23 August 2022

CONTOH MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN TIK SMA KELAS X

 

MODUL AJAR

PEMBELAJARAN BERDIFENSIASI

I.         Informasi Umum

A.    Identitas Modul

Nama Penyusun                                 :    Jumiko,S.Pd

Institusi                                              :    SMA Negeri 1 Kemusu

Tahun                                                 :    2022

Jenjang Sekolah                                 :    SMA

Kelas                                                  :    X

Alokasi Waktu                                   :    2 JP

Kompetensi Awal                              :    Peserta didik mampu mengoperasikan beberapa aplikasi perkantoran

Profil Pelajar Pancasila                      :    Mandiri : pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Bernalar Kritis : memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

         Sarana dan Prasarana                         :   Perangkat komputer atau laptop yang telah                                                                           terinstal aplikasi perkantoran.

        Target Peserta Didik                          :   Peserta didik yang menjadi target yaitu :

Ø Peserta didik regular / tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

Ø Peserta didik dengan kesulitan belajar : memiliki gaya belajar terbatas hanya satu gaya.

Ø Peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda : audiotory, visual, kinestetik.

Ø Peserta didik dengan pencapaian tinggi : mencerna dan memahami dengan cepat, mampumencapai keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki kemampuan memimpin.

          Model Pembelajaran yang digunakan : Model pembelajaran yang digunakan lingkungan e-learning

 

II.      Komponen Inti

Pertemuan 1 (Integrasi Aplikasi Perkantoran)

A.    Tujuan Pembelajaran               

       Peserta didik mampu melakukan integrasi antar aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi

 B.     Pemahaman Bermakna                  

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik  dapat mengintegrasi Word dan Excel, Integrasi Power Point dan Excel, Membuat Diagram Power Point Dari Excel, OLE Between Excel dan Word, dan OLE BetweenExcel dan Power Point.

C.    Pertanyaan Pemantik

1.      Jelaskan menurut pengetahuanmu, apa kalian pernah menggunakan aplikasi perkantoran?

2.      Jelaskan aplikasi peekantoran yang pernah kalian gunakan !

3.      Untuk keperluan apa aplikasi perkantoran tersebut.

 

D.    Persiapan Pembelajaran          

1.      Mengkondisikan peserta didik   

2.      Menyiapkan ringkasan materi, lembar soal, lembar observasi


Kegiatan Pembelajaran (1) (Integrasi Aplikasi Perkantoran).

Tahapan

Kegiatan

Waktu

 

PENDAHUAN

1.      Guru memberi salam dan menyapa peserta didik

2.      Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran

3.      Guru mengecek kehadiran peserta didik

4.      Membagi kelas dalam beberapa kelompok dan meminta peserta didik untuk duduk dalam kelomponya masing – masing

 

 

 

10 Menit

 

KEGIATAN INTI

1.      Guru melakukan kegiatan apersepsi: Paket aplikasi perkantoran (Inggris: office suite) adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri atas sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri atas sebuah aplikasi presentasi, peralatan basis data, paket grafis, dan peralatan komunikasi. Paket perkantoran yang paling dominan saat ini ialah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Macintosh dan telah menjadi perangkat lunak paket perkantoran standar secara de-facto.

2.      Guru memberikan penjelasan tentang pentingnya integrasi aplikasi perkantoran.

3.      Guru menyiapkan materi yang dapat dibaca melalui buku teks oleh siswa tentang cara mengintegrasi Mmengoperasikan Ms Word, Ms Excel, Ms, Power point (untuk anak visual), guru juga menyiapkan materi tentang cara mengoperasikan Ms Word, Ms Excel, Ms, Power point dengan menayangkan video (untuk anak yang auditori-visual) dan menyiapkan komputer/laptop untuk mempraktekkan langsung dalam kehidupan sehari hari (untuk anak yang kinestetik).(diferensiasi konten)

4.      Peserta didik melakukan Aktivitas 1 (Integrasi dengan perintah cut, copy, dan paste) dengan cara membaca teks sebagai aktivitas individu.

5.      Peserta didik melakukan Aktivitas 1 (Integrasi dengan perintah cut, copy, dan paste) dengan cara melihat youtube

6.      Peserta didik melakukan Aktivitas 1 (Integrasi dengan perintah cut, copy, dan paste) dengan cara praktek langsung

Catatan (diferensiasi proses)

Kelompok 1 (melakukan aktivitas konsep materi dari buku teks)

Kelompok 2 (melakukan aktivitas konsep materi dari youtube dengan link (cara mengintegrasikan dengan perintah cut, copy dan paste) : https://www.youtube.com/watch?v=MF8LzRmhsIA

 

saat peserta didik melakukan aktivitas, guru memantau dan memandu jika siswa mengalami kesulitan.

7.      Peserta didik membuat hasil karya dengan praktek dan presentasi di depan kelas (file dalam berdasarkan pembelajaran diferensiasi proses )

( Diferensiasi Produk ).

 

 

 

 

 

 

 

70 Menit

 

PENUTUP

1.    Guru dan peserta didik merangkum bersama

2.    Guru mengingatkan tentang materi untuk pertemuan berikutnya

3.    Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa penutup

 

10 Menit

 

E. Asesmen                                                

Bentuk asesmen :

NO

Penilaian

deskripsi

Keterangan

1

Asesmen diaognostik non kognitif, non kognitif)

lisan

Lampiran 1

2

Asesmen formatif (Sikap, Ketrampilan)

Observasi, Performa

Lampiran 2

3

Asesmen  Sumatif (Pengetahuan)

Tertulis Pilihan Ganda

Lampiran 3

 

F. Pengayaan dan Remedial

NO

Penilaian

deskripsi

Keterangan

1

Pengayaan

untuk peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran.

 

Lampiran 4

2

Remedial

untuk peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran

Lampiran 5

 

                                                               

Refleksi Peserta Didik dan Guru              

*   Refleksi bagi peserta didik

 

Dari proses belajar hari ini, hal yang saya pahami adalah

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Dari proses belajar hari ini, hal yang belum saya pahami adalah/saya ingin mengetahui lebih dalam tentang

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Dari proses belajar hari ini, hal yang akan saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

*   Refleksi bagi guru:

No

Informasi yang diharapkan

Pertanyaan

Jawaban

1.

Mengetahui kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan materi yang disampaikan

Apakah materi pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan

pembelajaran?

 

2.

Mengetahui kesesuaian alokasi waktu

Apakah alokasi waktu pembelajaran sudah sesuai dengan

yang direncanakan?

 

3.

Mengetahui efektivitas pembelajaran

Apakah pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw dapat diterapkan pada pembelajaran hari ini?

 

                                                           

III.   Lampiran

A.    Lembar Kerja Peserta Didik        

Lampiran 6

B.     Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik                

Lampiran 7

 

 

C. Glosarium                                        

       Cloud Computing: proses pengolahan daya komputasi (baik CPU, RAM, Network Speeds, Software, OS maupun Storage) melalui jaringan (biasanya lewat internet), transfer data yang terjadi bukan secara fisik dan sumber daya komputasi yang dimiliki berada di lokasi pengguna yang memakai layanannya                                                                                                                 File data : kumpulan berbagai data dan informasi yang tersimpan dan tersusun di dalam komputer secara sistematik yang dapat diperiksa, diolah atau dimanipulasi dengan menggunakan program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut                                                                                                                                                                           Mailmerge: alat yang memungkinkan membuat beberapa surat, label, amplop, nametags, dan lainnya menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Presentasi: Proses penyampaian ide, produk baru atau hasil pekerjaan yang ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens .          

                                                                                                        

      D.Daftar Pustaka                                  

 

https://support.microsoft.com/en-us/oice/create-a-crossreference-300b208c-e45a-487a-         880b-a02767d9774b

https://www.youtube.com/watch?v=ptvUgVqRLI0

 

https://www.youtube.com/watch?v=xWnDr5gF240

 

https://www.youtube.com/watch?v=Ex0R7IS8Z7E

 

https://www.youtube.com/watch?v=MF8LzRmhsIA

 

 

Community Worksho Series. 2019.Handout digital literasi, Dasar Internet, Dasar Search          Engine, Dasar Email, Dasar Microsoft Word, Dasar Microsoft Excel, Dasar Microsoft Power Point. Diakses melalui http://cws.web.unc.edu/handouts/ pada 18 Desember 2020.

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                   Kemusu, ..... Mei 2022

Mengetahui,                                                                                      Kemusu,30 Mei 2022

Kepala SMA Negeri 1 Kemusu                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                                                                                   

 

Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.                                                                Jumiko, S.Pd

NIP 197207081998011001                                                               NIP.198611282022211003

 

Lampiran 1

Pertemuan (1)

   ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN NON-KOGNITIF

1)    Apa kabar semuanya pada hari ini?

2)    Apa saja yang kamu lakukan sebelum belajar di pagi ini ?

3)    Apa harapan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini nanti ?

 

   ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN KOGNITIF

1. Pernahkan kalian memuka aplikasi word, excel, atau power Poin!

2. Jelaskan perbedaan aplikasi word, excel atau power Poin tersebut!

 

Lampiran 2

   ASESMEN FORMATIF ( LKPD 1)

 

    PENILAIAN RANAH SIKAP

1)    LEMBAR OBSERVASI

No

Aspek yang dinilai

Teknik penilaian

Waktu penilaian

Instrument

1

Kreatif

Pengamatan

Proses dan tugas

Lembar observasi

2

Kerja sama

Pengamatan

Proses dan tugas

Lembar observasi

3

Mandiri

Pengamatan

Tugas

Lembar observasi

4

Bernalar Kritis

Pengamatan

Proses

Lembar observasi

 

 

No.

 

Nama Peserta Didik

Aspek Sikap yang dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

Kreatif

Kerja

sama

Mandiri

Bernalar

Kritis

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2). RUBRIK PENILAIAN SIKAP

 

ASPEK

INDIKATOR

NILAI

 

Kreatif

Peserta didik memiliki rasa ingin tahu

25

Peserta didik tertarik dalam mengerjalan tugas

25

Peserta didik berani dalam mengambil resiko

25

Peserta didik tidak mudah putus asa

25

TOTAL

100

 

 

Kerja sama

Peserta didik terlibat aktif dalam bekerja kelompok

25

Peserta didik bersedia melaksanakan tugas sesuai kesepakatan

25

Peserta didik bersedia membantu temannya dalam satu

kelompok yang mengalami kesulitan

25

Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok

25

TOTAL

100

 

Mandiri

Peserta didik mampu memecahkan masalah

25

Peserta didik tidak lari atau menghindari masalah

25

Peserta didik mampu mengambil keputusan

25

Peserta didik bertanggung jawab

25

 

 

Bernalar  Kritis

Pesertadidik mampumerumuskanpokok-pokok permasalahan

25

Peserta didik mampu mengungkap fakta yang dibutuhkan

dalam menyelesaikan suatu masalah

25

Peserta didik mampu memilih argumen logis, relevan, dan

Akurat

25

Peserta      didik    dapat    mempertimbangkan     kredibilitas

(kepercayaan) sumber informasi yang diperoleh.

25

TOTAL

100

SKOR TOTAL

400





 

CATATAN :

Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00                          = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00                            = Baik (B)

25,01 – 50,00                            = Cukup (C)

00,00 – 25,00                           = Kurang (K)

 


LEMBAR PENILAIAN DIRI

Penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah

Skor

Skor

Sikap

Kode

Nilai

1

Selama       diskusi, saya         ikut     serta

100

 

 

 

 

250

 

 

 

83,33

 

 

 

SB

mengusulkan ide / gagasan.

2

Ketika        kami        berdiskusi,                  setiap

 

100

 

anggota      mendapatkan                    kesempatan

untuk berbicara.

3

Saya           ikut     serta  dalam membuat

 

 

kesimpulan hasil diskusi kelompok.

 

CATATAN :

1.        Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2.        Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 3 x 100 = 300

3.        Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 300) x 100 = 83,33

4.        Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00          = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00            = Baik (B)

25,01 – 50,00            = Cukup (C)

00,00 – 25,00           = Kurang (K)

 

LEMBAR PENILAIAN TEMAN SEBAYA

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.

Nama teman yang diamati:

Pengamat  :  

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah

Skor

Skor

Sikap

Kode

Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100

 

 

 

350

 

 

87,5

 

 

SB

2

Memberikan solusi terhadap

permasalahan.

100

 

3

Memaksakan pendapat sendiri kepada

anggota kelompok.

50

 

4

Marah saat diberi kritik.

 

100

 

CATATAN :

1.         Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2.         Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = (3 x 100) + (1 x 50) = 350

3.         Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,5

4.         Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00                              = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00                                = Baik (B)

25,01 – 50,00                                = Cukup (C)

00,00 – 25,00                               = Kurang (K)

 

PENILAIAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

1.    Kategori pengamatan proses ketrampilan pemecahan masalah

1)      Proses kemampuan memahami masalah

2)      Proses kemampuan merencanakan penyelesaian masalah

3)      Proses kemampuan menyelesaiakan masalah

4)      Proses kemampuan menafsirkan solusi penyelesaian masalah

2.    Aspek yang diamati

No.

Nama

Memahami masalah

Merencanakan penyelesaian

Menyelesaikan masalah

Menafsirkan solusi

Jumlah

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

Rata-rata

 

 

 

 

 

3.      Pedoman penarikan kesimpulan

Rata-rata (x)

Kategori

0 < n ≤ 1,0

Tidak baik

1,0 < n ≤ 2,0

Kurang baik

              2,0 < n ≤ 3,0

Cukup baik

3,0 < n ≤ 4,0

Baik

4,0 < n ≤ 5,0

Sangat baik

Lampiran 3

   ASESMEN SUMATIF

 

1.      Alat  yang merupakan sarana untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam komputer disebut….
a. output device
b. input device
c. RAM
d. CD ROM
e. Processor

2.      Untuk mengurangi intensitas radiasi dari layar monitor ke mata pengguna komputer, dapat menggunakan…..
a. screen saver
b. mouse
c. kaca mata
d. keyboard
e. screen filter

3.      Salah satu program aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola dan menjaga keamanan atau program dari kerusakan adalah….
a. scandisk
b. microsoft excel
c. diskspace
d. accessories
e. microsoft word

4.      Siklus pemprosesan data yang benar adalah….
a. output -> proses -> input
b. output -> input -> proses
c. input -> output -> proses
d. input -> proses -> output
e. proses -> input -> output

5.      Berikut ini bukan termasuk software adalah….
a. pascal
b. cobol
c. microsoft word
d. cd room
e. microsoft excel

6.      Peralatan keras yang berfungsi untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi disebut….
a. hardware
b. software
c. hard disk
d. input device
e. RAM

7.      Orang yang menggunakan komputer disebut….
a. brainware
b. hardware
c. software
d. scanner
e. Scanddisk

8.       Alat yang digunakan untuk memindahkan gambar dari kertas ke komputer disebut….

a.  Printer

b.  lighpen trackball

c.   scanner

d.  mouse

e.  joystick

9.       Alat yang digunakan untuk membaca CD/DVD disebut….
a. plotter
b. voice recognition
c. phometric
d. CPU
e. CD/DVD ROM

10.   Tampilan awal microsoft windows disebut….
a. laptop
b. web shot
c. desktop
d. background
e. taksbar

Jawaban :

1.      b

2.      e

3.      a

4.      d

5.      d

6.      a

7.      a

8.      c

9.      e

10.  e

11.  c

 


Lampiran 4

SOAL PENGAYAAN

Jenis soal esay

1.      Jelaskan langkah-langkah aktivitas menggunakan MS Office word.

2.      Jelaskan langkah-langkah aktivitas menggunakan MS Office excel.

 

Pembahasan dan scor

No

Jawaban

Scor

1

1. Buka aplikasi MS Word.

2. Klik menu Insert Chart.

3. Pilih jenis diagram yang diinginkan. Maka, akan muncul tampilan diagram secara otomatis pada Word dan Excel yang memuat datanya,

4. Lakukan pengubahan pada data sesuai dengan yang diperlukan. Banyaknya baris maupun kolom dapat disesuaikan. Kemudian, Tutup MS Excel.

5. Ubahlah judul diagram dengan melakukan double click pada Chart Title. Tulis judul sesuai dengan yang diinginka

5

2

1. Buka aplikasi MS PowerPoint.

2. Klik menu Insert Table Excel Spreadsheet.

3. Buatlah tabel secukupnya. Meskipun yang terbuka hanya jendela kecil, tetapi fitur-fitur Excel, termasuk fungsi-fungsinya, tersedia secara  lengkap seperti yang biasa terdapat pada aplikasi MS Excel. Peserta dapat mencoba fungsi-fungsi matematika yang biasa digunakan.

4. Apabila ingin update pada data,  lakukan double click pada tabel, akan muncul kembali worksheet. Kemudian, lakukan perubahan sesuai yang diinginkan.

5

 

Lampiran 5

SOAL REMEDIAL

1.      Tempat yang digunakan untuk menyimpan file yang sejenis disebut….
a. explorer
b. drive
c. folder
d. dokumen
e. desktop

2.      Berikut ini yang tidak termasuk menu bar dalam microsoft office word 2010 adalah…
a. file
b. view
c. insert
d. page layout
e. Print

3.      Berikut ini yang tidak termasuk media penyimpanan data adalah….
a. floppy disk
b. mouse
c. hard disk
d. compact disk
e. flash disk

4.      Selain dengan mengklik tanda silang disudut kanan atas, untuk menutup jendela yang aktif, anda dapat juga menekan tombol….
a. file – print
b. file – save
c. file – close
d. file – exit word
e. file – new

5.      Untuk keluar dari Microsoft Word dan menuju ke layar desktop, digunakan tombol….
a. file – print
b. file – save
c. file – close
d. file – exit word
e. file – new

 

Kunci Jawaban soal Remidial

1.      C

2.      E

3.      B

4.      C

5.      D

 


Lampiran 6

LKPD

Nama                           : ..................

Mata Pelajaran            : Informatika

 Jenjang/ Fase              : SMA/E

 Tahun Pelajaran         : 2022/2023

 Semester                    : Ganjil

Tujuan: Peserta didik mampu mengintegrasi konten antaraplikasi perkantoran (pengolah kata,      angka,  dan presentasi), menggunakan itur lanjut, dan menyajikan konten aplikasi         dalam berbagai representasi yang mudah untuk dianalisis.

Aktivitas :

A) STIMULUS

Pernahkah kalian melihat gambar seperti di bawah ini?

 

 Text Box: Gambar A



Text Box: Gambar B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


B. IDENT IFIKASI MASALAH

Berdasarkan gambar di atas beberapa  pertanyaan yang   akan dibahas  bersama  pada kolom  di bawah ini



 

 

 

 


C. PENGUMPULAN DATA

Tuliskan jawaban pertanyaan yang telah dibuat pada kolom      di bawah ini



 

 

 

 

 

 

 

 


D. PEMBAHASAN

Tuliskan jawaban pertanyaan yang telah dibuat pada kolom    di bawah ini




 


Lampiran 7

Bahan Bacaan Guru dan Siswa

A. Jaringan Lokal dan Internet

 

A. Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran

Mengintegrasikan artinya menyatukan beberapa objek, data, atau komponen untuk membentuk sesuatu yang utuh dan bermakna, walaupun komponennya tadinya terpencar atau tidak ada hubungannya. Misalnya, kita harus membuat sebuah laporan berdasarkan pengamatan yang datanya dibuat dan divisualisasi dengan excel. Sebelum laporan lengkap, kita membuat proposal dalam bentuk slides. Saat kita membuat laporan, untuk menghindari mengerjakan hal yang sama (mengetik ulang), kita perlu “membawa” potongan hasil kerja dengan MS Excel, MS Word, dan MS PowerPoint ke dalam MS Word karena laporan akhir dibuat dengan MS Word. Setiap jenis aplikasi perkantoran memiliki fungsi yang berbeda sehingga pengguna biasanya hanya menggunakan satu aplikasi sekali waktu, misalnya menggunakan aplikasi word processor untuk menyusun dokumen. Akan tetapi, ada kalanya, pengguna memerlukan lebih dari satu aplikasi untuk suatu keperluan. Sebagai contoh, saat diperlukan laporan yang memuat diagram, selain aplikasi pengolah kata, diperlukan juga aplikasi pengolah lembar kerja yang dapat membuat diagram dengan lebih presisi. Oleh karena itu, diperlukan integrasi konten antaraplikasi perkantoran. Integrasi memungkinkan untuk mengaitkan      data     maupun            itur       antaraplikasi    sehingga          data atau fitur  pada    satu      aplikasi            dapat   digunakan            di         aplikasi            yang lain.Integrasi konten aplikasi perkantoran bertujuan untuk menggabungkan konten aplikasi lain dalam satu aplikasi. Sebagai contoh, pada Microsoft    Oice,    data     dari      Microsoft Excel dapat ditautkan dengan dokumen pada Microsoft Word dalam pembuatan surat, atau data di Microsoft Excel ditautkan dengan presentasi pada MS Power Point     dalam menampilkan graik       dan      tabel.            Kedua contoh tersebut merupakan contoh implementasi dari integrasi konten antaraplikasi di Microsoft Oice. Microsoft Excel digunakan sebagai sumber data atau objek untuk disajikan dalam dokumen atau presentasi. Terdapat beberapa cara untuk mengintegrasikan data, teks, gambar antar aplikasi perkantoran. Cara itu menggunakan: (a) teknik “Salin-Tempel”(Copy Paste) atau “Gunting-Tempel” (Cut Paste), (b) Menu yang tersedia di aplikasi, (c) teknik Object Linking dan Embedding.

1.    Integrasi dengan Perintah Cut, Copy,  dan Paste.

Perintah Cut (Potong), Copy (Salin), dan Paste (Tempel) pada aplikasi komputer saat ini  diinspirasi dari praktik tradisional dalam pengeditan naskah yang diketik pada sebuah kertas, di mana orang akan memotong (cut) paragraf dari halaman dengan gunting dan menempelkannya ke halaman lain (paste). Praktik ini tetap berlangsung hingga 1980-an. Pada saat itu, toko alat tulis bahkan menjual "gunting pengeditan" dengan bilah cukup panjang yang mampu memotong halaman selebar 22 cm. Saat ini, perintah Cut, Copy, dan Paste sangat populer digunakan. Banyak aplikasi menyediakan cara unik untuk metode ini seperti: kombinasi tombol, menu tarik-turun (pull-down menu), menu pop-up, dll. Mekanisme tradisional Cut, Copy, dan Paste menggunakan gunting, sedangkan pada aplikasi komputer, perintah Cut memindahkan teks/graik atau objek      lain ke dalam clipboard atau bufer berupa tempat penyimpan sementara. Perintah Paste akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan. Perintah Copy akan menyalin teks/graik atau         objek   lain yang disorot         ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan. Perintah “Potong dan Tempel” memiliki urutan cara yang sama, tetapi perintah untuk Potong, yaitu menggunakan Ctrl-x ( + x untuk pengguna Macintosh). Contohnya,  melakukan Copy-Paste pada tabel dari aplikasi lembar kerja ke pengolah kata. Atau, melakukan penyalinan dari MS Word dan ditempel ke MS Excel atau MS PowerPoint. Artinya, kita dapat membuka 2 atau 3 aplikasi sekaligus, dan membawa potongan teks, tabel, gambar dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Karena praktis, kita sering melakukan Copy-Paste. Copy-Paste perlu dilakukan dengan cermat jika hasilnya masih harus diedit/diubah. Seringkali, terjadi Copy Paste yang menghasilkan teks yang salah karena penulis lupa mengedit.

2. Fitur Integrasi Konten pada Aplikasi

Integrasi          konten pada    bagian  ini        dilakukan dengan        menggunakan  itur integrasi yang tersedia di aplikasi. Kita dapat menggunakan menu pada salah satu aplikasi yang secara otomatis membuka aplikasi lainnya. Misalnya, pada Microsoft Word, ketika dipilih menu Insert Chart,  Microsoft Excel secara otomatis akan terbuka. Tentu, kalian juga membawa diagram ke MS PowerPoint dan melakukan hal yang sama. Gambar 3.3 dan Gambar 3.4 menunjukkan contoh menu Insert Chart yang dapat menampilkan sheet yang dapat diisi data untuk membuat Diagram.

3.    Object Linking & Embedding

Pada Object Linking (untuk Microsoft Office), objek yang berasal  dari      aplikasi perkantoran lain dapat disisipkan ke aplikasi perkantoran yang sedang dibuat. Perubahan pada data sumber akan mengakibatkan perubahan pada objek yang dihubungkan dengan fasilitas ini pada aplikasi lainnya.

B.   Fitur Lanjut Aplikasi Perkantoran

     Banyak fitur lanjut dari aplikasi perkantoran yang bisa membantu kita dalam membuat laporan maupun menyajikan data. Pada bagian ini, kalian akan mencoba untuk mempraktikkan dua fitur lanjut aplikasi perkantoran, yaitu fiturmail merge pada Word dan fitur membuat video pada MS PowerPoint.

 

 

UNDUH FILE PDF MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL INFORMATIKA DI SINI

 

 KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE GAYA BELAJAR) SMA KELAS X

Baca dan Unduh https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/08/kumpulan-modul-ajar-pembelajaran.html

2 comments: