20 November 2018

BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN



BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN

III. Lingkup Materi Menulis Terbatas

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

Indikator materi: melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa

a. melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan (soal UN 2017/2018)

Indikator soal : Disajikan paragraf narasi/ilustrasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan yang tepat


b. Melengkapi Paragraf dengan Peribahasa (Soal UN 2017/2018)

Indikator soal : Disajikan paragraf narasi/ilustrasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan peribahasa yang tepat


B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.      melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)

a.       melengkapi unsur teks eksposisi

Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)


b.      melengkapi unsur teks deskripsi

Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat   



c.       melengkapi unsur teks argumentasi

Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan untuk melengkapinya



d.      melengkapi unsur teks ulasan

Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut

1) Soal UN 2017/2018


e.       melengkapi teks prosedur

Disajikan paragraf proses   yang dirumpangkan satu kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya



f.  Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang padu untuk melengkapinya



2.      melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)

a. melengkapi pantun

Disajikan puisi lama berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapinya      


Melengkapi larik pantun (soal UN 2016/2017)


b. melengkapi teks drama (soal UN 2017/2018) Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html 

3.      menggabungkan kalimat

Indikator soal: Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat untuk dijadikan paragraf padu.



4.      mengurutkan unsur teks

C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      memvariasikan kata yang bermakna sama

2.      memvariasikan kalimat yang bertujuan sama


3.      menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai 

4.      memvariasikan unsur teks

5.      mengubah bentuk teks lain








BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA






4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik   https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html

5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_81.html




BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN



BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN

II. Lingkup Materi Membaca Sastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.      mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra

a. mengartikan kata simbolik/kata berlambang

Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks



b. mengartikan ungkapan

Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen , siswa mampu mengartikan ungkapan dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat. 


c. mengidentifikasi kalimat  yang bermajas

Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa majas


2.      memaknai isi tersurat dalam karya sastra 

a. menentukan maksud gurindam

Indikator soal: Disajikan sebait gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut.       



b. menentukan cara pendeskripsian watak tokoh

Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh.



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.      menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai-nilai)

a. menentukan konflik, sebab konflik, akibat konflik

Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat dapat menentukan konflik/masalah dalam kutipan yang disajikan.



b. menentukan amanat

Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut       



c. menentukan nilai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)

Disajikan dua kutipan teks cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan permasalahan/hal yang diungkapkan dalam kedua teks



2.      menganalisis hubungan antarbagian karya sastra

3.      membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)

a. Soal UN 2017/2018


b. Soal UN 2016/2017

Menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh

Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut


Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat


4.      mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini

Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan saat ini



5.      menilai keunggulan/kelemahan karya sastra

Indikator soal: Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji



Indikator soal: Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut



6.      meringkas isi karya sastra

Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut     









BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik   https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_81.html

BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MEMBACA NONSASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN





BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MEMBACA NONSASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN

I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    memaknai istilah/kata dalam paragraf

Indikator Soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.



2.    mengidentifikasi informasi tersurat

a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf

Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut. 



b. mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana

Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.



c. menentukan isi teks pada paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia)

Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.


d. menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi

Indikator Soal: Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menemukan ide pokok

Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut.



2.    menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut


3.    menentukan makna rujukan

Indikator soal: Disajikan paragraf yang menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata yang dirujuk oleh acuan tersebut



4.    menyimpulkan isi tersirat dalam teks

a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis

Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf.



b. opini penulis editorial

Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebut



c. keberpihakan penulis editorial

Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut



5.    menentukan kalimat utama/penjelas

Indikator soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut.



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks

2.    menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks

Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut.


3.    membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)

4.    mengomentari isi teks

Indikator: Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat penilaian terhadap isi  teks dengan tepat.

5. menunjukkan bukti suatu simpulan 












BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA





4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik   https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html

5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_81.html

14 November 2018

RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 UNTUK PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 UNTUK PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
(Meliputi Teks Surat Lamaran Pekerjaan, Cerita/Novel Sejarah, dan Editorial)
1. Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
Isi surat meliputi bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan dan hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan. 
Sistematika adalah klasifikasi atau penggolongan atas isi atau bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan. 
Isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan.