RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Hikayat
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI-
1 Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI-2 Memahami dan
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humainora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI-3 Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI-4
Mengolah,
menalar, dan menyaji dala ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator / IPK
|
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam
cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
3.7.1
Mengidentifikasi pokok-pokok isi hikayat
3.
7.2 Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat/hikayat
3.7.2
Mengidentifikasi nilai sosial, nilai agama, nilai budaya,
nilai moral dalam cerita rakyat
3.7.4 Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih
sesuai dengan kehidupan saat ini.
|
4.7
Menceritakan kembali isi
cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
4.7.1
Menuliskan kembali hikayat yang telah dibaca/didengar dengan bahasa
sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.
4.7.2
Mempresentasikan teks eksposisi berdasarkan isi dan nilai-nilai hikayat yang
telah disusun.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model pembelajaran diskoveri, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri atau karakteristik hikayat, dan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat
dengan pola
penyajian karakter tokohnya dan nilai nilai yang terdapat dalam hikayat dengan
rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan
bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.
D. Materi
Pembelajaran
o
Teks hikayat
o Nilai-nilai teks hikayat
o Identifikasi nilai-nilai teks hikayat.
o Kesesuaian nilai-nilai dengan kehidupan saat
ini
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Saintifik approach, CILL
Model :
discovery learning
Metode :
penugasan, tanya jawab, diskusi.
- Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
- Media :
§
Internet
§
Multimedia
- Alat/bahan
§
LCD, laptop
§
Naskah Anekdot
G. Bahan
dan Sumber Belajar
|
H.
Kegiatan Pembelajaran
( 4 X 45 Menit = 90 Menit )
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
· Peserta didik dikondisikan untuk merespon salam dan
berdoa sebelum belajar.
·
Peserta didik
meresponapersepsi yang disampaikan pendidik dengan pertanyaan pernahkah
membaca cerita rakyat? berasal dari daerah mana cerita rakyat itu?, dan
menceritakan tentang apa cerita rakyat itu?.
· Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan
dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks
hikayat.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 Menit
|
Inti
Stimulation
(stimulasi/Pemberian
rangsangan)
|
Discovery
· Membagi kelompok berdasarkan kriteria tertentu
· Memberikan contoh teks cerita rakyat
· Membaca dan memahami teks cerita rakyat / hikayat
|
Literasi
Kerja sama
(Collaborative)
|
30 menit
|
Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah)
|
Peserta didik
menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi menentukan::
·
Pokok-pokok isi hikayat
·
Karakteristik
teks hikayat
·
Mengidentifikasi
nilai nilai teks hikayat
·
Mengidentifikasi
nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
·
Menuliskan kembali hikayat yang telah dibaca/didengar dengan bahasa
sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.
|
Berpikir kritis
(Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
|
30 menit
|
Data prosesing
(Pengolahan data)
|
Peserta didik mendiskusikan data yang didapat dari teks
hikayat berupa:
o Merumuskan pokok-pokok isi hikayat
o Merumuskan karakteristik hikayat.
o Mengidentifikasi nilai-nilai hikayat
o Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih
sesuai dengan kehidupan saat ini.
o Menuliskan
kembali hikayat yang telah
dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik
secara lisan maupun tulis.
|
Kerja
sama
Berpikir
kritis
Kreativitas
(Creativity)
|
35 menit
|
Verification (Pemeriksaan data)
|
Masing masing kelompok secara
bergantian mempresentasikan hasil kelompoknya dalam diskusi kelas untuk
menferifikasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan meliputi:
·
Pokok-pokok isi hikayat
·
Karakteristik
teks hikayat
·
Mengidentifikasi
nilai nilai teks hikayat
·
Mengidentifikasi
nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
·
Menuliskan kembali hikayat yang telah dibaca/didengar dengan bahasa
sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.
|
Komunikatif
(Communicative)
|
40 menit
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
Di bawah bimbingan pendidik
peserta didik menyimpulkan
o
Pokok-pokok isi hikayat
o
Karakteristik
teks hikayat
o
Mengidentifikasi
nilai nilai teks hikayat
o Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih
sesuai dengan kehidupan saat ini.
o Menuliskan
kembali hikayat yang telah
dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik
secara lisan maupun tulis.
|
Kreativitas (Creativity)
|
15 menit
|
Penutup
|
Kegiatan
pendidik bersama peserta didik yaitu:
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
·
Melaksanakan
penilaian
·
Melakukan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok.
·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
|
HOTS
|
15 menit
|
I.
Teknik Penilaian
1. Kompetensi
keagamaan dan sosial
a)Teknik penilaian
: observasi/ pengamatan
b)Bentuk : catatan hasil observasi
c)Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi
Pengetahuan:
a) Teknik penilaian :tes
b) Bentuk Penilaian :Tes lisan (kuis) dan penugasan indiividu
dan kelompok.
c) Instrumen
penilaian : kuis (daftar soal)
dan lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a)Teknik
penilaian :penugasan.
b)Bentuk :tugas tertulis.
c)Instrumen penilaian :lembar
kerja dan penilaian presentasi
4. Remedial
a) Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b) Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c) Tugas remedial,
dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan
cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah
dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi
Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
a) Siwa
yang mencapai nilai
diberikan
materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b) Siwa
yang mencapai nilai
diberikan
materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui
Kepala
SMA Negeri 2 Boyolali Guru
Mata Pelajaran
Bambang
Prihantoro, S.Pd., M.Pd. Muh
Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP
197009261997021002 NIP
197207081998011001
UNDUH RPP TEKS HIKAYAT KLIK https://drive.google.com/open?id=11zLa2M40knV9SNh2mxzOvCPF8C3Mc_kd
Baca juga
1. Ringkasan Materi Teks Hikayat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/materi-pembelajaran-teks-hikayatcerita.html
2. Powerpoint PEMBELAJARAN Teks Hikayat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks.html
3. Soal PAS Teks Hikayat KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester.html
4. Soal UN teks Hikayat Klik
Unduh RPP Kelas X Semester 1
1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html
2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html
3. RPP Teks Eksposisi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-teks-eksposisi-kd.html
4. RPP Teks Anekdot KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-anekdot-kelas-x-semester.html
5. RPP Teks Anekdot KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-kelas-x-semester-1-tahun.html
6. RPP Teks Hikayat KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-hikayat-dilengkapi.html
7. RPP Teks Hikayat KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-bahasa-indonesia-model-pbl.html
8. RPP Buku Pengayaan/Literasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-file-rpp-literasi-buku-pengayaan.html
"JUDI POKER | TOGEL ONLINE | TEMBAK IKAN | CASINO | JUDI BOLA | SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWW.DEWALOTTO.CLUB
ReplyDeleteDAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855 69312579 "
Promo www.Fanspoker.com :
ReplyDelete- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||