PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN STEM
A. Pendekatan STEM dalam pembelajaran
Pendekatan pendidikan yang
mengintegrasikan sains, teknonogi, enjiniring, dan matematika, dengan
memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan
sehari-hari maupun kehidupan profesi (National STEM Education Center, 2014).
STEM
memiliki pola yang dikenal dengan istilah EDP (Engineering Design Process) atau
proses mendesain sebuah karya atau mesin. EDP ini kemudian memiliki banyak
versi yang telah dirumuskan para ahli, namun secara umum EDP memiliki pola
sebagai berikut.
- Perumusan masalah
- Rencana solusi
- Membuat dan Mengembangkan model
- Menggunakan model
- Mengevaluasi,
- Mengomunikasikan dan merefleksi.
Penjelasan
Pola EDP (Engineering Design Process) atau proses mendesain sebuah karya atau
mesin dalam pendekatan STEM
No
|
Pola EDP
|
Penjelasan
|
1
|
Define the problem
|
Perumusan masalah
|
2
|
Plan Solutions
|
Rencana solusi
|
3
|
Make a model
|
Membuat dan Mengembangkan model
|
4
|
Test The model
|
Menggunakan model
|
5
|
Reflect and redesign
|
Mengomunikasikan, merefleksi, mengevaluasi, mendesain
ulang
|
B.
Model Pembelajaran STEM
1. Project-Based Learning (PjBL) – (Lucas)
No
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Penjelasan
|
1
|
Start With the Essential Question
|
Penentuan Pertanyaan Mendasar
Siswa diberikan beberapa pertanyaan terkait masalah yang
ditemukan dalam kehidupan sehari - hari
|
2
|
Design a Plan for the Project
|
Mendesain Perencanaan Proyek
Dalam perencanaan mendesain sebuah proyek, siswa diajak
untuk membahasnya secara berkelompok: cara membuat, bahan dan alat, dsb.
|
3
|
Create a Schedule
|
Menyusun Jadwal
siswa menyusun
jadwal start and finish, kapan sebuah proyek akan dimulai, kegiatan setiap
hari, dan yang terpenting kapan proyek tersebut dapat selesai sesuai dengan
perencanaan.
|
4
|
Monitor the Students and the
Progress of the Project
|
Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek
Guru menjadi mentor dalam mengawal siswa pada setiap
tahapan pelaksanaan proyek yang mereka selesaikan, guru juga menjadi
fasilitator mendorong semua siswa agar aktif dalam proyek tersebut.
|
5
|
Assess the Outcome
|
Menguji Hasil
Mengukur sejauh mana ketercapaian pembelajaran melalui
proyek yang dihasilkan siswa.
|
6
|
Evaluate the Experience
|
Mengevaluasi Pengalaman
Merefleksi pengalaman para siswa dalam proses penyelesaian
sebuah proyek dan menemukan sebuah terobosan baru untuk membuat sebuah
inovasi yang lebih baik dan efisien.
|
2.PjBL STEM (Laboy - Rush)
No
|
Langkah-Langkah
|
Penjelasan
|
1
|
Reflection
|
Refleksi
Membawa siswa ke dalam sebuah masalah dan memberikan
motivasi untuk menyelidiki dan menyelesaikan masalah tersebut.
|
2
|
Research
|
Penelitian
Siswa melakukan penelitian, menggali informasi dari
berbagai sumber yang relevan untuk mengembangkan konseptual.
|
3
|
Discovery
|
Penemuan
Siswa telah menemukan model yang sesuai untuk pelaksanaan
sebuah proyek untuk merancang dan mendesain.
|
4
|
Application
|
Penerapan
Siswa menerapkan model yang telah mereka rancang, Pada
tahap ini siswa menguji sebuah model yang telah dirancang guna untuk menjawab
sebuah masalah dengan menghubungkan antardisiplin ilmu.
|
5
|
Communication
|
Mengomunikasikan
siswa memaparkan dan mempresentasikan hasil yang mereka
peroleh secara kolaboraif, menerima umpan balik yang berguna untuk perbaikan
sebuah proyek yang lebih baik.
|
3. Model 5E (Bybee)
No
|
Langkah-Langkah
|
Penjelasan
|
1
|
Engagement
|
Identify problem and constraints
Identifikasi masalah dan kendala
|
2
|
Exploration
|
Research Ideate; Analyze
ideas
Pelaksanaan penelitian, pemunculan ide
|
3
|
Explanation
|
Research Ideate ; Analyze ideas
Melakukan analisis terhadap ide
|
4
|
Elaboration/Extension
|
Build and Communicate
Membuat karya dan mengomunikasikan
|
5
|
Evaluation
|
Test and refine; Reflect
Pelaksanaan tes dan refleksi
|
BACA MATERI LENGKAP STEM
1. Pengertian Pendekatan STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/pengertian-stem-dan-pendekatan-stem.html
2. Model-Model Pembelajaran STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/model-model-pembelajaran-stem.html
3. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis
KD STEM Tingkat SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum_6.html
4. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum
2013/Analisis KD STEM Tingkat SMA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum.html
5. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM mapel
IPA SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-model.html
6. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM Mapel
Bahasa Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-bahasa.html
Terimaksih Mas Zuhri.
ReplyDeleteSiap laksanakan pembelajaran dengan model
Yes, salam sukses
DeleteSelalu menunggu materi2 berikutnya Bapak. siiip
ReplyDeleteInsyaallah, siap, terima kasih Pak Ari Solchan
DeletePak Zuhri semoga semakin sukses dan berkah
ReplyDeleteAamiin yra...
DeleteUntuk bahasa inggris sma..apakh ada contohnya??
ReplyDeleteBelum ada, mungkin mirip ya dengan Bahasa Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-bahasa.html
DeleteProgram ini sangat nembantu sy karna orangnya kuper end minder sehingga sangat berterimakasih bisa menyelesaikan semoga ilmu panjenengan bermanfaat sepanjang hayat
ReplyDeleteAdakah STEM untuk tingkat SD? MOHON SHARE JIKA ADA
ReplyDeleteAlhamdulilah. Terima kasih tentang ulasan bapak terkait STEM, mohon maaf pak, sy jadikan sebagai referensi. Salam hormat dan semoga ttp sehat.
ReplyDelete
ReplyDeleteStem toys
Brand Name: surwishMaterial: PLASTICAge Range: 2-4 YearsModel Number: 2556938Gender: UnisexWarning: NoneFeatures: Educational.
to get more - https://stemtoysshop.com/products/number-balance-math-toys
Terimakasih pak atas artikelnya, semoga bapak sehat dan membuat inovasi dalam pembelajaran
ReplyDeleteterimakasih pak saya fajar bakhrun najkhi UNY kelas C
ReplyDeleteMaturnuwun... Sangat membantu untuk pembelajaran STEM...
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteTerima kasih, sangat membantu, sukses selalu dan berkah
ReplyDeleteterima kasih pak sangat membantu kami PPG daljab tahun 2020 ini sebagai bahan untuk menambah pengetahuan pembelajaran sebagai mahasiswa belajar Daring masa pandemi covid-19.
ReplyDeletebapak dan ibu jangan lupa mampir di web belajar di
ReplyDeletehttps://www.pkbm-alfatih.online
Adakah STEAM untuk tingkat SD?
ReplyDelete