MODUL AJAR 1
I. Informasi Umum
Nama Penyusun : MUHAMAD FATONI, S,Pd.
Institusi : SMA Negeri 1 Kemusu
Tahun : 2022
Jenjang Sekolah : SMA
Kelas : X
Alokasi Waktu : 2 JP
Kompetensi Awal : Peserta didik mampu membuat tulisan tentang sejarah konsep ilmu geografi dan arti pentingnya 'spatial thinking' dalam memandang permasalahan fisik dan sosial
Profil Pelajar Pancasila : a. Kreatif (memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan) Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
b. Bergotong royong (kolaborasi) : kerjasama
c. Mandiri (Regulasi Diri) : Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
d. Bernalar Kritis (memperoleh dan memproses informasi dan gagasan)
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
Sarana dan Prasarana : Smart Phone / Laptop / Komputer
Jaringan internet, Buku Paket Peserta Didik, Alat Tulis dan Bahan Ajar
Target Peserta Didik : Peserta didik regular / tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan ajar.
Model Pembelajaran yang digunakan : Discovery Learning dengan moda luring
II. Komponen Inti
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menjelaskan dengan bahasa sendiri pengertian dan pentingnya Aspek fisik dan sosial geografi dengan mengkategorikan aspek fisik dan sosial geografi di lingkungan sekitar.
B. Pemahaman Bermakna
Peserta didik mengetahui pengertian dan pentingnya aspek fisik dan sosial geografi sehingga mampu menguraikan berbagai permasalahan yang timbul dalam fenomena geosfer yang terjadi dan memberikan ide solusi terbaik untuk menghadapinya.
C. Pertanyaan Pemantik
Bagaimana persebaran aspek fisik geografi di permukaan bumi ini?
Mengapa aspek fisik dan sosial geografi penting untuk dipelajari?
D. Persiapan Pembelajaran
1. Mengkondisikan peserta didik
2. Persiapan modul ajar/rancangan kegiatan belajar
Kegiatan Pembelajaran
Tahapan |
Kegiatan |
Waktu |
PENDAHULUAN |
1. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik 2. Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran 3. Guru mengecek kehadiran peserta didik 4. Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. 5. Membagi kelas dalam beberapa kelompok dan meminta peserta didik untuk duduk dalam kelompoknya masing-masing. |
10 Menit |
KEGIATAN INTI |
1. Sebelum pembelajaran dimulai guru sudah melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan profil belajar siswa. 2. Guru menyiapkan materi yang dapat didengar (rekaman) oleh siswa melalui media MP3 (untuk anak auditori), guru juga menyiapkan materi aspek geografi yang terdapat di lingkungan sekolah dengan menayangkan/mengirim video (untuk anak yang visual) dan mengajak anak melakukan pengamatan di lingkungan sekolah tentang aspek geografi (untuk anak yang kinestetik). (diferensiasi konten) 3. STOP sejenak a. Siswa melakukan Teknik STOP (rileks) dipandu guru. b. Sebagai ice breaking dilakukan tebak-tebakan emosi (disajikan gambar di slide kemudian siswa menebak emosi pada gambar). c. Diberikan 4 gambar emosi (senang, marah, kecewa, dan sedih), siswa menggambarkan salah satu gambar emosi tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang perasannya. d. Kemudian diberikan 2 ekspresi yaitu sedih dan senang, kemudian tanyakan kepada murid apa yang harus dilakukan oleh kita Ketika melihat teman kita mengalami masing-masing ekspresi tersebut. 4. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi aspek geografi yang terdapat di lingkungan sekolah dengan cara : mendengarkan, menonton, dan menyimak video atau gambar-gambar tentang aspek geografi. (kegiatan literasi) 5. Peserta didik mengamati masing-masing media tentang aspek geografi dan guru bertanya jawab tentang isi dari media yang telah ditayangkan, diamati atau di perdengarkan. (diferensiasi proses). 6. Peserta didik bersama guru melakukan diskusi mengenai aspek geografi yang terdapat di lingkungan sekolah. (Collaboration and Problem solving). 7. Peserta didik mengerjakan LKPD untuk membantu dalam memahami materi tentang aspek geografi di lingkungan sekolah. Peserta didik diminta untuk membaca dan mencari informasi melalui internet, buku paket yang diliki oleh peserta didik sebagai sumber belajar lainnya. 8. Peserta didik melakukan diskusi melalui Group Diskusi untuk menyelesaikan LKPD. 9. Peserta didik membuat hasil karya (video, rekaman suara, tulisan) tentang aspek geografi di lingkungan sekolah. (diferensiasi produk)
|
70 Menit |
PENUTUP |
1. Guru dan peserta didik merangkum bersama 2. Guru mengingatkan tentang materi untuk pertemuan berikutnya 3. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa penutup |
10 Menit |
E. Asesmen
Bentuk asesmen :
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
1 |
Asesmen diaognostik (non kognitif, non kognitif) |
lisan |
Lampiran 1 |
2 |
Asesmen formatif (Sikap, Ketrampilan) |
Observasi, Performa |
Lampiran 2 |
3 |
Asesmen Sumatif (Pengetahuan) |
Tertulis Pilihan Ganda |
Lampiran 3 |
F. Pengayaan dan Remedial
NO |
Penilaian |
deskripsi |
keterangan |
1 |
Pengayaan |
untuk peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran. |
Lampiran 4 |
2 |
Remedial |
untuk peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran |
Lampiran 5 |
Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi bagi peserta didik
Dari proses belajar hari ini, hal yang saya pahami adalah ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………..…………………………..……………………………………………………………………………………………………………… Dari proses belajar hari ini, hal yang belum saya pahami adalah/saya ingin mengetahui lebih dalam tentang …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………..……………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………….. Dari proses belajar hari ini, hal yang akan saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………..……………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………..
|
Refleksi bagi guru:
No |
Informasi yang diharapkan |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Mengetahui kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan materi yang disampaikan |
Apakah materi pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran? |
|
2. |
Mengetahui kesesuaian alokasi waktu |
Apakah alokasi waktu pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan? |
|
3. |
Mengetahui efektivitas pembelajaran |
Apakah pembelajaran dengan menggunakan model inquiry discovery learning efektif diterapkan pada pembelajaran hari ini? |
|
III. Lampiran
Lembar Kerja Peserta Didik
Lampiran 6
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Lampiran 7
Glosarium
Aspek Fisik Geografi................... : aspek geografi yang menyangkut keadaan lingkungan alam di luar
Manusia, meliputi aspek topologi, biotik dan non biotik.
Aspek Sosial Geografi................. : aspek geografi berupa seluruh masalah sosial, budaya, dan
ekonomi yang terjadi karena adanya aktivitas serta kreativitas
manusia dipermukaan bumi.
Daftar Pustaka
Nianto Mulyo, Bambang dan Suhandini, Purwadi (2021). Geografi 1. Solo : PT Wangsa Jatra Lestari.
Hartono. 2009. Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta. Jakarta: CV. CITRA PRAYA
Utoyo, Bambang. 2007. Geografi:Membuka Cakrawala Dunia untuk SMA dan MA Kelas X. Bandung: Setia Purna.
Atap. 2022. Aspek Geografi, aspek, dan Objek Studi Geografi. (Online). Diakses: https://www.gramedia.com/products/10-menit-cerdas-membaca-tanpa-eja?utm_source=literasi&utm_medium=pickofthemonth&utm_campaign=seo&utm_content=pickofthemonth. (22 Juni 2022).
Students, Indonesia. (2022). 6 Contoh Aspek Fisik Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari. (Online). Diakses: https://www.indonesiastudents.com/contoh-aspek-fisik-geografi/. (26 Juni 2022)
Pintar, Kelas. (2020). Objek dan Aspek Geografi yang Perlu Kamu Ketahui. (Online). Diakses: https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/objek-dan-aspek-geografi-yang-perlu-kamu-ketahui-6786/. (27 Juni 2022)
Anonim (2022). 14 Contoh Kajian Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari. (Online). Diakses: https://dosengeografi.com/contoh-kajian-geografi/. (26 Juni 2022).
Mengetahui, Kemusu, 30 Mei 2022
Kepala SMA Negeri 1 Kemusu Guru Mata Pelajaran
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. Muhamad Fatoni, S.Pd.
NIP 197207081998011001 NIP 199311092022211008
Lampiran 1
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN NON-KOGNITIF
1) Apa kabar semuanya pada hari ini?
2) Apa saja yang kamu lakukan sebelum belajar di pagi ini ?
3) Apa harapan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini nanti ?
ASESMEN DIAGNOSTIK - ASESMEN KOGNITIF
1. Jelaskan pengertian dari Aspek Geografi!
2. Apa yang dimaksud dengan aspek fisik dan aspek sosial geografi!
Lampiran 2
ASESMEN FORMATIF ( LKPD 1)
PENILAIAN RANAH SIKAP
1) LEMBAR OBSERVASI
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik penilaian |
Waktu penilaian |
Instrument |
1 |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
2 |
Kerja sama |
Pengamatan |
Proses dan tugas |
Lembar observasi |
3 |
Mandiri |
Pengamatan |
Tugas |
Lembar observasi |
4 |
Bernalar Kritis |
Pengamatan |
Proses |
Lembar observasi |
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Sikap yang dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
Kreatif |
Kerja sama |
Mandiri |
Bernalar Kritis |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2). RUBRIK PENILAIAN SIKAP
ASPEK |
INDIKATOR |
NILAI |
Kreatif |
Peserta didik memiliki rasa ingin tahu |
25 |
Peserta didik tertarik dalam mengerjalan tugas |
25 |
|
Peserta didik berani dalam mengambil resiko |
25 |
|
Peserta didik tidak mudah putus asa |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Kerja sama |
Peserta didik terlibat aktif dalam bekerja kelompok |
25 |
Peserta didik bersedia melaksanakan tugas sesuai kesepakatan |
25 |
|
Peserta didik bersedia membantu temannya dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan |
25 |
|
Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
Mandiri |
Peserta didik mampu memecahkan masalah |
25 |
Peserta didik tidak lari atau menghindari masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu mengambil keputusan |
25 |
|
Peserta didik bertanggung jawab |
25 |
|
Bernalar Kritis |
Pesertadidik mampumerumuskanpokok-pokok permasalahan |
25 |
Peserta didik mampu mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah |
25 |
|
Peserta didik mampu memilih argumen logis, relevan, dan Akurat |
25 |
|
Peserta didik dapat mempertimbangkan kredibilitas (kepercayaan) sumber informasi yang diperoleh. |
25 |
|
TOTAL |
100 |
|
SKOR TOTAL |
400 |
CATATAN :
Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta |
100 |
|
250 |
83,33 |
SB |
mengusulkan ide / gagasan. |
||||||
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
100 |
|
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat |
|
|
|||
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 3 x 100 = 300
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 300) x 100 = 83,33
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
LEMBAR PENILAIAN TEMAN SEBAYA
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Nama teman yang diamati:
Pengamat :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
350 |
87,5 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
|
100 |
CATATAN :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = (3 x 100) + (1 x 50) = 350
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,5
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
PENILAIAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
1. Kategori pengamatan proses ketrampilan pemecahan masalah
1) Proses kemampuan memahami masalah
2) Proses kemampuan merencanakan penyelesaian masalah
3) Proses kemampuan menyelesaiakan masalah
4) Proses kemampuan menafsirkan solusi penyelesaian masalah
2. Aspek yang diamati
No. |
Nama |
Memahami masalah |
Merencanakan penyelesaian |
Menyelesaikan masalah |
Menafsirkan solusi |
Jumlah |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
Rata-rata |
|
|
|
|
|
3. Pedoman penarikan kesimpulan
Rata-rata (x) |
Kategori |
0 < n ≤ 1,0 |
Tidak baik |
1,0 < n ≤ 2,0 |
Kurang baik |
2,0 < n ≤ 3,0 |
Cukup baik |
3,0 < n ≤ 4,0 |
Baik |
4,0 < n ≤ 5,0 |
Sangat baik |
ASESMEN SUMATIF
Lampiran 3
JENIS SOAL |
SOAL |
PG |
1. Fenomena geosfer: (1) badai tropik menghantam permukiman warga; (2) rusaknya lahan pertanian oleh hama; (3) letusan gunung api merusak lahan pertanian; (4) terjadi kebakaran rumah warga akibat ledakan gas; (5) terjadi musim kemarau panjang. Aspek fisik dari fenomena tersebut terdapat pada angka .... A. (1), (2), dan (4) B. (1), (3), dan (5) C. (1), (3), dan (a) D. (2), (3), dan (5) E. (2), (4), dan (5)
2. Para nelayan memanfaatkan angin darat untuk pergi ke laut pada malam hari dan pulang kembali ke darat memanfaatkan angin laut. Fenomena tersebut merupakan aspek Geografi yang berkaitan dengan .... A. aspek atmosfer B. aspek litosfer C. aspek biosfer D. aspek hidrosfer E. aspek antroposfer
3. Pernyataan : (1) seisme (2) urbanisasi (3) abrasi (4) ruralisasi (5) tsunami (6) aglomerasi industri Yang termasuk aspek fisik terdapat pada angka .... A.(1), (2), dan (4) B.(1), (3), dan (5) C.(2), (3), dan (4) D.(2), (4), dan (6) E.(3), (5), dan (6) KUNCI JAWABAN: 1. B 2. A 3. B |
Lampiran 4
SOAL PENGAYAAN
Jenis Soal : Essay
1. Menemukan Penyebaran Aspek Geografi Dalam Kehidupan Sehari-Hari!
PEMBAHASAN DAN SKOR
No. |
Pembahasan |
Skor |
1 |
Aspek Fisik. a. Aspek topologi yaitu membahas tentang fenomena yang berkaitan dengan letak wilayah bentuk muka bumi, luas wilayah, dan batas wilayah yang berciri khas tertentu. b. Aspek biotik merupakan aspek yang membahas tentang karakteristik fisik manusia, hewan, dan tumbuhan dalam lingkup geosfer. c. Aspek nonbiotik merupakan aspek yang membahas tentang kondisi fisik di permukaan bumi, misalnya batuan tanah air dan atmosfer d. Aspek non fisik geografi merupakan manusia dengan segala aktivitasnya seperti aspek kependudukan, aktivitas ekonomi, sosial budaya, dan politik. Aspek Sosial a. Aspek ekonomi merupakan aspek yang membahas tentang industri perdagangan, pertanian, dan transportasi. b. Aspek budaya merupakan aspek yang membahas pendidikan, agama, bahasa, dan kesenian. c. Aspek politik merupakan aspek membahas tentang kepartaian dan pemerintahan. |
10 |
Rumus Penilaian : KONVERSI TINGKAT PENGUASAAN : |
|||||||
|
|
|
90 - 100% |
= |
Baik Sekali |
||
|
|
80 - 89% |
= |
Baik |
|||
|
|
70 - 79% |
= |
Cukup |
|||
|
|
|
< 70% |
= |
Kurang |
Lampiran 5
SOAL REMEDIAL
JENIS SOAL |
SOAL |
PG |
1. Pernyataan: (1) kemarau panjang terjadi pada tahun ini; (2) beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan; (3) petani mengerjakan sawahnya; (4) badai topan di Amerika Serikat; (5) masyarakat menolong korban kecelakaan. Fenomena yang termasuk aspek fisik terdapat pada angka .... A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5) 2. Fenomena geosfer: (1) ladang berpindah; (2) gunung meletus; (3) badai salju; (4) perkebunan rakyat; (5) hasil hutan. Fenomena yang termasuk aspek fisik terdapat pada angka.... A. (1) dan (2) B. (1) dan (4) C. (2) dan (3) D. (3) dan (5) E. (4) dan (5) 3. Pernyataan: (1) perkebunan teh terdapat di daerah yang memiliki iklim sejuk; (2) kerusakan hutan akibat penebangan ilegal; (3) penduduk menjual hasil panen ke pasar; (4) jaringanjalan mengikuti relief gunung; (5) kegiatan ekonomi penduduk sesuai potensi wilayah. Fenomena yang tergolong aspek fisik terdapat pada angka.... A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
|
JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Nomor Soal |
Option Jawaban |
Skor |
Pembahasan |
1 |
B |
1 |
Yang termasuk aspek fisik: 1. kemarau panjang terjadi pada tahun ini 2. beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan 3. badai topan di Amerika Serikat |
2 |
C |
1 |
Fenomena Aspek: 1. gunung meletus 2. badai salju |
3 |
B |
1 |
1. perkebunan teh terdapat di daerah yang memiliki iklim sejuk. 2. kerusakan hutan akibat penebangan ilegal 3. jaringan jalan mengikuti relief gunung |
Lampiran 6
A. PERSIAPAN PENGAMATAN
Sebelum melakukan kegiatan pengamatan di lingkungan sekolah, buatlah tabel pengamatan seperti di bawah ini.
No |
Nama Objek |
Aspek (Fisik atau Sosial) |
Bukti Dokumentasi |
1. |
|
|
|
2. |
|
|
|
3. |
|
|
|
4. |
|
|
|
5. |
|
|
|
B. PENGUMPULAN DATA
Setelah selesai membuat tabel maka segera melakukan pengamatan aspek fisik dan sosial geografi yang terdapat di lingkungan sekolah.
Lampiran 7
BAHAN BACAAN
Aspek Fisik dan Aspek Sosial Geografi
Aspek fisik merupakan kajian geografi yang meliputi unsur-unsur geosfer yang bersifat fisik antara lain: tanah, air, iklim, cuaca, dan lapisan batuan di bumi.
Aspek fisik kajian geografi dibedakan sebagai berikut:
a. Aspek topologi yaitu membahas tentang fenomena yang berkaitan dengan letak wilayah bentuk muka bumi, luas wilayah, dan batas wilayah yang berciri khas tertentu.
b. Aspek biotik merupakan aspek yang membahas tentang karakteristik fisik manusia, hewan, dan tumbuhan dalam lingkup geosfer.
c. Aspek nonbiotik merupakan aspek yang membahas tentang kondisi fisik di permukaan bumi, misalnya batuan tanah air dan atmosfer
d. Aspek non fisik geografi merupakan manusia dengan segala aktivitasnya seperti aspek kependudukan, aktivitas ekonomi, sosial budaya, dan politik.
Aspek nonfisik menitikberatkan pada kajian manusia dengan memperhatikan pola persebaran manusia dalam ruang dan hubungan perilaku manusia dengan lingkungannya. aspek non fisik kajian geografi adalah aspek sosial.
Aspek sosial membahas tentang adat tradisi kelompok masyarakat dan lembaga sosial.
a. Aspek ekonomi merupakan aspek yang membahas tentang industri perdagangan, pertanian, dan transportasi.
b. Aspek budaya merupakan aspek yang membahas pendidikan, agama, bahasa, dan kesenian.
c. Aspek politik merupakan aspek membahas tentang kepartaian dan pemerintahan.
UNDUH FILE PDF MODUL AJAR BERDIFERENSIASI MAPEL GEOGRAFI DI SINI
KUMPULAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (TIPE-TIPE GAYA BELAJAR) SMA KELAS X
Baca dan Unduh https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/08/kumpulan-modul-ajar-pembelajaran.html
bagus
ReplyDeletebagus ini keren . izin copas yah
ReplyDeleteijin copas
ReplyDelete