|
|
|
|
|
|
|
|
|
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA KELAS XII |
|
|
|
|
|
|
|
|
TAHUN 2019/2020 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester |
Kompetensi Dasar |
Jumlah Jam |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
3.1. |
Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1. |
Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2. |
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. |
Menyusun surat
lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3. |
Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3. |
Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4. |
Menganalisis
kebahasaan cerita atau novel sejarah |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4. |
Menulis cerita
sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5. |
Mengidentifikasi
informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam
teks editorial |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5. |
Menyeleksi ragam
informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.6. |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks editorial |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.6. |
Merancang teks
editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.7. |
Menilai isi dua
buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.7. |
Menyusun laporan
hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
64 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
3.8. |
Menafsir
pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.8. |
Menyajikan hasil
interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.9. |
Menganalisis isi
dan kebahasaan novel |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.9. |
Merancang novel
atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun
tulis |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.10. |
Mengevaluasi
informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.10. |
Menyusun opini
dalam bentuk artikel |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.11. |
Menganalisis
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.11. |
Mengonstruksi
sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.12. |
Membandingkan
kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.12. |
Menyusun kritik
dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik
secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.13. |
Menganalisis
sistematika dan kebahasaan kritik dan esai |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.13. |
Mengonstruksi
sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik
secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.14. |
Mengidentifikasi
nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu
buku drama (fiksi) |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.14. |
Menulis refleksi
tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi)
dan satu buku drama (fiksi) |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
44 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Boyolali, 29 Mei 2019 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala
Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bambang
Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. |
|
|
|
|
|
|
|
|
NIP
197009261997021002 NIP 197207081998011001 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Matur nuwun pak Guru smg berkah tambah berkah
ReplyDeleteterima kasih pak, semoga berkah bertambah pak
ReplyDeleteTerimakasih, semoga berkah dan bermanfaat
ReplyDelete