29 December 2019

RPP 1 LEMBAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
X IPA-IPS/ Gasal
Teks Laporan Hasil Observasi
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
3.2.1 Menganalisis isi dari minimal dua teks laporan hasil observasi
3.2.2 Menganalisis aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil
           observasi
4.2 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
4.2.1 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi baik lisan
          maupun tulis
4.2.2 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan aspek
           kebahasaan baik lisan maupun tulis   

CONTOH RPP 1 HALAMAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING



“Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.
SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”
Berikut disajikan contoh RPP satu halaman dengan model pembelajaran problem based learning 

UNDUH CONTOH RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA





Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361


Berkaitan dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. “Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.
SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”

28 December 2019

CONTOH SOAL TENTANG ALUR CERITA DAN PEMBAHASAN SOAL UN SMP 2019 BAHASA INDONESIA


Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Bagian klimaks adalah bagian yang menceritakan puncak masalah yang dialami tokoh. Bagian ini pula yang paling menegangkan pada sebuah cerita. Bagian klimaks pada kutipan cerita tersebut ditunjukkan pada kalimat nomor (3) atau opsi C.
Ringkasan Materi
Tahapan atau Alur Cerita
Struktur cerita pendek secara umum dibentuk oleh (1) bagian pengenalan cerita, (2) penanjakan menuju konflik, (3) puncak konflik, (4) penurunan, dan (5) penyelesaian. Bagianbagian itu ada yang menyebutnya dengan istilah abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.
a. Abstrak (sinopsis) merupakan bagian cerita yang menggambarkan keseluruhan isi cerita.
b. Orientasi atau pengenalan cerita, baik itu berkenaan dengan penokohan ataupun bibit-bibit masalah yang dialaminya.
c. Komplikasi atau puncak konflik, yakni bagian cerpen yang menceritakan puncak masalah
yang dialami tokoh utama. Masalah itu tentu saja tidak dikehendaki oleh sang tokoh. Bagian ini pula yang paling menegangkan dan rasa penasaran pembaca tentang cara sang tokoh di dalam menyelesaikan masalahnya bisa terjawab. Dalam bagian ini, sang tokoh menghadapi dan menyelesaikan masalah itu yang kemudian timbul konsekuensi atau akibat-akibat tertentu yang meredakan masalah sebelumnya.
d. Evaluasi, yakni bagian yang menyatakan komentar pengarang atas peristiwa puncak yang telah diceritakannya. Komentar yang dimaksud dapat dinyatakan langsung oleh pengarang atau diwakili oleh tokoh tertentu. Pada bagian ini alur ataupun konflik cerita agak mengendur, tetapi pembaca tetap menunggu implikasi ataupun konflik selanjutnya, sebagai akhir dari ceritanya.
e. Resolusi merupakan tahap penyelesaian akhir dari seluruh rangkaian cerita. Bedanya,
dengan komplikasi, pada bagian ini ketegangan sudah lebih mereda. Dapat dikatakan pada bagian ini hanya terdapat masalah-masalah kecil yang tersisa yang perlu mendapat penyelesaian, sebagai langkah “beres-beres”.
f. Koda merupakan komentar akhir terhadap keseluruhan isi cerita, mungkin juga diisi dengan kesimpulan tentang hal-hal yang dialami tokoh utama kemudian.


PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA