06 July 2019

UNDUH RPP KELAS XII KD 3.9 DAN 4.9 BAHASA INDONESIA SMA TEKS NOVEL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Sekolah                        : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : XII / Genap

Materi Pokok                : Isi dan kebahasaan novel

Alokasi Waktu               : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

UNDUH RPP BAHASA INDONESIA KELAS XII KD 3.8 DAN 4.8 TEKS NOVEL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            : XII / Ganjil                                                              

Materi Pokok              : Pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel

Alokasi Waktu            : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

05 July 2019

04 July 2019

UNDUH FILE RPP LITERASI BUKU PENGAYAAN FIKSI DAN NONFIKSI KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi Pokok
: Buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit 

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA MODEL PBL (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH) TEKS HIKAYAT



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



                        Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : X/1

Materi Pokok              : Hikayat dan Cerpen

Alokasi Waktu            : 8 x 45 Menit

03 July 2019

LOVE STORY AT THE LODGE MARIBAYA


Cerita Cinta pada Suatu Senja di Maribaya

Hari menjelang senja seakan mengingatkan pada usia kita
Tetapi, 
“Aku ingin cinta kita seperti balon udara itu, “ katamu, “tetap mengembang dan mengangkasa sepanjang waktu.”

02 July 2019

UNDUH RPP LITERASI KD 3.7 DAN 4.7 ISI BUKU FIKSI DAN NONFIKSI KELAS XII BAHASA INDONESIA


(RPP)

Sekolah                                 : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                    : XII / Ganjil

Materi Pokok                       : Isi dalam buku fiksi dan nonfiksi

Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

01 July 2019

APA, MENGAPA, DAN BAGAIMANA “MGMP REBORN” (sebuah pengantar)

(Sumber Foto: FB GTK)


APA, MENGAPA, DAN BAGAIMANA “MGMP REBORN”
(Oleh Muh Zuhri-Guru SMA Negeri 2 Boyolali, Jateng)

Istilah atau program “MGMP REBORN” diungkapkan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Supriano. Reborn memiliki arti terlahir kembali. MGMP reborn antara lain dilatari kurang optimalnya kegiatan MGMP. Bahkan ada guyonan kepanjangan MGMP adalah “Makan, Guyon, Minum, Pulang.” Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kegiatan dan fungsi MGMP adalah dengan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi. 

30 June 2019

29 June 2019

UNDUH RPP TEKS HIKAYAT DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, POWERPOINT, DAN SOAL-SOAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                                 :  SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  X/ 1

Materi Pokok                        :  Hikayat

Alokasi Waktu                      :  2 x 45 menit

27 June 2019

PENGERTIAN DAN TUJUAN PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP ABAD 21

PENGERTIAN DAN TUJUAN PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP ABAD 21


A. Pengertian

Educational Testing Service (ETS) (2007), mendefinisikan keterampilan abad 21 sebagai pembelajaran kemampuan untuk a) mengumpulkan dan / atau mengambil informasi, b) mengatur dan mengelola informasi, c) mengevaluasi kualitas, relevansi, dan kegunaan informasi, dan d) menghasilkan informasi yang akurat melalui penggunaan sumber daya yang ada. Partnership for 21st Century Skills mengidentifikasi enam elemen kunci untuk abad ke-21 yaitu mendorong pembelajaran: 1) menekankan pelajaran inti, 2) menekankan keterampilan belajar, 3) menggunakan alat abad 21 untuk mengembangkan keterampilan belajar, 4) mengajar dan belajar dalam konteks abad 21, 5) mengajar dan mempelajari isi abad ke-21, dan 6 ) menggunakan penilaian abad ke-21 yang mengukur keterampilan abad 21

Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi.
Literasi menjadi bagian terpenting dalam sebuah proses pendidikan, peserta didik yang dapat melaksanakan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan mendapatkan pengalaman belajar lebih dibanding dengan peserta didik lainnya.

Pendidikan Abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap TIK. Kecakapan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai model pembelajaran berbasis aktivitas yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan materi pembelajaran. Kecakapan yang dibutuhkan di Abad 21 juga merupakan keterampilan berpikir lebih tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global.

Paradigma pendidikan nasional abad 21 dapat dirumuskan sebagai berikut, (1) untuk menghadapi abad 21 yang makin syarat dengan teknologi dan sains dalam masyarakat global, maka pendidikan kita haruslah beroreintasi pada ilmu pengetahuan matematika dan sains alam disertai dengan sains sosial dan kemanusiaan dengan keseimbangan yang wajar; (2) Pendidikan ilmu pengetahuan bukan hanya membuat seorang peserta didik berpengetahuan, melainkan juga menganut sikap keilmuan, yaitu kritis, logis, analitis dan kreatif, namun disertai pula dengan kemampuan beradaptasi. (3) Pada setiap jenjang pendidikan perlu ditanamkan jiwa kemandirian, karena kemandirian pribadi mendasari kemandirian bangsa, kemandirian dalam melakukan kerjasama yang saling menghargai dan menghormati.


Sumber:

Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017

UNDUH PEDOMAN/PANDUAN IMPLEMENTASI KECAKAPAN ABAD 21 KLIK https://drive.google.com/open?id=18T-Aw-OmOUjmvemqy6V3ZQ8Kr6Ndo2uP
PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP ABAD 21
A. Pengertian
B. Tujuan
C. Kompetensi Kecakapan Hidup Abad 21
D. Pentahapan Kegiatan
E. Penilaian Kecakapan Hidup Abad 21
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/penilaian-kecakapan-hidup-abad-21.html

KOMPETENSI KECAKAPAN HIDUP ABAD 21


Kompetensi Kecakapan Hidup Abad 21
a. Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill)
Berpikir kritis bersifat mandiri, berdisiplin diri, dimonitor diri, memperbaiki proses berpikir sendiri. Hal itu dipandang sebagai aset penting terstandar dari cara kerja dan cara berpikir dalam praktik. Hal itu memerlukan komunikasi efektif dan pemecahan masalah dan juga komitmen untuk mengatasi sikap egosentris dan sosiosentris bawaan (Paul and Elder, 2006:xviii ).Berpikir kritis menurut Beyer (1985) adalah: 1) menentukan kredibilitas suatu sumber, 2) membedakan antara yang relevan dari yang tidak relevan, 3) membedakan fakta dari penilaian, 4) mengidentifikasi dan mengevaluasi asumsi yang tidak terucapkan, 5) mengidentifikasi bias yang ada, 6) mengidentifikasi sudut pandang, dan 7) mengevaluasi bukti yang ditawarkan untuk mendukung pengakuan.