UNDUH MATERI POWERPOINT STEM DALAM PEMBELAJARAN
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/narasumber-stem-dalam-pembelajaran.html
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks Prosedur
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.2 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks prosedur
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Mengindentifikasi
struktur teks prosedur
3.2.2 Menelaah
kebahasaan teks ekplanasi
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.2
Memproduksi teks prosedur secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.2.1 Menentukan
pola pengembangan dalam menulis teks prosedur
4.2.2 Menulis teks prosedur
berdasarkan struktur dan kebahasaan
|
C.
Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatann STEM dan
model PjBL-STEM peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks prosedur, menelaah
kebahasaan teks prosedur, menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur,
dan menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan
rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D. Materi
Skematik Prosedur
· Pernyataan Umum/tujuan
·
Tahapan-tahapan
·
Penegasan ulang
E. Pendekatan, Metode dan Model
Pembelajaran
1. Pendekatan :
STEM
2. Model Pembelajaran : PjBL-STEM
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Reflection/merefleksi
1. Peserta didik mengamati contoh teks prosedur bertema teknologi..
2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur
bertema teknologi.
3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah kebahasaan
teks prosedur bertema teknologi.
4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan
teks prosedur bertema teknologi.
Research/meneliti
5. Peserta didik membaca
berbagai sumber berkaitan dengan struktur dan kebahasaan teks prosedur bertema
teknologi.
Discovery/menemukan
6. Peserta didik secara
berkelompok menentukan teori cara menganalisis struktur dan kebahasaan teks
prosedur bertema teknologi.
Application/menerapkan
7. Peserta didik berdiskusi menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur
bertema teknologi.
8. Peserta didik menuliskan struktur dan kaidah
kebahasaan teks prosedur bertema teknologi.
Communication/mengomunikasikan
9. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan
hasil kerjanya.
10. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
11. Peserta didik memperbaiki hasil kerja
berdasarkan masukan dari teman/kelompok lain.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya.
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta
didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Reflection
1. Peserta didik mengamati teks prosedur bertema teknologi
2. Peserta didik bertanya jawab tentang isi dan pola
pengembangan teks prosedur bertema teknologi.
Research
3.
Peserta didik membaca berbagai sumber untuk mengidentifikasi
pola pengembangan teks prosedur bertema teknologi.
Discovery
4. Peserta didik menentukan satu pola pengembangan
teks prosedur bertema teknologi
Application
5. Peserta didik
menentukan tema teks prosedur bertema teknologi yang akan ditulisnya
6. Peserta didik merancang langkah-langkah teks prosedur
bertema teknologi dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.
7. Peserta didik mencoba menuliskan teks prosedur bertema
teknologi secara utuh dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.
Mengomunikasikan/menyajikan
8. Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya
9. Peserta didik yang lain mengomentari dan memberi
masukan.
10. Peserta didik memperbaiki hasil kerja berdasarkan
masukan dari teman lain.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap: Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan:
Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :
lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis: uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja: lembar penilaian presentasi
d.
Portofolio :
pedoman
penilaian portofolio
3.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
BACA MATERI LENGKAP STEM
1. Pengertian Pendekatan STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/pengertian-stem-dan-pendekatan-stem.html
2. Model-Model Pembelajaran STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/model-model-pembelajaran-stem.html
3. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis
KD STEM Tingkat SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum_6.html
4. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum
2013/Analisis KD STEM Tingkat SMA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum.html
5. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM mapel
IPA SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-model.html
6. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM Mapel
Bahasa Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-bahasa.html
7. CONTOH RPP ETEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-stem-bahasa-indonesia-teks.html
8. CONTOH RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-model-stem-bahasa-indonesia.html
7. CONTOH RPP ETEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-stem-bahasa-indonesia-teks.html
8. CONTOH RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-model-stem-bahasa-indonesia.html
ada contoh STEM untuk pelajaran Kimia?
ReplyDeleteBunyi KI2 saja masih salah mas
ReplyDeleteTerima kasih, yg benar bgmn? saya menuliskan KI 2 berdasarkan permendikbud terbaru nomor 37 tahun 2018
DeleteAda kontak yg bs d hub kah?
ReplyDeleteMuh Zuhri 081326446361
DeleteAda contoh STEM untuk mata pelajaran PKN.
ReplyDeleteMks.🙏
Saya baca kok hanya bertema teknologi sudah masuk STEM ya? Bukannya harus ada pengaplikasian ke teknologi atau sains dalam produknya? Kalau Bahasa Indonesia mungkin bisa mengarah ke website atau blogging atau bisa juga ke video tutorial.
ReplyDeleteSalam dari Jember