29 June 2019

UNDUH FILE WORD RPP KELAS XI SEMESTER 1 TEKS CERAMAH DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, PPT, DAN SOAL-SOAL PENILAIAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Ceramah
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan) 



A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1   Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.
3.5.2   Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah.
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.5.1  Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah..
4.5.2  Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca, menemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah, dan menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah. dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi

Pengertian ceramah

Perbedaan ceramah dengan pidato dan khutbah

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

F.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati teks ceramah
2.      Peserta didik mengidentifikasi teks ceramah bersama-sama
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang informasi dan permasalahan dalam teks ceramah
2.      Peserta didik memberi komenatar tentang informasi dan permasalahan dalam teks ceramah
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
3.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi tentang informasi dan permasalahan dalam teks ceramah
2.      Peserta didik secara berkelompok mencari contoh ceramah lain dari berbagai sumber.
3.      Peserta didik berdiskusi tentang perbedaan ceramah, khutbah dan pidato
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis informasi dan permasalahan dalam teks ceramah
4.      Peserta didik mencoba membedakan ceramah, khutbah dan pidato
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi




Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca atau menonton ceramah lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit


H.    Penilaian

1.      Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.      Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.      Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Boyolali, 29 Mei 2019

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                             Guru Mata Pelajaran,



     Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M.                    Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
     NIP 197009261997021002                                   NIP 197207081998011001

UNDUH FILE WORD RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 TEKS CERAMAH KD 3.5 DAN 4.5 kilk https://drive.google.com/open?id=1mjVk0IbietHZpPi6WBS6s4ESf8k-G4AZ


Baca juga

1. Ringkasan Materi Teks Ceramah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/struktur-teks-ceramah.html dan https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/menganalisis-kebahasaan-teks-ceramah.html

2. Powerpoint Materi Teks Ceramah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/ppt-struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks_22.html

3. Soal PAS Teks Ceramah Klik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester.html

4. Soal UN Materi Teks Ceramah


Kelas XI












B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file word)




4 comments:

  1. "JUDI POKER | TOGEL ONLINE | TEMBAK IKAN | CASINO | JUDI BOLA | SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWW.DEWALOTTO.CLUB
    DAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855 69312579 "

    ReplyDelete
  2. mohon koreksinya pak rpp teks ceramah 3.6 dan 4.6 tapi isinya RPP 3.5 dan 4.5

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-model-discovery.html

      Delete
  3. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete