aspek yang diamati
No. |
Nama |
Memahami masalah |
Merencanakan penyelesaian |
Menyelesaikan masalah |
Menafsirkan solusi |
Jumlah |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
Rata-rata |
|
|
|
|
|
3. Pedoman penarikan kesimpulan
Rata-rata (x) |
Kategori |
0 < n ≤ 1,0 |
Tidak baik |
1,0 < n ≤ 2,0 |
Kurang baik |
2,0 < n ≤ 3,0 |
Cukup baik |
3,0 < n ≤ 4,0 |
Baik |
4,0 < n ≤ 5,0 |
Sangat baik |
Lampiran 3
ASESMEN SUMATIF
1. Alat yang merupakan sarana untuk memasukkan data
atau instruksi ke dalam komputer disebut….
a. output
device
b. input
device
c. RAM
d. CD ROM
e.
Processor
2. Untuk mengurangi intensitas radiasi dari layar monitor
ke mata pengguna komputer, dapat menggunakan…..
a. screen
saver
b. mouse
c. kaca
mata
d. keyboard
e. screen
filter
3. Salah satu program aplikasi yang dapat digunakan untuk
mengelola dan menjaga keamanan atau program dari kerusakan adalah….
a. scandisk
b.
microsoft excel
c.
diskspace
d.
accessories
e.
microsoft word
4. Siklus pemprosesan data yang benar adalah….
a. output
-> proses -> input
b. output
-> input -> proses
c. input
-> output -> proses
d. input
-> proses -> output
e. proses
-> input -> output
5. Berikut ini bukan termasuk software adalah….
a. pascal
b. cobol
c.
microsoft word
d. cd room
e.
microsoft excel
6. Peralatan keras yang berfungsi untuk menjalankan
instruksi-instruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi
disebut….
a. hardware
b. software
c. hard
disk
d. input
device
e. RAM
7. Orang yang menggunakan komputer disebut….
a.
brainware
b. hardware
c. software
d. scanner
e.
Scanddisk
8. Alat yang digunakan untuk memindahkan gambar dari kertas ke komputer disebut….
a. Printer
b. lighpen trackball
c. scanner
d. mouse
e. joystick
9.
Alat yang digunakan untuk membaca CD/DVD disebut….
a. plotter
b. voice
recognition
c.
phometric
d. CPU
e. CD/DVD
ROM
10. Tampilan awal microsoft windows disebut….
a. laptop
b. web shot
c. desktop
d.
background
e. taksbar
Jawaban :
1. b
2. e
3. a
4. d
5. d
6. a
7. a
8. c
9. e
10. e
11. c
Lampiran 4
SOAL PENGAYAAN
Jenis soal esay
1. Jelaskan langkah-langkah aktivitas menggunakan MS Office word.
2. Jelaskan langkah-langkah aktivitas menggunakan MS Office excel.
Pembahasan dan scor
No |
Jawaban |
Scor |
1 |
1. Buka aplikasi MS Word. 2. Klik menu Insert Chart. 3. Pilih jenis diagram yang diinginkan. Maka, akan muncul tampilan diagram secara otomatis pada Word dan Excel yang memuat datanya, 4. Lakukan pengubahan pada data sesuai dengan yang diperlukan. Banyaknya baris maupun kolom dapat disesuaikan. Kemudian, Tutup MS Excel. 5. Ubahlah judul diagram dengan melakukan double click pada Chart Title. Tulis judul sesuai dengan yang diinginka |
5 |
2 |
1. Buka aplikasi MS PowerPoint. 2. Klik menu Insert Table Excel Spreadsheet. 3. Buatlah tabel secukupnya. Meskipun yang terbuka hanya jendela kecil, tetapi fitur-fitur Excel, termasuk fungsi-fungsinya, tersedia secara lengkap seperti yang biasa terdapat pada aplikasi MS Excel. Peserta dapat mencoba fungsi-fungsi matematika yang biasa digunakan. 4. Apabila ingin update pada data, lakukan double click pada tabel, akan muncul kembali worksheet. Kemudian, lakukan perubahan sesuai yang diinginkan. |
5 |
Lampiran 5
SOAL REMEDIAL
1. Tempat yang digunakan untuk menyimpan
file yang sejenis disebut….
a. explorer
b. drive
c. folder
d. dokumen
e. desktop
2. Berikut ini yang tidak termasuk menu
bar dalam microsoft office word 2010 adalah…
a. file
b. view
c. insert
d. page
layout
e. Print
3. Berikut ini yang tidak termasuk media
penyimpanan data adalah….
a. floppy disk
b. mouse
c. hard
disk
d. compact
disk
e. flash
disk
4. Selain dengan mengklik tanda silang
disudut kanan atas, untuk menutup jendela yang aktif, anda dapat juga menekan
tombol….
a. file –
print
b. file –
save
c. file –
close
d. file –
exit word
e. file –
new
5. Untuk keluar dari Microsoft Word dan
menuju ke layar desktop, digunakan tombol….
a. file –
print
b. file –
save
c. file –
close
d. file –
exit word
e. file –
new
Kunci Jawaban soal Remidial
1. C
2. E
3. B
4. C
5. D
Lampiran 6
LKPD
Nama : ..................
Mata Pelajaran : Informatika
Jenjang/ Fase : SMA/E
Tahun Pelajaran : 2022/2023
Semester : Ganjil
Tujuan: Peserta didik mampu mengintegrasi konten antaraplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi), menggunakan itur lanjut, dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang mudah untuk dianalisis.
Aktivitas :
A) STIMULUS
Pernahkah kalian melihat gambar seperti di bawah ini?
B. IDENT IFIKASI MASALAH
Berdasarkan gambar di atas beberapa pertanyaan yang akan dibahas bersama pada kolom di bawah ini
C. PENGUMPULAN DATA
Tuliskan jawaban pertanyaan yang telah dibuat pada kolom di bawah ini
D. PEMBAHASAN
Tuliskan jawaban pertanyaan yang telah dibuat pada kolom di bawah ini
Lampiran 7
Bahan Bacaan Guru dan Siswa
A. Jaringan Lokal dan Internet
A. Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran
Mengintegrasikan artinya menyatukan beberapa objek, data, atau komponen untuk membentuk sesuatu yang utuh dan bermakna, walaupun komponennya tadinya terpencar atau tidak ada hubungannya. Misalnya, kita harus membuat sebuah laporan berdasarkan pengamatan yang datanya dibuat dan divisualisasi dengan excel. Sebelum laporan lengkap, kita membuat proposal dalam bentuk slides. Saat kita membuat laporan, untuk menghindari mengerjakan hal yang sama (mengetik ulang), kita perlu “membawa” potongan hasil kerja dengan MS Excel, MS Word, dan MS PowerPoint ke dalam MS Word karena laporan akhir dibuat dengan MS Word. Setiap jenis aplikasi perkantoran memiliki fungsi yang berbeda sehingga pengguna biasanya hanya menggunakan satu aplikasi sekali waktu, misalnya menggunakan aplikasi word processor untuk menyusun dokumen. Akan tetapi, ada kalanya, pengguna memerlukan lebih dari satu aplikasi untuk suatu keperluan. Sebagai contoh, saat diperlukan laporan yang memuat diagram, selain aplikasi pengolah kata, diperlukan juga aplikasi pengolah lembar kerja yang dapat membuat diagram dengan lebih presisi. Oleh karena itu, diperlukan integrasi konten antaraplikasi perkantoran. Integrasi memungkinkan untuk mengaitkan data maupun itur antaraplikasi sehingga data atau fitur pada satu aplikasi dapat digunakan di aplikasi yang lain.Integrasi konten aplikasi perkantoran bertujuan untuk menggabungkan konten aplikasi lain dalam satu aplikasi. Sebagai contoh, pada Microsoft Oice, data dari Microsoft Excel dapat ditautkan dengan dokumen pada Microsoft Word dalam pembuatan surat, atau data di Microsoft Excel ditautkan dengan presentasi pada MS Power Point dalam menampilkan graik dan tabel. Kedua contoh tersebut merupakan contoh implementasi dari integrasi konten antaraplikasi di Microsoft Oice. Microsoft Excel digunakan sebagai sumber data atau objek untuk disajikan dalam dokumen atau presentasi. Terdapat beberapa cara untuk mengintegrasikan data, teks, gambar antar aplikasi perkantoran. Cara itu menggunakan: (a) teknik “Salin-Tempel”(Copy Paste) atau “Gunting-Tempel” (Cut Paste), (b) Menu yang tersedia di aplikasi, (c) teknik Object Linking dan Embedding.
1. Integrasi dengan Perintah Cut, Copy, dan Paste.
Perintah Cut (Potong), Copy (Salin), dan Paste (Tempel) pada aplikasi komputer saat ini diinspirasi dari praktik tradisional dalam pengeditan naskah yang diketik pada sebuah kertas, di mana orang akan memotong (cut) paragraf dari halaman dengan gunting dan menempelkannya ke halaman lain (paste). Praktik ini tetap berlangsung hingga 1980-an. Pada saat itu, toko alat tulis bahkan menjual "gunting pengeditan" dengan bilah cukup panjang yang mampu memotong halaman selebar 22 cm. Saat ini, perintah Cut, Copy, dan Paste sangat populer digunakan. Banyak aplikasi menyediakan cara unik untuk metode ini seperti: kombinasi tombol, menu tarik-turun (pull-down menu), menu pop-up, dll. Mekanisme tradisional Cut, Copy, dan Paste menggunakan gunting, sedangkan pada aplikasi komputer, perintah Cut memindahkan teks/graik atau objek lain ke dalam clipboard atau bufer berupa tempat penyimpan sementara. Perintah Paste akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan. Perintah Copy akan menyalin teks/graik atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan. Perintah “Potong dan Tempel” memiliki urutan cara yang sama, tetapi perintah untuk Potong, yaitu menggunakan Ctrl-x (⌘ + x untuk pengguna Macintosh). Contohnya, melakukan Copy-Paste pada tabel dari aplikasi lembar kerja ke pengolah kata. Atau, melakukan penyalinan dari MS Word dan ditempel ke MS Excel atau MS PowerPoint. Artinya, kita dapat membuka 2 atau 3 aplikasi sekaligus, dan membawa potongan teks, tabel, gambar dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Karena praktis, kita sering melakukan Copy-Paste. Copy-Paste perlu dilakukan dengan cermat jika hasilnya masih harus diedit/diubah. Seringkali, terjadi Copy Paste yang menghasilkan teks yang salah karena penulis lupa mengedit.
2. Fitur Integrasi Konten pada Aplikasi
Integrasi konten pada bagian ini dilakukan dengan menggunakan itur integrasi yang tersedia di aplikasi. Kita dapat menggunakan menu pada salah satu aplikasi yang secara otomatis membuka aplikasi lainnya. Misalnya, pada Microsoft Word, ketika dipilih menu Insert Chart, Microsoft Excel secara otomatis akan terbuka. Tentu, kalian juga membawa diagram ke MS PowerPoint dan melakukan hal yang sama. Gambar 3.3 dan Gambar 3.4 menunjukkan contoh menu Insert Chart yang dapat menampilkan sheet yang dapat diisi data untuk membuat Diagram.
3. Object Linking & Embedding
Pada Object Linking (untuk Microsoft Office), objek yang berasal dari aplikasi perkantoran lain dapat disisipkan ke aplikasi perkantoran yang sedang dibuat. Perubahan pada data sumber akan mengakibatkan perubahan pada objek yang dihubungkan dengan fasilitas ini pada aplikasi lainnya.
B. Fitur Lanjut Aplikasi Perkantoran
Banyak fitur lanjut dari aplikasi perkantoran yang bisa membantu kita dalam membuat laporan maupun menyajikan data. Pada bagian ini, kalian akan mencoba untuk mempraktikkan dua fitur lanjut aplikasi perkantoran, yaitu fiturmail merge pada Word dan fitur membuat video pada MS PowerPoint.
UNDUH FILE PDF MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL INFORMATIKA DI SINI
KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE GAYA BELAJAR) SMA KELAS X
Baca dan Unduh https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/08/kumpulan-modul-ajar-pembelajaran.html
file nya sudah tdk ada,
ReplyDeleteTidak bisa didownload y pak
ReplyDelete