25 August 2018

SOAL UN TAHUN 2017/2018 SMP BAHASA INDONESIA DAN PEMBAHASAN (SOAL NOMOR 1: MEMAKNAI ISTILAH)


1. Bacalah teks Berikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan beragam upaya. Pertama, diperlukan upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…

A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. Memberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan memberikan ceramah
D. memberikan imbauan menuju kebaikan
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Arti kata persuasif adalah  bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin) (https://kbbi.web.id/persuasif ). Jawaban yang paling tepat adalah opsi A.

A.  RINGKASAN MATERI 
istilah/is·ti·lah/ n  kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah)
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN adalah makna kata leksikal. Makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Paragraf disusun menggunakan kalimat-kalimat yang saling berkaitan. Kalimat dalam setiap paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut memiliki makna atau arti. Oleh karena itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih agar mampu menyampaikan maksud penulis.
Kesalahan penggunaan kata-kata atai istilah akan menimbulkan penafsiran berbeda. Kata-kata atau istilah yang digunakan dapat berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata yang bermakna konotasi dan denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah berhubungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, serta keadaan, atau sifat di bidang tertentu.
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN adalah makna kata leksikal. Makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Contoh soal memaknai istilah

Baca Juga 
Pembahasan soal UN 2016/2017 tentang  Makna kata dalam teks
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa_23.html


BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.


2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html










12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/12.html

13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html

14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html



17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-watak.html






23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-penggunaan-bahasa.html



26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/melengkapi-kalimat-dengan-kata-depan.html










36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/contoh-soal-melengkapi-kalimat-dengan.html












48. Penulisan Nama Organisasi dan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/pedoman-penulisan-nama-lembaga.html





BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html



RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA

  1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks


  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks


  1. Makna kata dalam teks


  1. Ide pokok paragraf


  1. Kalimat utama paragraf


  1. Simpulan paragraf


  1. Kalimat persetujuan dalam teks


  1. Kalimat hubungan sebab akibat


  1. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita


  1. Konflik dalam cerita


  1. Amanat cerita


  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks


  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks


  1. Teks laporan


  1. Urutan kalimat teks sastra


  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain


  1. Perbaikan penulisan ejaan


  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)


  1. Ringkasan teks


  1. Tokoh utama cerita


  1. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik


  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita


  1. Kalimat yang menyatakan keunggulan buku


  1. Struktur teks resensi


  1. Pendapat pro dan kontra


  1. Jenis-jenis teks prosedur


  1. Melengkapi teks prosedur


  1. Menyunting teks prosedur


  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi


  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi


  1. Fakta dan opini dalam teks biografi


  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel


  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel


  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama


  1. Cara memvariasikan kalimat


  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)


  1. Makna simbol dalam cerpen


  1. Menentukan bagian alur cerpen


  1. Syarat-syarat paragraf yang baik


  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan


42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung


  1. Kalimat tidak efektif


  1. Alasan penggunaan kata yang salah


  1. Penulisan huruf kapital


  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat


  1. Kesalahan penggunaan tanda baca


  1. Penggunaan ejaan yang tepat


  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca





SURAT PEMANGGILAN PESERTA PELATIHAN GURU DAERAH KHUSUS (PGDK) DAN DAFTAR PESERTA PGDK TAHUN 2018



SURAT PEMANGGILAN PESERTA PELATIHAN GURU DAERAH KHUSUS (PGDK) DAN DAFTAR PESERTA PGDK TAHUN 2018

Berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 23281/B3.2/GT/2018 tanggal 16 Agustus 2018 tentang Pemanggilan Peserta Pelatihan Guru Daerah Khusus (PGDK) Dinyatakan bahwa Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan program Pelatihan Guru Daerah Khusus (PGDK) bagi sejumlah 3.358 orang guru yang mengajar di daerah khusus.

Program PGDK ini terintegrasi dengan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan yang akan dilaksanakan oleh perguruan tinggi.

Program PGDK akan dilaksanakan tanggal 1 s.d. 8 September 2018 bertempay di PPPPTK/LPMP yang sudah ditentukan (terlampir dalam surat).

24 August 2018

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS, FORMAT KISI-KISI SOAL HOTS, DAN KARTU SOAL HOTS


LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS
HOTS atau higher order thinking skill adalah proses berpikir tingkat tinggi. Dalam taksonomi bloom yang direvisi Anderson menduduki level C4, C5 dan C6, analisis, evaluasi. dan kreasi. HOTS adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi

19 August 2018

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 10: PENILAIAN TERHADAP ISI TEKS


Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Kata penilaian memiliki arti proses, cara, perbuatan menilai; pemberian nilai (biji, kadar mutu, harga) (https://kbbi.web.id/nilai). Kalimat yang menyatakan penilaian terhadap isi teks adalah Perluasan dan pemugaran museum sebagai sarana pengetahuan mutlak diperlukan bila sebuah negara ingin diakui negara lain (opsi D). Kata-kata yang menunjukkan penilaian adalah mutlak diperlukan. Opsi A, B, C, dan E merupakan fakta yang disajikan dalam teks.

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 NOMOR 9: MENENTUKAN NILAI DALAM CERPEN

Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Nilai sosial/kemasyarakatan, yaitu nilai yang berkaitan dengan norma yang berada di dalam masyarakat.
Nilai sosial dalam kutipan cerpen tersebut adalah Kehidupan desa yang bersahaja dengan penduduknya yang ramah (opsi C).  Kalimat yang menunjukkan nilai sosial dalam kutipan tersebut adalah Penduduk desa yang masih bersahaja, saling senyum dan bertegur sapa.
Opsi A, B, D, dan E tidak menunjukkan nilai sosial, tetapi suasana di pedesaan.
RINGKASAN MATERI
Nilai-Nilai dalam Karya Sastra

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 8: KALIMAT BERMAJAS





Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kalimat bermajas pada kutipan tersebut terdapat pada kalimat (1) Matahari sedang mencium lembah-lembah gunung ketika aku terbangun di pagi itu. Jenis majas pada kalimat tersebut adalah personifikasi, yaitu majas perbandingan yang melukiskan benda mati seolah-olah hidup. 
RINGKASAN MATERI
Macam-Macam Majas
A. Pengertian Majas
Majas atau gaya bahasa adalah cara pengarang atau seseorang dalam mempergunakan bdanau ahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam di dalam jiwanya.
B. Pengklasifikasian Majas

18 August 2018

KUNCI JAWABAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN PEMBAHASAN MAPEL BAHASA INDONESIA SOAL NOMOR 7: RINGKASAN ISI TEKS



Kunci Jawaban: E
Pembahasan 
Ringkasan adalah hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya.
Ringkasan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah pilihan jawaban E. Teks tersebut menceritakan Tono yang meminta agar Udin menerka teka-tekinya tentang sebab dosen ilmu politiknya yang kalau mengajar selalu duduk.
Jawaban E tepat karena sesuai dan mencakupi isi teks secara lengkap. Jawaban A,B,  dan D bukanlah ringkasan,  tetapi kalimat yang terdapat pada teks. Jawaban C kurang tepat karena tidak sesuai dengan isi teks. Pada teks, yang dibicarakan adalah dosen yang mengajar Tono, bukan yang mengajar Udin. 

SOAL UN SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN PEMBAHASAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA NOMOR 6: PERSAMAAN DUA TEKS

(Soal UN Tahun Pelajaran 2017/2018)

Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Teks 1 menggunakan nama tokoh kakek, cucu, anak, ayah, ibu, sedangkan teks 2 menggunakan nama tokoh Udin, Tono, dosen. Persamaan kedua teks cerita tersebut adalah sama-sama menggunakan sudut pandang orang ketiga. Oleh karena itu, opsi yang tepat adalah (A). 
Opsi B tidak tepat karena watak tokoh kakek adalah sabar, sedangkan tokoh dosen senang duduk saat mengajar. Opsi C tidak tepat karena konflik pada teks 1 adalah tentang ayah dan ibu yang menghadapi kakek yang sudah pikun dan teks 2 tentang kebiasaan dosen yang mengajar mahasiswa dengan duduk. Opsi D tidak tepat karena latar teks 2 di kantin sebuah universitas, bukan di rumah tokoh. Opsi E tidak tepat karena tema pada teks 2 tentang kebiasaan dosen yang senang duduk saat mengajar. 

17 August 2018

SOAL UN 2017/2018 DAN PEMBAHASAN MAPEL BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 5: KETERKAITAN ISI CERPEN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Cermati kutipan tajuk rencana untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!         
Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah pada Senin, 17 November 2014. Kenaikan BBM ini memicu reaksi dari banyak pihak. Kenaikan BBM ini otomatis memengaruhi seluruh harga yang ada di masyarakat, mulai dari harga sembako hingga tarif angkutan umum. Bukan  hanya para ibu rumah tangga yang merasakan dampak kenaikan BBM tersebut, pedagang hingga para pelajar pun merasakan efek dari kenaikannya. Ibu rumah tangga kini harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga agar tetap cukup hingga akhir bulan dengan kondisi harga yang semakin mencekik. Para pelajar pun, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun yang menggunakan angkutan umum untuk ke sekolah, harus mulai mengirit uang jajan mereka. 
Kenaikan BBM memang telah tersebar luas. Hal tersebut membuat masyarakat menjadi resah dan mengambil tindakan dengan cara menaikkan harga sembako. Saat BBM naik, aksi protes dari mahasiswa pun tak dapat ditahan lagi.

12.         Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut kepada . . .

A.    ibu rumah tangga

B.     pelajar

C.     pemerintah

D.    masyarakat

E.     pedagang

(Soal UN (UNKP) Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018)
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Pihak yang dibela atau diperjuangkan menunjukkan keberpihakan penulis tajuk rencana. Keberpihakan penulis dalam tajuk rencana tersebut kepada masyarakat umum (opsi D). Keberpihakan penulis tidak hanya kepada kelompok tertentu, seperti ibu rumah tangga, pelajar atau pedagang. Oleh karena itu, opsi A, B, dan E tidak tepat. Pada tajuk rencana tersebut pemerintah adalah sebagai pihak yang diberi saran oleh penulis.